December 1, 2022

Picnic Date Lagi Nge-trend, 6 Makanan Ini Cocok Buat Jadi Bekal Piknik!

Picnic Date?

Picnic date pastinya kurang lengkap kalau tanpa makanan ‘kan? Apa artinya piknik kalau gak bawa bekal makanan? Tapi kadang-kadang, kita jadi bingung harus bawa apa. Mau bawa snack yang dibeli di supermarket, kesannya terlalu simpel. Mau bawa makanan berat, takut ribet dan repot. Belum lagi kita harus menyesuaikan menu makanan yang dibawa supaya nuansa pikniknya sempurna. Eh sebentar, kok kita bahas piknik ya?

Kalau kalian denget frasa a day with atau a day at, apa yang muncul ke kepala kalian? Pasti banyak dari kalian yang langsung kepikiran kencan. Entah itu kencan sama pacar, sahabat, atau saudara. Yup, kencan adalah satu kegiatan sederhana yang bisa kalian lakuin disaat ada waktu. Kalau soal ide kencan yang wajib banget dilakuin atau dicoba, jawabannya piknik!

Belakangan ini, kaum muda juga banyak yang menjadikan piknik sebagai agenda kencan mereka hihihi. Picnic date atau kencan dengan konsep piknik lagi ngetrend lho! Bisa banget ‘kan, kalian masukin ke daftar rencana kencan sama mbak dan mas pacar masing-masing? Tapi tenang, picnic date bukan cuma buat pasangan. Kalian yang belum punya pasangan pun, bisa bikin agenda piknik bareng teman dan sahabat. 

Nah, kembali ke topik awal, artikel ini punya 6 rekomendasi jenis bekal piknik. Menu yang disebutkan disini pastinya bukan cuma enak tapi juga menarik. Ada berbagai jenis mulai dari makanan berat sampai ringan.

1. Nasi Bento

Dari judulnya saja sudah jelas kalau makanan ini dibuat untuk dijadikan bekal. Bekal makan siang ala Jepang ini juga gak kalah populer dan digemari berbagai kalangan. Tampilannya yang menarik bikin Nasi Bento jadi lebih menggugah selera dibanding bekal makan biasa. Beberapa orang bahkan bikin Nasi Bento mereka dengan bentuk yang lucu-lucu. Kalian pasti pernah lihat nasi bentuk binatang. Penjual bento unik dan lucu begitu juga lumayan banyak. Selain itu, makanan ini juga praktis buat dibawa. Dalam satu kotak makan, isinya sudah mencakup karbohidrat, protein, dan vitamin dari sayuran. Psst, bisa sekalian ambil hati pasangan lewat makanan lho!

Kalau lihat-lihat foto di internet, kelihatannya bikin nasi bento itu lumayan ribet. Padahal bisa dibuat super simpel menyesuaikan dengan menu makanan yang disukai. Kalau kalian kurang ahli masak atau gak punya waktu banyak untuk masak, tumis-tumisan bakal jadi solusi yang paling tepat. Nah kalau kalian butuh inspirasi menu untuk nasi bento, bisa banget nih cari referensi di YouTube. Salah satu kanal yang bisa dikunjungi adalah Imamu Room. Kanal ini sering banget mengunggah video masak nasi bento.

Kalau penasaran, kalian bisa cek salah satu videonya ini: 【A week of husband lunch boxes】#36 | Pork miso soup | Dokinchan

2. Sushi Roll dan Onigiri

Menu kedua kita adalah Sushi Roll dan Onigiri! Kedua makanan ini masih makanan khas Jepang yang berkaitan dengan ikan. Eh tapi, Sushi ‘kan banyak yang pakai ikan mentah, memangnya aman kalau dijadikan bekal? Apa gak akan bau amis? Jawabannya enggak! Karena Sushi Roll yang dibahas di sini gak pakai isian ikan mentah ya, jadi aman untuk dibawa berpergian. Buat kalian para pecinta K-pop dan K-drama juga pasti familiar banget ‘kan sama Sushi Roll? Yup, Korea punya menu yang mirip yang disebut Kimbab. Selain Sushi Roll, Onigiri juga cocok banget untuk dijadikan bekal picnic date. Karena bisa dimakan langsung pakai tangan tanpa bantuan alat makan. Jadi, bisa dimakan di manapun walau gak ada meja.

Sama seperti bento, kedua olahan nasi ini juga gampang dibuat. Isiannya pun bisa menyesuaikan selera dan bisa dikreasikan. Mungkin ada dari kalian yang gak suka sayur atau malah cuma bisa makan sayur. Nah, isian Sushi Roll dan onigiri nya bisa disesuaikan. Kalau kalian kesulitan untuk membuat yang besar, cukup bikin versi mini supaya lebih praktis dan mudah juga untuk dimakan. Bisa banget jadi solusi buat kalian yang mau makan nasi tapi gak mau kekenyangan. Buat yang masih belum familiar dengan kedua menu ini, jangan khawatir! Sekali menyelam ke internet, kamu bisa menemukan setumpuk resep Sushi dan Onigiri. 

Misalnya, kumpulan resep Onigiri yang mudah untuk pemula ini:  

Atau, kalian juga bisa cari referensi resep Sushi Rumahan dan Kimbab Rumahan buat picnic date kalian! Gimana, resep-resepnya gampang buat ditiru ‘kan?

3. Sandwich

Piknik itu gak lengkap tanpa Sandwich atau roti lapis. Statement itu benar atau salah? Roti lapis dengan berbagai macam dan jenis isian juga jadi menu yang sering dijadikan bekal. Apalagi buat kalian yang malas masak nasi dan lebih suka membuat menu bekal yang nggak memakan waktu lama. Kamu juga bebas menentukan mau bikin roti lapis pakai isian manis, asin, atau mungkin bereksperimen dengan keduanya. Sandwich juga bisa jadi solusi untuk kalian yang ingin makan makanan yang tidak terlalu berat tapi tetap mengenyangkan. Belakangan ini, menu toast juga lagi ngehits dan mulai banyak kafe yang punya toast atau sandwich di menu mereka. 

Sama seperti Onigiri, roti isi juga lebih mudah untuk dimakan tanpa bantuan alat makan. Jadi, kamu bisa makan sambil baca buku ataupun main ponsel. Makanan ini juga gak selalu memerlukan kotak bekal. Cukup dimasukkan ke dalam paper bag. Kamu gak perlu membawa kotak makan yang mungkin menyita tempat di tas.

Untuk kalian yang butuh referensi pilihan menu Sandwich, bisa cek link di bawah ini.

4 Tips dan Resep Sandwich

Kalau kalian butuh lebih banyak referensi, bisa coba cari di portal kuliner dan resep masakan. Salah satu portal yang bisa kalian kunjungi adalah Cookpad. Kalian juga bisa coba kepoin kanal-kanal masak dari kreator Indonesia. Contohnya, Devina Hermawan yang terkenal lewat ajang masak di televisi. 

4. Salad

Siapa penggemar sayur dan buah? Kalian pasti suka ide bekal piknik yang satu ini. Makan salad buah di bawah terik matahari selagi piknik pasti segar banget. Salad juga makanan yang cocok untuk musim panas. Kenapa? Karena salad umumnya dibuat dari bahan-bahan mentah yang segar. Makanan ini juga pastinya cocok banget untuk kalian yang sedang program diet. Cocok juga buat kalian yang mau mencoba pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, salad juga punya banyak variasi. Untuk kalian yang kurang suka sayuran bisa juga masukin berbagai macam protein ke salad kalian. Misalnya sosis, daging asap, dan dada ayam. Kalau kalian lebih suka makanan manis, bisa membuatnya dengan buah-buahan kesukaan kalian.

Seperti Sandwich, salad ini juga mudah untuk dibuat. Bahkan kalau kamu gak punya pengalaman masak sama sekali. Tapi, bukan berarti hasilnya bisa selalu sempurna. Salad yang paling enak adalah salad yang dibuat dari bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Tapi kadang-kadang kita salah langkah nih dalam hal menyimpan buah dan sayur. Alhasil, salad buatan kita hasilnya kurang maksimal. Karena itu kita harus memperhatikan cara kita menangani buah dan sayur supaya tetap segar saat akan digunakan untuk membuat salad. Kalian bisa belajar dulu tentang Cara Menyimpan Buah dan Sayur sebelum mulai bikin salad. Opsi lainnya, kalian bisa beli sayur dan buah di supermarket. Walaupun sedikit lebih mahal, tapi lebih terjamin kesegaran dan kebersihannya. Terlebih lagi buat dikonsumsi langsung tanpa dimasak. 

Sekarang, waktunya kalian bikin salad kalian sendiri! Mulai dari salad yang simpel pakai mayonnaise dressing sampai kreasi salad lainnya, bisa kalian cari di internet resepnya. Salah satunya, kamu bisa cek 5 Resep Salad Praktis ini.

Tonton juga: 5 Macam Salad Dressing (Saus Salad) Mana Favoritmu?

5. Cemilan buatan rumah

Beberapa orang mungkin bukan tipe yang suka bawa banyak makanan waktu piknik. Mungkin kalian lebih ingin menikmati waktu kebersamaannya dibanding makan. Kalau gitu, kalian bisa bawa cemilan aja nih. Menu ini gak akan bikin kalian kekenyangan. Selain itu, bisa juga dimakan sambil ngobrol ringan. Tapi dibanding beli snack di minimarket, lebih bagus lagi kalau kalian bikin cemilan sendiri. Selain lebih sehat juga bisa lebih hemat. 

Kalau bahas cemilan, mungkin bisa habis waktu berjam-jam saking banyaknya pilihan menu yang bisa dibuat. Tapi tenang, artikel ini punya beberapa rekomendasi! Untuk kalian yang ingin makanan ringan tapi masih mengenyangkan bisa mencoba resep Snack Berbahan Dasar Kentang. Atau mungkin kalian lebih suka cemilan manis? Kalau gitu Chocolate Truffle dan Pancake bisa jadi pilihan yang tepat. 

Baca juga: Cemilan yang Sehat

6. Cake dan Pastry

Terakhir, ada Cake dan Pastry nih! Seharian jalan-jalan di taman juga bisa bikin capek. Makan makanan manis bisa meningkatkan semangat lagi lho. Bekal aneka Cake dan produk Pastry juga bikin nuansa piknik kalian jadi ala-ala di luar negeri gitu deh. Jadi, cocok buat kamu yang mau punya picnic date yang super estetik! Coba deh bayangin piknik di pinggir danau, terus ditemani berbagai macam desserts. Duh, jadi piknik impian buat kalian penggila makanan manis. Sebagai referensi, kalian bisa cari ide pinik lucu di Pinterest.

Dilihat dari judulnya, Cake dan Pastry, mungkin beberapa dari kalian akan langsung menolak ide ini karena terlihat ribet. Tapi, urusan baking gak selalu serumit itu lho. Ada banyak kue kue sederhana yang bisa dicoba. Salah satunya, brownies. Kamu gak perlu takut gagal karena brownies ini kue yang super simpel. Atau mungkin kamu lebih suka produk pastry? Misalnya croissant yang belakangan ini lagi hits juga. Kamu juga gak perlu cemas soal waktu. Kulit puff pastry yang sudah jadi banyak dijual di supermarket. Jadinya, kamu cukup bikin isian dan toppingnya saja deh!

Baca juga Resep Olahan Puff Pastry lainnya.

Penutup

Nah gimana, kalian udah dapat menu yang cocok buat dibawa sebagai bekal picnic date? Ternyata bekal makan itu gak melulu sesederhana nasi tambah lauk ya! Walaupun harus nambah effort dalam menyiapkan bekal, tapi hasilnya dijamin gak akan bikin nyesel. Bekal makan yang kreatif juga bakal merubah suasana piknik jadi lebih menarik lagi.

Tapi tolong diingat, keenam jenis bekal piknik diatas cuma rekomendasi ya! Selebihnya kalian yang menentukan. Walaupun ingin piknik kalian jadi estetik dan instagramable, jangan lupa prioritas utama tetap diri sendiri. Jangan sampai karena sibuk ngurusin makanan, moment piknik nya malah jadi terlupakan. Jadi, bawa bekal yang memang kalian suka dan mau kalian makan nantinya. 

Oh iya, kebetulan banget nih kebijakan pandemi mulai melonggar lagi belakangan ini. Kabar baik buat kalian yang mulai bosan dan stress di rumah. Kalian bisa mulai liburan lagi! Atau minimal, main keliling kota biar gak jenuh (sekalian praktekin menu-menu bekal piknik di atas ya hihi). Supaya meminimalisir terpapar virus, lebih bagus sih kalau kalian pergi main ke alam. Lumayan, ‘kan, sekalian healing 😀 

Jangan lupa juga kalau kita masih hidup di tengah pandemi. Pastikan selalu jaga protokol kesehatan ya! Selamat piknik!

Baca juga: Rekomendasi tempat piknik di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *