December 2, 2022

Sering Kamu Lakukan, Tujuh Kebiasaan ini Membuatmu Terlihat Awet Muda Tanpa Kamu Sadari

Mempunyai wajah yang awet muda serta tubuh yang bugar tentunya menjadi keinginan hampir setiap orang. Seringkali orang menganggap merawat wajah dan tubuh adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun tahukah kalian beberapa kebiasaan yang tanpa kalian sadari sering kalian lakukan di kehidupan sehari-hari, ternyata membantu kalian terlihat awet muda tanpa kalian sadari.

Seiring bertambahnya usia, semakin banyak hal yang akan kalian keluhkan. Seperti kerutan dibawah mata, nyeri pinggang, dan lainnya. Maka dari itu, kebiasaan hidup sehat itu penting terlepas berapapun usia kalian. Karena tidak menutup kemungkinan yang muda akan terlihat lebih tua dan begitu juga sebaliknya.

Beberapa kebiasaan ini sebenarnya tidak sulit untuk kalian terapkan karena pada dasarnya ini adalah hal yang sering kalian lakukan di kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah tujuh kebiasaan yang sering kamu lakukan yang membuat awet muda tanpa kamu sadari.

Pertama, membersihkan dan melembabkan wajah secara teratur

Kebiasaan Membersihkan dan Melembabkan Wajah

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting. Seperti yang kita tahu wajah seseorang seringkali dianggap sebagai image yang dapat menggambarkan seseorang. Selain itu, kulit wajah sendiri juga disebut-sebut sebagai kulit yang sangat sensitif. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kebersihannya dengan cara mencuci wajah secara teratur.

Dilansir dari Kompas.com, menurut salah seorang Asisten Profesor Dermatologi, Debra Jaliman bahwa mencuci muka normalnya dilakukan dua kali sehari. Namun, tipe kulit wajah setiap orang berbeda-beda sehingga mencuci wajah juga memiliki aturannya sendiri. Seperti mencuci muka dengan sabun khusus wajah, jangan menggunakan sabun mandi untuk wajah karena pH (Power of Hydrogen) pada sabun mandi sangat tinggi sehingga dapat merusak kulit.

Pada dasarnya, mencuci muka dilakukan untuk membersihkan wajah dan menghindari kotoran yang menumpuk. Wajah yang kotor dapat menyebabkan banyak penyakit kulit seperti radang, jerawat, pembesaran pori-pori dan lainnya.

Selain membersihkan wajah secara teratur dapat membersihkan kotoran, membersihkan wajah bagi yang kulitnya kering juga dapat melembabkan kulit. Namun perlu di ingat membersihkan wajah terlalu sering juga dapat membuat wajah kering.

Adapun, setelah selesai membersihkan wajah alangkah lebih baiknya melanjutkan perawatan dengan menggunakan pelembab. Kulit wajah yang lembab membuat kalian terlihat lebih segar dan awet muda.

Kedua, memperbanyak konsumsi air putih

Kebiasaan minum air yang banyak membantumu terlihat awet muda

Dilansir dari Halodoc.com, tubuh manusia memiliki kandungan air lebih dari 50 persen. Cairan pada tubuh tersebutlah yang berperan sangat penting bagi kita sebagai manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Air yang kita minum memiliki banyak peran pada tubuh seperti membantu membawa darah ke seluruh tubuh alias membantu melancarkan peredaran darah, atau minum air yang cukup dapat membantu melembapkan kulit.

Adapun manfaat lain memperbanyak minum air putih adalah kandungan air yang cukup akan membantu tubuh membuang racun-racun yang ada pada tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih segar.

Saat rutin mengkonsumsi air putih, tubuh akan memperbaiki sel-sel dalam tubuh termasuk sel kulit sehingga tubuh dapat memperbaiki kerusakan kulit secara otomatis. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menunjukkan kulit yang cerah dan sehat. Juga, air yang cukup akan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Maka dari itu, kebiasaan meminum air yang cukup dapat membuat kalian terlihat awet muda.

Lalu berapa banyak air yang perlu dikonsumsi dalam setiap harinya agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh? Setidaknya tubuh perlu mengkonsumsi dua liter air setiap harinya. Namun, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi bisa membutuhkan lebih banyak ataupun lebih sedikit.

Ketiga, mengurangi penggunaan make up yang berlebihan

Make up berlebihan membuatmu terlihat tua

Penggunaan make up tentu saja tidak dilarang. Namun hal yang perlu kalian perhatikan adalah saat make up yang kalian gunakan itu berlebihan. Selain memakai secara berlebihan, memakai make up terlalu sering juga akan berdampak buruk pada kulit wajah.

Saat menggunakan make up gunakanlah secukupnya jangan berlebihan, make up yang berlebihan hanya akan membuat wajah mu terlihat lebih tua. Bukankah make up membantu mu untuk terlihat cantik dan lebih mempesona? Maka dari itu, penting untuk menggunakan make up secukupnya seperti pepatah bilang, “Sesuatu yang berlebihan itu bukanlah hal yang baik”. Jadi, gunakanlah make up yang minimalis tapi terlihat fresh sehingga kamu terlihat jauh lebih menarik dan awet muda.

Keempat, mengatur pola tidur yang benar

Tidur yang cukup akan membuamu terlihat lebih muda

Suatu hari kamu akan pergi untuk tidur namun, matamu tidak bisa terpejam. Pikiran mu tidak fokus, terpikir akan pekerjaan di kantor yang belum beres. Akhirnya kamu memutuskan untuk begadang menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kamu bergegas membuka laptop, mencari file, dan mencoba menyelesaikannya. Tiba-tiba kamu tersadar saat melihat jam di tanganmu, ini sudah waktunya untukmu berangkat kerja, dan menyerahkan tugas tersebut. Hari itu kamu lewati dengan menguap sepanjang hari dan orang-orang memperhatikanmu dengan tatapan yang membuatmu sangat tidak nyaman.

Ilustrasi di atas adalah contoh dari hal-hal yang akan terjadi saat kamu memiliki pola tidur yang buruk. Dilansir dari Halodoc.com, pola tidur yang tepat sangat penting untuk tubuh. Disebutkan juga pola tidur yang buruk akhirnya dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kronis, penurunan kekebalan tubuh, mempengaruhi emosi, dan mental.

Pola tidur yang buruk akan memberikan banyak dampak buruk juga kepada tubuh. Jadi, jika tubuh mu tidak sehat maka bermimpilah untuk terlihat awet muda.

Sebenarnya kamu tidak butuh tidur yang lama hanya saja kamu butuh tidur yang berkualitas. Saat kamu tidur hanya dengan waktu yang sedikit tapi kamu tidur dengan pola yang teratur. Tidur yang sedikit itu akan cukup karena yang sulit itu adalah mendapatkan tidur berkualitas.

Kelima, menjaga pola makan

Kebiasaan menjaga pola makan untuk awet muda

Makanan adalah sebuah kebutuhan pokok alias wajib untuk dipenuhi. Namun apa yang terjadi saat pola makan mu berantakan? Setidaknya jumlah makanan yang kita butuhkan harus sama banyak dengan kalori yang kita butuhkan.

Seperti contoh kamu berprofesi sebagai atlet, lalu kamu hanya makan nasi 1x sehari dengan lauk pauknya, yang hanya memiliki 400 kalori. Sedangkan, kamu sebagai atlet harus melakukan latihan dan akan menghabiskan setidaknya 700 kalori. Tentu saja pola makan yang kamu lakukan salah.

Lalu, bagaimana pola makan yang benar? Makanlah secukupnya, tidak berlebihan dan tidak kurang. Kemudian jangan lupa memperbanyak makan banyak sumber gizi yang baik untuk tubuh seperti sayuran. Intinya pola makan yang teratur adalah makan tepat waktu serta memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Tubuh yang menjaga pola makannya teratur, tentu saja akan menjadi tubuh yang kuat dan sehat. Sehingga, dengan cara menjaga kebiasaan pola makan yang benar merupakan salah satu kunci untuk terlihat awet muda.

Keenam, memperbanyak senyum

Kebiasaan tersenyum untuk terlihat awet muda

Pernahkah kamu mendengar “Senyum adalah sedekah”? Jika melakukan senyum lalu kamu mendapatkan pahala mengapa tidak. Selain senyum kamu mendapatkan pahala, kebiasaan tersenyum juga membuat terlihat awet muda loh. Tapi jangan tersenyum tanpa alasan ya, kamu bisa dianggap tidak waras ya.

Dilansir dari CNN Indonesia, dari salah seorang praktisi sekaligus spesialis anti-aging, Dr, Yovi Yoanita, M.Kes. Dia mengatakan definisi awet muda sendiri adalah saat kita tampak bahagia, ceria, dan semangat. Maka dari itu alasan senyum dapat membuat mu terlihat awet muda adalah saat kamu tersenyum muka mu akan bertambah cerah, segar, dan indah untuk dipandang.

Saat kamu tersenyum orang-orang akan merasakan banyak energi positif dari mu. Energi positif yang kamu tebarkan akan berbalik kepadamu saat kamu melihat mereka membalas kembali senyuman mu.

Meskipun kamu merasa tidak baik-baik saja cobalah tersenyum. Yakinlah hari mu akan menjadi baik saat kamu tersenyum. Karena salah satu manfaat Dari tersenyum juga adalah membantu mu untuk membuang pikiran-pikiran buruk. Sehingga saat kamu tidak memilki pemikiran buruk di kepalamu maka kamu akan terlihat bahagia.

Orang-orang yang kesehatan mentalnya baik telah disebutkan juga sebelumnya mereka akan cenderung terlihat awet muda. Sejauh ini kebiasaan yang paling sering kita lakukan, tapi tidak kita sadari memiliki banyak manfaat mungkin adalah tersenyum.

Terakhir, memperbanyak sosialisasi

Kebiasaan bersosialisasi juga membuatmu terlihat awet muda

Kebiasaan terakhir yang membuatmu terlihat awet muda adalah bersosialisasi. Saat bertemu dengan orang lain seperti saat pergi berkumpul dengan teman-teman itu dapat menjaga mu tetap awet muda. Karena saat bersama orang lain sadar atau tidaknya kamu akan merasa lebih bersemangat dan hidup.

Dilansir dari idntimes.com, sebuah penelitian oleh Proceedings of National Academy of Sciences mengungkapkan memilki hubungan baik dengan orang lain akan membantumu meningkatkan umur panjang serta menumbuhkan perasaan bahwa kamu masih muda.

Saat bersama orang lain, kita akan berbincang, bercanda tawa, dan saling berbagi perasaan suka maupun duka. Hal inilah yang membantu kita terlihat awet muda. Saat merasa sedih ataupun terpuruk namun saat melihat orang-orang akan menghibur dan membantumu, beban mu berkurang. Sehingga tubuh mu pun akan merasa lebih baik saat pikiranmu bebas.

Kuncinya adalah tubuh dan mental yang sehat

Saat tubuhmu masih kuat dan sehat tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi. Apakah kamu bisa menyebut bahwa kamu sudah tua saat kamu masih mampu berjalan tanpa merasa sesak atau masih bebas bergerak tanpa bantuan tongkat?

Kebiasaan-kebiasaan diatas adalah hal-hal yang sudah sering kita lakukan tanpa kita ketahui ternyata memiliki manfaat besar untuk kita. Hanya saja agar kebiasaan ini memiliki manfaat yang lebih besar, penting untuk kita melakukan kebiasaan ini dengan teratur. Inilah kebiasaan yang mana hasilnya akan terlihat saat prosesnya dilakukan dengan baik.

Melakukan kebiasaan ini disaat kamu sudah tua mungkin kita bisa menyebutnya sudah terlambat. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan hal baik meskipun sudah terlambat. Tapi yang paling terpenting adalah melakukan kebiasaan ini sedini mungkin.

Kita bisa menyebut bahwa awet muda bukan hanya tentang menjaga tampilan luar tapi juga tentang menjaga semangat dan jiwa muda bahkan di saat usia yang tidak muda lagi. Untuk melakukan hal tersebut sebenarnya tidak sulit kamu hanya perlu menerapkan beberapa kebiasaan yang sebenarnya telah sering kamu lakukan.

Namun, kamu mungkin akan menemukan beberapa kesulitan dalam menerapkan kebiasaan awet muda diatas. Seperti yang paling sering menghambat kita adalah rasa malas. Meskipun begitu berusahalah mengingat bahwa usaha yang besar akan menghasilkan yang besar pula.

Baca Juga:

https://mylandingpage.id/5-best-ways-looking-after-childrens-mental-health-during-the-covid-19-outbreak/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *