December 1, 2022

Hobi Menulis? Ini Potensi Karir yang Cocok Buat Kamu

Menulis adalah kegiatan menuangkan pikiran, kalau sampai kamu punya hobi menulis, berarti kamu perlu diacungi jempol nih.
Punya hobi menulis itu bukan hal yang biasa aja, loh, karena kamu bisa menciptakan dunia kamu sendiri dengan menuangkan pikiran kamu ke dalam tulisan.
Selain kelebihan dalam menuangkan pikiranmu, menulis juga merupakan kegiatan yang banyak memberikan manfaat, lho. Jadi, berbanggalah kamu yang gemar menulis entah sekadar menulis hal sehari-hari atau menulis suatu informasi.
Perlu kamu ketahui juga, nih, bahwa menulis itu tidak hanya hal yang hanya sebatas untuk buku ‘diari’ aja, tetapi, dalam dunia karir, seseorang yang berketerampilan menulis juga sangat dibutuhkan kan, loh.
Wah apakah hal itu benar adanya? Ya jelas sekali benar, dong. Menulis itu adalah keperluan dasar dari kebanyakan pekerjaan-pekerjaan besar, loh. Jadi kalau kamu hobi menulis, nih, ada baiknya kamu perlu tau juga karir seperti apa sih yang cocok untuk kamu.
Nah jadi apa aja sih karir buat orang yang gemar menulis seperti kamu? Tenang aja kita di sini sudah mengumpulkan beberapa karir buat kamu, nih. Coba deh kamu liat di bawah ini.

1. Novelis

Jika kamu punya passion dalam menuliskan cerita dan selalu punya ide dalam membuat alur cerita yang kreatif, berarti kamu adalah seseoran yang cocok untuk menjadi seorang novelis.
Seorang novelis bekerja di bidang kepenulisan novel. Dengan kata lain, tugas mu adalah menciptakan karya-karya berbasis cerita, kebanyakan non-fiksi, yang nantinya akan menyasar pasar-pasar masyarakat.
Menjadi novelis memerlukan untuk selalu giat mencari inspirasi-inspirasi cerita, sehingga kamu perlu giat membuat variasi-variasi ceritamu.
Sampai saat ini, sudah banyak, kok, media yang bisa kamu jadikan tempat untuk memulai karir sebagai novel. Namun, kamu juga harus tau ya kemampuan seperti apa yang harus kamu miliki sebagai seorang novelis. Selamat membuat cerita.


2. Jurnalis


Jurnalis adalah salah satu profesi yang berhubungan erat dengan pelaporan suatu informasi untuk dimasukan ke media massa.
Sebagai jurnalis kamu harus menuliskan informasi yang sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Dengan kata lain, kemampuanmu untuk menganalisis keadaan sekitar akan menjadi senjatamu di pekerjaan ini.
Kalau kamu suka tantangan dan punya ketertarikan terhadap peliputan suatu kejadian berarti pekerjaan ini cocok buat kamu. Tentunya kamu juga harus mencaritahu lagi apa-apa saja yang harus kamu siapkan dalam pekerjaan ini, ya. Selamat meliput!


3. Penyunting Tulisan


Profesi satu ini berkaitan dengan menyuntingan suatu tulisan yang akan diterbitkan melalui media cetak atau bahkan buku. Sebagai seorang penyunting tulisan, kamu tidak hanya sakadar menmeriksa dan mengubah tulisan penulis lain karena produk akhir tulisan itu akan menjadi milikmu dan milik penulis asli.
Menjadi seorang penyunting tulisan jelas mengharuskanmu untuk memahami tata cara penulisan suatu bahasa yang baik dan benar. Maka dari itu, untuk kamu yang punya basic pemahaman aturan gramatikal, pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan yang cocok untukmu. Selamat menyunting.


4. Content Writer


Content writer merupakan satu lini pekerjaan yang berfokus kepada strategi penulisan suatu konten agar bisa menarik untuk dibaca pembaca. Kemampuan menulis secara objektif dan kreatif-mu akan dibutuhkan di pekerjaan ini.
Seorang content writer akan bertanggung jawab di bagian bentuk akhir tulisan yang akan disajikan kepada para pembaca. Hal yang akan banyak kamu lakukan adalah menuliskan suatu informasi yang bisa kamu tarik dari berbagai fenomena di internet atau sekitarmu.
Tentunya, hal tersebut harus berhubungan dengan tugas yang diberikan kepadamu oleh tempat kerjamu ya. Selamat membuat konten.


5. Pembuat Naskah


Pembuat naskah akan berhubungan banyak dengan dunia perfilman. Mulai dari film layar lebar hingga projek film indie, pembuat naskah sangat diperlukan guna menciptakan dan menuliskan alur cerita yang sejalan dengan visi kreatif dari tim film.
Kamu tentunya akan banyak menulis seperti halnya seorang novelis, bedanya, kamu harus bisa menyediakan informasi mengenai tindakan yang harus dilakukan aktor. Jadi, kamu bukan hanya menulis cerita, tetapi juga memandu para aktor, lho, mulai dari ekspresi hingga gerakan.
Dengan kata lain, selain jadi penulis, kamupun secara tidak langsung menjadi sutradara bagi para aktor juga. Jadi, jika mau sangat tertarik di bidang pembuatan film dan memiliki renjana akan menciptakan produk kreatif, maka pekerjaan ini sangat cocok untukmu. Selamat membuat naskah.


6. Reviewer


Reviewer memiliki tugas untuk mengulas suatu produk atau hal untuk dibagikan kepada para pembaca Ulasanmu sebagai seorang reviewer tentu harus subjektif dan jujur supaya para pembaca bisa mendapatkan informasi yang akurat mengenai barang yang kamu ulas.
Kamu bisa mengulas banyak hal mulai dari makanan, tempat, barang sehari-hari, sandang, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, kamu bisa mengulas hal mulai dari yang kamu sukai agar orang lain bisa mempunyai bayangan terhadap hal yang kamu ulas. Selamat mengulas.


7. Copy Writer


Copy Writer merupakan salah satu pekerjaan yang masih berhubungan penulisan konten, tetapi lebih menjurus ke bidang komersil dan periklanan. Sebagai seorang Copy Writer, kamu akan memiliki tugas untuk mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan strategi penulisan konten.
Bidang ini tentu sangat cocok untuk kamu yang gemar mempromosikan dan menjual sebuah produk. Semakin menarik cara penulisanmu maka produk yang kamu coba tawarkan akan lebih mudah dilirik calon pembeli. Maka dari itu, Selamat mempromosikan.


8. Blogger


Seorang blogger merupakan penulis yang bergerak di bidang kepenulisan melalui media blog. Seorang blogger pada umumnya menciptakan berbagai artikel informasi yang dipublikasikan keapda khayak di internet. Namun, artikel yang ditulis seorang blogger tidak terbatas pada informasi saja, tetapi bisa bisa berupa opini pribadi terkait suatu hal dan bahkan bisa mengulas suatu hal di blognya.
Bagi kamu yang tertarik untuk membagikan suatu infomasi dengan jangkauan yang lebih luas dari penulis konten pada umumnya, maka menjadi seorang blogger bisa menjadi pilihanmu.
Meskipun terkesan bebas, kamu pun perlu ingat bahwa seorang blogger tetap harus membuat konten yang dibutuhkan pembaca karena pemasukan seorang blogger tergandung dari iklan yang dilihat pembaca. Maka dari itu, selamat mencoba.


9. Ghost writer


Ghost writer ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup unik karena pekerjaannya adalah menuliskan sebuah tulisan seperti artikel, karya tulis, atau opini dengan mengatas namakan orang lain.
Pekerjaan ini memungkinkan kamu untuk membuat tulisan namun nanti diberikan kepada orang lain, tentunya setelah kamu mendapat upah.
Jika penasaran, kamu bisa mencoba menjadi seorang ghost writer dalam membuat tulisan-tulisan menarik. Selamat mencoba.

10. Penulis lagu


Penulis lagu merupakan perkerjaan yang berhubungan dengan sastra. Pembuatan lagu tidak selamanya dibuat oleh seorang yang akan menyanyikannya, tetapi bisa juga dibuatkan oleh orang.
Apabila kamu gemar menciptakan lagu berarti pekerjaan merupakan pilihan yang tepat buatmu. Bakat menuliskan lirik lagu yang kamu miliki bisa menjadi hal yang bermanfaat bagi orang lain.
Tentunya kamu juga harus paham tentang dasar dari musik itu sendiri sebagai kemampuan dasar untuk menunjang seorang penulis lagu. Maka dari itu, selamat membuat lagu.


11. Penulis puisi


Menulis puisi kini merupakan hal yang bisa menjadi sebuah profesi. Kamu bisa menjadi seorang penulis puisi dengan cara menyebarkan puisi yang kamu buat. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan mendalam dalam puisi, profesi ini bisa menjadi salah satu yang kamu pertimbangkan.
Imajinasi dan diksi dari tulisanmu pun menjadi salah satu indikator yang membuat puisimu sukses. Dengan meningkatkan kemampuan tersebut niscaya kamu akan menjadi seorang penulis puisi yang handal. Selamat berpuisi.


12. Playwright


Playwright merupakan pekerjaan membuat naskah dalam teater. Pekerjaannya mirip dengan pembuat naskah pada umumnya, hanya saja kamu akan berhubungan lebih banyak dengan aspek teater. Kemampuan menggambarkan kejadian sekaligus memberikan paduan kepada para pemain akan menjadi hal yang perlu kamu kuasai.
Memiliki pemahaman tentang dunia teater dan kepiawaian menulis tentu akan menjadi nilai plus bagi pekerjaanmu sebagai penlis naskah teater. Selamat membuat naskah.


13. Penerjemah


Penerjemah merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati. Tugas seorang penerjemah adalah mengalihbahasakan suatu tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang memumpuni, maka pekerjaan ini bisa kamu jadikan pilihan.
Menerjemahkan suatu bahasa mengharuskan kamu setidaknya memahami karateristik dari bahasa asal yang akan kamu terjemahkan kedalam bahasa target yang akan kamu terjemahkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sudah banyak laman terjemahan yang bisa kamu gunakan sebagai dasar untuk melakukan terjemahan. Selamat menerjemahkan.


14. Subtitler


Subtitler mempunyai tugas yaitu membuat takarir pada sebuah video rekaman. Tugas seorang subtitler akan berputar pada transkripsi audio dan bahkan terjemahan, sehingga, kamu akan berkecimpung dalam pekerjaan transkripsi dan penulisan takarir.
Seorang subtitler akan menyematkan hasil transkripsi atau terjemahannya ke dalam video dengan menempatkan tiap transkrip dengan tepat seiringan diucapkannya di video. Produk dari seorang subtitler berupa takarir pada video dokumenter hingga ke film.
Jika kamu punya kemampuan dalam bidang penyusunan transkripsi maka pekerjaan subtitler akan cocok untukmu. Selamat mentranskripsi.


15. Court Reporter


Court reporter merupakan salah satu pekerjaan dalam sebuah pengadilan. Tugas seorang court reporter adalah mencatat setiap pembicaraan yang terjadi selama pengadilan berlangsung.
Untuk menjadi seorang court reporter kamu tentunya harus memiliki pemahaman mengenai pengadilan. Ketika mencatat sidang pengadilan, kamu akan dibekali dengan alat ketik stenotype yang berfungsi sebagai alat bantu dalam mencatat perbincangan di pengadilan.
Apabila kamu memiliki minat dalam dunia hukum, maka court reporter pisa menjadi pilihan kamu. Selamat mencatat.



Jadi bagaimana? Ada beragam jenis pekerjaan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai karir masa depanmu kan?


Menulis merupakan hal yang sangat esensial, lho, dalam beberapa lini pekerjaan di atas karena produk yang harus dibuat tentunya adalah tulisan.
Jadi, bagi kamu yang memiliki hobi menulis tentu harus merasa beruntung karena pekerjaan di atas bisa terasa menyenangkan berkat dasar hobimu.
Maka dari itu, jangan pernah berhenti menulis, deh, karena orang yang hobi menulis seperti kamu sangat diperlukan di bidang-bidang di atas. Bahkan pekerjaan seperti di atas bisa menjadi hal yang penting bagi kemajuan negara, loh. Akhir kata, teruslah menulis, ya.

Cek ke sini juga yuk!

https://www.topkarir.com/article/detail/hobi-menulis-ini-7-pilihan-karir-yang-paling-cocok-buat-kamu

https://www.easyuni.co.id/advice/20-pekerjaan-menulis-dan-gajinya-2562/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *