December 3, 2022
Art

Melukis menggunakan cat akrilik bagi pemula, ini langkahnya !

Melukis pada bidang lukis kanvas

Di zaman modern ini, ada sangat banyak sekali dan bermacam-macam hobby yang dapat kita lakukan. Mulai dari bidang olahraga, seni, otomotif, musik, dan masih banyak lagi hobby lainnya. Ditambah lagi dengan keadaan pandemic Corona Virus yang masih belum hilang sejak awal 2020, kita semakin bisa dan mudah dalam melakukan dan mengembangkan hobby-hobby kita di rumah. Banyak orang juga yang baru mencari dan masih bingung akan hobby mereka, ada yang baru mencoba seni, mencoba musik, mencoba olahraga dan masih banyak lagi. Di kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang seni. Banyak orang yang ingin mencoba melukis atau menggambar, tetapi mereka tidak percaya diri dengan kemampuan mereka dalam menggambar ataupun melukis. Seperti yang kita tahu, untuk menjadi seorang seniman, bukanlah hal yang mudah. Kita harus mempunyai banyak sekali ide cemerlang dan kreatif agar hasil dari karya seni kita indah dan menarik, tak lupa kalau kita harus bisa menampilkan sesuatu yang fresh, atau baru dalam karya seni kita, sehingga para penikmat seni di luar sana dapat melihat sesuatu yang belom pernah mereka lihat dan hanya ada pada karya seni kita.

Contoh lukisan dari seorang seniman profesional

Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk memulai menggambar atau melukis bagi seorang pemula atau bahkan bagi seseorang yang tidak mempunyai kemampuan seni sebelumnya ? Ini dia beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memulai menggambar atau melukis di pada bidang kanvas menggunakan cat akrilik. Kenapa cat akrilik ? Karena cat akrilik tersebut adalah cat yang paling mudah kita jumpai di toko-toko alat gambar, dan harga nya juga relatif murah dan terjangkau. Langsung saja, kita menuju ke langkah-langkah melukis menggunakan cat akrilik bagi para pemula.

1. Siapkan bidang melukis kanvas

Kanvas bidang melukis ukuran 30x40cm

Pada langkah pertama, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu bidang lukis yang akan kita pakai, biasanya cat akrilik bagus dan cocok digunakan pada bidang lukis kanvas. Kita harus mencari kanvas yang telah ditempelkan pada bingkai kayu, karena akan lebih mudah dan tegas untuk kita lukis. Kita dapat mencari dan mendapatkan kanvas ini pada toko-toko alat gambar terdekat. Kanvas ini sendiri sebenarnya mempunyai banyak sekali varian ukuran, tergantung pada sang seniman ingin menggunakan kanvas yang besar, atau sedang, atau bahkan yang kecil sekalipun. Saran saya, bagi pemula, akan lebih baik dan mudah jika kita menggunakan kanvas yang kecil terlebih dahulu, selain untuk membiasakan diri kita dalam hal melukis, ruang gambar yang tersedia pun tergolong cukup bagi pemula. Kita dapat membeli dan mencari kanvas lukis yang berukuran 30×40 cm. Kanvas dengan ukuran 30×40 cm adalah kanvas yang sangat cocok sekali bagi pemula.

2. Siapkan cat akrilik

Cat Akrilik untuk melukis

Langkah kedua setelah kita menyiapkan bidang lukis kanvas tersebut, maka kita harus menyiapkan bahan cat akrilik. Ada banyak sekali tipe dan jenis dari cat dalam melukis, tetapi cat akrilik ini adalah cat yang tergolong paling mudah untuk kita dapatkan dan kita pakai, kita dapat membeli dan mencari nya di toko-toko alat gambar terdekat, dengan harga yang masih tergolong relatif murah. Bagi pemula, maka saya menyarankan untuk membeli jenis atau varian yang hanya 12 warna dasar saja, karena selain ini adalah untuk membiasakan diri dalam melukis, dengan 12 warna dasar tersebut juga, kita dapat memadukan nya dan mencampur nya sehingga muncul warna-warna baru. Tidak lupa juga, kita harus menyiapkan segelas kecil air, untuk nanti dicampurkan dengan cat akrilik tersebut.

3. Siapkan kuas untuk melukis

Varian ukuran kuas untuk melukis

Mari kita lanjutkan ke langkah yang selanjutnya, yaitu langkah ke tiga. Setelah menyiapkan bidang kanvas lukis dan cat akrilik varian 12 warna dasar, maka benda selanjutnya yang harus kita siapkan adalah kuas. Ada banyak sekali dan bermacam-macam kuas yang ada di dunia seni, mulai dari yang ukuran kecil, ukuran sedang, ukuran besar, atau bahkan ukuran sangat besar. Bahan dari kuas tersebut pun bermacam-macam dan bervariasi, ada yang terbuat dari kayu, terbuat dari plastik, atau bahkan terbuat dari besi atau stainless steel. Nah, bagi pemula, akan lebih cocok dan nyaman jika kita menggunakan yang kayu, selain mudah kita temui dan dapatkan di toko alat-alat gambar terdekat, harga nya pun relatif murah dan terjangkau. Kita dapat menyiapkan lebih dari satu kuas, untuk hasil pewarnaan yang maksimal. Walaupun mungkin para pemula berpikir bahwa hanya butuh satu kuas, tapi akan lebih baik dan bagus jika kita menyiapkan lebih dari 1 kuas, ukuran kecil, ukuran sedang, dan ukuran yang besar.

4. Membayangkan objek apa yang akan di lukis

Contoh sketsa objek sebelum melukis

Menuju ke langkah selanjutnya, yaitu langkah ke empat. Kita harus bisa membayangkan gambar atau objek apa yang akan kita buat, bisa tentang benda, manusia, hewan, tumbuhan, pemandangan, dan bahkan masih banyak lagi objek gambar tersebut. Jika kita masih belom terpikirkan atau masih belom terbayangkan maka kita bisa mencari referensi dari internet, dari pinterest, dari tumblr atau bahkan dari objek-objek yang ada di sekitar kita. Kita bebas menggambar apa saja, bahkan kita bisa menggambar hobby kita yang lain pada bidang kanvas lukis ini.

5. Membuat sketsa gambar sebelum melukis

Langkah selanjutnya atau langkah kelima yang akan kita lakukan adalah kita harus membuat sketsa gambar kita pada bidang kanvas lukis tersebut dengan menggunakan pensil biasa, atau bisa juga kita langsung menggunakan pensil warna, semuanya tergantung pada benda apa yang nyaman menurut kita untuk dipakai.Kita dapat membuat sketsa gambar kita dimulai dengan goresan tipis dan halus selagi kita membayangkan objek tersebut, dan yang penting gambar sketsa kita harus tetap terlihat walaupun tipis dan halus. Pada saat kita membuat sketsa gambar kita di bidang kanvas lukis, goresan yang sebaiknya kita lakukan adalah denganmendahulukan penggambaran secara global saja dan jangan terlalu detail. Kenapa ? karena jika kita terlalu fokus pada gambar detail, maka nanti kita akan bingung dan merasa kesusahan ketika kita mulai mewarnai nya.

6. Membubuhkan cat akrilik pada palet

Bidang palet cat untuk melukis

Langkah selanjutnya atau langkah yang ke enam adalah, kita mulai untuk membubuhkan cat akrilik kita pada palet dengan warna-warna yang kita kehendaki. Palet ini adalah wadah untuk menampung cat kita saat akan melukis, dan kita dapat membeli atau mencari nya di toko alat-alat gambar biasa, bahan nya pun sangat bermacam-macam mulai dari plastik, kayu, atau bahkan ada yang dari besi. Pada cat akrilik dengan varian 12 warna, warna cat nya pun biasanya telah lengkap jika untuk warna-warna dasar, jika belum lengkap atau hanya mempunyai warna dasarnya saja kita dapat mencampurnya dan dengan mencampur cat tersebut, maka akan menghasilkan warna-warna baru yang blom ada di cat akrilik kita.Misalnya, untuk warna hijau kita bisa mencampur warna kuning dengan biru, jika ingin warna hijau yang lebih tua, kita bisa menambahkan sedikit lagi warna biru. Ada juga jika kita menbutuhkan warna coklat untuk bidang lukis kita, kita dapat mencampur warna merah dengan kuning, lalu kita harus menambahkan sedikit warna hitam, dan maka yang akan menghasilkan warna coklat.

7. Memasuki tahap perwarnaan saat melukis

Kuas dan cat akrilik untuk melukis

Masuk ke langkah selanjutnya atau langkah ke tujuh, kita akan mulai memasuki tahap pewarnaan. Kita dapat mewarnai gambar kita menggunakan kuas yang besar terlebih dahulu, dan kita dapat memulainya dengan memulas seluruh bagian atau dasarnya dulu seperti background, langit, dan seterusnya, baru kita masuk ke tahap pewarnaan objeknya. Sebenarnya kita bisa dan boleh saja jika ingin membalik urutan pewarnaan tersebut seperti objeknya dahulu kemudian barulah kita mewarnai dasar nya atau background nya, tetapi nanti akan timbul cat-cat yang agak keluar dan melewati garis sketsa kita.

8. Jangan ragu ketika sedang mewarnai

Selanjutnya masuk ke langkah ke delapan, dalam mewarnai bidang gambar lukis kita, kita tidak boleh merasa ragu-ragu sedikitpun. Kita harus yakin dan memegang kanvas kita dengan erat dan kita bisa mulai mewarnai ke bagian-bagian detail yang kecil, menggunakan kuas yang kecil. Pada tahap pewarnaan bagian detail-detail ini, kita harus sangat memperhatikan batas garis dari sketsa kita dan jangan sampai kita melewati nya, karena nanti akan memunculkan kesan bahwa itu kurang rapih dan akan merusak hasil dari karya seni kita.

9. Finishing saat melukis

Contoh cat akrilik yang digunakan untuk melukis

Baiklah, masuk ke langkah terakhir dalam melukis ini, ada hal penting yang harus kita perhatikan dalam melukis menggunakan cat akrilik. Hal tersebut adalah kita harus melukis nya dengan cepat. Kenapa demikian ?karena cat ini tergolong dengan cat yang mudah kering dan jikalau cat tersebut sudah kering maka akan susah untuk kita olah atau kita pakai. Mau tidak mau, kita harus menambahkan cat yang baru lagi, akan tetapi hal tersebut akan membuat kita agak sedikit boros dengan cat akrilik kita. Yang terpenting adalah kita tetap harus melakukan nya dengan hati-hati. Untuk tahap finishing, kita dapat menunggu hasil karya kita kering, dan untuk mempercepat nya, kita dapat menaruh nya di bagian yang terkena sinar matahari, tetapi jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung karena akan sedikit membuat cat akrilik yang ada di bidang gambar lukis kanvas menjadi terlalu kering. Jika kita sudah merasa cukup dan sudah kering, kita bisa memakaikan cat pilox bening, untuk menambahkan kesan mengkilap, dan untuk membuat hasil karya kita menjadi awet. Bagaimanapun juga hal tersebut tergantung pada selera kita.

Baiklah itu adalah beberapa langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk membuat lukisan dengan cat akrilik bagi para pemula atau bahkan yang tidak mempunyai ilmu dasar melukis. Sebenarnya tahap-tahap diatas adalah langkah-langkah yang masih tergolong dasar, jadi semuanya dapat dengan mudah kita lakukan dan kita ikuti tanpa adanya kesulitan saat kita menjalankan nya. Dengan ada nya langkah-langkah tersebut, semoga saja akan menjadi bertambah banyak orang yang menyukai seni dan memiliki hobby melukis, karena dengan melukis kita dapat memancarkan ide cemerlang, ide kreatif, dan ide baru kita, dalam wadah lukis canvas tersebut. Jika kalian ingin mengetahui bagaimana seni dalam bidang digital, kalian bisa klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *