December 1, 2022

Tutorial Makeup Natural dan Sederhana Untuk Remaja!

by Kheista Azzahra Desrian

Di era Gen-Z ini, sudah banyak remaja yang pandai merias diri loh! Sebab sekarang remaja yang merasa kurang pede dengan penampilannya atau berias merupakan hobi diwaktu gabut, dan juga ada remaja yang berias itu menjadi sumber kebahagiaannya. Sehingga, merias diri bukan lagi hanya untuk pergi ke acara tertentu, tapi juga dipakai untuk kegiatan sehari hari. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa masih banyak remaja ya merasa canggung dan belum mengerti cara menggunakan makeup. Sehingga banyak remaja yang menggunakan makeup terkesan menor atau berlebihan dan tidak sesuai usia. Berikut adalah tips dan tutorial makeup natural yang biasa saya gunakan untuk berpergian ke acara formal atau sekedar kegiatan harian.

Tips Sebelum dan Saat Memilih Makeup : 

1. Kenali jenis kulit mu. 

Apakah kulit mu kering, normal combination, dan oily? Apakah sensitif atau tidak? Hal ini bisa kamu kakukan dengan cara mengetes sendiri atau berkonsultasi dengan ahlinya. Setelah mengetahui tipe kulit kamu, silahkan untuk mengecek kandungan pada makeup yang akan dipakai, kemudian sesuaikan dengan kecocokan kulit. Informasi tentang bahan makeup, dan bagaimana efeknya pada kulit sudah banyak dibahas oleh beauty vlogger loh! Kamu bisa memilih beauty vlogger mana yang kamu percaya.

Oh iya, jika kulit mu sensitif, jangan lupa pakai skincare dulu ya sebelum memakai makeup ke wajah. Bagi yang tidak sensitif juga bisa banget untuk pakai skincare terlebih dulu, sebagai bentuk upaya mencegah kerusakan kulit. Apalagi kalau makeup nya dipakai dalam waktu yang lama, harus lebih hati hati ya!

2. Cari Tahu Undertone mu!

(Sumber gambar : Pinterest) https://pin.it/5AeF0pP

Undertone atau warna asli dari dasar kulit kamu, merupakan faktor penting yang harus kamu pertimbangkan saat memilih shade atau warna dari makeup. Mengapa? Supaya makeup yang kamu pakai tidak akan membuat mu terlihat pucat atau kusam, tetapi cocok dan terlihat natural karena masuk ke warna kulit kamu. Maka makeup natural akan lebih mudah dibentuk.

Berikut merupakan sumber yang bisa kamu jadikan acuan sebagai informasi jenis kulit, dan tipe undertone kamu! 
https://youtu.be/pVYERfoOoi4

https://youtu.be/pmtZw5Bdl_E

Itu adalah tips yang penting dipertimbangkan sebelum dan saat memilih makeup.

Produk dan Alat yang Perlu Dipersiapkan :

  1. Skincare (Toner,serum,moisturizer,sun screen, lipbalm, eye cream)
  2. Primer
  3. Concealer
  4. BB Cream / foundation / cushion
  5. Blush on
  6. Loose powder / Compact Powder
  7. Eyeliner
  8. Eyeshadow
  9. Eyebrow brush
  10. Mascara
  11. Lipcream / Lipcrayon
  12. Liptint
  13. Lip serum
  14. Highlighter
  15. Beauty blender dan aplikator lainnya,

Sekarang, yu lanjut pada tips dan tutorial makeup sederhana untuk remaja.

Tutorial dan Tips Makeup Natural

1. Memakai skincare agar makeup anti cakey

Ini contoh dari skincare yang saya pakai

  Jika make up dibutuhkan untuk kegiatan atau acara yang memakan waktu berjam-jam, sehingga makeup harus tetap on point selama acara, maka cara ini cocok digunakan! Yaitu dengan membersihkan dan menghidrasi kulit wajah sebelum menggunakan make up.

1. Pertama basuh wajah menggunakan facewash andalan kamu

2. Kemudian gunakan skincare yang biasa kamu gunakan seperti serum dan toner.

3. Selanjutnya, produk yang dapat digunakan untuk menghidrasi wajah adalah facial spray atau bisa juga priming water. Kedua produk itu sebenarnya opsional, sedangkan produk yang paling penting untuk menghidrasi kulit wajah adalah moisturizer

4. Penggunaan lipbalm dan eyecream juga penting loh! Namun opsional saja jika memang tidak memiliki kedua benda tersebut.

  Mengapa hal ini penting? Sebab dalam penggunaan makeup, kulit kita akan bersentuhan langsung dengan produknya, maka penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Sehingga kotoran dan debu, tidak terperangkap bersama bahan kimia yang ada pada makeup. Proses ini memakan waktu sekitar 3 menit untuk skincare meresap sebelum lanjut penggunaan makeup. Tujuannya agar makeup lebih mudah di set up dan terlihat natural.

2. Penggunaan base makeup.

Untuk permulaan setelah menghidrasi kulit, produk yang cocok digunakan oleh remaja adalah primer dan concealer. Primer adalah base makeup yang penggunaannya untuk menutupi atau menyamarkan pori pori pada wajah. Primer sendiri ada banyak jenis seperti spray, serum, gel, cream, dan lain lain. Pemilihan jenis primer ini disesuaikan oleh tipe kulit kamu. Info lebih lanjut bisa didapatkan dari https://youtu.be/O1paAT8vdaE. atau teman teman bisa mencari sumber lainnya.

Selanjutnya ada concealer. Concealer cocok dipadukan dengan primer agar coverage pada pori-pori, kantung mata, garis halus pada wajah dapat tersamarkan dengan baik. Concealer terdapat banyak jenis tone warna, oleh sebab itu penting untuk mengenali terlebih dahulu undertone kulit kamu ya!

Cara mengaplikasikannya adalah kalian dapat mengoleskan primer keseluruh wajah kalian, kemudian dibantu oleh concealer, biasanya concealer hanya diletakkan di spot tertentu seperti bekas jerawat, dan kantung mata. Kemudian diblend atau diratakan menggunakan beauty blender. Cara mengaplikasikannya ini tergantung kebutuhan dari jenis kulit kamu. Tujuan penggunaan base makeup ini agar kulit terlihat lebih sehat dan natural.

3. Bb Cream, Foundation, Cushion, mana yang harus dipakai?

Ketiga produk ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alas dari bedak. Tetapi memiliki beberapa perbedaan yang kamu perlu tahu. Dimulai dari BB Cream, BB Cream ini mengandung vitamin seperti SPF, kemudian mengandung Foundation. Coverage nya cenderung ke light to medium. Penggunaan BB Cream akan cocok untuk dipakai sebagai kegiatan sehari hari karena lebih ringan dari pada foundation dan cushion

Selanjutnya Foundation dan Cushion, kedua produk ini memiliki coverage yang cenderung medium to full. Perbedaannya terdapat dari segi kemasan, foundation dikemas dalam botol, sehingga membutuhkan sponge atau beauty blender serta kaca tambahan untuk mengaplikasikannya.

Sedangkan Cushion, didesain lebih praktis seperti Compact Powder yang terdapat sponge dan kaca di dalamnya sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana seperti travelling. Foundation dan Cushion cocok digunakan ketika dirasa butuh makeup yang benar benar on point seperti di acara formal.

Berkat inovasi inovasi yang dikembangkan oleh banyak brand makeup kini sudah banyak foundation, dan cushion yang terasa light seperti BB Cream namun tetap memberikan full coverage yang bagus loh! Ada juga BB Cream yang coveragenya terbilang full, sehingga penggunaan ketiga produk ini busa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

Cara mengaplikasikannya biasanya adalah dengan meratakan ke seluruh wajah kecuali daerah mata, karena khawatir akan susah ketika nanti ingin menggunakan produk mata seperti Eyeshadow. Agar terlihat lebih natural pastikan cara mengaplikasikannya sudah benar dan rapi.

4. Blush On

(Sumber foto : Pinterest) https://pin.it/4JQaNLh

Penggunaan produk Blush On ini banyak jenisnya. Ada yang berbentuk cream ada juga yang berbentuk powder. Pemilihan kedua jenis ini tergentung kebutuhan dan selera kamu. Cara mengaplikasikannya sesuai dengan bentuk wajah. Cara memilih warnanya juga sesuaikan dengan undertone kulit kamu, juga konsep dari look wajah kamu. Penjelasan lebih lanjutnya bisa kamu korek dari sumber ini https://youtu.be/UbJD6iqYC58

5. Bangun Look Mata Mu.

 Untuk membuat look mata, kamu dapat menggunakan eyshadow, eyeliner, eyebrow brush dan mascara. 

  1. Produk pertama yang akan dibahas adalah Eyeshadow, Eyeshadow ini diaplikasikan pada kelopak mata dan bawah mata, yang bertujuan untuk memberi warna agar mata terlihat lebih segar dan hidup. Pemilihan warna Eyeshadow ini tergantung dengan look wajah yang ingin kamu bangun. Biasanya bagi remaja sendiri untuk kegiatan harian sekedar nongkrong bersama teman agar tidak terlihat pucat, palette yang dipilih cenderung warna muda dan cerah seperti orange, pink. Cara mengaplikasikannya bisa menggunakan brush yang diberi dari eyeshadow itu sendiri atau memakai tangan untuk meratakannya. Sebelum mengaplikasikan Eyeshadow, kamu dapat memberikan Concealer atau base Eyeshadow terlbih dahulu agar warna Eyeshadownya lebih keluar dan sempurna.
  2. Produk kedua yang akan dibahas adalah Eyeliner. Eyeliner ini berfungsi untuk mempertegas garis mata. Bentuknya seperti pensil dan cara mengaplikasikannya dengan menarik garis dari tengah mata ke ujung mata untuk membentuk sayap kecil diujung mata. Bagi pemula, kamu bisa menggunakan Eyeliner stamp, yang cara mengaplikasikannya cukup memberi stempel pada ujung mata yang langsung memberikan hasil sayap yang rapih dan bagus. 
  3. Produk ketiga yang akan dibahas adalah Eyebrow Brush, atau sikat alis. Untuk memberikan look natural pada remaja biasanya bagian alis cukup disisir saja. Tetapi jika kamu merasa alis mu tipis, kamu bisa memberi volume alis menggunakan pensil alis sesuai kebutuhan. Selanjutnya kamu dapat merapihkan alis mu dengan Eyebrow Brush.
  4. Produk keempat yang akan dibahas adalah Mascara. Penggunaan mascara ini opsional, jika untuk kebutuhan sehari-sehari, tergantung kenyamanan kamu sendiri. Namun untuk pergi ke acara formal penggunaan mascara cukup penting untuk membangun Eye look yang bagus. Cara mengaplikasikannya pertama pastikan cream dari Mascara tidak terlalu tebal dengan cara mengoleskannya pada bagian atas tabung mascara. Kemudian sikat bulu mata yang bagian atas ke arah atas, dan yang bagian bawah ke arah bawah, menggunakan brush dari mascara. Agar bulu mata lebih lentik dan memberikan kesan mata yang jernih dan lebih besar. Jika dirasa terlalu berlebihan untuk makeup sehari-hari, bisa diganti menggunakan jepit bulu mata. Cara memakainya hanya perlu menjepit bulu mata ke arah atas agar mendapatkan hasil yang bagus dan natural.

6. Mengset-up wajah mu dengan Loose powder atau compact powder.

Dua produk ini memiliki tekstur yang berbeda. Loose powder adalah bedak tabur yang lebih ringan dan Sederhana, cocok untuk kegiatan sehari hari. Sedangkan Compact Powder, merupakan bedak yang lebih padat dan mengandung foundation sehingga lebih berat namun bagus untuk coverage. Penggunaan keduanya tergantung kebutuhan, jika dirasa alas bedak sudah bagus dalam mengcover muka, maka penggunaan Loose powder akan lebih cocok untuk mengset face look kamu. Cara mengaplikasikannya menggunakan sponge untuk meratakannya keseluruh wajah. Sedangkan jika dirasa kamu masih butuh coverage, kamu bisa memakai conpact powder. Cara mengaplikasikannya menggunakan sponge yang sudah dibasahi dan diperas hingga tidak ada tetesan air, agar mendapatkan coverage yang lebih baik dan natural.

7. Lip cream, Liptint dan Lip serum.

Untuk memberikan tampilan bibir yang segar dan natural, tehnik ombre sedang ramai dipakai di kalangan remaja. Produk pertama yang digunakan adalah Lip cream atau Lip crayon yang bertekstur creamy dengan coverage yang full. Kedua produk ini memberikan hasil matte yang bagus untuk base dari bibir. Base dari bibir ini diaplikasikan merata keseluruh permukaan bibir.

Cara memadukannya yaitu Lip cream atau Lip crayon yang berwarna terang atau muda, dipadukan oleh Liptint yang berwarna lebih gelap. Liptint diaplikasikan ke bagian dalam bibir dan diratakan menggunakan jari. Agar menghasilkan blend makeup natural. Kemudian supaya terlihat sehat, aplikasikan lip serum yang memberikan efek glossy transparan pada bibir kamu.

8. Highlighter

Highlighter merupakan salah satu produk paling favorit di kalangan remaja. Selain memberi efek glowing yang menghighlight bagian wajah yang diinginkan, highlighter juga memberikan kesan natural bagi wajah. Cara memakainya tidak sembarangan loh! Highlighter harus menyesuaikan dengan tipe alas bedak yang kalian pakai, agar tidak menjadi cakey dan dapat ngeblend dengan sempurna.

Penggunaan Highlighter ini hanya dibagian tertentu saja seperti tulang pipi, bawah alis, inner corner mata dan tulang hidung. Tujuannya untuk memberikan efek-efek tertentu seperti mempertegas tulang pipi, memberikan kesan hidung lebih mancung, mempertegas alis dan memberi efek mata lebih besar yang natural. Untuk informasi lebih detail kalian bisa dapatkan dari sini https://youtu.be/6zfYsF3K3I8

Nah itulah tips dan tutorial menggunakan makeup untuk tampilan sederhana bagi remaja. Tidak hanya cocok dipakai ketika acara formal, namun juga bisa untuk kegiatan sehari-hari seperti nongkrong bersama teman, atau pergi ke kampus. Bagi yang masih sekolah, fokus untuk merawat skin barrier kalian saja ya ;D kesehatan kulit lebih penting guys! Sekian dari saya, terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *