December 1, 2022

Inilah 3 Hal Yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Bertanding Sepak Bola Ala Pemain Profesional!

Author: Novan Arya Yuda Sugiarto
Word count: 1720
Time to read: 8 minutes

Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari oleh sebagian besar penduduk di dunia, banyak sekali orang yang mendapatkan ketenaran dan kekayaan secara material dari olahraga sepak bola. Selain itu, bermain sepak bola tentu bisa menjadi olahraga pilihan bagi kamu yang ingin menjadikan tubuh sehat sekaligus melepaskan penat.

Jika kamu merasa memiliki bakat, mungkin kamu bisa bergabung dengan tim sepak bola impianmu dan menggunakan jersey tim tersebut dengan penuh kebanggaan lalu mengukir prestasi di dalamnya.

Bagi kamu yang suka sepak bola sudah pasti mengenal Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, mereka merupakan pemain hebat yang berasal dari olahraga sepak bola. Namun, apakah kamu tahu bahwa mereka tentunya tidak tiba-tiba menjadi seorang yang hebat dalam sepak bola? Tentunya mereka akan selalu mempersiapkan segalanya sebelum bertanding dan memenangkan banyak kejuaraan.

Bagi pemain sepak bola profesional tentu akrab sekali dengan beragam pertandingan, baik di pertandingan domestik maupun pertandingan ke luar daerah atau luar negeri. Sebelum pertandingan sepak bola dimulai biasanya setiap pemain memiliki beragam persiapan.

Para pemain hebat seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tentunya mempunyai persiapan yang berbeda-beda sebelum mereka bertanding. Namun apakah kamu tahu persiapan apa saja yang perlu kamu lakukan sebelum bertanding sepakbola? Maka dari itu kamu sudah menemukan artikel yang tepat! Di dalam artikel ini akan menjelaskan apa saja hal yang wajib kamu persiapkan sebelum bertanding sepak bola secara tepat. Berikut adalah penjelasannya, simak baik-baik!

1. Mempersiapkan Mental Dalam Diri Sebelum Bertanding

Soundcloud.com

Banyak yang percaya bahwa persiapan sebelum pertandingan hanya membutuhkan dua hal. Hal yang pertama adalah 90% persiapan mental, lalu sisanya yaitu 10% persiapan fisik. Kamu pasti setuju bahwa otak adalah bagian paling penting dalam tubuh kita.

Otak akan mengendalikan segala sesuatu yang akan kalian lakukan, contohnya seperti, mengendalikan perasaan kamu saat bangun tidur, mengelola pengetahuan yang kamu punya dan mempengaruhi seluruh tubuh kalian. Tanpa persiapan mental sebelum pertandingan yang baik, kamu tidak akan bisa mencapai performa puncak.

Bagi pesepakbola, latihan mental adalah memvisualisasikan latihan yang sudah dijalani ke dalam otak, sehingga saat tiba waktunya untuk bertanding, sang pemain sudah tahu harus melakukan apa.

Persiapan mental diperlukan oleh semua pemain sepak bola agar selalu siap sesaat sebelum bertanding dengan lawan di lapangan. Persiapan mental bisa dengan beragam cara, salah satunya terus berlatih sehingga merasa memiliki kemampuan permainan yang baik sehingga percaya diri. Berikut ini merupakan hal-hal yang akan membuat mental kamu menjadi lebih kuat:


     1) Istirahat yang cukup

Klikdokter.com

Menurut mantan pemain tim nasional Inggris, Wayne Rooney, persiapan mental sebelum pertandingan yang paling penting untuknya adalah tidur yang cukup. Rooney sendiri berusaha untuk tidur selama delapan jam sebelum pertandingan. Rooney mengatakan bahwa tidur 8 jam akan membuat tubuh kita menjadi bugar sebelum pertandingan dimulai.

Tidur dan kesehatan mental mempunyai hubungan yang sangat erat. Kurang tidur diketahui bisa memengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan mental seseorang. Di lain sisi, orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mental seringnya juga mengalami gangguan tidur, misalnya insomnia atau susah tidur di malam hari. Jadi jika kamu ingin mempunyai mental yang kuat dan sehat, kamu harus mengatur jam istirahat atau tidur dengan baik!

            2) Berfikir Positif

cnbc.com

Biasanya kesalahan yang sering pemain sepak bola lakukan adalah selalu mengkhawatirkan hasil pertandingan, hal ini justru yang akan menghalangi performa para pemain di lapangan. Jadi kamu harus memaksakan pikiran kamu agar selalu berpikir positif, pikirkanlah sesuatu yang menginspirasi kamu yang selalu bisa mendorong kamu untuk tidak pernah menyerah.

Fokus pada pertandingan dan performa kamu, dan tetap berlatihlah sesuai porsi untuk memenangkan hasil pertandingan.Jangan pernah sekali pun meragukan kemampuan diri sendiri. Setiap pikiran negatif, ketakutan dan keraguan yang masuk dalam pikiran kalian, sebaiknya harus kamu abaikan. Katakan pada diri kamu sendiri bahwa akan melakukan yang terbaik.

Kamu juga bisa mencari tips untuk berfikir positif disini.

            3) Mendengarkan Musik

obsessionnews.com

Saya yakin bahwa pasti kebanyakan dari kamu sebelum memulai pertandingan sepak bola merasakan gugup dan tegang. Maka dari itu, jika kamu merasa gugup dan tegang sebelum pertandingan, coba hilangkan hal tersebut dengan mendengarkan musik favorit kalian. Saya yakin bahwa ada lagu andalan kamu yang bisa meningkatkan mood atau suasana hati. Mungkin beberapa lagu bahkan bisa langsung membuat kamu menjadi semangat! Saya mempunyai saran beberap lagu yang akan membuat kamu semangat kamu membara sebelum bertanding sepak bola, yaitu: Queen-We Will Rock You, We Are the Champions, Suvivor-Eye of tiger, Sia-The Greatest, and UEFA Champions League anthem.

Baca juga: 10 Lagu Paling Pas untuk Membangkitkan Semangat Anda

2. Melatih Kekuatan Fisik Sebelum Bertanding

Nah barusan kita sudah membahas mengenai pentingnya mempersiapkan mental sebelum bertanding sepak bola. Namun tidak kalah pentingnya juga kita harus mempersiapkan latihan kekuatan fisik tubuh kita sebelum bertanding.

Jangan sampai kamu meremehkan pentingnya latihan kekuatan fisik. Pasalnya, sepak bola itu bukan cuma masalah menendang dan mencetak gol saja. Namun kekuatan fisik kalian juga harus benar-benar di perhatikan. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa melatih kekuatan fisik, khususnya bagi pemain sepak bola.

Pasti kamu sudah penasaran apa saja sih latihan kekuatan fisik yang harus dipersiapkan sebelum memulai pertandingan sepakbola? Baiklah, dilansir dari OlahragaPedia.com ini lah beberapa latihan yang akan melatih kekuatan fisik tubuh kamu. Silahkan catat dan lakukan latihan fisik ini sebelum kalian bertanding sepak bola

  1. Melatih kekuatan tubuh
  • Squat jump: Latihan fisik ini dilakukan dengan membuka kaki lebar ketika tubuh berdiri dan meletakkan tangan tepat di belakang kepala. Kemudian dilanjutkan dengan sedikit melompat dan kaki mendarat dengan posisi setengah berjongkok sampai menekuk lutut
  • Push up: Latihan fisik ini dilakukan dengan posisi tidur tengkurap di awal di mana tangan ada di samping kiri dan kanan tubuh. Tujuannya adalah memperkuat otot trisep dan bisep.
  • Squat thrust: Latihan fisik ini juga disebut dengan istilah gerakan jongkok berdiri dan memang bertujuan meningkatkan kekuatan otot tungkai sekaligus lengan.

2. Melatih Daya Tahan Tubuh

  • Jogging: Ini adalah salah satu jenis latihan dengan nilai aerobik yang tinggi dan pemain perlu membiasakan diri untuk melatih fisik dengan ber-jogging ria selama 40 menit hingga 1 jam. Biasanya untuk latihan ini, ada beragam variasi kecepatan yang diaplikasikan serta dikombinasikan. Tujuan dari latihan ini dengan durasi tersebut adalah agar mampu bergerak terus di lapangan tanpa cepat lelah secara berlebih.
  • Skipping: Istilah lainnya adalah lompat tali dan ini termasuk di dalam bagian pemanasan yang akan menambah kekuatan stamina tubuh pemain.

3. Melatih Kelenturan Tubuh

  • Sikap lilin:Gerakan latihan fleksibilitas yang paling sering adalah sikap lilin. Sikap lilin ini memang diketahui masih termasuk di dalam gerakan senam lantai. Sikap lilin artinya tubuh dalam sikap tidur telenhtang dan kedua kaki diangkat dalam waktu yang sama di mana Anda perlu menopang bagian pinggang dengan kedua tangan. Pastikan bahwa saat melakukannya, posisi pundak menempel di lantai.
  • Mencium lutut: Untuk kelenturan otot, mencium lutut adalah jenis latihan fisik lainnya yang diperlukan. Mencium lutut juga menjadi salah satu teknik pemanasan di mana tubuh dalam posisi duduk di permukaan yang datar sambil meluruskan kedua kaki yang dalam keadaan rapat. Kemudian bungkukkan tubuh ke depan sambil meluruskan tangan hingga wajah menyentuh lutut.

4. Melatih Kecepatan Tubuh

  • Shuttle run: Lari bolak-balik adalah nama lainnya dan ini adalah bentuk latihan yang mengharuskan pemain berlari membentuk angka 8 pada antara 2 tiang yang diatur peletakkannya 10 Meter antar tiangnya. Kegiatan lari ini pun perlu dilakukan sebanyak 3 kali hingga akhirnya kembali ke posisi awal atau start. Pada umumnya juga, lari bolak-balik ini dilakukan pemain ketika berlatih dengan 6 Kilometer sebagai jaraknya.
  • Sprint jarak pendek: Dalam melatih kecepatan, belum lengkap apabila seorang pemain sepak bola tidak melakukan yang namanya sprint jarak pendek. Sprint sendiri adalah lari dengan kecepatan maksimal pada jarak yang telah ditentukan dan biasanya jarak yang dianggap pendek adalah 100, 200, dan 400 meter. Gerakan sprint pada dasarnya sama secara teknik dan yang berbeda hanya pada jarak sehingga tenaga yang digunakan pun berbeda disesuaikan dengan jarak tempuhnya.

Nah, itulah tadi beberapa latihan fisik yang bisa kamu latih sebelum bertanding. Jika ingin sukses dalam bidang olahraga ini, program latihan fisik dan pola hidup benar-benar harus terjaga seimbang dan jangan lupa untuk terus berlatih agar kekuatan fisikmu semakin maksimal!

Baca juga: 9 Gerakan Gym Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

3. Mengatur Pola Makan

Agar kesehatan tubuh, penampilannya tetap maksimal dan tubuh tetap fit saat bertanding, pesepakbola senatiasa harus selalu menjaga kesehatan dan nutrisi tubuh mereka setiap saat. Mendapatkan keseimbangan yang tepat antara mengonsumsi kalori yang cukup dan mempertahankan berat badan yang sehat bisa mungkin hal yang sulit dilakukan oleh para pesepakbola.

Dilansir dari artikel doktersehat.com, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bagus dikonsumsi untuk pemain sepak bola. Asupan nutrisi tersebut mulai dari,

karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral, dan harus seimbang.

Rincian gizi yang seimbang kira-kira sebagai berikut:

Kalori: 60 – 70%

Karbohidrat: 10 – 15%

Protein 20 – 25%

Lemak

Vitamin

Mineral

Air

Seorang pemain sepak bola sangat membutuhkan nutrisi yang lebih untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh sebelum, saat, dan setelah pertandingan. Idealnya, pemain bola membutuhkan 4500 kalori per hari.

Lalu kira-kira seperti apa sih makanan yang dikonsumsi oleh pemain mega bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? Berikut penjelasannya.

  1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain kelas dunia yang selalu menjadi panutan bagi siapapun. Tak hanya hebat di dalam lapangan, CR7 juga memiliki gaya hidup yang sehat, tak terkecuali menu makanan.

Sang mega bintang Manchester United ini tidak terlalu menyukai makanan yang berat. Rahasia gacornya performa CR7 tidak lepas dari menu makanan yang dia konsumsi sehari-hari. Dia hanya memakan sayuran, kentang panggang, pasta gandum, dan salad ayam. Sehat sekali kan?

2. Lionel Messi

Siapa yang tidak kenal dengan Lionel Messi, pemain asal Argentina ini sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan selama bermain sepak bola. Namun, mungkin kamu sangat penasaran makanan apa saja sih yang di konsumsi oleh Lionel Messi?  Berikut adalah penjelasannya!

Lionel Messi mengakui dirinya di dalam salah satu wawancara bahwa menu favoritnya adalah ayam panggang dan sayuran. Untuk meningkatkan citarasa sekaligus kandungan nutrisi, pemain Paris Saint Germain ini gemar menambahkan minyak zaitun dan satu ikat wortel dalam menu makanan yang disajikan.

            Baca juga: 21 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat

Itulah 3 hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai sebuah pertandingan sepak bola, agar kamu dan tubuhmu benar-benar siap memiliki mental dan fisik yang baik dan kuat saat bermain sepak bola.

Memang menjadi pemain sepak bola profesional tidak semudah yang kita pikirkan, akan tetapi percayalah, bahwa setiap apa yang kamu cita-citakan selama itu kamu berusaha dengan baik. Jadi untuk itu kamu harus selalu mempersiapkan 3 hal tadi dengan sungguh-sungguh agar menjadi pemain yang hebat dan dikenal oleh seluruh dunia. Selamat mencoba dan bertanding!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *