December 2, 2022

Apa Itu Braless Trend? Yuk, Kita Cari Tahu!

Apakah kalian pernah mendengar Braless Trend atau tren tanpa bra di kalangan masyarakat dunia? Yuk, kita perdalam informasinya!

Tren ini sering kita lihat di instagram para selebritas papan atas ataupun jika kalian pernah pergi ke luar negeri seperti America, kalian akan melihat mereka yang tidak menggunakan bra di tempat umum. Jangan jauh-jauh deh, kalian kaum wanita pada umumnya melakukannya juga kok;) tapi ya mungkin hanya di saat-saat tertentu aja. 

Di sini aku ingin berbagi pengalaman dan pengetahuanku dengan teman-teman mengenai seputaran apa itu tren tanpa bra, pakaian apa saja yang bisa tidak menggunakan bra, permasalahan seputar tren tanpa bra, dan banyak hal. 

Jadi, yuk kita perdalam! 

Daftar isi 

  1. Apa itu tren tanpa bra? 
  2. Kenapa muncul tren tanpa bra? 
    1. Fashion
    2. Gerakan feminis
    3. Kesehatan
  3. Apa saja jenis pakaian tanpa bra yang bisa kamu pakai?
  4. Adakah solusi alternatif lain selain memakai bra?
  5. Apa yang tidak aku sukai mengenai tren ini?
  6. Konklusi

Apa itu tren tanpa bra? 

Tren tanpa bra, basically, tren di mana orang-orang khususnya wanita tidak menggunakan bra sebagai pakaian dalam mereka. 

Alasan tren ini muncul pun disebabkan oleh beberapa alasan dan bukan tanpa sebab. Mereka disebabkan karena: 

Fashion

Gerakan dalam dunia fashion mendorong tren tanpa bra meluas dengan cepat. Apalagi di dukung oleh designer ternama seperti LaQuan Smith dan Di Petsa. 

Paling dekatnya, kalian kalau lihat instagram, shopee, tokopedia, TV, dan banyak media lainnya kalian pasti melihat beberapa jenis pakaian memang tidak menggunakan bra atau ya terlihat tidak menggunakannya.  

Gerakan Feminis

Ada gerakan feminis yang menurut mereka menindas gerakan perempuan seperti memakai bra. Ada kejadian anti-bra movement dengan setelah kontes Miss America 1968 di New Jersey memicu para wanita membuang tidak hanya bra tapi ada pel, lipstik, sepatu hak tinggi di kotak sampah yang dinamai Freedom Trash Can.

Kesehatan 

Let’s be real, guys… 

Kita ga selalu pakai bra, kan. Ada kalanya di mana kita melepaskannya untuk sesaat karena tidak nyaman mungkin atau pada waktu tertentu. Umumnya tidak memakai bra itu di saat kita tidur. 

Ibu ku selalu mengatakan untuk tidak memakainya kalau ingin tidur sejak aku masih kecil, tidak sehat. Apakah kalian pernah mendengar pernyataan tersebut? Dari ibu ataupun kerabat dekat? Well, if you do, now you know you’re not alone, girl.

Nyatanya dilansir dari healthline.com, Melanie Prerez (2020) mengutip perkataan Samuel bahwasannya tidak ada data publikasi yang mengatakan tidur dengan bra menyebabkan efek kanker payudara, sirkulasi darah yang buruk, atau menghambat pertumbuhan payudara. Melaikan, kalian hanya jangan pakai bra yang ketat karena bisa menyebabkan iritasi dan dapat mengganggu tidur kalian. 

Hal lainnya, karena bra adalah pakaian dalam yang selalu menempel dengan kulit kita, maka pastinya banyak keringat, minyak dan bakteri yang menumpuk di bra kita. kalau tidak rajin mengganti atau cuci dengan bersi, akibatnya masalah kulit seperti iritasi dan jerawat dapat terjadi. 

Jadi, dalam segi kesehatan menggunakan bra saat tidur tidak masalah. Karena dalam segi kesehatan dilansir dari Melanie Prerez (2020a), tidak ada manfaat yang drastis jika tidur dengan bra dan juga tidak ada konsekuensi drastis jika tidur menggunakannya. 

But still, I would prefer not to since it means less laundry worktoo much hassle, call me lazy wkwkwk

Jadi adakah pengaruh dengan kesehatan jika tidak menggunakan bra?

Menurut sehatq.com, situs di dukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, mengatakan beberapa hal: 

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan kualitas tidur 
  • Membantu pernapasan lebih baik saat tidur 
  • Keringat berkurang 
  • Mengurangi risiko infeksi kulit 
  • Mencegah hiperpigmentasi kulit 
  • Memperbaiki sistem limfatik
  • Mengurangi risiko cedera 
Note guys, pengaruh tersebut terjadi jika bra yang kalian pakai ketat dan juga berkawat. Jadi, yang aku sebutkan itu effek samping jika kalian tidak menggunakan bra ketat dan berkawat jika tidur dengan tidak menggunakan bra sama sekali.  

Apa saja jenis pakaian tanpa bra yang bisa kamu pakai?

Jawabannya… Buanyaakk! Hehehe 

Tahun 2022, Kawan. Segala jenis fahion, rancangan baju modelnya, tren kekinian ga akan heran lagi banyak jenis pakaian yang tidak menggunakan bra.

Kali ini, aku akan memperlihatkan 6 jenis pakaian yang dipakai seperti tidak terlihat seperti menggunakan bra menurut hipwee.com. Mungkin juga kalian sebenarnya punya tipe baju ini di lemari kalian. Ga lupa aku juga akan memberikan kalian contoh foto pakaiannya. Dan aku akan memberikan  beberapa rekomendasi bagaimana kalian styling jenis pakainnya.

Off Shoulder

Kembali tren, baju tipe ini memiliki bentuk baju yang memperlihatkan pundak kalian yang memberikan nuansa seksi namun kasual ataupun klasik menyesuaikan design bajunya.

Di Indonesia mungkin tipe baju ini lebih dikenal dengan model baju sabrina. 

Baju tipe seperti ini tidak terbatas atasan saja, namun ada juga yang sejenis 

  • Jump suit
  • Dress atau gaun 

Bahan untuk baju ini dapat bervariasi, namun umumnya memiliki bahan yang tipis mungkin hampir tembus pandang. Dengan begitu, kalian bisa memilih yang rancangannya yang berbahan tebal atau berpola untuk mengelabuhi tembus pandang tersebut. 

Sayangnya, jika kalian memiliki payudara yang besar mesti ada pengaman tambahan seperti tape. Kalau tidak, wasalam kawan.

Aku ingin rekomendasikan ke kalian, jika ingin memakai baju tipe ini bisa menggulungkan tinggi rambut kalian. Dengan begitu, kalian bisa memperlihatkan atau (ehem) memamerkan pundak dan leher kalian. Seperti ini: 

Bustier Dress

Jenis baju ini memiliki rancangan yang dapat menopang payudara kalian. Hal ini disebabkan karena sudah terdapat busa atau penyanggahnya. Jenis baju ini mungkin dikenal juga seperti model korset lingeri. Maka dari itu, gaun ini memberikan kesan sangat seksi. Jadi, tipe baju ini kalian tidak perlu menggunakan bra lagi.

Nah, saat kalian ingin tampil seksi dan memberikan kesan kewanitaan mu namun tetap aman? Kalian bisa banget memakai baju ini, bustier dress.

Source: Google image

Piyama atau Baju Tidur

Pastinya piyama ataupun baju tidur itu baju yang dipakai untuk tidur, ya khan.. 

Tentunya, piyama atau baju tidur biasanya dipakai disaat mejelang malam ingin tidur. Ketika kita sudah tidak ada lagi kegiatan dan waktunya beristirahat, tidur, leha-leha, bermalas-malasan.. you named it..

Dari aku pribadi mungkin kalian juga setuju, tidur itu harus nyenyak dan kalian pasti juga suka cari posisi nyaman saat tidur. Salah satunya karena ingin cepat terlelap. 

Nah, di sinilah tempat kalian termasuk aku bisa ga memakai bra. Bisa tentram, aman dan jauh dari mata judgmental orang-orang.  

Bodysuit seperti baju renang

Apakah kalian tahu, sekarang ada baju seperti baju renang yang dapat dipakai sehari-hari? Ya, layaknya baju kasual biasa. Jadi, baju tipe ini bukan sembarangan seperti baju renang saja.

Baju tipe ini aku sempat menemukan baju tipe ini di shopee dan girl… I would love to buy it.

Jenis baju ini terlihat seperti baju renang, namun juga bisa dipakai layaknya seperti tanktop biasa. Tali tipis yang di gambar ini menyulitkan kita untuk memakai bra karena akan terlalu nampak dan akan sedikit mengganggu estetika dari baju ini. Jadi, seperti tidak bagus lagi. 

Maka dari itu baju tipe ini biasanya tidak dipakai bra, melainkan memakai alternatif lain selain bra seperti bra tape atau kemben. 

Baju Olahraga seperti Sport Bra

Kalian pernah pergi ke gym atau setidaknya melihat orang berolahraga dengan sport bra saja sebagai pakaian mereka? Tentu pernah ya…

Tidak perlu pergi ke tempat gym pun kita bisa lihat di instagram atau melihat ibu-ibu aerobik bersama menggunakan sport bra? Ududududuu mantap sekali bu, salut! Wkwkwk 

Untuk jenis pakaian seperti ini, kalian tidak memerlukan lagi memakai bra kalian. It’s a no go… 

Baju olahraga ini memang masuk ke dalam sport bra yang khusus di rancang untuk kalian beraktivitas berat seperti berolahraga. Dengan begitu, karena dalam sport bra sudah ada busa yang menopang payudara kalian, tidak perlu lagi kalian menggunakan bra lagi. Sekail lagi sesek, kawan… 

Kebaya

Heum.. kebaya? Ya! 

Namun, tidak semua kebaya dapat kamu pakai tanpa bra dengan se aman jenis ini.. 

Jenis apa kalian tanya? Jenis long torso tentunya… 

Jadi jenis long torso ini sejenis bustier dress karena ada semacam korsetnya gitu, namun jenis kebaya. Karena jenis kebaya ini ada dalaman kamisol kembennya, jadi tidak perlu kamu menggunakan bra. 

Sebenarnya bisa aja sih kamu tetap menggunakan bra, tapi kalau begitu akan terlihat tali branya. Jadi bisa sangat mengganggu estetika dari kebaya long torso mu. 

Jadi kalau ga pakai bra tetap aman kan berarti? Jawabannya, yups betul sekali. Seperti yang sudah aku sebutkan, kebaya ini memiliki dalaman sepaket dengan kebayanya yang bahannya sedikit lebih kaku dan terdapat busa, sehingga bisa menopang payudara mu. Jadi tenang aja, aman! Ditambah lagi kamu tidak akan merusak estetika kebayanya.

Adakah solusi alternatif lain selain memakai bra?

Ada ga ya? Heum.. tentu saja ada!

Sebelumnya sudah aku sebutkan beberapa kali, yaitu:

  • Bra tape 

Bra tape atau selotip bra ini sudah ada di Indonesia, jadi feel free untuk kalian yang tertarik untuk membelinya. Kalian bisa membeli nya di shopee atau online shop lainnya. 

Alternatif ini cukup bagus untuk pakaian kalian yang tidak memungkinkan untuk menggunakan bra ataupun si pakaian tidak ada busa untuk menompang payudara kalian. Kalian bisa menggunakan bra tape ini dan bentuk sesuka hati kalian menyesuaikan baju yang kalian pakai. 

Gampang kan?!

Konklusi

Hiks, kita sudah di ujung sesi… 

Intinya, tren ini muncul bukan hanya semata-mata muncul, namun secara sejarahnya nyata begitu pula dengan alasan lainnya. 

Pakaian apa pun yang kalian kenakan itu semua hak masing-masing. Jika kalian salah satu orang yang mengikuti tren ini, good for you dan jika tidak, also good for you… no problem at all.

Semoga dengan informasi yang aku bagi ke teman-teman bisa membuka pandangan kalian mengenai tren ini dan juga menambah wawasan kalian mengenai fashion tanpa bra ini. 

Thank you, y’all!

Related: Back to the Steps! Here’s a List of Celebrities Who Went Braless at the 2022 Met Gala: See Photos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *