December 2, 2022

Hobi Bisa Menghasilkan Uang? Begini Caranya

Author: Ziannisa Desli Maulana
Word count: 1732
Time to read: 8 minutes

Pernahkah kamu membayangkan dirimu melakukan hobi yang sekaligus bisa menghasilkan uang? Pasti menyenangkan bukan? Aku pikir setiap orang pasti setidaknya memiliki sebuah hobi. Hobi merupakan suatu kegiatan yang cukup rutin dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk mendapat kesenangan. Biasanya hobi bisa dilakukan di waktu senggang. Hobi yang dimiliki setiap orang pun beragam. Masing-masing dari mereka pasti memiliki kesenangan khusus terhadap suatu hal. Adapun beberapa jenis hobi yang biasanya dimiliki banyak orang. Ada yang hobi mengumpulkan item dan objek bertema. Lalu, ada yang senang melakukan kegiatan kreatif dan artistik. Ada pula yang suka berolahraga atau hiburan lainnya.

Lalu, apa benar hobi bisa menghasilkan uang? Jawabannya adalah sangat mungkin. Siapa sih orang yang tidak mau mendapatkan penghasilan dari suatu hal atau kegiatan yang ia sendiri enjoy melakukannya? Pasti itu akan sangat menggairahkan dan membuat semangat lebih berkobar. Namun, sayangnya tak sedikit pula orang yang masih merasa ragu untuk menggantungkan kehidupannya dengan melakukan pekerjaan yang terlihat sepele ini. Mereka berpikir bahwa kegiatan hobinya tidak terlalu menguntungkan dalam hal materi. Aku pikir tidak ada salahnya untuk mencoba memulai. Jika kita serius dan selalu mau berusaha, pasti akan selalu ada jalan untuk kesuksesan.

Sebagian dari kalian mungkin selalu berpikir bahwa mencari uang itu sulit. Apalagi kamu pun belum mendapat pekerjaan yang cocok. Di sisi lain, ada pula yang sudah memiliki pekerjaan tetapi ingin punya penghasilan lebih dari kerjaan sampingan. Seperti apapun kondisimu, kamu bisa mencoba beberapa tips atau cara ini. Aku akan menjelaskan cara menghasilkan uang dari beberapa hobi di bawah ini.


Beberapa hobi ini setidaknya bisa membantu kamu untuk mengembangkan diri. Di samping skill kamu yang akan semakin terasah, otak kamu juga bisa menerima wawasan baru mengenai jalan menuju bisnis.

1. Hobi Menulis Kreatif

Kegiatan pertama yang mungkin banyak orang miliki sebagai hobi adalah menulis. Menulis kreatif menjadi salah satu hobi yang menurutku bisa menjadi celah bagi kamu untuk menghasilkan uang. Menulis di sini sebetulnya tidak hanya terpaku pada tulisan kreatif saja. Tulisan apapun selagi memiliki manfaat atau fungsi yang bagus pasti bisa dijadikan sumber cuan oleh kita.

Beberapa contoh dari tulisan kreatif adalah cerita pendek, novel, puisi, atau bahkan lirik lagu. Dari keempat jenis tulisan tersebut, aku lebih sering menemukan orang yang gemar menulis cerita novel. Sedikit cerita, aku termasuk salah satu pengguna media sosial Twitter. Di dalam Twitter ini aku bisa menemukan banyak hal. Contohnya, ada berita terkini, kisah-kisah inspiratif, cerita motivatif seseorang, tips dengan topik yang bermacam-macam, dan bahkan cerita fiksi.

Cerita fiksi yang biasa aku temukan dan baca adalah berbentuk fan fiction. Biasanya para penulis tersebut menggunakan istilah alternative universe (AU) sebagai latar cerita mereka. Akhir-akhir ini aku sering menemukan para author atau penulis yang memiliki cerita bagus. Karena ceritanya bagus dan menarik, akhirnya penulis diajak bekerja sama oleh penerbit buku untuk mencetak dan menerbitkan ceritanya menjadi novel. Hal tersebut menjadi kesempatan emas bagi para penulis.

Proses promosi untuk penjualan novelnya pun tidak terlalu sulit. Hal itu karena tulisan yang mereka bagikan di Twitter sudah memiliki angka likes dan retweet yang banyak. Jumlahnya bisa mencapai ribuan bahkan ratusan ribu. Pembaca karya mereka kebanyakan tetap membeli bentuk fisiknya meskipun telah membaca tuntas cerita fiksi tersebut. Di samping dicetak menjadi sebuah novel, ada pula yang karyanya berhasil dijadikan web series. Cukup menjanjikan bukan? Asalkan kita bisa terus belajar agar bisa menghasilkan suatu karya yang mampu disukai oleh banyak orang.

Di samping itu, tulisan di luar tulisan kreatif pun masih sangat memungkinkan untuk bisa dijadikan sumber penghasilan. Seperti menulis blog pribadi, menulis artikel, menulis buku akademik, atau bahkan sesederhana menulis review sebuah produk pun bisa menghasilkan uang. Tertarik untuk mencoba?

2. Hobi Melakukan Kegiatan yang Berkaitan dengan Seni

Pasti ada di antara kalian yang memiliki jiwa seni dan senang melakukan hal yang berkaitan dengan kesenian. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan dan hobimu itu untuk berkarya. Seni itu terkenal dengan kekhasannya. The Liang Gie menulis sebuah buku yang berjudul Garis Besar Estetik (1976). Dalam bukunya, ia menjelaskan bahwa salah dua sifat dasar dari sebuah seni adalah kreatif dan individual.

Seni disebut kreatif karena ia berasal dari imajinasi manusia. Siapapun bisa menuangkan ide imajinatifnya untuk membuat suatu karya seni. Selain itu, seni juga bersifat individual karena ia memiliki makna subjektif bagi setiap individu. Interpretasi yang diberikan oleh sang artist bisa berbeda dengan interpretasi orang lain yang berperan sebagai penikmat karya. Maka dari itu setiap karya seni pasti bisa memiliki nilai tinggi.

Berikut contoh hobi seni yang dapat membuka peluang untuk kita menghasilkan uang :

Menggambar atau Melukis

Suatu gambar, baik itu hanya sketsa maupun lukisan dengan cat, biasanya memiliki nilai seni dan jual yang tinggi. Seni rupa yang dibuat oleh tangan-tangan emas itu bersifat original. Proses pembuatannya terjadi secara alami atau murni sehingga tidak mungkin ada salinannya, kecuali seni rupa yang dibuat secara digital.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu memiliki hobi menggambar atau melukis dengan skill yang mumpuni. Salah satunya, kamu bisa mencoba membuat studio kecil-kecilan yang diisi dengan karya-karyamu. Lalu, coba unggah hasil-hasilnya ke media sosial. Perkenalkan karya-karyamu kepada dunia luar. Kamu juga bisa mengikuti pameran seni dan mendaftarkan karya lukismu agar lebih bisa dikenali banyak orang. Bukan tidak mungkin orang-orang yang hobi mengoleksi karya lukis tertarik dengan karyamu lantas membelinya. Dari situ, kamu bisa mulai menghasilkan uang.

Menyanyi dan Bermusik

Hobi memainkan alat musik dan bernyanyi

Bicara tentang musik, sepertinya hampir semua orang bisa menikmatinya. Ada yang hanya sekadar mendengarkan musik dan lagunya saja. Ada yang bisa menyanyikannya. Lalu, ada pula yang bisa memainkan instrumennya menggunakan alat musik yang dikuasai. Hobi ini kemungkinan digemari oleh banyak orang. Di samping memang menyenangkan, menurut penelitian, musik dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat di antaranya yaitu dapat menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan mengelola rasa sakit. Selain itu, manfaat lainnya yang dapat dirasakan yaitu dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan pernapasan.

Bagi teman-teman yang memiliki hobi bermusik sebenarnya tidak perlu bingung. Kamu bisa memanfaatkan skill kamu dalam bernyanyi ataupun bermain alat musik. Di masa kini, orang-orang begitu dekat dengan yang namanya media sosial. Hampir setiap hari mereka menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk menerima atau membuat konten. YouTube, Instagram, dan TikTok menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan media jika kamu ingin mencoba mempertontonkan keahlianmu dalam bermusik.

YouTube bisa menjadi jalan terbaik yang kamu pilih untuk membuat konten. Orang-orang bisa mengenali kemampuanmu. Kamupun bisa mendapatkan keuntungan materi dari situ. Konten yang dibuat bisa berupa cover lagu, berbagi pengetahuan tentang musik, atau bahkan mengunggah karyamu sendiri. Ketika kamu sudah bisa membuat karya dan kemampuanmu dikenal banyak orang, kamu bisa menjadikan YouTube sebagai ladangmu untuk mendapat penghasilan. Caranya adalah dengan mengaktifkan akun Google AdSense. Asalkan kamu bisa rajin dan konsisten dalam membuat konten bermusiknya.

Selain dengan cara online di dunia maya, kamu juga bisa mencoba manggung di kafe-kafe yang menyediakan panggung live music. Biasanya pihak kafe akan memberi bayaran, dan kamu bisa dengan instan mendapatkan uang dari hasil kegiatan hobimu.

3. Hobi Mengoleksi Barang

Hobi yang satu ini mungkin cukup membuat kamu bertanya-tanya. Mengoleksi barang tetapi bisa mendapatkan uang? Bukankah justru mereka akan mengeluarkan uang? Ya, memang betul. Seseorang yang memiliki hobi mengoleksi suatu barang tertentu pasti setidaknya akan mengeluarkan uang untuk membeli barang koleksiannya. Namun, siapa sangka hobi ini juga bisa menghasilkan uang.

Orang yang memiliki hobi mengoleksi sesuatu pasti memiliki kriteria khusus untuk barang yang dikoleksinya. Contohnya, ada seseorang yang mengoleksi mainan karena mainan tersebut limited edition. Selain itu, bisa juga seseorang mengoleksi barang antik karena harga jualnya yang tinggi. Lalu, ada pula orang yang mengoleksi barang tertentu hanya untuk rasa puas dan kesenangan tersendiri.

Menurutku, hobi seseorang yang mengoleksi suatu barang yang antik atau limited edition pasti akan menguntungkan. Seandainya ketika orang tersebut sudah berhenti mengoleksi, ia bisa menjualnya dengan harga yang tinggi sesuai pasarnya. Salah satu contoh hobi unik yang aku temukan adalah mengoleksi photocard dan album lagu.

hobi mengoleksi
Contoh koleksi photocard

Contoh dekat yang aku lihat adalah para penggemar artis KPOP. Cukup banyak dari mereka yang memiliki hobi mengoleksi album dari grup favoritnya. Apalagi jika mereka mengoleksi album yang terdapat tanda tangan dari sang idola. Selain albumnya, mereka juga mengoleksi photocard artis yang ada di dalam album yang mereka beli. Tak jarang ada grup yang mengeluarkan album dengan photocard spesial di dalamnya yang hanya berjumlah sedikit. Nah, karena photocard tersebut random dan jumlahnya terbatas, semua orang tidak bisa mendapatkannya. Beberapa dari mereka yang kebetulan mengoleksi dan mendapatkan barang limited tersebut akan untung. Tak jarang aku melihat mereka menjualnya dengan harga yang bisa mencapai jutaan.

Mungkin hobi ini tidak cocok pada semua orang. Namun, hobi ini dapat menguntungkan bagi mereka yang memahami dunia perkoleksian photocard. Proses jual beli yang biasa dilakukan biasanya membuat mereka untung hingga bisa menghasilkan uang. Banyak juga dari mereka yang menjadi membuka ladang bisnis untuk menjual album dan merchandise KPOP.

4. Hobi Fotografi

Hobi fotografi

Setiap orang di dunia ini pasti tidak asing dengan yang namanya foto ataupun memotret. Memotret sesuatu menggunakan kamera adalah suatu hal yang terasa mudah dilakukan. Hanya dengan bermodalkan sebuah kamera kita bisa mengabadikan berbagai momen yang ada. Dari mulai kamera handphone hingga kamera profesional berkualitas tinggi biasa digunakan oleh orang-orang.

Namun, sebetulnya memotret itu ada teknik dan seninya. Fotografer handal pasti memiliki teknik-teknik tertentu agar bisa menghasilkan sebuah foto yang cantik. Nah, skill memotret menjadi sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin menjadi seorang fotografer. Kemudian, pekerjaan sebagai seorang fotografer profesional juga banyak dibutuhkan. Contohnya, menjadi fotografer yang memotret seorang model ataupun fotografer yang membuka layanan jasa foto pernikahan atau acara tertentu.

Aku pikir cukup banyak orang yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap fotografi. Jika kamu mempunyai skill yang mumpuni dalam menggunakan kamera dan fotografi, kamu harus mengembangkannya. Skill tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengahasilkan uang. Kamu bisa mengambil langkah awal yang mudah-mudah terlebih dahulu untuk memulainya. Pertama, yang pasti kamu harus berniat sungguh-sungguh dan serius untuk menjalaninya. Kedua, jangan lupa untuk tetap belajar dan mencari tahu lebih tentang berbagai hal yang berkaitan dengan fotografi dan editing. Ketiga, praktikan apa yang telah kamu pelajari dengan menggunakan alat dan teknik yang tepat. Keempat, kamu bisa mencoba memanfaatkan media sosialmu untuk mengunggah hasil protretanmu. Lebih bagus jika kamu membuat akun khusus untuk hasil foto-fotomu.


Itulah beberapa contoh jenis hobi yang bisa kamu manfaat untuk menghasilkan uang. Tidak hanya keempat itu, hobi lain pun bisa. Pada intinya, hobi apapun yang kamu miliki, coba terus untuk kembangkan. Ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh untuk bisa menjadikan hobi sebagai sesuatu yang juga menguntungkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *