December 3, 2022

Terlalu Lama di Depan Layar Komputer Membuat Mata Anda Lelah? Lakukan Hal Berikut Ini!

Seharian bekerja di depan layar komputer membuat mata lelah dan anda tidak tahu harus bagaimana? Simak pembahasan ini sampai akhir! 

Menatap layar komputer atau laptop selama berjam-jam dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata. Salah satu efek yang mungkin terjadi adalah digital eyestrain atau disebut juga CVS (Computer Vision Syndrome).

Digital eyestrain atau CVS merupakan kondisi keluhan pada mata yang terjadi akibat paparan cahaya dari layar komputer, laptop, juga laptop dalam jangka waktu yang lama. Keluhan yang ditimbulkan antara lain seperti rasa pegal pada mata, kepala terasa sakit, pandangan menjadi kabur, mata kering, hingga nyeri pada bahu dan punggung. 

Disini kita akan bersama-sama mengetahui kenapa mata kita mudah lelah jika terlalu lama menatap layar komputer. Terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mata lelah karena sinar dari layar komputer.

  1. Istirahatkan mata
  2. Lakukan perawatan mata
  3. Refreshing dan olahraga mata
  4. Sesuaikan tingkat kecerahan layar komputer 
  5. Gunakan kacamata khusus
  6. Perbanyak mengkonsumsi makanan bervitamin
  7. Periksa mata

Apa itu mata?

Mata merupakan salah satu dari kelima panca indera. Organ yang satu ini memiliki peran penting untuk membantu bagian tubuh lainnya dalam melakukan berbagai hal. Contohnya ketika kita berjalan, meskipun berjalan lebih dominan pada kaki, namun mata juga memiliki peran untuk melihat benda atau jalan di depan kita. Mata melihat segala sesuatu yang ada di depan kita, sehingga membantu dalam melakukan pekerjaaan.

Namun, ditengah pandemi virus corona ini membuat banyak bidang pekerjaan yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka langsung. Sehingga perusahaan-perusahaan membuat keputusan yang sejalan dengan peraturan pemerintah untuk melakukan pekerjaannya di rumah. Dengan memanfaatkan teknologi, seperti handphone, laptop juga komputer membuat kita mudah mengerjakannya di rumah. Namun terlalu lama menatap layar membuat mata kita menjadi mudah lelah. 

Mengapa demikian? karena layar komputer memancarkan sinar biru yang dapat membuat mata lelah. Syaraf mata akan tegang jika terlalu lama menatap layar gadget yang akhirnya membuat mata lelah dan perih. 

Inilah yang harus anda lakukan agar mata kembali segar. 

1. Istirahatkan mata

Manusia merupakan makhluk hidup dan pastinya akan merasakan lelah. Maka dari itu istirahatkan diri dan mata anda agar dapat kembali melakukan aktivitas khususnya yang berkaitan dengan mata. Mengistirahatkan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara:

  • memejamkan mata sejenak sembari mengatur nafas
  • melakukan aktivitas ringan yang tidak membutuhkan konsentrasi mata tinggi

2. Lakukan perawatan mata

Bila mata terasa perih dan kering, anda dapat menggunakan obat tetes mata untuk meredakan perih dimata anda. Gunakan obat tetes mata seperlunya saja, yaitu saat mata terasa kering dan jangan terlalu sering karena akan menimbulkan efek samping. Penggunaan obat mata haruslah sesuai dengan anjuran dokter.

https://hellosehat.com/mata/perawatan-mata/cara-pakai-obat-tetes-mata/

Terlalu lama bekerja dengan konsentrasi mata tinggi dapat membuat mata perih karena kering. Sehingga menggunakan obat tetes mata yang sesuai akan membuat mata menjadi kembali segar dan siap melanjutkan kegiatan. 

Cara lain adalah dengan melakukan kompres pada mata saat terasa lelah atau kering. Kompres mata dapat dilakukan dengan menggunakan kain atau handuk bersih yang diberi air hangat ataupun dingin, kemudian meletakkannya di permukaan kulit mata yang tertutup.

Untuk menghindari mata agar tidak terlalu mudah lelah, bersihkanlah ruangan kerja anda dari debu. Debu akan membuat mata menjadi lebih cepat kering dan perih. Maka bersihkanlah ruangan anda dari debu-debu yang membuat mata kering. Membersihkan debu bisa menggunakan kipas penyaring debu, AC, ataupun alat lain yang dapat membersihkan benda kecil seperti debu.

3. Refreshing dan olahraga mata

Hal lain yang dapat dilakukan ketika anda merasa lelah dengan dunia ini, eits bukan dong, haha… Maksudnya ketika merasa mata anda lelah untuk melihat layar anda dapat melakukan refresing atau olahraga pada mata

Cobalah keluar rumah dan melihat tanaman ataupun pepohonan dengan hembusan angin yang sejuk. Hilangkan semua pikiran anda sejenak dan nikmatilah apa yang sedang anda lihat dan rasakan. Dedaunan dan tanaman yang hijau akan membuat mata menjadi rilex dan segar.

http://stg-istore.ticmobi.com/shareit/detail/69963/mata-sering-suntuk-coba-hadirkan-tanaman-hijau-di-ruangan

Refreshing tidak hanya membuat untuk kesehatan mata tetapi juga dapat menjadi obat bagi pikiran yang stress, hati yang gelisah karena satu dan lain hal.

Selain itu, olahraga mata juga baik dilakukan agar syaraf mata yang kaku dan tegang karena terlalu lama menatap layar komputer bisa kembali berfungsi dengan baik. 

DIlansir dari alodokter.com, ada 3 cara untuk melakukan olahraga mata.

Langkah pertama, yaitu dengan mengubah fokus penglihatan anda. Caranya dengan memfokuskan penglihatan anda kepada suatu barang dengan jarak sekitar 25cm selama ±15 menit. Kemudian ubahlah jarak pandang terhadap benda tersebut menjadi 50cm selama ±15 menit juga. Ulangi kegiatan tersebut secara bergantian hingga 5 kali. 

https://www.hipwee.com/tips/9-latihan-senam-mata-untuk-terapi-mata-minus-cocok-buatmu-yang-lelah-pakai-kacamata-terus/

Langkah kedua, memfokuskan mata terhadap benda yang kecil. Benda tersebut dapat berupa pensil, pulpen, jari tangan, ataupun benda lain yang berukuran kecil. Caranya adalah meletakkan jari tangan di dekat hidung anda, kemudian cobalah untuk memfokuskan penglihatan pada ujung jari tersebut. Lalu gerakanlan jari tersebut ke arah kanan dan kiri secara perlahan. Berusahalan untuk tetap fokus mengikuti gerakan jari tersebut tanpa menggerakan kepala anda.

Langkah terakhir adalah membuat angka 8. Layaknya ketika tes membuat surat izin mengemudi, ini juga dapat dilakukan pada mata. Fokuskan mata anda pada lantai kemudian gerakan penglihatan anda sehingga membentuk angka 8. Lakukan gerakan ini selama ±30 detik.

4. Sesuaikan tingkat kecerahan layar dan jarak pandang

https://www.konimex.com/post/healthy-lifestyle/investasi-sehat/wajib-dibaca-bagi-anda-yang-sering-menggunakan-komputer

Banyak kasus anak kecil yang sudah menggunakan kacamata karena mereka menderita mata minus. Hal ini disebabkan oleh seringnya menggunakan gadget dengan tingkat kecerahan yang tinggi dan jarak layar dan mata yang terlalu dekat.

Sering sekali kita melihat orang tua yang mengingatkan anaknya untuk tidak terlalu dekat saat menggunakan gadget. Hal ini dikarenakan jarak yang terlalu dekat atau terlalu jauh dapat membuat efek buruk pada mata. Jarak pandang mata terhadap layar yang terlalu dekat akan membuat mata kaku dan pandangan menjadi kabur. Sedangkan jarak yang terlalu jauh membuat mata harus bekerja lebih karena otak memerintahkan mata untuk melihat objek secara detail dan jelas.

Jarak antara mata dan layar yang dianjurkan adalah 40-75 cm. Dengan jarak tersebut, mata kita akan terasa nyaman ketika melihat layar, baik komputer, handphone, dan lain-lain.

Tingkat kecerahan layar saat menggunakan gadget maupun komputer memiliki peran penting dalam kesehatan mata. Kecerahan layar yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah akan menimbulkan masalah pada mata. Masalah yang terjadi biasanya adalah mata minus

Tingkat kecerahan layar yang baik adalah sekitar 40-80 persen, tergantung pada kualitas monitor yang digunakan. 

5. Gunakan kacamata khusus

Dahulu, orang-orang menggunakan kacamata hanya untuk membantu mereka mengatasi mata minus ataupun plus. Mereka yang memiliki masalah tersebut akan kesulitan untuk membaca bahkan untuk berjalan. Namun sekarang ini, kaca mata tidak hanya diproduksi untuk menjadi alat bantu baca tetapi diproduksi juga untuk keperluan lain seperti gaya, pengobatan, juga pengaman.

https://kumparan.com/viral/kocak-orang-utan-pakai-kacamata-hitam-milik-turis-yang-jatuh-di-kandang-1wGEnTh5PhM/full

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak sekali produk kacamata yang digunakan sebagai pelindung mata. Bagi mereka yang bekerja di depan layar komputer dengan waktu yang lama, seperti programmer, dibuatlah kacamata khusus, Kacamata AR. Kacamata ini dibuat dengan lapisan Anti Reflective yang berguna untuk mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar komputer dengan cara meminimakan pantulan cahaya melalui permukaan lensa bagian depan dan belakang kacamata tersebut.

Bagi anda yang bekerja berjam-jam di depan layar komputer, kacamata ini sangat cocok untuk digunakan agar mata tidak mudah lelah. 

6. Perbanyak mengkonsumsi makanan bervitamin

Untuk mengatasi kelelahan pada mata anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin.

Vitamin A sangat baik bagi penglihatan, bahkan kandungan vitamin A dapat mencegah rabun senja. Ini sangat dibutuhkan bagi anda yang sering melakukan kegiatan dengan konsentrasi mata penuh, seperti menggunakan handphone, komputer, dll. 

Makanan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya adalah wortel, ubi merah, apel, minyak ikan kod dan kuning telur.

Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga dapat mengurangi resiko terkena katarak. Vitamin C berfungsi membantu mata dari gangguan radikal bebas dan membantu menyerap mineral dan nutrisi.

Jeruk dan stroberi merupakan makanan yang mengandung vitamin C tinggi yang penting bagi kesehatan mata. Makanan seperti telur, ikan salmon, dan sayuran hijau juga mengandung vitamin C.

7. Periksa mata 

Demi menjaga kesehatan mata, kita harus memeriksakan mata kita ke dokter mata. Dokter mata akan lebih paham apa yang sebenarnya tejadi pada mata kita dan apa yang harus kita lakukan untuk mengobati dan menjaganya. 

Lakukanlah pemeriksaan mata secara rutin sekitar minimal 3-6 bulan sekali. Sehingga kita dapat mengetahui apakah ada masalah atau tidak yang terjadi pada mata kita.


Dengan melakukan kegiatan-kegiatan di atas, kita dapat mengurangi mata lelah karena terlalu lama menatap layar komputer. Dengan mengistirahatkan mata, maka mata kita menjadi lebih segar saat menggunakannya kembali. 

Berjalan-jalan keluar rumah dan melakukan stretching dapat membantu memulihkan syaraf mata yang lelah. Namun jika mata anda terasa perih dan kering, maka penggunaan obat tetes mata dapat menjadi solusinya.

Olahraga mata juga penting dilakukan untuk menjaga syaraf otot mata agar tidak tegang dan membuat mata lelah. Olahraga mata sangat mudah dilakukan hanya dengan memindahkan fokus penglihatan pada benda dan juga menggerakan mata. 

Mengonsumsi makanan yang bervitamin dapat mencegah penyakit mata. Makanan seperti wortel, telur, jeruk, dan stroberi memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan mata. 

Pemeriksaan mata yang rutin haruslah dilakukan demi menjaga kesehatan mata. Sebaiknya pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan hanya jika terdapat masalah pada mata tetapi juga ketika mata terasa baik-baik saja. 

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa menjaga kesehatan mata kita agar tidak mudah lelah dan terkena penyakit. Karena jika sudah terserang penyakit maka perawatan yang dibutuhkan akan lebih sulit dan bahkan tidak dapat diobati. Maka dari itu, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *