December 3, 2022

Tiga Cara Simple dan Mudah Menghasilkan Daging Sapi Yang Empuk 

Siapa yang bisa menolak nikmatnya daging-dagingan?

Berbagai daging dengan berbagai cara memasak dan mengolah produk hewani ini sehingga menghasilkan kreasi yang menggiurkan.

Begitu banyak olahan yang dapat kita lihat dan nikmati disekitar kita, seperti Bakso, rendang, semur, sate, sop, sosis.

Dan banyak juga olahannya baik olahan rumahan maupun olahan dari pabrik yang juga tidak kalah enaknya. 

Daging sapi merupakan salah satu produk hewani yang sangat berpengaruh loh di kalangan rumah tangga sampai restauran-restauran. Selalu saja ada produk yang dibuat dari olahan hewani ini dan selalu ada di pasar serta supermarket lainnya. 

Hampir semua bagian yang berada pada sapi bisa diolah menjadi hidangan yang memiliki cita rasa yang unik di setiap masakannya. 

Namun, seperti yang kita tahu memasak olahan ini memiliki tantangan tersendiri.

Tantangan yang sering dan sangat menjengkelkan ketika memasak daging sapi yaitu produk menjadi alot dan keras saat dimakan.  

Nama: Ariyj
waktu baca: 6:03 menit
jumlah kata: 1511

Setiap bagian sapi harus bisa diperlakukan dengan khusus sebelum bisa dijadikan hidangan, begitu pula dagingnya.

Ada bagian-bagian yang sudah secara naturalnya memiliki tekstur yang lembut dan mudah diolah.

tapi ada banyak juga loh bagian yang butuh cara lebih intens sehingga bisa menghasilkan tekstur yang diinginkan. 

Cara yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan hasil masakan yang empuk yang kita semua sering lakukan dan biasa kita lihat ketika proses memasak yaitu memasaknya dalam jangka waktu lama.

 Namun seperti yang kita tau, jika kita memasak dengan waktu yang lama pasti akan sangat melelahkan loh. Juga ada banyak banget kekurangan dalam memasak olahan ini dalam waktu lama.

Salah satunya hilangnya rasa daging yang menyebabkan terasa hambar dan tak gurih.

Serta cara ini memakan waktu yang sangat lama dan menguras banyak penggunaan gas. 

Nah, gimana sih caranya biar daging sapi lembut, empuk, dan tetap enak serta cepat dan simple dilakukan? Inilah 3 cara mengempukan daging sapi dengan mudah dan simple. 

1. Baking Soda 

Pertama, jarang sekali orang tahu bahwa baking soda merupakan cara mudah untuk mengempukan daging sapi. 

Tahukah kamu, walaupun jarang orang mengetahui cara ini, cara ini telah banyak digunakan dari di restoran-restoran besar dan juga di rumah-rumah dikarenakan caranya yang cukup simple dan cepat.

Soda kue memiliki fungsi sebagai antasida, yaitu yang berfungsi sebagai penetral asam yang membantu menaikan pH pada permukaan daging.

pH berfungsi untuk membuat serat-serat yang melekat menjadi lebih basa dan membuat protein di dalamnya menjadi terpecah dan menjadikannya lebih empuk. 

Penggunaan soda kue untuk mengempukkan tidak memakan waktu yang lama, hanya dibutuhkan waktu yang bisa terhitung sebentar  agar daging menjadi lembut dan siap dimasak. 

Cara melakukannya juga relatif mudah, yang diperlukan yaitu soda kue sebanyak ¼ sendok teh dan air, lalu rendam potongan ke dalam soda kue dalam waktu 15-20 menit, lalu tiriskan dan keringkan menggunakan tisu dapur sebelum akhirnya dimasak. 

Jumlah soda kue

Namun untuk berapa banyak soda kue yang dipelukan bisa dikira-kira sesuai dengan kebutuhan dagingnya.

Jika potongan yang anda miliki cenderung lebih alot, seperti pada bagian Shank, chunk, serta brisket serta bagian lain yang berasal dari bagian yang sering digunakan

penggunaan soda kue yang dipakai bisa lebih banyak dan merendamnya lebih lama sehingga tekstur daging lebih lembut. 

rendam daging dalam larutan soda kue

Begitu pula sebaliknya, jika potongan yang digunakan sudah cenderung lebih lembut seperti bagian pada Sirloin dan Tenderloin, maka penggunaan soda kue tidak perlu banyak-banyak dan juga tidak memerlukan waktu yang lama. 

2. Marinasi

Cara Kedua yang bisa dilakukan sebelum memasak yaitu marinasi. Marinasi adalah kegiatan dimana daging direndam dalam bumbu. 

Proses marinasi dilakukan untuk banyak alasan, loh. Marinasi dilakukan untuk; 1) memperkaya cita rasa yang terdapat pada daging sapi serta membuat bumbu lebih menyerap sehingga rasa masakan lebih gurih; 2) membuat lebih awet jika disimpan dalam waktu yang lama dan juga tentunya; 3) membuat masakan lebih empuk ketika dimakan. 

marinasi daging

Memarinasi tidak memerlukan bahan-bahan yang rumit dan sulit dicari, cara paling mudah untuk memarinasi yaitu cukup menggunakan garam kasar, atau garam dapur.

 Proses memarinasi menggunakan garam juga berfungsi untuk memecahkan serat yang berada di dalamnya sehingga daging akan merasa lebih lembut.

Marinasi menggunakan garam ini banyak dilakukan di dapur-dapur bahkan di restauran steak untuk menghasilkan masakan yang lembut dan simple.

Namun ada banyak sekali bahan dan cara untuk memarinasi daging, sesuai dengan masakan apa yang ingin dimasak. Contohnya:

– Merendam dengan jeruk nipis atau lemon

 Perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dapat sangat membantu loh untuk mengempukkan daging sapi.

Pasalnya, lemon mengandung konsentrasi asam yang tinggi dan dapat membantu daging memecahkan kandungan protein di dalamnya sehingga protein dapat mudah terurai.

Caranya cukup dengan menuangkan perasan lemon atau jeruk nipis kedalam daging dan biarkan untuk beberapa jam sebelum dimasak. 

– Merendam dengan menggunakan jus nanas

Mungkin terdengar aneh jika kita menambahkan buah-buahan ke dalam produk daging-dagingan, namun fakta unik mengenai buah nanas yaitu nanas mengandung enzim bromelain. 

Enzim bromelin dapat membantu melembutkan serat pada otot serta membantu menyerap lebih banyak kelembaban sehingga ketika dimasak terasa lebih lembut.

Cara melakukannya juga cukup mudah, cukup blender nanas, lalu masukkan daging dan jus nanas kedalam wadah container besar dan diamkan beberapa jam.

lalu kalian bisa bilas sebelum dimasak dan siap digunakan.  

– Membaluri dengan jahe, dan bawang putih

Selanjutnya yaitu cara paling rumahan yang biasa kita lihat orang-orang lakukan yaitu merendam daging menggunakan parutan jahe dan juga parutan bawang putih.

 Cara ini sudah terbukti bukan hanya melembutkan daging dikarenakan adanya enzim proteolitik pada jahe.

Enzim proteolitik membantu serat melebur, namun juga penggunaan jahe serta bawang putih dapat menambah cita rasa sehingga masakan akan menjadi lebih kaya rasa. 

Berbeda dengan mengempukkan menggunakan soda kue, memarinasi membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama dibandingkan menggunakan soda kue. 

Hal ini terjadi dikarenakan ketika menggunakan soda kue, kandungan daging akan cepat terurai oleh soda yang berada pada soda kue tersebut.

Sedangkan proses marinasi akan membutuhkan waktu lama karena bahan yang digunakan relatif alami tanpa zat kimia, serta keuntungan dari memarinasi sebelum dimasak yaitu membuat masakan lebih terasa enak dan bumbu lebih menyerap. 

3. Pukul daging

Cara terakhir ini bisa dibilang cara paling basic yang biasa para chef atau koki di dalam tv atau restaurant biasa sarankan untuk membuat daging menjadi empuk.

Cara ini berguna untuk melembutkan daging dengan cara ini bisa menjadi cara yang efektif dilakukan karena dengan cara memukul maka serat yang terdapat pada otot akan pecah dan melebur dengan sendirinya sehingga ketika dimasak daging sudah tidak memiliki pengikat yang bisa membuatnya menjadi keras dan alot.

Meat tenderizer merupakan alat yang bisa dan biasa digunakan untuk memukul daging yang memiliki dua permukaan, permukaan yang datar dan permukaan bertekstur. 

meat tenderizer. source: google.com

Tidak ada cara khusus untuk memukul disini menggunakan Meat tenderizer, yang perlu kalian lakukan hanya memukul dengan permukaan yang bertekstur terlebih dahulu sehingga serat yang berada pada daging menyebar rata.

kemudian, kalian bisa dilanjutkan menggunakan bagian yang rata untuk membuatnya semakin lebar. 

Namun ada yang harus diperhatikan jika ingin melembutkan daging menggunakan meat tenderizer, banyak kesalahan yang bisa terjadi jika melakukan metode ini, salah satunya yaitu terlalu keras memukul permukaan .

Terlalu keras memukul daging bisa menjadi kesalahan yang fatal karena bukan hanya hilangnya bentuk aslinya, namun juga akan membuat produk hewani initerlihat tidak cantik dan akan sulit untuk dimasak karena ketika daging bertemu permukaan api maka masakan akan menjadi menciut. 

Alternatif yang dapat digunakan

ada banyak alternatif yang dapat kita temukan untuk mengganti Meat tenderizer yang tidak dimiliki oleh semua rumah, contoh alternatifnya yaitu kalian bisa menggantinya dengan menggunakan belakang pisau atau juga ulekan. 

Penggunaan belakang pisau bisa dibilang cara yang mudah namun memiliki kesulitan juga.

Permukaan yang dipukul dengan belakang pisau relatif lebih sedikit dan perlu waktu lama agar produk menjadi pipih dan rata di setiap bagiannya. 

alternatif meat tenderizer

Begitu pula dengan menggunakan ulekan . Ulekan memiliki tekstur yang halus dan lebih luas dibandingkan dengan belakang pisau.

Namun ada kekurangannya loh ketika menggunakan cara ini seperti kekuatan dari ulekan terhadap daging.

dengan cara ini, ada kemungkinan besar hancurnya dan tidak terlihat cantik lagi dikarenakan otot akan menjadi rawan akibat tidak adanya ikatan serat lagi. 

Walaupun demikian, kedua cara ini sangat bisa digunakan asal kalian bisa lebih sabar dengan kedua alat tersebut.

Agar daging memiliki tekstur kalian bisa menggunakan garpu sehingga angin masuk kedalam dan ketika dimasak maka menjadi matang secara merata. 

jadi…

Nah, Itulah tiga cara mudah dan simple untuk membuat daging sapi kita menjadi nikmat dan juga dapat dinikmati oleh siapa saja yang memakannya.

Cara ini sangatlah mudah kan, bisa dilakukan oleh siapa saja dan juga dimana saja untuk hidangan apa saja yang kamu inginkan. 

Dengan tiga cara ini ; merendam menggunakan baking soda, marinasi, dan memukul-mukul , merupakan cara yang biasa dilakukan untuk mendapat daging yang lembut dan juicy

Tidak ada batasan untuk berkreasi menggunakan bahan dapur, selama apa yang kita lakukan dapat diterima dan juga menghasilkan karya yang dapat dinikmati bersama maka lakukanlah. 

Astle, C. B. (n.d.). Can Baking Soda Make Meat Tender and Juicy? Livestrong.com. https://www.livestrong.com/article/523209-can-baking-soda-make-meat-tender-and-juicy/

11 Bagian Daging Sapi: Karakter Daging dan Jenis Masakan yang Cocok. (2021, September 30). Holycow Steak. https://www.holycowsteak.com/blogs/story/bagian-bagian-daging-sapi

Guide, S. (2022, February 24). How to Tenderize Steak: 4 Ways to Tenderize Steak – 2022. MasterClass. https://www.masterclass.com/articles/how-to-tenderize-steak#quiz-0

Mattison, L. D. (2018, January 26). 8 Simple Ways to Make Tough Meat Tender. Taste of Home. https://www.tasteofhome.com/article/how-to-make-tough-meat-tender/

12 Bahan Rendaman Pengempuk Daging, Jadi Nggak Alot dan Gampang Dikunyah. (2021, July 20). Hipwee. https://www.hipwee.com/tips/12-bahan-rendaman-untuk-mengempukkan-daging-gampang-dikunyah-dan-nggak-alot-lagi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *