December 3, 2022

8 Tips Agar Tetap Sehat Walaupun Hanya Di Rumah: Cocok Buat Kamu yang Malas Olahraga!

7 Min. Read

Menjaga kesehatan itu sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Pepatah bilang lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan kita dianjurkan berolahraga.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), berolahraga adalah menggerakan badan untuk menyehatkan tubuh. Contohnya sepak bola, berenang, dan lempar lembing. Selain itu, berolahraga juga dapat menjadi sarana hiburan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan suatu hal penting. Jika kita dalam kondisi sehat, maka kita dapat mencegah tubuh terserang dari berbagai penyakit.

Namun, jika kita terserang penyakit maka semua kegiatan akan terasa tidak menyenangkan. Kita tidak dapat menikmati kenikmatan yang ada. Kita hanya bisa berbaring di kasur seharian.

Selain meninggalkan hal-hal yang dapat memicu penyakit. Kita juga harus melakukan hal-hal agar dapat tetap hidup sehat. Contohnya adalah berolahraga . Namun, bagaimana jika kita tidak bisa berolahraga karena tidak mempunyai waktu ataupun karena rasa malas?

Berikut adalah beberapa langkah alternatif agar tetap hidup sehat di rumah tanpa berolahraga.

1. Mengatur Pola Tidur

Begadang itu tidak baik loh bagi tubuh. Jika tubuh kita dibiasakan sering begadang, maka berbagai penyakit akan menyerang. Selain penyakit, jika keseringan begadang maka kita juga akan kurang fokus saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari CBS News, penelitian mengungkapkan bahwa begadang dapat meningkatkan resiko kematian dini lebih tinggi. Selain itu, begadang juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, meningkatkan gula darah, dan masih banyak lainnya.

Lantas, bagaimana ya pola tidur yang baik itu? Dilansir dari Indonesiabaik.id, waktu yang dibutuhkan untuk tidur akan berbeda-beda bergantung dari berapa usia mereka. Berikut adalah waktu tidur yang disarankan berdasarkan usia:

  • Bayi usia 0-2 tahun: 14-17 jam per hari
  • Anak prasekolah usia 3-5 tahun: 10-13 jam per hari
  • Anak usia sekolah usia 6-13 tahun: 9-11 jam per hari
  • Remaja usia 14-17 tahun: 8-10 jam per hari
  • Dewasa muda usia 18-25 tahun: 7-9 jam per hari
  • Dewasa usia 26-64 tahun: 7-9 jam per hari
  • Lansia usia di atas 65 tahun: 7-8 jam per hari

Nah gimana? Udah tau kan cara mengatur pola tidur yang baik bagi kesehat. Anda bisa mencoba menerapkannya saat tidur di rumah malam ini ya.

2. Hindari Stres

Stres adalah reaksi seseorang secara fisik maupun emosional akibat adanya perubahan dari lingkungan. Hal ini mengharuskan seseorang menyesuaikan dirinya. Stres dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja, baik itu anak muda, orang dewasa, hingga lansia.

Dampak Stres

Ada beberapa dampak yang dapat diakibatkan oleh stres. Dampaknya akan berbeda-beda bergantung pada masing-masing individu. Dampak stres dapat dibagi menjadi 2, yaitu stres ringan dan stres berat.

Orang yang mengalami stres ringan biasanya memiliki gejala-gejala seperti: mengalami sakit kepala, memiliki gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, dan selalu merasa cemas. Stres ringan biasanya akan hilang sendiri jika pemicu stres tersebut sudah dihilangkan.

Sedangkan stres berat dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki tekanan mental atau emosional berlebih. Stres berat biasanya ditandai oleh gejala-gejala seperti: mudah sakit, tidak memiliki nafsu makan, mudah tersinggung, selalu merasa frustasi dan gelisah, tidak dapat berpikir dengan tenang, dan lainnya.

Cara Mengatasi Stres di Rumah

Ada banyak cara untuk menghilangkan stress. Salah satu caranya adalah mencari hiburan di rumah. Berikut adalah beberapa hal untuk menghilangkan stres di rumah:

  • Bermain dengan binatang peliharaan
  • Bermain alat musik (gitar, piano, pianika, dll)
  • Mengajak teman berkunjung ke rumah
  • Bermain game
  • Menonton film
  • Memasak
  • Menghubungi teman

3. Makan Makanan bergizi

Makan adalah aktivitas wajib yang diperlukan manusia untuk bertahan hidup. Dengan makan kita akan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Secara garis besar, makanan terbagi menjadi 2, yaitu: Makanan sehat dan makanan tidak sehat untuk kesehatan. Agar tetap hidup sehat, maka Anda harus pintar-pintar dalam memilih makanan.

Anda dapat mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari: makanan pokok, lauk pauk, vitamin, lemak, dan mineral. Makanan ini sangat mudah didapatkan di rumah. Tujuannya adalah agar tubuh kita mendapati asupan gizi cukup sehingga dapat terhindar dari segala penyakit.

Hindarilah makanan yang dapat memicu penyakit. Tanpa sadar, kita mungkin sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebih. Contohnya adalah mengkonsumsi gorengan dalam porsi banyak, minum air es berlebihan, dan lain sebagainya.

Makanan tersebut bukannya tidak boleh dikonsumsi. Namun, jika kita mengkonsumsinya dalam porsi yang banyak, maka makanan tersebut akan menjadi tidak sehat untuk dikonsumsi. Mulai dari sekarang, cobalah pintar-pintar dalam mengatur makanan agar tetap bisa hidup sehat.

4. Minum Cukup Air Putih

Selain makan, manusia juga membutuhkan minum. Menurut riset manusia dapat bertahan tanpa makan selama berminggu-minggu bahkan sampai 2 bulan. Tapi tanpa air, manusia hanya dapat bertahan 3 hari saja.

Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena sebagian dari tubuh manusia terdiri dari air. Agar tetap sehat, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pada umumnya, manusia butuh setidaknya 8 gelas per hari atau setara dua liter untuk memenuhi kebutuhannya.

Jika Anda tidak atau kurang meminum air, maka kemungkinan besar akan terjadi dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, bahkan berbahaya dan mematikan. Contoh penyakit yang dapat timbul akibat dehidrasi adalah gagal ginjal, heat injury, kerusakan pada otak, dan lain sebagainya.

Selain itu, memperhatikan kebersihan juga sangat penting. Pilihlah air yang sehat untuk dikonsumsi. Jangan sampai Anda mengkonsumsi air minum yang sudah tercemar dengan virus dan bakteri jahat. Bukannya memberikan manfaat, tapi malah mendatangkan penyakit. Oleh karena itu, kita harus belajar cara membedakan air bersih dan tidak.

4. Minum Cukup Air Putih

Kebersihan merupakan sebagian dari Iman. Artinya bahwa menjaga kebersihan merupakan sebuah bukti atau buah keimanan seseorang, yang diukur dari tingkat kebersihannya

Ada banyak sekali pekerjaan rumah yang dapat membakar kalori seperti berolahraga. Seperti mengepel, membersihkan kamar, mengelap kaca, dan lain sebagainya. Pekerjaan rumah ini dapat dikerjakan oleh siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan hingga lansia.

Membersihkan rumah juga dapat menjadi pengganti berolahraga. Dengan membersihkan rumah, badan kita dipaksa bergerak dan menghasilkan keringat. Selain membuat lingkungan rumah menjadi bersih, badan kita pun menjadi sehat dan bugar. Jadi, jika kamu malas berolahraga, maka rajin-rajin membersihkan rumah sebagai gantinya yaa!

6. Berjemur

Nah kegiatan kali ini sangat direkomendasikan buat kamu yang super duper mager nih. Kegiatan tersebut adalah berjemur.

Berjamur merupakan kegiatan supaya badan kita tetap sehat tanpa berolahraga. Berjemur sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Vitamin D yang dipancarkan oleh sinar matahari dapat membantu memperkuat otot tulang kita. Kegiatan ini sangat praktis karena dapat dilakukan di rumah.

Eitss, perlu diingat ya ada waktu tertentu untuk berjemur agar mendapatkan manfaatnya. Menurut penelitian dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), waktu terbaik untuk berjemur adalah pada pukul 09.00 pagi.

Jika berjemur melebihi waktu tersebut, maka cahaya matahari akan berubah menjadi musuh bagi tubuh kita. Matahari sudah tidak memancarkan vitamin D lagi, melainkan memancarkan sinar UV yang tidak baik bagi kulit. Kulit akan menjadi rusak akibat sinar matahari (sunburn).

Supaya mendapatkan manfaat sinar matahari yang maksimal, Anda hanya perlu berjemur selama 5-15 menit dibawah sinar matahari, minimal dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam  seminggu. Dengan begitu, Anda sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin D dalam porsi yang tepat.

7. Jalan Kaki

Jika kamu bukan tipe orang yang suka jogging, maka berjalan kaki adalah mungkin cocok buat kamu.

Ada banyak manfaat yang didapat dari berjalan kaki. Contohnya adalah meningkatkan kesehatan jantung, melatih otot kaki, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

Pilihlah waktu yang tepat saat ingin berjalan kaki. Kegiatan ini dapat kamu lakukan di pagi hari atau sore hari. Pada jam-jam tersebut, suhu udara masih nyaman dan tidak terlalu panas.

Menurut riset, berjalan kaki berkeliling komplek dapat meningkatkan mood dan mencegah stress. Cobalah untuk berjalan sambil melihat pemandangan-pemandangan sekitar sambil menghirup udara segar.

Nah mulai kali ini jangan malas ya jika disuruh ibu beli sesuatu ke warung. Kita bisa sambil berjalan kaki agar tetap sehat.

7. Jalan Kaki

Tangan merupakan perantara yang paling mudah bagi penyakit untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Sayangnya, masih banyak orang yang malas untuk mencuci tangannya.

Manfaat Mencuci Tangan

Hal sesederhana ini ternyata banyak sekali manfaatnya, lho. Namun, kita akan merasakan manfaatnya jika kita mencuci tangan yang baik dan benar.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dapatkan jika rajin mencuci tangan:

  • Mencegah berbagai penyakit
  • Membunuh virus dan kuman yang menempel di tangan
  • Mencegah resiko penyebaran penyakit menular dari orang lain (seperti Covid-19)
  • Membuat tangan kita bersih dan wangi

Kapan Kita Harus Mencuci Tangan?

Mencuci tangan tidaklah dilakukan hanya pada sebelum dan seudah makan. Ada banyak waktu yang disarankan untuk mencuci tangan, berikut adalah waktu tersebut:

  • Sehabis menggunakan toilet
  • Setelah batuk dan bersin
  • Ketika kita memegang binatang peliharaan
  • Setelah menggunakan gawai (laptop dan handphone)
  • Sesudah buang air

Jika sudah tahu, maka jangan lupa untuk menerapkannya pada kehidupan sehari-hari yaa!

Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

Mencuci tangan lebih baik daripada hand sanitizer. Menggunakan hand sanitizer hanyalah langkah alternatif jika tidak ada air dan sabun.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan agar tetap sehat walaupun dirumah tanpa berolahraga. Wahh kayanya bakal jadi lebih semangat lagi ya untuk menjaga kesehatan. Salam sehat semuanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *