December 2, 2022

Tahukan Anda Bahwa Bayi Memerlukan Perawatan Kulit lho Moms?

Author: Windy Febrianingsih

Reading Time: 3 Minutes

10 Cara Atasi Kulit Kering pada Bayi | Republika Online
https://www.republika.co.id/berita/pc8qn3382/10-cara-atasi-kulit-kering-pada-bayi

Halo Moms, pasti kalian bingung tentang apakah perawatan kulit yang dibutuhkan oleh bayi terlebih untuk newborn baby? Apalagi bagi yang baru menjadi seorang ibu, hm pasti tuh banyak bertanya-tanya kepada yang sudah berpengalaman, ya kan?

Ternyata penting lho Moms merawat kulit bayi itu. Jadi, di artikel kali ini akan membahas seputar mengenali manfaat merawat kulit bayi, memilih bahan aman bagi bayi, dan cara merawatnya. jadi mari kita bahas satu persatu mulai dari manfaat yang didapatkan oleh bayi.

Manfaat Merawat Kulit bagi si Kecil

Ada beberapa manfaat yang didapatkan bagi bayi yang dituturkan oleh Derma Youth, yaitu:

  • Mencegah timbulnya kanker kulit. Dengan perawatan kulit bayi yang benar dapat mencegah kanker kulit pada anak.
  • Membiasakan perawatan kulit sejak dini. Ketika sejak bayi sudah diberi perawatan dapat menjadikan sebuah habit yang berkelanjutan untuk kedepannya. yang mana hal tersebut juga berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit si anak.
  • Membangun ketahanan kulit ketika berada di luar ruangan.
  • Mencegah rusaknya kulit akibat sunburn. Pasti sudah tau dong Moms tentang paparan sinar matahari langsung dengan durasi yang lama terhadap kulit dapat menyebabkan penuaan dini, namun jika melakukan beberapa perawatan ini dapat mencegah hal tersebut karena kulit terlindungi oleh cream atau lotion yang dipakaikan pada kulit.

Jenis Produk yang biasa digunakan

Biasanya penyedia produk-produk tersebut sudah disediakan dalam satu paket seperti:

  1. Shampo
  2. Lotion
  3. Pelembab
  4. Krim
  5. Baby Oil
  6. Minyak Telon

Mitos Perawatan Kulit Bayi

Hallo Moms pasti pernah dengar rumor yang beredar di kalangan ibu-ibu mengenai perawatan kulit bayi yang ternyata mitos tersebut tidak terbukti secara ilmiah. Jadi, berikut mitos yang sering dibicarakan oleh ibu-ibu mengenai perawatan kulit mengutip dari GueSehat.com :

  • Semua sabun bayi pasti aman untuk merawat kulit bayi, nyatanya tidak semua sabun mandi bayi memiliki pH yang sama. Biasanya pH sabun mandi yang boleh dipakai adalah 5,5pH.
  • Air merupakan satu-satunya yang dibutuhkan untuk membersihkan kulit bayi, ini adalah hal yang keliru karena baby oil atau coconut oil yang cocok juga untuk membersihkan kulit bayi.
  • Antiseptik sangat diperlukan untuk mencegah infeksi
  • Popok, kain ataupun sekali pakai, bisa menyebabkan ruam, namun hal utama yang menyebabkan ruam adalah karena pemakaiannya yang terlalu lama.
  • Warna kulit bayi cenderung berubah dan hal tersebut lumrah.

Cara Memilih Produk yang Aman Bagi si Kecil

Lalu, setelah mengetahui manfaat dari merawat kulit bayi berikutnya mari kita simak yuk cara memilih produk dan cara merawatnya agar aman bagi bayi. Jadi, berikut adalah beberapa tahapan cara memilih produk perawatan kulit untuk bayi, yaitu:

  1. Perhatikan Produk label

Hati-hati Moms ketika hendak mengambil produk; check terlebih dahulu label dan juga komposisinya. Hindari komposisi yang mengandung bahan kimia karena kulit bayi yang masih rentan iritasi.

2. Pilih bahan alami

Pilihlah bahan yang alami bagi bayi, karena jika mengandung bahan selain bahan alami dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi pada kulit si bayi.

3. Pilih pH yang seimbang

Nah pemilihan pH juga harus dipertimbangkan karena untuk menjaga kadar keasaman kulit si bayi yang memiliki peran untuk pertahanan kulit bayi dari kotoran di sekitar.

4. Sudah terdaftar di BPOM

jangan disepelekan jika produk tidak memiliki BPOM karena ketika sudah medapatkan BPOM berarti produk tersebut sudah melalui tahap evaluasi dan terjamin

5. Sudah diuji secara klinis

Produk yang telah teruji secara klinis sudah mendapat jaminan bahwa produk itu tidak berbahaya jika dipakai oleh manusia. Jadi, mengetahui hal tersebut pada produk bayi berarti sudah di uji pada bayi yang sifatnya aman untuk bayi tentunya.

Rekomendasi Produk Perawatan Kulit Bayi

Setelah mengetahui tata cara memilih perawatan kulit yang aman bagi bayi, berikut rekomendasi produk perawatan kulit yang terjamin aman bagi si kecil karena sudah melalui tahap medical check by Rachel Nazarian, MD sebagai dermatologi dan terjamin pada tahap pengecekan fakta yang dilakukan oleh Shereen Lehman, MS sebagai seorang journalis dan fact checker. Dikutip dari Verry Well Family, berikut adalah beberapa rekomendasi produkJadi, berikut daftar produk yang direkomendasikanya yang memiliki kualitas bagus dari luar negeri:

  • Burt’s Bees Baby Bee Buttermilk Soap at Amazon
  • California Baby Calming Diaper Area Wash at Amazon
  • California Baby Overtired and Cranky Massage Oil at Amazon
  • Aveeno Baby Daily Moisture Body Lotion at Amazon
  • Noodle & Boo Super Soft Lotion at Amazon
  • Pipette Baby Cream to Powder at Amazon

Namun, jika ingin menggunakan produk lokal juga ada kok produk yang aman bagi si buah hati, dan berikut ini adalah rekomendasi produk perawatan kulit bagi bayi yang aman untuk dipakai pada kulit. pastinya merek berikut sudah tidak asing lagi di telinga kita, yuk simak beberapa produk tersebut!

Mengenali Kulit Bayi

Tapi suka ada rasa bimbanga ga sih Moms,tiba-tiba muncul pertanyaan “ini cocok ga ya kira kira buat si kecil?” nah, betul sekali apa yang terlintas di kepala seorang ibu pertanyaan semacam itu yang mana merupakan sebuah tanda kasih sayang seorang ibu tentunya pada buah hatinya.

Okay, jadi artikel ini akan berbagi solusi bagi para Moms yang sedang menghadapi masalah mengenai perawatan kulit bayi. Sebelum memilih produk perawatan kulit bayi orang tua harus mengenali karakteristik kulit bayi terlebih dahulu yaitu memiliki kadar keasaman yang alam. Kemudian untuk lebih lanjutnya bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli dermatologi.

Jadi, apa saja sih Moms kandungan yang aman yang terdapat dalam produk bayi? mari kita bahas terlebih dahulu bahan yang harus terkandung dalam produk perawatan kulit bayi yaitu sebagai berikut:

  • Minyak zaitun (olive oil)
  • Minyak biji almond (Almond oil)
  • minyak kelapa (Coconut oil)

Lalu bagaimna ketika ada ketidkacocokan produk?

Jangan panik moms, kalian para ibu bisa mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan solusinya. Bisa menghubungi dokter online atau boleh juga menemui dokter untuk membicarakan hal tersebut secara face-to-face agar lebih nyaman dan tenang.

Masalah yang Sering Muncul pada Kulit Bayi

Kenali Milia pada Bayi, Beruntusan dan Bercak Putih di Wajah Bayi yang Baru  Lahir | Orami
https://www.google.com/search?q=kulit+bayi&rlz=1C1CHBF_enID883ID883&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiPpMmV_tT3AhU0juYKHYGBADcQ_AUoAXoECAEQAw&biw=1242&bih=606&dpr=1.1#imgrc=dtXuiFeosx596M&imgdii=lK2qOaFqrQoz9M

Mengutip dari GueSehat.com, biasanya ketika kulit bayi tidak sehat muncul tanda-tanda seperti:

  •  Jerawat neonatal, merupakan jeawat yang lazim terdapat pada bayi yang baru lahir.
  • Erythema toxicum yaitu ruam-ruam merah pada bayi.
  • Kulit kering dan mengelupas.
  • Bumps yang berupa bintik putih pada wajah bayi atau disebut juga milia.
  • Mongolian spots yang biasanya terdapat pada kulit yang gelap gejala yang muncul adalah perubahawan warna seperti lebam.

Tips dan Cara Merawat Kulit Bayi

Kali ini akan membahas bagaimana tips cara merawat kulit bagi bayi anda menurut Alodokter.

  1. Tidak dianjurkan memandikan bayi terlalu sering karena hal ini dapat membuat kulit bayi jadi kering, yaitu cukup mandikan si kecil 2-3 kali dalam seminggu. karena otomatis bayi akan sering terkena sabun jika terlalu sering dimandikan. hal tersebut akan mengakibatkan kepada tidak seimbanya pH kulit bayi.
  2. Gunakan air hangat ketika memandikan bayi.
  3. Keringkan kulit bayi dengan benar untuk menghindari lecet pada bagian tertentu.
  4. Pakaikan kain yang bersih pada bayi.
  5. Pilih produk yang aman yaitu yang tidak mengandung pewangi dan bahan kimia
  6. Gunakan bedak bayi untuk di usapkan kepada kuli si kecil, bukan untuk ditaburkan secara langsung pada kulit banyi ya, Moms.
  7. Jangan gunakan pelembab terlalu sering cukup oleskan produk yang mengandung shea butter jika terlihat ada kulit yang kering.
  8. Ganti popok bayi secara berkala untuk menghindari lecet

Melakukan perawatan bayi sangatlah penting diketahui oleh calon para ibu terlebih yang baru melahirkan anak pertama karena hal tersebut dapat mendatangkan beberapa manfaat bagi bayi dan demi keamanan si kecil juga. Contohnya seperti mencegahnya dari kanker atau penyakit kulit, membiasakan si kecil agar kulit lebih terawat. Kemudian ada beberapa produk yang biasa digunakan oleh bayi seperti sampo, sabun mandi, lotion, minyak telon, dan baby oil. Untungnya hal tersebut sudah dapat dibeli dalam bentuk paket seperti dari produk Johnson’s Baby dan Switzal. Jadi bagaimana Moms ketika sudah mengetahui pentingnya perawatan bayi bagi si buah hati. Apakah sudah memutuskan untuk mulai berbelanja? jika ‘YA’ maka tidak perlu jauh jauh keluar rumah cukup dengan mengunjungi toko perlengkapan bayi secara online. Selamat Berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *