December 3, 2022

Masih Malas untuk Mandi? Segera Tinggalkan Kebiasaan itu jika kamu ingin berumur panjang!

oleh Regina Laziani Zaela

Apakah kamu termasuk orang yang masih malas untuk mandi?

Malas mandi menjadi hal yang sering dialami bagi sebagian orang. Ditambah lagi dengan adanya pandemi yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah saja, mungkin membuat kamu semakin malas untuk mandi. Banyaknya alasan yang dilontarkan dari para pemalas ini mulai dari “Saya ingin menghemat air”, “malas gerak (mager)”, hingga ada yang beralasan “Saya tidak mandi karna tidak akan pergi kemana – mana.”

Semua itu merupakan alasan yang selalu kamu lontarkan setiap kali ditanya “kenapa tidak mandi?” atau “sudah mandi belum?” Hal ini sangat disayangkan karena pembenaran ini akan mengundang banyak orang menjadi semakin malas.
Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa rajin mandi juga tidak baik bagi kulit. Lantas apa yang perlu kita lakukan untuk menyikapi kedua hal yang saling bertolak belakang ini?

Mandi setiap hari baik untuk kesehatan

Memang benar bahwa terlalu sering mandi akan membuat kulit kita sensitif dan iritasi. Bahkan menurut beberapa penelitian pun menyatakan bahwa orang – orang luar negeri ada yang hanya mandi satu kali dalam seminggu. Jika kita lihat lebih mendalam terkait kasus ini, kita akan menemukan adanya perbedaan kondisi geografis membuat kita dan negara lain memiliki musim yang berbeda beda. Maka dari itu wajar bagi mereka untuk mandi hanya satu kali dalam seminggu. Kita dapat menduga bahwa mereka melakukan hal tersebut juga memiliki alasan bisa jadi karna mereka sedang mengalami musim dingin.

Jika dibandingkan dengan kita yang tinggal di negara tropis, kita sangat dianjurkan untuk mandi dua kali sehari (anjuran normal) karna kita tentunya akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Mandi yang terlalu sering pun tidak dianjurkan oleh dokter untuk itu dokter menyepakati anjuran mandi dua kali sehari. Para ahli juga telah meneliti bahwa anjuran tersebut tepat karna kita akan mengalami dua fase setiap hari, fase pertama saat kita memulai hari atau mulai melakukan aktifitas. Sementara fase kedua yaitu pada saat kita mengakhiri aktivitas di hari yang sama. Maka ini sangatlah normal dan wajar untuk dilakukan. Selain itu juga dapat menjaga kesegaran serta kebersihan tubuh.

Tapi ternyata kebiasaan malas mandi kamu itu berpotensi tinggi memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Halodoc, kebiasaan jarang mandi akan memberikan beberapa dampak serius yang bukan sekedar bau badan saja.

Berikut beberapa dampak bagi kesehatan tubuh jika kamu malas mandi

  1. Daya tahan tubuh akan melemah
    Ini menjadi hal yang sangat wajar terjadi jika kamu malas mandi. Antibodi akan melemah karna keadaan tubuh pun akan terasa seperti tidak fit dan kurang bersih. Sehingga itu memudahkan penyakit dan kuman untuk menyerang antibodi.
    Dengan kamu malas mandi, kuman dan bakteri dapat menempel dengan cepat dan mudah pada tubuhmu. Ditambah lagi jika kamu tidak mandi selama beberapa hari, kuman dan bakteri tersebut tentunya akan bersarang ditubuhmu dan mulai menggerogoti daya tahann tubuhmu secara bertahap. Hal ini dapat dibuktikan dengan mudahnya kamu tertular penyakit. Sebagai contohnya jika temanmu sedang mengalami flu, kemudian secara tidak sengaja ada bercak – bercak bakteri yang menempel pada ponsel yangmana ponsel tersebut kamu genggam terus dan kamu tempelkan ke pipi. Dengan kamu malas mandi kamu tidak dapat membersihkan kuman dan bakteri yang menempel pada pipi kamu, sehingga besar kemungkinan kamu akan tertular penyakit yang sama akibat dari kelalaian kamu. Jadi, mandi ini sangat penting untuk melindungi tubuh kita dari paparan bakteri dan kuman.
  2. Mengalami penyakit kulit
    Memilih untuk tidak mandi setiap hari berarti kamu memiliki peluang besar untuk terkena penyakit kulit. Kulit yang jarang dibersihkan akan rentan terkena penyakit. Beberapa penyakit kulit yang mungkin akan kamu alami jika tidak mandi yaitu jerawat, gatal – gatal berlebih, dan herpes.
    Selain itu juga orang yang jarang mandi akan lebih mudah terserang infeksi jamur kulit , seperti panu, kurap, jamur kuku, dan kandidiasis. Hal ini dapat terjadi karena kulit mereka yang tidak bersih bercampur dengan keringat akan membuat kulit lembab dan memudahkan jamur untuk tumbuh. Coba bayangkan jika kamu merasakan lembab selama beberapa hari, apakah kamu akan bisa tidur nyenyak? Tentunya tidak. Jadi inilah alasannya mengapa kamu perlu untuk mandi setiap hari.
  3. Membuat badan lemas dan meningkatkan rasa malas
    Mungkin salah satu alasan kamu sering merasa lemas dan kurang motivasi untuk produktif adalah karna kamu malas mandi. Malas mandi akan membuat kamu malas juga untuk bergerak atau biasa dikenal dalam istilah gaul sebagai ‘mager’. Kemalasan demi kemalasan hanya akan membawamu pada pola hidup yang tidak baik. Menjalani kehidupan yang seperti itu hanya akan membuat mu sulit, maka dari itu kamu perlu mencoba melangkah untuk membuat perubahan yang baik di hidupmu. Salah satunya yaitu dengan melakukan perubahan kecil, seperti mulai untuk tidak malas mandi.
    Mandi dapat menyegarkan kulit kita, dan secara otomatis juga akan mengaktifkan kembali semangat. Selain kulit menjadi segar, mandi dapat memberi pengaruh yang baik kepada otak kita. Otak kita akan lebih mudah merespon karna sel – sel saraf ikut terbangkitkan kembali dengan mandi.
    Mandi juga dapat mengurangi rasa malas, dengan mandi kita akan mendapatkan energi baru. Sehingga akan menambah motivasi untuk melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat.
  4. Dapat menyebabkan bau badan
    Coba bayangkan jika kamu bertemu dengan gebetan tapi ternyata aroma tubuh sedang tidak sedap, pastinya kamu aka merasa malu dan memilih untuk bersembunyi, bukan? Jadi pastikan kamu selalu mandi agar tubuhmu selalu wangi.
    Tubuh secara biologis akan selalu memproduksi keringat setiap harinya, jika kita tidak membersihkan tubuh kita setiap hari pastinya kotoran dan sisa keringat akan menumpuk. Tumpukan inilah yang kemudian akan berkembang membuat aroma badan kita menjadi tidak sedap. Apalagi pada bagian – bagian tertentu seperti ketiak, akan menjadi tempat strategis bagi kuman dan tumpukan keringat berkembang bersama menghasilkan bau yang tidak sedap.
    Itulah mengapa penting untuk kita melakukan mandi minimal 2 kali sehari. Dengan mandi ini kita dapat mencegah kuman dan bakteri bersarang serta mencegah terjadinya penumpukan sisa keringat yang ada pada kulit.
  5. Mengalami penuaan dini
    Pastinya banyak dari kita yang menginginkan panjang umur. Kita bisa melakukan banyak hal jika tubuh kita selalu sehat dan fit. Namun kebiasaan malas untuk mandi dapat menghambat impian kamu untuk memiliki umur yang panjang.
    Dampak yang akan tubuhmu rasakan jika kamu tidak rajin mandi adalah tubuhmu akan mudah mengalami kerutan. Kerutan ini bisa muncul di beberapa bagian, seperti wajah dan badan. Kerutan diwajah akan sangat terlihat bahwa kamu terlihat seperti orang yang sudah berumur tua. Jika sudah terjadi kerutan ini bisa mempengaruhi seri wajah kamu yang dapat membuatnya terlihat sangat tua. Proses ini akan diperburuk dengan sikap malas kamu yang semakin menjadi. Dari sana tubuh mu perlahan akan mengalami penuaan, mulai dari lemas, terserang penyakit, berkurangnya kemampuan berfikir dan merespon, serta memiliki kemungkinan dapat memperpendek usiamu. Pastinya kita semua tidak mau ini terjadi, bukan?
    Maka dari itu solusi tepat untuk dapat kamu usahakan dari sekarang yaitu kamu perlu meninggalkan kebiasaan malas mandi.

Dapat disimpulkan bahwa mandi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain membuat segar, mandi juga dapat memberikan banyak energi positif agar bisa produktif. Malas mandi akan membawa kamu pada banyak ancaman penyakit bahkan penuaan dini yang paling kamu hindari. Jadi jangan lupa untuk selalu mandi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *