December 2, 2022

Psst! Ini loh 5 hidden gem kafe di Jakarta, udah tau belum?

Mau hang out tapi bosan sama kafe yang itu-itu aja? Nah kalau kalian pengen ngongkrong di kafe, kalian bisa banget loh ke kafe yang istilahnya hidden gem. Tapi apasih hidden gem itu? Istilah hidden gem dalam konteks ini bisa diartikan sebagai tempat kuliner atau wisata yang berpotensi jadi tempat hits tapi masih belum terlalu terkenal.

Di artikel ini, kita bakal kasih tahu kalian di mana aja sih kafe-kafe tersembunyi yang ada di Jakarta, mulai dari Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, sampai Jakarta Timur, semua ada di artikel ini.

Nggak hanya menawarkan tempat yang unik, nyaman, dan instagramable, menu di café ini juga gak kalah enak dari café-café lain. Penasaran kan? Berikut adalah 5 hidden gem café di Jakarta dan google rating-nya.

1. Kedai Locale

Alamat: Jl. Balai Pustaka No.C-6, RW.10, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

Kedai Locale adalah kafe yang berlokasi di Jakarta Timur. Walaupun café di Jakarta timur gak se hits café di Jakarta Selatan, kafe yang satu ini gak kalah bagusnya kok dibanding kafe di Jaksel. Dengan rating 4.3, tentunya kalian gak perlu ragu untuk langsung datang dan cobain menu mereka. Kafe ini mengusung tema klasik dengan eksterior dan interior yang didominasi oleh furniture kayu yang didominasi oleh warna coklat. Kafe ini tentunya instagramable banget karena lightning dan juga dekorasi yang bisa jadi spot foto yang bagus. Selain itu, café ini cocok buat kalian datangin sama keluarga, teman, ataupun pacar. Untuk para ibu-ibu juga bisa banget ngumpul disini karena tempat ini cocok banget loh buat arisan.

Kafe yang satu ini cocok untuk dikunjungi baik pagi, siang, atau malam hari karena Kedai Lokale nggak hanya menawarkan camilan, kopi, dan minuman ala café lainnya, tapi mereka juga menyediakan makanan berat yang cocok disantap sebagai makan siang ataupun malam. Kalau kalian pencinta kopi, kalian wajib banget cobain Straight Affogato karena minuman ini best seller dan favorit banget loh disana. Dari segi harga juga tentunya kalian gak perlu khawatir karena dengan budget 53 ribu aja, kalian udah bisa dapetin satu kopi dan juga satu cemilan.

2. Lukulokal

Alamat: Jl. Terogong Raya No.36, RW.6, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

Seperti yang kita tahu, café di Jakarta Selatan memang kebanyakan terlihat seperti out of this world karena konsep, design, dan tema yang diusung dari kebanyakan kafe di Jakarta Selatan. Salah satunya adalah Lukulokal yang secara konsep aja udah beda banget dari kafe-kafe lain. Kafe ini mengusung tema Santorini yang didominasi oleh warna putih dan biru yang instagramable dan tentunya bagus untuk foto-foto. Dengan rating 4.1, kalian ga usah ragu lagi buat langsung datang ke kafe ini.

Di kafe ini, kalian hanya bisa menikmati makanan ringan atau camilan berupa Greek Donuts dengan banyak pilihan rasa sebagai topingnya karena kafe ini tidak menyediakan makanan berat seperti nasi. Greek Donuts dari Lukulokal ini berbentuk bulat seperti bola, tidak seperti donat pada umumnya yang bulat pipih dan bolong pada tengahnya.  

Selain itu, kafe ini juga menawarkan minuman yang dipatok dari harga 21 ribu sampai 30 ribu. Untuk ukuran regular yang berisi 8 buah donat harganya dipatok dari harga 24 ribu sampai 30 ribu. Sedangkan untuk ukuran jumbo yang berisi 15 buah donat, kalian akan dikenakan biaya sebesar 25 ribu sampai 40 ribu. Mereka juga menyediakan additional sauce dan topping yang dipatok dari harga 3 ribu sampai 11 ribu. Dengan budget 45 ribu saja, kalian bisa menikmati Greek Donuts varian Original Honey ukuran regular dan satu kopi Long Black.

3. Giyanti Coffee Roastery

Alamat: 15, Jl. Surabaya No.20, RT.15/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Untuk kafe yang satu ini, rasanya kalian harus merogoh kocek lebih untuk bisa menikmati menu yang mereka sediakan. Pasalnya, kopi termurah dari daftar menu di Giyanti Coffee Roastery, dibandrol dengan harga 38 ribu. Dikutip dari rating yang telah diberikan pelanggan, kebanyakan mengatakan bahwa harga yang ditawarkan terlalu mahal. Namun kalian tidak perlu khawatir, dengan rating sebesar 4.6, kafe yang satu ini tentunya worth to try karena kualitas makanan dan minuman yang pastinya terjamin rasa dan kualitasnya.

Kafe ini dirancang dan ditata secara rapi dan juga karena kehadiran interior yang unik. Kafe ini bisa terlihat sebagai tempat yang instagramable sehingga kalian tentunya bisa berfoto-foto ria di kafe ini. Dari banyaknya menu yang ditawarkan, kafe ini tidak menyediakan nasi atau makanan berat. Sebagai gantinya, kalian bisa memilih Baked Goods yang dipatok dari harga 35 ribu sampai 47 ribu.

Untuk minumannya sendiri,  Giyanti Coffee Roastery menawarkan Hot Drinks dan Cold drinks yang dipatok dari harga 38 ribu sampai 56 ribu. Dengan uang sebanyak 73 ribu, kalian bisa mendapatkan satu gelas Espresso dan juga sepiring Cenelé.

Namun dari banyaknya review yang telah diulas, kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa Carrot Cake buatan mereka sangat patut dicoba. Kalian bisa mencicipinya dengan merogoh kocek sebanyak 46 ribu untuk satu slice-nya

4. Onni House

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara V No.242, RW.3, Tj. Duren Utara, V, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

Buat kalian yang pengen ke kafe dengan suasana klasik, kalian bisa cobain kafe Onni House yang terletak di Jakarta Barat. Kafe ini mendapatkan rating yang cukup tinggi, yaitu 4.5. Dengan rating tinggi dari kafe ini, tentunya dari segi makanan, minuman, dan pelayanan yang diberikan oleh kafe ini tentunya gak perlu diragukan lagi.

Dekorasi dari kafe didominasi dengan bunga-bunga dan juga tanaman yang pastinya pleasing to the eye dan juga instagramable banget loh. Walaupun kafe ini tidak dilengkapi lantai, namun justru itulah yang memberi kesan klasik pada kafe ini. Seperti namanya yang kedengaran seperti kata dari bahasa jepang, menu yang ditawarkan dari kafe ini memang sedikit ke-jepangan, contohnya menu Yakisoba Chiken Egg Noodle atau Nippon Grilled Salmon Set.

Kafe ini cocok dikunjungi baik pagi, siang, ataupun malam karena Onni House gak hanya menyediakan makanan ringan dan minuman kafe, tetapi merea juga makanan berat yang cocok disantap untuk makan siang atau malam. Kalau sekedar ngopi santai, dengan budget 84 ribu, kalian udah bisa menikmati satu gelas Espresso dan 4 potong Ham and Egg Sandwich. Nah, kalau kalian pengen ke sini untuk makan siang dan makan malam, dengan budget 78 ribu, kalian bisa menyantap Beef Yakiniku Rice dan juga Iced Lemon Tea sebagai minumannya.

5. The Garden PIK

Alamat: VPQQ+R39, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Jakarta 14470

Kafe yang terahir ini, gak kalah hebat loh dari kafe-kafe yang sudah disebut di atas karena kafe ini mendapat rating 4.5 sehingga kualitas dari kafe ini gak usah kalian ragukan lagi. Berlokasi di Jakarta Utara, The Garden PIK menawarkan tema dan konsep hijau dengan dekorasi bunga.

Yang membuat kafe ini berbeda dengan Onni House , The Garden PIK memiliki kesan yang lebih modern dibandingkan dengan Onni House yang mengusung tema klasik. Gak kalah menarik dibanding Onni House, kafe yang satu ini tentunya gak kalah instagramable. Kafe ini tentunya dipenuhi spot-spot yang bisa menjadi tempat yang bagus untuk berfoto. Untuk menu yang ditawarkan, kafe ini tidak hanya menawarkan makanan dan minuman, tetapi juga menyediakan alkohol dan pork yang tidak kita temukan dari empat kafe di atas. Dari segi harga, tempat ini bisa dikatakan agak mahal. Untuk mendapatkan satu gelas sprite, kalian harus merogoh kocek sebesar 20 ribu. Walaupun begitu, harga tersebut sepadan dengan kualitas dan tempat yang sepadan.

Kafe yang satu ini cocok untuk dikunjungi untuk hang out dengan teman ataupun juga untuk makan siang dan malam. Menu makanan yang ditawarkan oleh kafe ini juga bervariasi, mulai dari seafood, beef, sampai mie dan nasi. Kalau kalian on budget dan ingin makan di tempat kece yang satu ini, dengan menyiapkan uang sebesar 95 ribu, kalian bisa menyantap Jpop Fried Rice dan juga satu gelas soft drink. Untuk kalian yang hanya ingin makan cemilan dan ngopi santai di kafe ini, dengan budget 100 ribu, kalian udah bisa menikmati satu gelas Espresso dan juga Ice Cream Curros yang tentunya cocok untuk jadi teman ngopi.


Dari kelima kafe di atas, aku sendiri menyarankan kalian untuk cobain ngopi di Giyanti Coffee Roastery. Cukup dengan membawa uang 100 ribu, kalian udah bisa menikmati sensasi ngopi cantik di kafe yang keren ini. Kalau kalian punya budget lebih, tentunya saya sarankan kalian untuk cobain The Garden PIK. Selain menu yang bervariasi, kafe ini juga tempat yang instagramable banget.

Nah menarik banget kan? Jadi kafe mana nih yang kalian akan kunjungi minggu ini?

One thought on “Psst! Ini loh 5 hidden gem kafe di Jakarta, udah tau belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *