December 2, 2022

Ladies, Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Solo Hiking

Author: Salsabila Diladara Dewi

Reading Time: 8 minutes

Solo Hiking Safety Tips for Women | Shape
Perempuan juga bisa solo hiking. Sumber: https://www.shape.com/fitness/trends/solo-hike-safety-tips-for-women

Ladies, apakah kamu pernah berpikir untuk pergi ke alam bebas tapi bingung dengan persiapannya? I got your back! Bukan cuma pria, wanita juga bisa kok melakukan solo hiking. Namun, beberapa hal memang perlu disiapkan agar hiking lebih aman, nyaman, dan menyenangkan untuk para wanita.

Saat melakukan solo hiking, kamu harus siap mengandalkan dirimu sendiri. Segala hal harus kamu putuskan sendiri. Pokoknya, segala hal adalah tentang dirimu sendiri. 

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa solo hiking adalah hal yang menakutkan. Kemungkinan tersesat, bertemu hewan buas, atau terluka di perjalanan merupakan beberapa hal yang menjadi ketakutan para solo hikers. 

Tidak akan ada orang yang bisa langsung menolongmu. Kamu dituntut untuk mencari solusi dengan cepat dan memutuskan segala sesuatunya sendiri. Namun, itulah pengalaman menariknya, bukan?

Ketika kita melangkah menuju alam, itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan healing. Saat kamu akan pergi hiking sendirian, ada beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui. Berikut ini adalah tips-tips yang perlu kamu tahu sebelum melakukan solo hiking:

Memastikan Backpackmu Tahan Air

Waterproofing is essential as when you travel to hike, you cannot be guaranteed of good weather.”

Janice Waugh, anggota Society of American Travel Writers

Sebenarnya, bukan masalah jika kamu melakukan solo hiking saat hujan. Kamu hanya perlu mempertahankan barang bawaan tetap kering. Tentunya, kamu harus memastikan agar backpackmu waterproof.

Kamu harus menggunakan backpack yang memiliki rain cover. Namun, jika kamu ingin opsi yang lebih murah, kamu dapat membeli trash bag. Kamu bisa melapisi bagian dalam backpack dengan trash bag agar barang yang kamu bawa tetap kering.

Pastikan Efisiensi Barang yang Kamu Bawa

Membawa barang bawaan yang terlalu banyak dapat membuat perjalananmu menjadi kurang nyaman. Kamu dapat membawa backpack dengan kapasitas 35 sampai 45 liter. Namun, hal ini harus disesuaikan kembali dengan jumlah barang yang akan kamu bawa.

Tidak seperti perjalanan biasa, hiking memerlukan persiapan yang lebih matang. Sebaiknya, kamu melakukan packing minimal satu minggu sebelum keberangkatanmu. Ini dilakukan agar kamu bisa memeriksa ulang barang bawaanmu.

13 Things You Need to Pack for an Active Vacation – Nukha
Beberapa barang yang wajib ada di ranselmu selama solo hiking. Sumber: https://nukhatour.com/2020/05/16/hello-world/

Barang-barang penting yang perlu kamu simpan di tasmu adalah peta perjalanan, kompas, pakaian cadangan, head lamp atau senter, baterai cadangan, P3K, korek api atau lighter, pisau, makanan ringan, air, nesting atau cooking set, matras, jas hujan, dan sleeping bag (jika menginap). 

Untuk para ladies, penting untuk membawa tisu basah, lap, maupun pembalut cadangan agar kebersihanmu tetap terjaga.

Psst…ini merupakan rahasia umum. Terkait kebersihan, biasanya para hikers tidak melakukan aktivitas mandi saat berkemah di alam bebas. Selain karena terbatasnya fasilitas, bahan kimia yang terkandung dalam sabun dikhawatirkan dapat mencemari alam.

Pastikan Keamanan Sebelum Melakukan Solo Hiking

Tidak ada salahnya bagi perempuan untuk melakukan solo hiking. Namun, kita tidak bisa memungkiri bahwa hal apapun dapat terjadi selama perjalananmu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk keamananmu selama melakukan solo hiking.

  1. Harus ada seseorang yang mengetahui kepergianmu

Ini adalah salah satu hal terpenting. Beritahukan keberangkatanmu kepada keluarga atau sahabat terdekatmu. Pastikan mereka tahu rencana dan destinasi keberangkatanmu. Selain itu, pastikan mereka mengetahui kapan kamu akan kembali.

  1. Pastikan makanan dan minuman yang kamu bawa dapat mencukupi kebutuhanmu

Kamu tidak perlu membawa terlalu banyak bahan makanan, tapi pastikan makanan tersebut mudah untuk diolah. Selain itu, kamu juga dapat membawa snack seperti roti, madu, dan coklat yang bisa menambah tenagamu saat melakukan lintas alam

  1. Ketahui durasi perjalananmu

Jika kamu berencana melakukan tektok (perjalanan satu hari tanpa menginap atau membuat kemah), maka kamu harus memastikan untuk sampai kembali sebelum matahari tenggelam.

  1. Pelajari metode S.T.O.P untuk digunakan jika kamu tersesat

S berarti stay calm. Saat tersesat, kamu harus tetap tenang. Cobalah untuk diam dan bernapas dengan pelan.

T berarti think. Carilah kompas atau peta perjalanan yang kamu bawa. Setelah itu, berkonsentrasilah untuk memilih jalur yang tepat.

O berarti observe. Perhatikan keadaan di sekitarmu. Fokuslah untuk menemukan penunjuk jalan, jejak kaki, ataupun suara aliran air.

P berarti plan. Cobalah untuk merancang rencana. Jika kamu sudah mengobservasi dan menemukan petunjuk, maka berjalanlah menuju rute yang menurutmu paling baik.

Namun, jika kamu belum yakin atau belum menemukan petunjuk, diamlah di satu tempat. Kamu bisa mencoba meniupkan peluit beberapa kali. Peluit merupakan salah satu barang yang perlu kamu bawa saat pergi menuju alam bebas.

Mempersiapkan Fisik Sebelum Solo Hiking

Mempersiapkan kekuatan fisik penting dilakukan sebelum melakukan solo hiking. Sumber: https://www.rei.com/learn/expert-advice/how-to-solo-backpack.html

Hiking berbeda dengan berjalan santai biasa. Hiking membutuhkan kekuatan dan stamina yang baik. Semakin lama kamu mempersiapkan fisikmu, maka itu semakin baik. Selain itu, penting untuk mengetahui kapasitas dirimu sendiri sebelum melakukan solo hiking

Jika kamu pergi ke medan yang cukup berat seperti gunung, kamu perlu melakukan latihan fisik minimal satu bulan sebelum keberangkatanmu. Tidak sulit untuk memulainya loh, ladies. Kamu dapat memulai dengan berjalan santai setiap pagi.

Sambil berjalan pagi, kamu bisa mendengarkan musik ataupun mengobrol bersama teman. Lalu, setelah terbiasa dengan berjalan kaki, kamu bisa mulai melakukan jogging. Selain berjalan santai ataupun jogging, kamu juga bisa bersepeda. 

Sebaiknya, kamu melakukan olahraga tersebut di pagi hari. Udara di pagi hari masih sejuk. Selain itu, sinar matahari pagi itu baik untuk tubuh kamu, loh. 

Kamu juga dapat melakukan olahraga menyenangkan lainnya seperti bersepeda dan berenang. Bersepeda dapat melatih kekuatan kedua kakimu dan berenang dapat melatih pernapasanmu.

Jika kamu terlalu sibuk ataupun malas keluar rumah, kamu bisa melakukan olahraga di rumah saja. Gerakan sederhana seperti squat, push up, sit up, dan plank dapat kamu lakukan di kala senggang. 

Cobalah untuk fokus kepada gerakan yang memerlukan kekuatan kaki. Saat melakukan hiking, kekuatan kaki sangat penting karena kamu harus berjalan dengan jarak yang jauh.

Pentingnya Mempelajari Jalur Hiking

Sebelum melakukan hiking, penting untuk kamu mengetahui medan yang akan kamu lewati. Kamu dapat melakukan research melalui internet ataupun dengan bertanya kepada seseorang yang pernah melakukan hiking ke tempat yang kamu tuju.

Kamu bisa melihat peta perjalanan, menonton vlog, maupun membaca artikel di internet mengenai jalur hiking tujuanmu.

Pentingnya mengenali jalur yang akan kamu lalui saat solo hiking. Sumber: dokumentasi pribadi.

Penting untuk kamu mengetahui medan perjalanan, estimasi waktu sampai, petunjuk arah, cuaca, dan sumber air yang terdapat di jalur hiking yang kamu tuju. 

Agar lebih aman, kamu bisa memilih rute hiking yang populer. Jika kamu tersesat ataupun terluka, akan lebih mudah untuk mendapatkan bantuan. Selain itu, hewan buas cenderung jarang mendekati tempat yang sering dilalui manusia.

Pakaian Khusus Hiking

Tips mendaki gunung untuk perempuan. (Foto: Shutterstock)
Penting memakai pakaian yang nyaman selama melakukan hiking. Sumber: https://review.bukalapak.com/travel/tips-mendaki-gunung-untuk-perempuan-109779

Apa saja yang harus kamu kenakan selama hiking? Mengenakan pakaian yang tepat adalah hal terpenting saat melakukan hiking. Pakaian hiking harus tetap kering selama perjalanan. 

Seorang hiker biasanya menggunakan pakaian berlapis, setidaknya dua lapis. Semakin dingin cuaca maka lapisan yang digunakan bisa lebih banyak.

Penting untuk diingat, lapisan dasar pakaian harus merupakan bahan yang dapat menyerap keringat. Hal ini berlaku dalam kondisi cuaca panas maupun dingin. Saat cuaca dingin, pakaian yang menyerap keringat dapat mencegah terjadinya hipotermia

Tak kalah penting, kaus kaki yang kamu gunakan pun harus tetap kering agar langkahmu lebih nyaman.

Selain itu, memilih sepatu merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Sepatumu harus kokoh dan tidak licin. Ukuran sepatumu juga harus sesuai. Jika tidak, langkahmu tidak akan nyaman dan kakimu berpotensi lecet.

Saya pernah melakukan hiking dengan sepatu yang kebesaran. Alhasil, kaki saya lecet. Selain itu saya sempat tergelincir sehingga membuat jempol kaki saya berdarah karena sepatu yang saya pakai tidak cukup melindungi kaki saya.

Selain pakaian dan sepatu, kamu juga dapat membawa kacamata dan topi untuk menghalau debu dan melindungimu dari teriknya matahari.

Budget yang Harus Dikeluarkan

Sebenarnya, kegiatan hiking merupakan hobi yang murah. Namun, hal itu tergantung pada jarak dan durasi hiking. Selain itu, budget yang harus kamu keluarkan dapat bertambah jika kamu tidak memiliki peralatan hiking yang lengkap.

Kamu juga wajib mempersiapkan dana darurat. Kita tidak bisa menebak hal yang akan terjadi, bukan? Bisa jadi kamu harus mengganti peralatan sewa yang rusak. Selain itu, mungkin saja kamu terluka sehingga perlu dilarikan ke rumah sakit.

Pentingnya Dokumentasi

Tips ini mungkin menjadi hal yang paling disukai para kaum hawa. Selain untuk mengabadikan momen, dokumentasi juga dapat menjadi hal yang menjadi penolongmu, loh. Dengan mengabadikan momen, kamu bisa mengetahui letak petunjuk yang terdapat di jalur hiking

Jika kamu tersesat, kamu bisa melihat kembali foto dan video yang kamu ambil. Kamu bisa mencocokkan tempat yang kamu lalui dengan gambar yang terdapat di foto dan video tersebut. Tentunya hal ini sangat membantumu untuk kembali ke jalur hiking yang sesuai.

Jadi, apakah kamu siap untuk melakukan solo hiking, ladies?

Solo hiking memiliki banyak manfaat untuk kamu loh, ladies. Kamu bisa menjadi pribadi yang lebih berani, percaya diri, dan independen. Selain itu, kamu akan menjadi lebih kuat, baik secara fisik maupun mental. 

Saat melakukan solo hiking, kamu dituntut untuk bertahan hidup sendiri. Dengan medan perjalanan yang tidak menentu, kamu harus membawa segalanya sendiri. Kamu juga harus siap menghadapi segala bahaya yang dapat terjadi kapanpun.

Traveling alone was like laundry for my thoughts.”

Mark Foster

Meskipun manfaatnya banyak, solo hiking bukanlah everyone’s cup of tea. Jika kamu merasa bahwa solo hiking tidak tepat untukmu, maka itu bukanlah masalah. Lakukanlah solo hiking jika kamu merasa siap dan nyaman.

So ladies, diantara tips diatas, mana yang menurutmu paling penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *