December 2, 2022

Berhemat dalam berburu Fesyen

Ingin terlihat sylish tapi dompet tipis? lihat beberapa solusi di bawah ini!

Fesyen merupakan suatu hal esensial di era modern ini. Namun, karena maraknya kasus COVID-19, orang orang menjadi terbiasa untuk melakukan aktivitas dari rumah masing-masing, dan aktivitas di luar rumah sudah menjadi hal yang tidak biasa. Tapi seperti semua hal, hal ini tidak akan bertahan selamanya. Sejak pandemi berlangsung, banyak hal berubah. Salah satu yang berubah adalah minimnya lowongan pekerjaan dan juga penurunan upah pendapatan. Oleh karena itu, jangankan fesyen, kebutuhan lain juga mungkin belum bisa terpenuhi. 

Tapi apakah benar, kalau fesyen itu merupakan sesuatu yang ‘mahal’?

Dan apa menjadi orang yang ber-fesyen tanpa penipisan dompet itu adalah suatu hal yang memungkinkan? Tenang saja kawan, di artikel ini, kita akan membahas tips dan trik agar teman-teman bisa terlihat Fesyen dan trendi tanpa mengosongkan dompet.  

Mencari barang diskon

Diskon merupakan event  yang seringkali terjadi, apalagi di kategori fesyen, Merek Fesyen besar seperti Uniqlo, atau merek lain pun seringkali mengadakan diskon untuk cuci gudang ataupun untuk menarik customer baru. Diskon ini biasa terjadi saat akhir tahun, atau pada saat hari libur nasional. Beberapa toko juga mempunyai even diskon mereka sendiri, seperti Shopee 12.12 ataupun Aliexpress 11.11.

Mencari barang diskon membutuhkan kiat khusus tertentu , hal ini karena even diskon tidak terjadi setiap saat .Pada umumnya setiap orang mencari pakaian pada saat kebutuhan jenis pakaian itu muncul, seperti saat menghadiri acara tertentu atau pada saat pakaian tersebut sudah tidak layak pakai, sehingga kadang jarang bertemu dengan even penjualan diskon. Maka dianjurkan agar kita memiliki perencanaan tentang kebutuhan pakaian sepanjang tahun, disertai konsistensi mencari barang diskon dari waktu kewaktu. Jangan lupa diperlukan juga  kejelian dalam memilih kualitas,  selain itu  harus diperhatikan pula kemampuan keuangan yang dimiliki.

Pembelian barang-barang diskon terbukti sangat menghemat pengeluaran, karena banyak terjadi diskon yang memberikan diskon hingga 70% untuk barang-barang fesyen.

Adapun beberapa kiat untuk mendapat barang diskon secara efektif adalah sebagai berikut:

  • Ikuti berita -berita promo produk baru. Produk baru biasanya diberikan diskon diawal produk ditenarkan dan berakhir dalam waktu pendek.
  • Ikuti promo sistem pembayaran seperti kartu kredit, OVO, Kartu Debit, Kartu Pembayaran dan sejenisnya. Biasanya dalam mempromosikan sistem pembayaran tersebut menggunakan fasilitas diskon terhadap produk-produk tertentu yang mereka anggap akan menarik minat para pengguna sistem tersebut. Gunakan kesempatan tersebut hanya untuk mendapatkan diskon – diskon tersebut sesuai kebutuhan yang kita perlukan.
  • Akhir tahun merupakan perang diskon bagi para penjual produk fesyen untuk mendapatkan target penjualan sesuai harapan mereka, hal ini karena  semua perusahaan dapat dipastikan memiliki target yang harus mereka capai nilai penjualan produk fesyen untuk tiap tahunnya. Perhatikan batas waktu dan syarat ketentuan diskonnya, karena akan banyak variasi diskon yang perlu kita cermati agar kita tidak terjebak pola diskon yang merugikan kita. Akan sangat disayangkan apabila kita tidak dapat memanfaatkan momen ini untuk dapat memperoleh barang fesyen yang kita perlukan dengan nilai yang sangat murah.
  • Awal tahun merupakan momen diskon yang berbeda, tiap produk dan brand tertentu akan mendiskon barangnya pada waktu yang mereka tentukan sendiri. Dasar pemberian diskon ini berbeda dengan diskon akhir tahun; pemberian diskon pada awal tahun biasa diberikan bila produk fashion dengan model yang lebih baru telah masuk ke gerai, sehingga produk yang agak lama diperkirakan akan menjadi usang dan kehilangan calon pembeli pecinta produk merek tersebut. Sehingga, untuk mempercepat habisnya produk fashion dengan model sebelumnya diberikan diskon yang cukup besar untuk memotivasi keputusan membeli. Gunakan kesempatan diskon awal tahun untuk mendapatkan produk berkualitas, brand dengan harga murah. Beberapa produk seperti pakaian kemeja pria, blazer , jass,  ikat pinggang dan dompet biasanya tidak terlalu merisaukan digunakan walau modelnya agak tertinggal, namun kita akan mendapatkan brand yang terbaik.
  • Diskon yang lain adalah diskon cuci gudang. Diskon ini tidak bisa ditebak waktunya, biasanya terjadi karena toko akan tutup atau toko akan pindah lokasi. Untuk menghemat biaya transportasi maka mereka melakukan Sale Cuci Gudang, atau penjualan tutup toko. Pembelian produk fashion pada saat cuci gudang sangat menggiurkan dan menguntungkan, hal ini dikarenakan nilai diskon yang sangat besar. Namun demikian calon pembeli harus tetap hati-hati karena pada saat cuci gudang biasanya produk cacat dan produk usang akan tercampur dengan produk baru. Sehingga, bila tidak berhati-hati kita akan mendapatkan produk yang kurang berkualitas.
  • Diskon jenis baru yang sedang trend saat ini adalah diskon keanggotaan sebuah Online Shop tertentu. Untuk memanfaatkan diskon tersebut dituntut keaktifan kita mengikuti informasi tiap organisasi bisnis yang sedang berkembang dan informasi-informasi kegiatan komunitas-komunitas yang sedang viral saat ini. Biasanya akan terdapat investor yang membiayai sebuah kegiatan sosial sebuah komunitas untuk meningkatkan jumlah subscriber atau follower institusi mereka. Hanya anggota atau memberlah yang akan mendapatkan fasilitas diskon-diskon tersebut, oleh karenanya jangan takut untuk menjadi membernya , namun tentu harus kita pelajari aturan keanggotaannya.  Tentu sangat menyenangkan jika teman-teman bisa mendapatkan jaket kulit harley davidson dengan gratis atau diskon 70% pada acara gathering harley davidson indonesia 2022.

Mencari barang off-brand

Zara, Uniqlo, H&M , Mango, Gucci, Eitene Aigner dan sejenisnya adalah merek ternama yang mengeluarkan pakaian yang berkualitas, baik dari segi desain , kualitas jahitan maupun dari segi bahan. Namun, saat ini, banyak bermunculan merek-merek  baru yang tidak kalah bersaing dari segi desain dan fungsionalitas. Satu-satu nya yang dikorbankan hanyalah nama besar merek seperti polo atau H&M itu sendiri.

Mencari dan menggunakan barang yang tidak ber-merek terkenal (off-brand) memiliki kiat-kiat tersendiri agar kita tetap dapat tampil mengikuti dunia fesyen. Kiat-kiatnya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah merek yang sedang hits diantara lingkungan pergaulan kita.
  • Gunakan fesyen yang tidak bermerek terkenal (no brand) tersebut untuk jenis pakaian yang tidak mendominasi penampilan utama. Hal tersebut karena tidak setiap benda fashion mendominasi penampilan kita dalam bersosialisasi. Jenis barang no brand yang umumnya dibeli adalah kaos dalam, kaos kaki, pakaian dalam dan celana/rok tertentu.
  • Secara aktif mengikuti dunia fesyen, untuk dapat memilih fesyen yang tidak bermerek terkenal (no brand) yang sedang viral  produk-produknya, sehingga ada kemungkinan merek tersebut kedepan akan menjadi merek lokal yang cukup terkenal. Salah satu cara yang efektif mengikuti dunia fesyen adalah mengamati dan mengikuti perkembangan follower & subcriber produk-produk tersebut di akun influencer instagram, facebook, twitter dan youtube.

Membeli barang bekas di Online Shop

Banyak orang yang merasa enggan untuk membeli barang bekas, hal ini bisa disebabkan oleh konotasi kata ‘bekas’ itu sendiri ataupun pemikiran bahwa barang bekas tidak akan terlihat bagus atau memiliki keawetan seperti barang baru. Tetapi, pemikiran ini memiliki beberapa lawan argumen. Contohnya adalah, tidak semua barang bekas itu waktu pemakaian nya panjang bahkan terkadang belum dipakai seperti halnya pemberian hadiah yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh si pemakai atau warna/model yang tidak disukai. Penyebab lain adalah kondisi PPKM Covid-19 dan maraknya online shop. Saat ini banyak orang yang sudah membiasakan diri membeli barang secara online dan menghindari kegiatan pembelian secara fisik di toko seperti biasanya, oleh karena itu banyak pembeli yang tidak dapat mencoba langsung barangnya. Hal ini menyebabkan banyak nya terjadi pembelian dengan ukuran , jenis bahan dan warna yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Akibatnya banyak terjadi penjualan barang bekas (second hand) yang masih baru atau barang yang layak pakai.

Ada segudang alasan atau faktor lain yang menyebabkan seseorang enggan membeli barang fesyen bekas, secara umum dapat dikelompokan sebagai berikut:

  • Masalah Kebersihan
  • Gengsi
  • Tidak ada jaminan kualitas
  • Takut tertipu

Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan trik atau kiat dalam memberi barang bekas secara online agar resiko yang dikhawatirkan dapat diminimalkan.  Adapun trik membeli barang bekas secara online adalah sebagai berikut:

  • Pilih Online Shop yang pelanggannya cukup banyak dan telah beroperasi cukup lama.
  • Pastikan penjual dapat aktif berkomunikasi dengan kita selaku calon pembeli.
  • Pilih barang/shop yang memiliki rating tinggi.
  • Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal diperlukan, untuk meyakinkan rencana transaksi. Kalo perlu pembicaraan dilayar telpon didokumentasikan (screenshot) atau direkam.
  • Jangan lupa periksa jejak pembicaraan transaksi jual beli penjual
  • dengan para pembelinya, biasanya bisa dinilai kualitas penjual dari komentar dan komplain para pembeli.
  • Batasi jual beli barang bekas pada nilai uang yang tidak terlalu besar, untuk membatasi kemungkinan kerugian berlebihan.
  • Sadari kemungkinan adanya resiko yang tidak diketahui dan tanyakan kemungkinan melakukan pengembalian barang atau penjualan kembali.
  • Jumlah kuantitas produk yang cukup banyak dimiliki penjual bisa menandakan barang tersebut bukanlah barang bekas sesungguhnya, bisa jadi sisa export atau sisa cuci gudang. Ini pun bisa langsung dikonfirmasi kepada penjualnya.
  • Selalu gunakan standard ukuran yang berlaku untuk mengecek ukuran barang fesyen. Ukuran pakaian S, M, L dan XL atau nomor sepatu 38, 40, 42, dan lain-lain terkadang tidak cukup akurat untuk menjadi suatu acuan ukuran barang fashion, tanyakan langsung ukuran dalam centimeter kepada penjualnya.
  • Untuk mengetes warna barang, selalu minta foto produk asli.

Belanja di Thrift Shop

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 80

Thrifting mungkin bisa didefinisikan oleh sebagian besar orang sebagai sebuah budaya populer yang mengesampingkan faktor higienitas untuk lebih fokus ke kualitas dan desain barang itu sendiri. Biasanya budaya ini populer di kalangan pecinta barang vintage, karena barang vintage biasanya sudah tidak diproduksi lagi, yang menyebabkan pecinta barang vintage untuk terpaksa membeli bekas. Tetapi, dengan thrifting, teman-teman benar benar bisa menghemat uang. Hanya dengan modal Rp.100.000,00 teman teman sudah bisa membeli full set pakaian yang sudah cukup fashionable. Salah-satu lokasi yang dapat didatangi untuk thrifting adalah Pasar Senen Jakarta, disana teman teman bisa menemukan banyak thrift shop yang mungkin bisa menarik perhatian teman teman.

Fesyen mungkin hanya merupakan kebutuhan tersier untuk beberapa orang. Tetapi, semakin kedepan, standar fesyen dan kecantikan akan semakin relevan di dunia yang saling menghakimi ini. Orang dengan fesyen yang lebih enak dilihat akan mendapatkan kemungkinan yang lebih besar dalam memberikan kesan baik saat impressi pertama. Dengan ini, kita bisa lihat betapa pentingnya fesyen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *