December 1, 2022

Bingung Liburan Kemana? Yuk! Coba Hal-Hal Berikut untuk Mengisi Waktu

dream.co.id

Adinda Oryma Dwi Amalia – 1512 kata – 5 menit

Memiliki aktivitas sehari-hari yang kurang lebih sama tentunya dapat membuat seseorang menjadi jenuh. Tentunya, rasa jenuh memiliki efek yang berbeda-beda terhadap masing-masing individu. Mungkin ada beberapa orang yang masih dapat melakukan aktivitasnya dengan baik dan ada juga yang kehilangan semangat bahkan kemampuan produktifnya saat mengalami fase-fase tersebut. Apakah ada dari kalian yang sedang mengalami salah satu dari hal tersebut saat mengalami masa jenuh? Jika memang benar, ada baiknya kamu mencoba menyisihkan beberapa waktu untuk berlibur. 

Menurut para ahli medis, berlibur rupanya memberikan banyak manfaat baik kepada kesehatan. Contohnya seperti mengurangi stress, meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan kualitas, menjaga bentuk tubuh tetap ideal, dan masih banyak lagi. Pernyataan-pernyataan tersebut tentunya telah diuji dan dapat dibuktikan. 

Namun, untuk pengalaman liburan yang terbaik, tentunya kamu perlu memiliki destinasi dan lokasi liburan yang tepat sesuai dengan kegemaran. Hal ini tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan nantinya malah merusak momen berharga anda saat liburan. Berikut beberapa ide tempat wisata atau kegiatan menyenangkan yang mungkin bisa kamu coba untuk mengisi waktu dan menghilangkan rasa jenuh saat liburan tiba. 

Liburan dengan bermain air dan berjemur di pantai

koinworks.com

Untuk yang satu ini bisa dibilang salah satu menjadi destinasi liburan yang paling sering dituju. Pemandangan yang indah, hembusan angin yang menyegarkan, sapuan air yang menyenangkan, pantai tentunya memiliki banyak hal yang bisa menghilangkan rasa bosanmu. 

Di Indonesia yang merupakan negara maritim, ada begitu banyak pilihan pantai yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata, loh! Beberapa di antaranya yang paling terkenal, yaitu Nihiwatu Beach di Sumba, Pink Beach di Pulau Komodo, Pulau Weh di Aceh, Raja Ampat di Papua Barat, Tomini Bay di Sulawesi Utara dan masih banyak lagi. 

Berbicara tentang pantai tentunya kita tidak boleh melupakan Pulau Bali yang sampai sekarang masih menjadi salah satu destinasi favorit baik untuk turis domestik atau mancanegara sekalipun. Tidak bisa dipungkiri, setiap tahunnya Pulau Bali tidak pernah absen menjadi destinasi liburan dan dikunjungi oleh ratusan ribu wisatawan. 

Selain menikmati pemandangan, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan saat di pantai. Contohnya seperti bermain pasir bersama keluarga, berjemur, bermain water sport, bermain permainan bola pantai, dan mencoba kuliner laut. 

Menikmati udara sejuk dan pemandangan indah di atas sebuah gunung atau pegunungan

travel.wego.com

Destinasi liburan yang ini juga tidak kalah populer dari yang sebelumnya, loh! Sama halnya dengan pantai, gunung juga menjadi salah satu pilihan favorit bagi kebanyakan orang. Apabila di pantai kita bisa merasakan sengatan panas dari matahari dan pemandangan laut yang indah, sebaliknya saat di gunung kita bisa merasakan kesejukan udara dan pemandangan hijau dari banyak tumbuhan yang mungkin sudah jarang kita lihat di perkotaan. 

Berwisata ke gunung juga cocok untuk kalian yang sangat suka mendaki dan menikmati alam bebas. Meskipun mendaki bukanlah hal mudah untuk dilakukan dan memiliki banyak risiko, tetapi hal ini tentunya tidak menghentikan para pengunjung yang memang sudah jatuh hati dengan para dataran tinggi ini. 

Dengan persiapan yang matang dan bekal yang cukup, bahkan kamu bisa berkemah di beberapa titik pegunungan yang tentunya memang disediakan untuk menjadi tempat wisata dan berkemah. Lalu apabila kamu beruntung dan memilih ketinggian yang tepat, maka kamu juga bisa melihat pemandangan sunrise atau matahari terbit yang indah dari atas gunung. 

Liburan sekaligus mengasah kemampuan diri dengan permainan-permainan outbound

antarnews.com

Tempat wisata yang satu ini lagi-lagi masih berhubungan dengan alam bebas, nih! Ada slogan yang sering kita dengar bahwa ‘Berani kotor itu hebat!’ Nah! Pas banget, karena kegiatan yang dilakukan di tempat ini cenderung membuat tubuh kita berlumur tanah dan lumpur. 

Outbound merupakan suatu bentuk pembelajaran yang dilakukan di alam bebas dengan bentuk permainan yang efektif, menggabungkan fisik, mental, dan intelegensi. Kegiatan outbound bertujuan mengembangkan kepercayaan diri, keberanian dan daya kreatifitas, jadi memang cocok banget untuk dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. 

Jenis permainan yang dilakukan saat outbound dibagi menjadi dua, yaitu outbound soft skill yang memang dirancang sedemikian rupa agar tetap efektif walaupun tidak terlalu banyak menggunakan fisik dan outbound hard skill yang difokuskan pada keterampilan seseorang sehingga membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Terdengar cukup menyenangkan, bukan? Yuk, bisa segera dicoba, ya!

Bermain berbagai wahana dan bersenang-senang di taman hiburan

theactivetimes.com

Apakah ada dari kalian yang suka menaiki wahana yang menguji adrenalin atau hanya bersenang-senang dengan melihat tempat-tempat menarik? Maka, taman hiburan bisa menjadi tempat liburan yang cocok kamu kunjungi untuk melepas penat. 

Bagi kamu yang menyukai permainan ekstrem dapat mencoba wahana-wahana seperti Tornado, Roller Coaster, Haunted House, dan Pirates. Sedangkan bagi kamu yang anti banget sama permainan-permainan tersebut bisa coba permainan sejenis Merry Go Around (komedi putar) dan Bianglala. 

Di samping wahana-wahana tersebut, juga ada banyak taman hiburan yang menyediakan tempat-tempat menarik untuk berfoto-foto seperti istana boneka, ruang kaca, atau tiruan Hogwarts (salah satu tempat dari dilm Harry Potter) seperti halnya di Disneyland. 

Tenang, walaupun di Indonesia tidak ada Disneyland, masih banyak taman hiburan terbaik yang bisa kamu kunjungi. Beberapa di antaranya adalah Jawa Timur Park, Trans Studio Bandung, Dunia Fantasi Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah, Sindu Kusuma Edupark di Yogyakarta, JungleLand di bogor, Batu Night Spectacular, dan Suroboyo Carnival Park. 

Ikuti tren foto siluet estetik dengan latar belakang sekumpulan ikan di dalam akuarium 

shutterstock.com

Bagi kalian yang menyukai dan tertarik dengan kehidupan laut, akuarium adalah pilihan yang tepat. Tanpa perlu jauh-jauh datang ke laut, di akuarium kita bisa melihat dengan mudah ratusan satwa laut yang tersebar di seluruh lautan dan mungkin baru kita ketahui keberadaannya. Di sana juga sudah disediakan dengan informasi-informasi penting yang dapat menambah pengetahuan kita mengenai hewan-hewan air tersebut. 

Destinasi satu ini mungkin dianggap sebagai tempat wisata bagi anak-anak. Namun jangan salah, banyak akuarium yang menyediakan pertunjukkan menarik yang dapat dinikmati juga oleh anak muda sampai orang dewasa. Contohnya seperti pertunjukkan putri duyung yang memperlihatkan seorang perenang handal menggunakan ekor buatan yang menyerupai makhluk yang dianggap mitos tersebut, dan ada juga pertunjukkan ikan lumba-lumba yang memperlihatkan banyak atraksi dan tingkah pintar mereka. 

Ada juga bahwa berfoto dengan latar belakang akuarium sebenarnya telah menjadi tren di kalangan anak muda. Mereka menganggap foto siluet tubuh mereka yang berdiri di depan akuarium besar berwarna biru tersebut adalah hal yang aesthetic dan cocok untuk diunggah ke berbagai situs media sosial milik mereka. Jadi, apa kamu tertarik memiliki foto dengan latar belakang akuarium juga?

Liburan sekaligus belajar banyak hal bersejarah di museum

brittanica.com

Mungkin tidak banyak yang pernah menyarankan kamu untuk berlibur ke tempat ini karena tempat ini dirasa lebih cocok untuk belajar daripada berlibur. Museum sendiri memiliki definisi sebagai sebuah tempat di mana mereka mengumpulkan, merawat, menyimpan, melestarikan, mengkaji dan menyajikan penemuan-penemuan yang berhubungan dengan material hasil budaya manusia, alam, dan lingkungan sebagai pembuktian demi kepentingan studi dan rekreasi. 

Apakah definisi tersebut terdengar sangat membosankan? Tapi tunggu dulu, jenis museum itu ada banyak jadi jangan langsung berpikir bahwa kalian hanya akan melihat fosil-fosil makhluk hidup atau barang-barang purba saja, ya! 

Ada museum museum arkeologi, museum seni, museum biografi, museum anak, museum universal, museum etnologi, museum rumah bersejarah, dan Museum sejarah. Bagaimana, apakah ada satu museum yang sepertinya menarik untuk dikunjungi dari nama-nama tersebut?

Menikmati dan mengapresiasi karya-karya seni yang terdapat di pameran

nesabamedia.com

Nah, yang satu ini rekomendasi untuk kamu si pecinta seni. Bagi yang kurang mengerti apa itu pameran, kurang lebih definisinya adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seniman karya untuk memamerkan karya-karyanya dan bisa berkomunikasi dengan publik sebagai apresiator. Pameran sendiri bisa bersifat tunggal atau kelompok, tergantung penyelenggara pameran tersebut. 

Di pameran kita bisa melihat banyak display seni yang sudah diatur sedemikian mungkin agar terlihat menarik bagi pengunjung. Karya seni yang ditunjukkan dapat berupa lukisan, potret kamera, patung, pahatan dan masih banyak lagi. Pameran juga memiliki beberapa jenis yang berbeda berdasarkan karya seni yang ditampilkan dan tempo. 

Ada banyak manfaat saat kita mengunjungi sebuah pameran, antara lain seperti menjadi sarana hiburan, menumbuhkan sifat apresiasi pada sebuah karya, menambah wawasan dalam evaluasi karya secara objektif, membangkitkan motivasi atau potensi yang selama ini terkubur, dan masih banyak lagi manfaat-manfaat baik terutama bagi kaum muda. 

Merasakan suasana yang berbeda saat mendengarkan lagu kesukaan di konser musik

Cara melepas penat yang satu ini sepertinya memang digemari banyak orang, terutama anak muda. Berbagai genre yang berbeda tentunya memiliki peminatnya masing-masing yang membuat satu konser ke konser musik lainnya selalu penuh oleh para pecinta musik.

Berada di tengah kerumunan orang-orang yang memiliki selera musik yang sama tentunya adalah hal yang menyenangkan. Kita bisa bernyanyi bersama, menyerukan lirik yang sama, dan mungkin juga merasakan perasaan yang sama terhadap lagu-lau tersebut. 

Datang ke konser musik penyanyi favoritmu, tentunya juga membuatmu bisa melihat secara langsung seseorang yang selama ini menyanyikan lagu-lagu kesukaanmu. Juga bagaimana suara asli penyanyi saat menyanyi secara langsung tanpa halangan studio musik dan efek autotune. Perasaan itulah yang belum tentu bisa kamu rasakan saat hanya mendengarkan lagu-lagu tersebut dari earphone atau speaker yang kamu miliki. 

Ada juga beberapa konser musik dengan tata panggung yang sangat spektakuler. Mereka memiliki efek lampu laser berbagai warna, pertunjukkan kembang api yang megah, dan bahkan ratusan drone yang menghiasi langit. Terdengar sangat keren, kan?

Meskipun mungkin harga tiket masuk pada beberapa konser musik dapat dianggap cukup mahal bagi sebagian orang, tapi dijamin deh kalo euphoria yang kamu dapatnya juga sebanding dengan uang yang kamu keluarkan. 

Jadi tunggu apalagi? Yuk, cobain datang ke tempat-tempat tersebut sebagai pengisi waktu atau mungkin pengalaman baru saat liburan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *