December 2, 2022

Ingin pergi keluar negeri?Cari tahu disini!

Saat ini, banyak millenials ingin pergi keluar negeri untuk liburan atau mereka bilang dengan istilah “healing”. Perjalanan wisata merupakan momen yang sangat ditunggu tunggu dan disenangi semua orang. Kadang kala, untuk melepas penat dari tekanan pekerjaan setiap harinya, kita perlu membuat agenda liburan baik perjalanan dalam negeri ataupun luar negeri. Pilihan yang di tuju pun beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
“Tapi kan perlu biaya yang mahal kak?”
“Umm…Tenang bestie semua pasti ada jalan!”

Kalau liburan dalam negeri terasa bosan, pasti kita akan lari berlibur ke luar negeri kan? Nah, tentunya banyak yang mengira kalau pergi ke luar negeri itu membutuhkan biaya yang menguras dompet. Pengalaman berlibur ke negeri orang tentu sangat berbeda dengan perjalanan berlibur di negeri sendiri. Banyak yang perlu dipersiapkan seperti biaya akomodasi, konsumsi, bahkan pakaian apabila disana memiliki musim yang berbeda dengan kita.

Pada umumnya orang mengira bahwa perjalanan liburan ke luar negeri membutuhkan biaya yang besar, padahal kita bisa mendapatkannya gratis. Mau tau caranya? Yuk kita simak dibawah ini!

TIPS PERGI KE LUAR NEGERI SECARA GRATISS!!

Beasiswa


Jika kita tidak mau mengeluarkan biaya untuk pergi keluar negeri, kita bisa mencari beasiswa untuk pergi ke tempat tujuan mu. Caranya sebagai langkah awal, kamu bisa buat list informasi apa saja yang ingin dicari.

Sebelumnya kamu perlu riset tentang beasiswa dan lembaga donor. hal-hal penting yang mesti kamu kenali sebelum mendaftar beasiswa, misalnya jurusan incaran, silabus, mata kuliah, atau kelas yang diajarkan, kurikulum yang dipakai, ada beasiswa atau potongan, syarat penerimaan beserta dokumen,  periode pendaftaran hingga deadline penutupan.

cara mendapatkan beasiswa di luar negeri memang penting. Namun yang tak kalah penting, pastikan bahwa beasiswa itu memang sejalan dengan impianmu, bukan hanya karena kamu ingin pergi keluar negeri saja.

Setelah mendapatkan informasi tentang berbagai beasiswa S1 luar negeri, seleksi dan susun daftar beasiswa-beasiswa yang diminati. Jika pilihanmu sudah tetap, jangan lupa menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti surat rekomendasi, esai, motivation letter, hingga CV. Saran dan masukan dari konsultan pendidikan atau mereka yang mengetahui cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa dapat memudahkan kamu. Untuk informasi lebih lanjut Beasiswa Pendidikan ke Luar Negeri 2022 | IDP Indonesia.

Pertukaran pelajar

Dengan cara ini kamu bisa pergi keluar negeri, seperti menyelam minum air. Kamu bisa belajar dan explore negara yang sebelumnya belum pernah kamu kunjungi. Informasi ini bisa kamu dapatkan di berbagai program pertukaran pelajar ,  salah satunya program “YFU Indonesia Intercultural Exchange Programs”.

YFU merupakan singkatan dari Youth For Understanding. Organisasi YFU telah berdiri sejak tahun 1951. Program yang ditawarkan oleh organisasi ini ada tiga macam. Pertama, yaitu Program Year (PY) yang dikhususkan untuk remaja berusia 15-17 tahun. Durasi dari PY adalah satu tahun. Jadi, selama satu tahun kamu akan tinggal di negara lain dan menjalani kehidupan selayaknya penduduk lokal. Informasi lebih lanjut YFU Indonesia | Pertukaran Pelajar Internasional.

Program ini sangat menguntungkan bagi kamu yang bisa mendapatkannya. Selain kamu bisa berlibur ke luar negeri , kamu pun bisa mendapatkan banyak teman disana.

Tunggu apalagi? ayoo ikuti programnya!!

Mengikuti perlombaan nasional

Kalau kamu berprestasi kamu bisa pergi kemanapun dengan memanfaatkan keahlianmu lho! Kamu bisa ikut ke dalam berbagai ajang bergengsi yang bertaraf internasional. Selain untuk membanggakan orang tua dan mengharumkan nama bagsa, mengikuti ajang bertaraf internasional juga membawa kamu menuju mimpi mimpimu salah satunya yaitu mimpi pergi ke luar negeri.

Dari sini pengalaman gratis ke luar negeri dan menciptakan banyak momen di setiap sudutnya. Cara yang perlu kamu lakukan adalah mengasah skill kamu dalam bidang apaun seperti misalnya di bidang seni, olahraga, maupun pendidikan.
Para atlet nasional seperti bulu tangkis, sepak bola, dan olahraga lainnya saja bisa pergi ke luar negeri, tentu kita juga bisa. Jadi, gali terus bakat ya!

Volunteer di organisasi / program internasional

Menjadi volunteer (relawan) di tingkat internasional ternyata ga mesti punya gelar atau uang yang banyak. Yang terpenting percaya diri dan mau belajar. Menjadi volunteer internasional, kamu harus percaya diri dan banyak belajar.

Hal yang terpenting lainnya, sering membaca-baca. Tidak hanya membaca tapi pintar-pintar mencari informasi dalam segala hal. Dan tunjukkan potensi diri. Selanjutnya kamu bisa menyusun strategi tentang apa yang harus kamu tulis di esai persyaratan pendaftaran volunteer.

Menjadi diri yang kreatif itu penting juga tentunya. Lalu, galang dana ke orang terdekat. Semisalnya, mengajukan kerjasama atau mengajukan sponsor dana. Hal itu juga bisa digunakan. Yang terpenting pintar dalam mencari kesempatan.

Berpartisipasi dalam komunitas kebudayaan

Tips ini juga bisa dilakukan karena warga luar tertarik terhadap budaya kita. Jadi ini peluang untuk kita bisa memamerkan dan sekaligus melestarikannya.

Agar orang asing mengetahui budaya kita, kitalah yang terlebih dahulu memperkenalkannya kepada mereka. Mempertunjukkan tarian daerah yang berasal dari Indonesia, cukup di share di sosial media. Pasti warga asing tertarik menontonnya , dari situlah mereka bisa mengenali budaya kita.

Ikut serta mempromosikan budaya kita pastinya,itu termasuk point plus. Sekaligus mengajak mereka turut serta mendukung apa saja budaya beragam di neraga kita. Hal ini bisa mendapatkan peluang untuk pergi ke luar negeri dan mempromosikannya di sana.

Cari kerja magang di luar negeri

Jika kamu hobi menulis, kamu bisa mencari lowongan kerja magang di media ternama di luar negeri. Ini juga bisa membantu kamu pergi kesana, Karena ada kerja magang yang memberikan uang saku hingga akomodasi selama kamu ada di sana.

Pilihan terakhir inilah yang bisa kamu coba tentunya, tapi pastinya sesuai dengan skill kamu ya..

Tips-tips diatas bisa membantu untuk mewujudkan tujuan kamu destinasi ke luar negeri. Pastinya banyak cara untuk mendapatkannya asalkan kita mau berusaha mencari informasi tentang itu.

Semoga tips ini sangat membantu kamu yang ingin pergi destinasi ke luar negeri tanpa mengeluarkan biaya. Semoga membantu!

Author: Silmy Mega Pratiwi

Reading time: 5 minutes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *