December 3, 2022

Tips Memilih Skincare Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Memiliki penampilan yang menarik dan wajah yang cantik merupakan hal yang diidamkan oleh setiap perempuan. Tetapi, penampilan menarik itu tidak hanya dilihat dari pakaian atau aksesoris yang kita gunakan, tetapi juga didukung dengan kulit yang sehat.

Tidak hanya pakaian atau aksesoris saja yang dirawat dan dijaga, kulit kita juga perlu untuk dirawat dan dijaga. Caranya itu dengan menggunakan perawatan kulit atau skincare.

Kalian tidak perlu bingung. Melalui artikel ini saya yakin kalian dapat mengerti tentang tips-tips skincare!

Tapi, apa itu skincare?

Skincare adalah tata cara atau langkah-langkah untuk merawat kulit dengan cara menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit kita masing-masing. Sebelum kita merawat kulit, kita harus mengetahui dulu jenis-jenis kulit pada setiap wajah.

Jenis-Jenis Kulit

  1. Kulit normal

Kulit normal itu adalah kondisi kulit dimana kadar air dan minyaknya seimbang. Jadi, kondisi kulit dari jenis ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Selain itu, kondisi kulit normal itu cenderung terlihat lebih segar dan sehat, juga tidak berjerawat.

2. Kulit kering

Kulit kering itu adalah kondisi kulit yang ditandai dengan sensasi kulit tertarik di seluruh wajah dan tubuh kita akibat kurang terbentuknya pelindung alami kulit. Jika diperhatikan, kulit dari jenis ini terlihat lebih kusam, berstektur kasar, dan kurang lembab.

3. Kulit Sensitif

Kulit sensitif itu adalah gejala iritasi kulit waktu kulit kita terpapar sinar matahari. Biasanya, kulit sensitif itu lebih mudah terkena iritasi karena bahan kimia dalam produk skincare dan terpapar udara.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak itu adalah kondisi kulit ketika kelenjar sebasea yang ada pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Jika diperhatikan, kondisi kulit pada jenis ini lebih berminyak di area T Zone (Dahi, hidung, dagu), sebagian wajahnya kering, lalu ada beberapa jerawat dibagian tertentu pada wajah.

5. Kulit kombinasi

Lalu, yang terakhir ada kulit kombinasi. Kulit kombinasi itu adalah gabungan dari beberapa kondisi kulit.

Ciri khas dari kulit kombinasi ini adalah sebagian wajah kita terasa berminyak, tetapi sebagian terasa normal bahkan kering. Biasanya, minyak pada wajah lebih banyak muncul di T-Zone.

Untuk mengatasi masalah kulit diatas, kita perlu skincare untuk mengatasinya. Tetapi apa kalian tahu, jika skincare itu bermacam-macam? Tentu saja, ada banyak macam-macam skincare. Tapi, kali ini saya akan memberi tahu beberapa saja dari macam-macam skincare.

Macam-macam skincare

  1. Facial wash atau pembersih muka

facial wash itu dibagi menjadi 2, yaitu facial wash berbasis air dan facial wash berbasis minyak.

Facial wash yang berbasis air biasanya mengandug surfaktan yang bisa membantu kulit membersihkan kotoran atau keringat dan bahkan bisa membantu mengangkat minyak juga. Lalu, sedangkan facial wash berbasis minyak itu bisa membantu melembapkan kulit kering.

Untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi disarankan untuk tidak menggunakan facial wash yang berbahan dasar minyak, karena akan memperparah keadaan kulit kalian dan membuat kulit kalian menjadi semakin berminyak dan berjerawat.

2. Toner

Fungsi toner wajah itu sebenarnya membantu mengembalikan Ph kulit kita yang hilang akibat mencuci muka. Lalu, toner ini bisa membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak yang masih menempel di kulit kita.

Selain itu, toner juga dapat membantumempersiapkan kulit kita sebelum kita memakai produk skincare lainnya. Jadi, jangan sampai melwatkan pemakaian toner, ya! Karena toner merupakan salah satu fondasi penting untuk kulit kita.

3. Moisturizer

Moisturizer memilik peran yang tidak kalah penting dengan toner, lho! Moisturizer ini memiliki peran untuk membantu kulit kita menjadi lebih lembap.

Selain itu, pelembap dibagi menjadi 3, yaitu pelembap bertekstur krim, pelembap bertekstur krim yang lebih tebal, serta pelembap bertekstur gel / cair.

4. Sunscreen / Tabir surya

Sepertinya, Sunscreen merupakan hal yang paling familiar di telinga kita. Fungsi dari Sunscreen ini sebenarnya adalah untuk membantu melindungi kulit kita dari paparan cahaya matahari.

Terpapar sinar matahari itu sebenarnya membahayakan kulit kita, karena selain bisa membuat kulit kita tampak lebih tua, banyak kerutan halus, serta bintik-bintik hitam di muka kita, paparan sinar matahari juga bisa meningkatkan resiko kanker kulit,

5. Serum

Mungkin sebagian di antara kalian merasa jika menggunakan serum itu tidak begitu penting, karena ada moisturizer yang memiliki fungsi yang sama-sama melembapkan kulit. Ya, memang ada benarnya.

Fungsi moisturizer dan serum memang sama-sama membuat kulit menjadi lembap, tetapi di dalam serum terdapat banyak kandungan vitamin D, retinol, dan antioksidan.

6. Essence

Essence adalah cairan yang berbahan dasar air dengan konsentrat tinggi yang membantu kulit untuk menyerap produk skincare yang lain. Jadi, memakai essence itu dapat membantu kulit untuk memaksimalkan produk skincare yang lainnya.

7. Ampoule

Ampoule memiliki kandungan vitamin E dan vitamin D yang baik untuk permasalahan kulit kita. Selain itu juga, ampoule dapat membantu melembapkan kulit kita.

8. Eye cream / krim mata

Untuk kalian yang memiliki masalah mata panda, kantung mata, bahkan kerutan di sekitar mata, eye cream ini bisa menjadi solusi untuk kita yang ingin mengurangi masalah-masalah diatas.

9. Face oil

Face oil ini mengandung lemak esensial yang membantu kulit menjaga kerusakan sel-sel dan membantu menjaga elastisitas kulit kita tentunya.

Setelah tahu tentang berbagai macam skincare dan juga beberapa macam jenis-jenis kulit, kita jadi tahu ni tipe kulit kita sendiri.

Hal paling dasar dalam memilih skincare itu adalah kita harus tahu dulu tipe kulit kita, terus kita bisa nentuin deh produk apa yang cocok buat kulit kita.

let’s move on to the tips!

Tips Memilih Skincare Yang Sesuai

Inilah beberapa tips untuk memilih skincare yang sesuai dengan kulit kita :

  1. Kulit Normal

Kelebihan dari kulit normal itu adalah kalian tidak memiliki pantangan apapun dan bisa memilih skincare dengan bahan dasar apapun, karena kulit normal mempunyai tingkat kelembapan yang pas.

Maka dari itu, tidak masalah menggunakan produk apapun selagi cocok dengan kulit kita.

Hydrating toner

2. Kulit kering

Jenis kulit kering itu rentan kena penuaan dini. Maka dari itu, pilihlah skincare yang berfungsi untuk melembapkan, ya! contoh nya dengan menggunakan hydrating toner atau produk skincare apapun yang berbahan dasar gel/ balm.

Tetapi, hindari produk skincare dengan bahan dasar alkohol, ya! karena alkohol dapat menyerap air sehingga dapat membuat kulit kita menjadi semakin kering.

Hypoallergenic Foaming Cream

3. Kulit sensitif

Kulit sensitif rentan terkena iritasi. Maka dari itu, pilihlah skincare yang sifatnya hypoallergenic atau bahan yang bisa mengurangi resiko kulit kering tanpa membuat kulit jadi iritasi apalagi alergi.

Oily Skin Cleanser

4. Kulit berminyak

Kelebihan dari kulit berminyak itu adalah tidak mudah keriput. Untuk jenis kulit berminyak, disarankan memilih skincare yang tidak mengandung minyak, karena, jika minyak di kulit semakin bertambah, dapat mengakibatkan kulit kita menjadi berjerawat.

Hydra Moist Essence

5. Kulit kombinasi

Last but not least, kulit kombinasi. Untuk kulit kombinasi ini, disarankan memilih skincare yang bahannya berbasis air, ya! Karena, produk berbasis air lebih efektif untuk ngangkat debu dan kotoran yang ada di wajah kita.

Selain itu, bisa menggunakan toner yang sesuai dengan komposisi kulit, karena tidak semua kulit kombinasi tidak bisa menggunakan produk berbasis alkohol. Jadi, disesuaikan dengan kondisi kulit kalian, ya!

Nah, gimana ni? udah ga bingung lagi kan? 

Skincare adalah salah satu cara untuk kita menjaga dan merawat kulit kita supaya tetap sehat. Tentu saja, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam merawat dan menjaga kulit.

Semakin berkembangnya zaman di masa ini, tentu saja banyak sekali teknologi canggih yang bisa membantu merawat kulit. Tentu saja, harganya pun sangat fantastis.

Tips-tips yang dibagikan didalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan tentu saja inspirasi agar kalian yang baru terjun ke dunia kecantikan tidak clueless.

Of course, kunci utama yang perlu diingat dalam pemilihan skincare ini adalah disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kalian ya!

Lastly, Semoga bermanfaat!

Reading time : 05:42

Author : Naresha Aulia Balqist Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *