December 2, 2022

Angkringan yang Wajib kalian kunjungi kalau lagi di Cimahi!

Kalian sering gasih bingung mau nongkrong yang chill, murah, enak, dan bisa sampai malem atau bahkan sampai dini hari? Kadang bingung milih kafe yang bagus, bisa sampai malem, tapi harga nya ga pas atau nguras dompet banget, ada juga yang murah, enak, tapi gabisa sampai malem, apalagi dini hari. Pasti sering tuh. Jangan bohong kalian (angry face)

Tapi tenang. Gw punya solusi nih! Gimana kalau kalian cobain warung lengkap yang kalian bisa chill, murah, enak, dan kalian bisa ngabisin waktu sampai malem bahkan sampai dini hari. Nama warung nya tuh angkringan!

Angkringan lagi rame loh di kalangan anak muda. Bisa jadi tempat untuk chill anak muda, makan makan bareng keluarga juga bisa, dan enak nya kebanyakan angkringan tuh tempatnya enak untuk nongkrong bareng gitu! Seru kan? Gw mau ngasih info yang bagus nih buat kalian para nongkrongers sekalian. Khusus nya untuk orang orang Cimahi atau orang orang yang lagi berkunjung ke Cimahi! Sebelum gw kasih tau infonya, gimana kalo kalian tau apasih angkringan atau warung angkringan itu dan sejarah dibaliknya?

Sejarah Angkringan

Dilansir dari Liputan6.com, Angkringan atau warung angkringan termasuk salah satu bentuk konsep penjualan makanan maupun minuman yang biasanya berupa warung bergerobak dengan tenda sederhana. Waktu operasional angkringan biasanya dari sore hingga malam hari, bahkan sampai dini hari.

Dilansir dari Solopos, sejarah kemunculan angkringan sendiri diyakini berawal dari Yogyakarta. Mbah Pairo yang merupakan warga Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, adalah salah sseorang pionir penjual makanan dan minuman pada 1950-an. Pada awalnya makanan dan minuman dijual dengan cara dipikul dan memangkal di suatu tempat.

Hal itu juga diakui oleh budayawan Feby Triady.  “Mbah Pairo adalah pelaku historis yang baiknya didudukkan dalam melihat angkringan yang ada saat ini. Nah, dari situ Hidangan Istimewa Kampung (HIK) mulai mendapatkan tempat di masyarakat. Untuk konteks masyarakat saat itu, ruang publik tercipta dari angkringan yang memiliki kursi panjang,” terang Feby pada Liputan6.com, Selasa, 10 Agustus 2021. Ia menambahkan, angkringan terkenal dengan sebutan untuk semua hal-hal murah disematkan untuk makanan kecil, seperti nasi kucing, gorengan dan masih banyak lagi.

Kepala Desa Ngerangan, Sumarno, Wiryo Jeman tokoh sentral dikenalnya Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat sebagai daerah cikal bakal angkringan. Tak hanya di desanya, bahkan nama Wiryo Jeman dikenal sebagai pelaku sejarah terkait berdirinya angkringan yang kini menjamur di berbagai daerah di Tanah Air.

Selama ini Desa Ngerangan dikenal sebagai daerah cikal bakal angkringan. Desa tersebut sebagai cikal bakal angkringan tak terlepas dari peran Mbah Karso Djukut yang dibantu Mbah Wiryo Jeman sebelum Kemerdekaan RI pada 1945.

Saat ini, di Ngerangan, Kecamatan Bayat telah dibangun monumen angkringan. Peresmian monumen cikal bakal angkringan di Ngerangan, Desa Bayat dilakukan Bupati Klaten, Sri Mulyani, 26 Februari 2020. “Angkringan lahir dari Ngerangan, Bayat dari Klaten sudah sampai di berbagai penjuru Indonesia,” kata Bupati Klaten, Sri Mulyani saat itu. Salah satu alasan pengukuhan monumen itu dimaksudkan agar tak ada lagi klaim ihwal asal-usul pencetus angkringan.

Eits, angkringan yang bakalan gw kenalin ini bukan sembarang angkringan loh! Selain menu angkringan yang khas dengan sate satean biasa, disini juga sedia sate taichan loh! Jarang banget kan? Ada angkringan yang jual sate taichan. Dan menurut gw pribadi, disini tuh juara banget sambel nya! Untuk kalian yang suka sambel dan pedes nya joss, disini tempat yang pas untuk kalian sobat sambelers! (gatau bener gasih disebutnya sambelers? Ngarang gw… xixi)

By the way, kalian tau ga sih perbedaan antara sate taichan dengan sate sate yang lain? Gw kasih tau nih, sate taichan adalah sebuah varian sate yang berisi daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya. Sate ini hanya disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis, sementara daging sate untuk sate taichan lazimnya berwarna putih polos dan hanya dibumbui garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai.Sate ini dijual pada malam hari, lazimnya sate-sate pada umumnya. Itu kata Wikipedia ya hehe~

Sejarah Sate Taichan

Ada juga tentang sejarah nya guys! Ada dua versi tentang kemunculan sate taichan ini. Yang pertama yaitu ada seorang pasangan muda-mudi (sang pria berasal dari Jepang sementara wanita asli Indonesia) yang ingin membeli sate di kawasan Senayan, Jakarta, kisaran tahun 2012. Pria Jepang itu mengaku tidak suka dengan bumbu kacang khas Madura yang menjadi bumbu sate di warung makan tersebut. Ia pun berinisiatif untuk membakar sendiri daging ayam mentah yang sudah ditusuk dengan lumuran garam dan jeruk nipis, tanpa kecap dan sambal. Setelah matang, ia meminta sambal ke pedagang tersebut sebagai pendamping sate. Ketika sang pedagang sate menanyakan apa sate yang sedang ia bakar, pria Jepang itu menjawab “sate taichan” saja, tanpa tahu alasan di balik pemilihan nama tersebut.

Yang kedua adalah kehadiran ekspatriat Korea Selatan yang sering makan sate ayam di sebuah warung sate, masih di kawasan Senayan, Jakarta. Karena sudah sering makan di warung tersebut, ekspatriat tersebut jadi saling kenal dengan pemilik warung. Pria Korea Selatan pun kemudian mengajari pemilik warung cara lain membuat sate yang menjadi cikal bakal sate taichan. Saat itu, bumbu yang digunakan adalah semua irisan bumbu seperti cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam. Belakangan, bumbu iris tersebut kemudian dihaluskan sehingga menjadi sambal pendamping daging sate polos.

Nah kalian udah tau kan tentang apa itu angkringan dan apa itu sate taichan? Sekarang gw mau ngenalin nih angkringan yang bisa chill, murah, enak dan kalian bisa nongkrong ria sampai malem. Kalo kalian ke Cimahi dan ingin nongkrong santuy bisa kesini, yaitu Angkringan Cimahi yang terletak di Jalan Raden Demang Hardjakusumah nomor 12. Ditengah kota banget loh deket pemkot atau pemerintahan kota Cimahi.

Menu
Najib - Pemilik Angkringan
Gw nyobain salah satu menu

Tempat ini, Angkringan Cimahi, didirikan oleh sepasang suami istri (kenalan gw juga sih), bernama Najib dan Rifa. Gw sempat datengin tempat mereka yang ada di Jalan Raden Demang Hardjakusumah nomor 12 dan nanyakin beberapa hal tentang angkringan yang mereka buat ini guys. Coba simak ya guys!

“Restoran atau angkringan ini dibentuk karna melihat peluang usaha kuliner di Cimahi masih jarang banget yang membuat kedai atau restoran sate taichan. Itulah cikal bakal terbentuknya usaha kami”, Ucap Najib sang suami.

Tempat ini unik banget loh guys. Tempat nya di sekitaran pemkot Cimahi, jadi kalian kalau mau ke tempat ini gampang banget untuk nyarinya! By the way, banyak juga loh menunya. Gw nanyain nih sesuatu ke sang suami, Najib, rekomendasi makanan disini tuh apasih? “Sate ayam taichan, sate usus taichan, dan sate kuliah taichan. Sebenernya masih banyak lagi yang enak, tapi karena terlalu banyak, jadinya yang disebut hanya segitu. Haha.” Tempat inipun kalian bisa nikmati dari sore sampai malam hari loh! Tepatnya pukul 3 sore sampai 10 malam. Bisa nongkrong bareng temen temen,keluarga atau bahkan gebetan lebih lama lagi nih! xixi.

Gw nanyain juga tentang omset dan pengunjung yang datang tuh rata rata perhari berapa, dan sang suami pun menjawab “kalo omset mungkin sekitar 300 – 1jt tergantung dari banyaknya pengunjung yg dateng sih, kalau traffic perhari biasanya 15 – 20 orang yang dateng.”

“Kita membuat Restoran ini seperti angkringan supaya orang lebih mengenal tapi membuat bumbu khusus di setiap makanannya, yaitu memakai bumbu taichan” ujar beliau ketika ditanya tentang keunikan dari kedainya. Gw tanya target kedepannya apa, beliau menjawab “target kedepannya sih kita mau buka cabang, dan membesarkan nama Sate taichan cimahi di mata masyarakat Cimahi.”

Kalian juga bisa follow dan cek Instagram mereka loh! Kalian bisa nanyain sesuatu ke mereka dan bisa RSVP gitu! nah, kalian kalian kaum magerers (apalahi coba ini, duh!) yang mau makan dan menikmati sate taichan dari Angkringan Cimahi bisa juga makan dirumah dengan mesen pake aplikasi Go-Food, Shoopee Food, dan Tokko loh! Tinggal buka di aplikasinya, pesen, dan tungguin deh makanan (atau minuman juga ada kok, tenang aja!) sampai didepan rumah kalian!

So, buat kalian kalian yang mampir apalagi orang orang Cimahi, wajib cobain nongkrong disini, Angkringan Cimahi, yang terletak di Jalan Raden Demang Hardjakusumah nomor 12. Ditengah kota deket pemkot atau pemerintahan kota Cimahi. Kalian bisa cek Instagram Angkringan Cimahi kalau mau tau tentang info selanjutnya! Kalian udah tau tentang tempat ini, jadi tunggu apalagi? #NangkringYuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *