December 2, 2022

Olahraga Bulu Tangkis Secara Rutin, Bisa Bikin Kamu Awet Muda, Ini Dia Manfaat Lainnya!

Olahraga bulu tangkis bisa bikin kamu awet muda loh

Penulis: Agiela Fadea Putri

Bila kamu tidak mempunyai waktu untuk pergi ke tempat Gym, namun ingin tetap berolahraga maka luangkan waktumu untuk berolahraga bulu tangkis. Siapasih yang ga tau sama olahraga ini? Yaps bulu tangkis atau badminton merupakan suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang saling berlawanan.

Bulu tangkis memiliki banyak peminat di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia gais! Olahraga tersebut mudah dimainkan oleh semua kalangan dan usia loh dan olahraga bulu tangkis dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi apakah kamu tahu, bahwa bermain bulu tangkis bisa bikin kamu awet muda?

Hidup sehat dengan bermain bulu tangkis

Ayo hidup sehat dengan olahraga bulu tangkis!

Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Ada banyak olahraga yang bisa kamu pilih untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat salah satunya adalah olahraga bulu tangkis.

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang cepat menghasilkan keringat. Olahraga ini pun memiliki banyak manfaat bagi para pemainnya karena hampir seluruh bagian tubuh bergerak aktif.

Bulu tangkis merupakan olahraga yang disukai oleh banyak orang karena olahraga bulu tangkis mudah dipelajari dan sama-sama menyenangkan untuk diikuti. Seperti semua olahraga, ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan bermain bulu tangkis.

Berita baiknya, bermain bulu tangkis banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat terhindar dari risiko penyakit Alzheimer di hari tua nanti. Tetapi, bukan hanya dapat mencegah risiko penyakit Alzheimer saja loh, jika kamu rutin bermain bulu tangkis maka kamu juga dapat membawa banyak manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat olahraga bulu tangkis secara rutin:

1. Mencerahkan Kulit dan Awet Muda

Siapa yang tidak ingin mempunyai kulit cerah dan awet muda? Tidak hanya perempuan saja tetapi laki-laki juga pasti menginginkan mempunyai kulit yang cerah dan terlihat awet muda..

Olahraga bulu tangkis bisa menjadi salah satu opsi olahraga yang dapat kamu lakukan untuk membuat kulit kamu tampak terlihat lebih cerah dan tentunya membuat kamu semakin terlihat awet muda.

Olahraga bulu tangkis dipercaya dapat menjadi alternatif perawatan kulit secara alami. Dengan olahraga bulu tangkis, keringat akan keluar secara efektif dan kotoran yang menghalangi pori-pori di kulit akan secara alami keluar sehingga membuat kulit kamu semakin bersih.

Selain itu, ketika energi dan darah dapat mengalir dengan lancar di dalam tubuh kamu, maka kulit kamu pun akan terlihat semakin cerah dan sehat secara alami.

2. Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu bahwa olahraga bulu tangkis masuk ke dalam olahraga kardio? Maka dari itu manfaat yang kedua dalam olahraga bulu tangkis adalah dapat menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan memang sulit dan membutuhkan lebih sedikit usaha dan waktu dengan berolahraga bulu tangkis.

Bagi kamu yang belum tahu, olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang dapat menguatkan otot jantung. Ini artinya jenis olahraga kardio akan selalu menaikkan detak jantung kamu dan memperkuat otot-otot jantung.

Apabila otot jantung kamu kuat, maka pembuluh darah otomatis akan semakin lancar, dan dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Jika kamu rutin olahraga bulu tangkis maka akan ada banyak kalori yang terbakar saat kamu sedang bermain bulu tangkis.

Semakin banyak kamu bergerak, semakin banyak kalori yang kamu bakar dan itu dan itu akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jumlah kalori yang terbakar akan bergantung pada durasi dan bobot tubuh setiap orang. Olahraga Bulu tangkis juga bisa membantu seseorang memiliki postur tubuh yang ideal.

3. Kesehatan Jantung

Olahraga bulu tangkis mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Seiring bertambahnya usia, pergerakan tubuh kamu akan menjadi terbatas. Tingginya kadar kolesterol dapat menurunkan ukuran pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Olahraga Bulu tangkis dapat memperkuat otot jantung dengan membuka penyumbatan dinding jantung yang mengarah ke aliran darah yang lebih baik. Maka dari itu kamu perlu merawat kesehatan jantung agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Jantung yang sehat sangat penting untuk memastikan tubuh kamu berfungsi dengan baik dan benar. Olahraga Bulu tangkis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, yang dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini menyebabkan penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

4. Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat bermain bulu tangkis selanjutnya adalah menurunkan risiko diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang mengakibatkan kadar glukosa atau gula darah meningkat atau di atas batas normal. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi resiko penyakit diabetes. Bermain bulu tangkis membantu menurunkan kadar gula darah.

Olahraga bulu tangkis dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh yang membuat kamu dapat menjauhkan atau menghindari diri kamu dari penyakit. Prosesnya dengan menunjang kerja hormon insulin dalam mengolah glukosa yang masuk ke dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Hipertensi

Hipertensi atau disebut juga tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi ketika seseorang mempunyai tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala. Jika penyakit hipertensi tidak diobati, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Lakukan hidup sehat mulai dari sekarang seperti melaksanakan pola makan sehat dengan sedikit pemberian garam pada makanan kamu, melakukan olahraga rutin, dan mengonsumsi obat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Bulu tangkis adalah olahraga sosial dan bisa dilakukan oleh semua orang. Kamu bisa bertemu beberapa orang yang memainkan olahraga yang sama yang mungkin menghasilkan perasaan positif. Itu membuat kamu tetap aktif dan meningkatkan mood dan tidurmu. Maka dari itu olahraga bulu tangkis dapat membantu kamu untuk rileks, mengurangi stres dan kecemasan yang berlebihan.

6. Meningkatkan Metabolisme

Memiliki metabolisme yang baik dapat membantu kamu dalam menjaga fisik dan membuat tubuh kamu tetap bugar dan kencang. Bermain bulu tangkis dapat membantu meningkatkan fungsi kardiopulmoner yang berarti akan membuat tubuh kamu terbiasa berkeringat secara alami.

Berkeringat dapat membakar kalori dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh kamu dan tingkat metabolisme yang tinggi dapat dicapai. Maka dari itu, perlunya berolahraga bulu tangkis supaya kamu dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu.

7. Mengurangi Stress

Olahraga bulu tangkis tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental kamu. Peningkatan rasa stres adalah alasan paling umum mengapa orang menderita penyakit jantung dan hipertensi.

Berolahraga bulu tangkis selama 15 menit dapat membantu kamu mengurangi rasa stres. Ini juga dapat membantu menjaga pikiran kamu supaya tetap rileks dan juga bisa memotivasi kamu supaya mau berbuat lebih baik. Secara tidak langsung otak dapat melepaskan hormon suasana hati yang bahagia ketika kamu sedang berolahraga dan melepaskan hormon pemicu stress.

Semua hormon positif akan bekerja sama untuk menimbulkan perasaan senang dan mengusir rasa stres yang ada difikiran kamu, sehingga bisa menciptakan fikiran-fikiran yang positif dan tentunya dapat memperbaiki kualitas tidur. Itu sebabnya kenapa olahraga sering disarankan oleh banyak orang sebagai terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai penyakit mental.

Efek penurunan tingkat stres ini juga semakin bertambah karena olahraga bulu tangkis melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang dalam satu waktu. Mengobrol dan bertukar pikiran dengan pasangan, teman, keluarga, atau bahkan orang lain merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa stress yang sedang kamu pikirkan.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Saat bermain bulu tangkis kamu dituntut untuk fokus! mata nya harus fokus gaboleh kesana sini, seperti berkonsentrasi pada berbagai aspek permainan saat sedang dimulai, seperti mata lawan, gerakan raket, arah kok, dan lain sebagainya. Itu membuat kamu harus tetap waspada setiap saat.

Setelah permainan menjadi cepat, itu juga dapat meningkatkan sikap refleks kamu. Ini melibatkan gerakan yang ketat, sehingga memungkinkan kamu untuk tetap selalu waspada. Hal ini dapat membuat kamu lebih gesit dan meningkatkan koordinasi kamu. Hal ini semakin meningkatkan fungsi kognitif kamu juga. Semuanya begitu saling terkait dalam olahraga bulu tangkis sehingga tidak ada yang lain selain berbagai manfaat, dan masing-masing mendukung satu sama lain.

9. Dapat Melawan Insomnia

Hayo siapa yang Insomnia disini? Jadi insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, sehingga dapat menyebabkan depresi, sulit berfikir atau tidak mempunyai tenaga untuk melakukan sesuatu sehingga malas melakukan atau mengerjakan hal apapun.

Karena bulu tangkis merupakan olahraga fisik yang berat, tentunya itu akan membuat kamu merasa lelah. Pada keadaan pandemi saat ini, berada di rumah dengan gerakan terbatas telah berdampak pada jadwal tidur kita.

Jika kamu adalah orang yang sulit tidur, bulu tangkis adalah olahraga yang tepat bagi kamu. Olahraga bulu tangkis dapat bekerja di seluruh tubuh kamu, sehingga membuat kamu merasa lelah. Kelelahan ini yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

10. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Bermain bulu tangkis secara rutin dapat membantu menjaga kepadatan tulang sejak dini dan mencegah perkembangan osteoporosis di masa tua. Bermain bulu tangkis secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan sel.

Kamu tahu gak bahwa hal ini secara tidak langsung dapat membantu kamu untuk memperkuat tulang kamu juga. Tulang yang kuat akan menghilangkan cedera sendi atau otot. Hal itu juga dapat membantu dalam mengembangkan kalsium loh, yang diperlukan untuk tulang supaya tulang kamu tetap kuat dan sehat.

Ketika kamu kurang atau jarang berolahraga, maka dapat menyebabkan berat badan kamu akan menjadi tidak terkontrol, dan tentunya dapat memberikan dampak yang negatif pada tubuh kamu seperti tubuh menjadi lemas, obesitas, kekurangan berat badan, dan banyak lagi dampak lainnya.

Sekarang setelah kamu mengetahui semua manfaat kesehatan bermain bulu tangkis, kamu menjadi tahu banyaknya manfaat bagi kesehatan tubuh kamu jika rajin berolahraga. Kamu hanya perlu mempersiapkan niat untuk beranjak dari kasur, raket, kok, dan jika ada jaring-jaring dirumah bisa maka bisa kamu gunakan untuk berolahraga bulu tangkis.

Memiliki tubuh yang sehat, ideal, dan terlihat lebih cerah bahkan terlihat awet muda membutuhkan usaha yang cukup berat. Kamu dilarang untuk bermalas-malasan jika menginginkan tubuh yang sehat dan ideal. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga, dan semuanya bisa berdampak bagi kesehatan. Manfaat akhir yang pasti dirasakan dari rajin berolahraga adalah kesehatan. Jangan sampai cita – cita ingin memiliki tubuh yang ideal tapi hobi rebahan dikasur hehe

[Baca juga: Daftar Pemain Thomas dan Uber Cup 2022 Indonesia, Tak ada Marcus Gideon!]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *