December 3, 2022

Tren-tren Kacamata Hitam. Ada Favoritmu?

Siapa nih yang tidak mengenal kacamata hitam? Sobat fashion harus tahu ya. Kacamata hitam adalah kacamata yang berfungsi untuk melindungi mata dari sinar matahari berlebih. Sudah jelas beda dengan kacamata untuk mata rabun, ya.

Terus kalian tahu nggak sih kapan kacamata hitam muncul? Menurut beberapa sumber, kacamata hitam sudah ada sejak zaman prasejarah, lho! Dibuat oleh suku Inuit dari potongan kayu atau tulang gading dengan celah sempit di bagian depan. Suku Inuit membuat kacamata ini untuk melindungi mata mereka dari kebutaan salju.

Lalu kaisar Romawi Nero memakai batu permata yang dipoles dan dipotong untuk menonton pertandingan gladiator. Konsepnya seperti menonton dengan menggunakan cermin.

Kemudian kacamata hitam juga digunakan di Cina pada abad ke-12. Lensa pada kacamata hitam tersebut dibuat dari kuarsa berasap (kuarsa semi berharga berwarna coklat keabu-abuan hingga hampir hitam) yang dibentuk menjadi kaca yang rata. Tidak hanya untuk melindungi mata, kacamata hitam disana pada waktu itu juga digunakan saat pengadilan untuk mencegah orang-orang melihat ekspresi wajah hakim saat menanyai saksi.

Lalu pada pertengahan 1700an, James Ayscough mempercayai bahwa kacamata hitam dengan lensa warna biru atau hijau dapat membantu memperbaiki gangguan penglihatan tertentu. Walau namanya “kacamata hitam” warna lensanya masih bisa beragam ya, sobat fashion.

Wow! Ternyata seiring berjalannya waktu, fungsinya bisa jadi banyak ya. Selain fungsi yang tadi disebutkan, kacamata hitam juga bisa jadi aksesori fashion yang ngetren lho sobat!

Sam Foster pada tahun 1929, di bawah nama Foster Grant, mulai menjual kacamata hitam di pantai Atlantic City, New Jersey. Sam merancang kacamata hitam tersebut untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari. Sejak saat itulah kacamata hitam menjadi aksesoris fashion yang populer di kalangan masyarakat.

Mengetahui bahwa tren kacamata hitam di dunia fashion sudah dimulai dari lama cukup mengejutkan ya sobat fashion! Kalau begitu, mari kita intip tren kacamata dari tahun 30 an sampai sekarang yuk. Siapa tahu ada gaya yang cocok untuk kamu pakai.

1. Tahun 1930-an

Pada awal 1930-an, tren kacamata hitam yang muncul waktu itu adalah Rayban Aviator. Kacamata hitam ini memiliki ukuran lensa 2-3 kali lebih besar dari kelopak mata dengan bentuk bulat atau menyerupai kulit penyu. Ray-Ban Aviator memiliki bingkai yang tipis dan bantalan hidung yang bisa disesuaikan.

Ray-Ban Aviator dibuat oleh Bausch dan Lomb pada tahun 1936 dan produksinya dimulai pada tahun 1937. Bausch dan Lomb membuat kacamata hitam ini atas permintaan Letnan John A. Macready. Letnan John A. Macready ingin kacamata hitam ini bisa mengurangi sakit kepala dan rasa mual yang dialami oleh para pilot. Mulanya kacamata hitam ini diberi nama “Anti-Glare Aviator”. Kemudian namanya diubah menjadi Rayban Aviator untuk menekankan fungsinya sebagai pelindung mata dari sinar inframerah dan ultraviolet yang berbahaya. Kacamata hitam Ray-Ban Aviator pun dijadikan standar untuk semua pilot militer AS.

Setelah perang selesai, para pilot militer membawa kembali kacamata hitam tersebut untuk dipakai di kegiatan sehari-hari. Lalu penggunaannya menjadi semakin populer ketika film-film bertemakan perang bermunculan. Berkat latar belakangnya yang erat dengan militer, Ray-Ban Aviator membawakan kesan yang berani pada penggunanya.

2. Tahun 1940-an

Tren kacamata hitam tahun 30-an masih bertahan pada waktu ini. Hanya saja variasinya menjadi lebih beragam dan unik.

Kacamata hitam di tahun 1940-an didesain dengan bentuk lensa yang lebih bulat dan berwarna-warni. Bingkai kacamata yang digunakan berbahan plastik yang lebih besar dan tebal. Pada tahun ini juga, bingkai berbentuk bunga jadi tren lho sobat fashion! Kacamata hitam menjadi modis dan memiliki desain yang berbeda untuk olahraga, kegiatan sehari-hari, dan pakaian malam.

Kacamata hitam di tahun 40-an menjadi lebih populer karena harganya menjadi lebih terjangkau dan mudah didapat. Hal ini dikarenakan waktu itu, kacamata hitam dapat dibeli di toko obat dan mall dengan harga mulai dari 25 sen hingga 25 dollar.

Tidak sampai situ, tren kacamata hitam yang hadir di waktu ini adalah lensa cermin. Pada tahun 1948, diiklankan dengan kalimat sebagai berikut.

the wonderful fun of looking out at a world that can’t see you” (Saks 34th St. advertisement for “Mirror-Lens” sunglasses, New York Times, 28 March 1948, p. 30)

Kalimat di atas memiliki arti “Kesenangan luar biasa melihat dunia yang tidak bisa melihatmu.”

3. Tahun 1950-an

Bentuk bingkai kacamata hitam yang terkenal di tahun ini adalah cat-eye. Apakah sobat fashion tahu kenapa namanya cat-eye? Yup! Tentu saja karena bentuknya menyerupai mata seekor kucing hehe. Bingkai cat-eye sering dibuat lebih bergaya dengan dekorasi batu permata.

Awalnya jenis bingkai ini tidak begitu populer. Namun menjadi sangat beken setelah beberapa selebriti wanita, seperti Audrey Hepburn, Marilyn Monroe, dan Barbara Windsor, memakainya di film yang mereka mainkan.

(Original Caption) Dethroned heavyweight boxing champion Cassius Clay employs his well-known gestures during a Press conference at UCLA where he called for a separation of the races as a solution to the “Brewing” race problem in A, erica. Caly also stated that boxing today is Phony–a drugstore game.”

Apakah tren kacamata hitam pada tahun 50-an hanya untuk wanita? Tentu tidak sobat fashion! Perusahaan kacamata hitam Ray Ban meluncurkan produk bernama The Wayfarer. Kacamata hitam ini dibuat untuk kaum pria yang menginginkan desain yang lebih maskulin dari model bingkai cat-eye. Bingkai kacamata Wayfarer dibuat dengan bahan plastik yang cukup tebal.

Ray-Ban juga meluncurkan desain kacamata dengan lebih banyak gaya daripada sebelumnya. Mereka meluncurkan kacamata hitam yang kuat, pemalu, klasik, gila, bulat, oval, kotak, dan perhiasan.

4. Tahun 1960-an

Kacamata hitam menjadi lebih populer. Dilansir dari LoveToKnow, 50 juta pasang kacamata hitam terjual di Amerika Serikat pada tahun 1963. Terdapat banyak jenis kacamata hitam yang terkenal. Salah satu jenis kacamata hitam paling tren pada waktu itu adalah kacamata hitam yang dipakai oleh Audrey Hepburn dalam filmnya Breakfast at Tiffany’s (1961). Audrey Hepburn memakai kacamata cat-eye dengan ukuran oversized dalam film tersebut.

Sobat fashion juga harus tahu. Selain oversized cat-eye, kacamata hitam Aviator dan Wayfarer juga populer pada waktu ini. Kedua kacamata tersebut banyak dicari karena kepopulerannya setelah dipakai para selebriti. Seperti Wayfarer yang digunakan Bob Dylan dengan lensa trapesium yang lebar di bagian atas daripada bagian bawah. Hasilnya, kacamata ini memiliki tampilan yang unik dan dianggap modis.

5. Tahun 1970-an

Tren kacamata hitam di tahun 70-an adalah teashades. Lensa berbentuk lingkaran sempurna dengan bantalan hidung seluloid yang terbingkai kawat tipis menjadi ciri khas teashades. John Lennon adalah salah satu dari banyak selebriti yang mempopulerkan teashades di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kadang teashades juga bisa disebut sebagai “kacamata John Lennon”.

Teashades juga dikenal ketika gerakan anti perang di Amerika Serikat sedang berlangsung. Oleh karena itu, kacamata teashades dikaitkan dengan liberalisme, intelektualisme, dan pikiran yang bebas

Tren kacamata hitam dengan bingkai berukuran besar masih berlanjut di tahun ini. Bingkai dan lensanya hadir dengan bentuk yang lebih lembut. Warna lensanya menjadi lebih pucat. Ditambah dengan warna gradasi dan warna kemerahan yang modis untuk mata. Warna pastel pada kacamata hitam di tahun 1970-an juga memberikan kesan yang lebih santai.

6. Tahun 1980-an

Risky Business (1983) Written & Directed by Paul Brickman Shown: Tom Cruise (as Joel Goodsen)

Kacamata hitam di waktu ini memiliki desain lensa yang gelap disertai dengan bentuk bingkai yang tajam. Gaya kacamata ini dipopulerkan oleh the Blues Brothers. Tom Cruise yang berperan di film Risky Business (1983) dan Don Johnson di series Miami Vice turut serta mempopulerkan kacamata hitam Wayfarer pada waktu tersebut.

7. Tahun 1990-an

Kacamata hitam yang dianggap antik di tahun mulai berubah sedikit. Terdapat beberapa perubahan yang bisa ditemukan pada fashion kacamata hitam tahun 90-an.

Pertama, bingkai kacamata hitam dibuat menjadi lebih ringan dari sebelumnya. Kacamata hitam jenis ini banyak digunakan oleh para atlet, pengendara sepeda gunung, pemain ski, dan atlet lainnya. Mereka mulai memakai bingkai kacamata hitam ini lebih banyak selama latihan dan santai. Gaya kacamata hitam tahun 90-an mengacu pada bingkai melingkar yang melengkung. Bentuk ini lebih cocok dengan kontur wajah dengan perlindungan yang banyak pada setiap sisi.

Kedua, bingkai kacamata hitam menjadi lebih kuat. Walaupun bingkainya menjadi lebih ringan, tetapi itu bukan berarti kekuatan bingkainya ikut melemah.

Bingkai kacamata hitam yang diproduksi saat itu dibuat dengan bingkai logam “X metal”. Logam tersebut terbuat dari paduan titanium. Bingkai kacamata tahun 90-an sangat tahan terhadap kerusakan dan keausan. Oleh karena itu harganya lebih mahal dari kacamata hitam lainnya. Tapi hal ini bisa sobat fashion anggap sebagai “harga sesuai kualitas”.

Ketiga, penjualannya lebih populer di kalangan kaum muda. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang dipopulerkan oleh para atlet.

8. Tahun 2000-an

Tren kacamata hitam di tahun 2000-an adalah tren yang didasari dari ciri khas selebriti. Contohnya seperti kacamata hitam yang digunakan oleh Paris Hilton. Ia mengenakan kacamata hitam menyerupai mata serangga yang besar dengan bingkai persegi. Contoh lain adalah kacamata hitam pelindung besar yang digunakan Kate Moss.

Terlepas dari itu, tren kacamata hitam lain di tahun ini ada yang lebih berfokus pada gaya unik masing-masing. Maksudnya lebih tentang menjadi orisinil daripada mengikuti suatu tren tertentu. Lebih seperti “be yourself” begitu, sobat fashion!

9. Tahun 2010-an

Variasi kacamata hitam di tahun ini sangat banyak macamnya. Hampir semua desainer mengembangkan koleksi kacamata hitam mereka sendiri yang menyesuaikan berbagai gaya. Agak mirip dengan tren tahun 2000-an yang berfokus pada keorisinilan masing-masing orang. Bukan begitu sobat fashion?

10. Tahun 2020-an

Tahun ini menjadi tahun untuk melakukan perjalanan nostalgia. Sobat fashion mungkin akan menemukan berbagai tren seperti “kembalinya era kacamata hitam 90-an”.

Menyusuri tren kacamata hitam dari dekade ke dekade seperti melakukan perjalanan waktu! Bersama sobat fashion, kita mulai dari tahun dimana kacamata hitam Aviator populer sampai ke tahun dimana masyarakat ingin melakukan perjalanan nostalgia. Dari semua tren kacamata hitam, favorit sobat fashion yang mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *