December 3, 2022

Ini Alasan Budaya Ngopi di Coffee Shop Tetap Langgeng (plus Rekomendasi Coffee Shop yang Cozy)

“Di Bandung mah bukan love yang around the corner, tapi coffee shop,” kata seorang teman saya yang baru saja dikecewakan oleh date-nya.

Kami sendiri sedang berada di sebuah coffee shop di salah satu sudut kota. Bukan sesuatu yang sulit untuk mendapati kafe atau kedai kopi di kota-kota besar, terlebih Kota Bandung.

Dewasa ini, kehadiran coffee shop makin menjamur. Hal ini bisa dirasakan sendiri oleh penghuni asli maupun pendatang. Semakin banyaknya kehadiran coffee shop di Bandung dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Kopi memang punya banyak penggemar sejak dulu, tapi dengan munculnya coffee shop yang menawarkan harga terjangkau menjadikan kopi lebih popular di semua kalangan. Tak hanya itu, mudahnya akses untuk membeli sumber daya yang dibutuhkan di kedai kopi juga menjadi faktor besar. Promosi pun lebih mudah dilakukan lewat media sosial. Tak heran, Bandung sekarang menambah coffee shop di list atraksi yang sukses menarik para pendatang dari luar kota.

Budaya ngopi sendiri bukanlah hal baru.

“Ngopi” sederhananya dapat diartikan sebagai minum kopi. Simple. Tapi, ngopi juga punya arti lain, salah satunya sebagai waktu untuk bertemu dan hang out dengan teman, misalnya. Sama seperti frase “let’s go grab a coffee”, ajakan ngopi bukan semata-mata membeli kopi lalu pulang ke rumah. Malahan, yang dicari dari kegiatan ini cenderung mengacu kepada waktu bersama orang lain. Beberapa orang bahkan tidak benar-benar memesan kopi. Yang menjadi tujuan sebenarnya hanya bercakap-cakap dan menikmati hari mereka dengan santai.

Istilah warkop (warung kopi) pastinya tidak asing di telinga kita. Walaupun bukan istilah yang ramai dipakai untuk merujuk kepada tempat nongkrong anak muda saat ini, warkop dipercayai jadi fondasi maraknya kemunculan kedai kopi sampai saat ini.

Budaya ini terus menjadi populer sampai sekarang, dan nampaknya juga tidak akan surut di tahun-tahun mendatang. Lalu, apa penyebabnya?

Popularitas Kopi

Kopi, seperti yang kita tahu, adalah minuman yang digemari banyak orang sejak dulu. Tapi, jika dulu kopi lebih umum dikonsumsi oleh generasi yang lebih tua, sekarang anak muda pun menggandrungi minuman ini. Jika Anda menanyakan alasan orang minum kopi, aka nada berbagai jawaban yang berbeda. Ada orang yang suka minum kopi karena butuh kafein. Ada yang minum kopi karena memang suka rasa dan aromanya. Untuk sebagian orang, ada juga yang merasa mood mereka akan naik jika sudah minum secangkir kopi.

Jadi, untuk para pecinta kopi, minum kopi sambil mengobrol dengan teman-teman mereka bukanlah sesuatu yang sulit untuk disukai, kan?

Gaya Hidup

Minuman kopi dulu lebih populer di kalangan orang tua. Sekarang, muncul generasi muda yang gaya hidupnya sudah termasuk mengonsumsi kopi. Hal ini menyebabkan budaya minum kopi semakin dominan. Tidak hanya menikmati kopinya, tapi ngopi juga dianggap sebagai sesuatu yang lazim dilakukan untuk bersosialisasi dengan lingkungan pertemanan.

Minum kopi memang sudah dianggap sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Tapi, minum kopi di coffee shop juga dipengaruhi oleh suasana yang disuguhkan, musik yang diputar, dan tersedianya akses jaringan Internet (WiFi) gratis.

Setelah mengenali faktor-faktor di atas, tak ayal budaya ngopi dan menjamurnya coffee shop tetap berlanjut. Simak beberapa rekomendasi coffee shop di Bandung yang bisa dijadikan referensi tempat ngopi di bawah ini.

  1. Kopi Toko Djawa

Kopi Toko Djawa merupakan salah satu coffee shop yang terkenal di Bandung. Bahkan, Kopi Toko Djawa juga dianggap jadi salah satu coffee shop yang wajib didatangi saat ke Bandung. Lokasi awalnya hanya terletak di Braga, yang dikenal jadi salah satu atraksi jalan-jalan untuk para pendatang dari luar kota. Sekarang, Kopi Toko Djawa sudah membuka beberapa cabang di Bandung, bahkan di Jakarta. Di Bandung, cabang Kopi Toko Djawa terletak di Braga, Riau, Ciumbuleuit, Gandapura, dan juga di Critical Eleven, Husein Sastranegara.

Instagram @kopitokodjawa

Selain kopinya yang enak, Kopi Toko Djawa juga punya menu roti dan kue untuk menemani waktu kita. Suasananya yang homey memang bikin betah para pengunjung yang mampir. Disediakan juga buku-buku dia beberapa sudut yang mendukung ambiance tempatnya.

Kopi Toko Djawa

Jl. Braga No. 79 (Braga)

Jl. L. L. R. E. Martadinata No. 205 (Riau)

Jl. Gandapura No. 61 (Gandapura)

Jl. Pajajaran Dalam No. 148 (Critical Eleven)

Instagram: @kopitokodjawa

  • Yumaju Coffee

Yumaju Coffee juga sudah menjadi nama yang familiar untuk para pecinta coffee shop di Bandung. Terletak di daerah Siliwangi, Yumaju Coffee cabang kedua ini didominasi oleh area outdoor. Jangan khawatir, meskipun outdoor, ada pohon rindang yang membuat suasana lebih adem dan nyaman.  Banyak juga disediakan stop kontak untuk para pengunjung yang mungkin ingin menggunakan laptop atau charger.

Instagram @yumajucoffee

Kopi yang disajikan Yumaju Coffee sudah dikenal enak, jadi jangan ragu untuk mencoba datang ke sini. Namun, Yumaju Coffee di cabang pertamanya (Jl. Maulana Yusuf) menyajikan menu makanan berat, sedang di cabang ini hanya menawarkan roti dan pastry.

Yumaju Coffee

Jl. Menado (Siliwangi Indoor Tennis Courts)

Jl. Maulana Yusuf No. 10

Instagram: @yumajucoffee

  • Makmur Jaya Coffee

Coffee shop yang satu ini cukup kecil, tapi nyaman dan bikin betah. Namanya yang unik juga membuat orang-orang mudah mengingatnya. Walau menu yang disajikan terkesan sederhana, namun kualitas dan rasa dari kopi Makmur Jaya Coffee cukup untuk membuat kita ingin berkunjung lagi.

Instagram @makmurjayacoffee

Makmur Jaya Coffee kini bisa ditemukan di beberapa cabang di Bandung.

Makmur Jaya Coffee

Jl. Lengkong Besar No. 62

Jl. Lemahnendeut No. 2

Jl. Sawunggaling No. 22

Instagram: @makmurjayacoffee

  • Adieu Café

Adieu Café adalah tempat yang memiliki ambiance yang homey, cocok untuk tempat nongkrong sore dan ngopi dengan orang terdekat. Lokasinya cukup tersembunyi karena bukan terdapat di jalan utama.  Adieu Café terletak cukup dekat dengan Paris Van Java, sehingga bisa menjadi alternatif untuk ngopi disana sehabis nge-mall.

Instagram @adieucafe

Selain menu kopi dan non-kopi, Adieu Café juga menyediakan menu makanan berat dan ringan.

Adieu Café

Jl. Karang Tinggal No. 28

Instagram: @adieucafe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *