December 2, 2022

8 Restoran Korea yang Harus Kamu Kunjungi di Jakarta

Penulis: Nadia Nuriyah Berliana | Waktu baca: 4 menit | Jumlah kata: 1511 kata

Restoran khas Korea kian menjamur di Indonesia. Bagaimana tidak? Terdapat banyak penggemar K-Pop di negeri ini.

Dilansir dari CNN Indonesia, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan penggemar K-Pop terbanyak.

Tak hanya street food atau snack saja yang menarik perhatian para pecinta Korea, tetapi makanan utama hingga makanan penutup pun turut membuat banyak orang penasaran. Ditambah lagi, konten mukbang yang berkeliaran di drama ataupun kanal YouTube membuat orang-orang semakin penasaran akan rasa dari hidangan khas negeri ginseng.

Hal ini pun dimanfaatkan oleh beberapa pengusaha dengan membuat restoran yang menyajikan makanan khas Korea dengan rasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Restoran khas Korea ini tersebar luas di kota-kota besar, khususnya di Jakarta yang merupakan kota terpadat di Indonesia.

Berikut adalah beberapa rekomendasi restoran Korea yang wajib kamu kunjungi di Jakarta.

1. Annyeong Korean Food Cafe

Annyeong Korean Food and Cafe di Jakarta
Annyeong Korean Food and Cafe (Foto: zomato)

Restoran yang terletak di Tebet, Jakarta Selatan ini menyediakan berbagai jenis makanan khas Korea, mulai dari snack, makanan utama, hingga dessert dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp35.000. Soal rasa tidak perlu diragukan. Meskipun harganya tergolong murah, rasanya tak kalah enak dengan restoran Korea lainnya.

Jika kamu menyukai makanan pedas, kamu bisa mencoba beberapa menu rekomendasi, seperti tteokbokki dan kimbab yang sangat cocok disantap bersamaan. Kamu juga bisa memesan aneka sup khas Korea, seperti kimchi jjigae dan sundubu jjigae, dan jika kamu ingin makanan manis, kamu bisa mencoba bingsoo, es serut khas Korea, dengan beragam pilihan topping. 

Restoran ini cukup populer di kalangan anak muda dan terdapat beberapa cabang lainnya yang bisa kamu temui di Jabodetabek. Selain itu, kamu juga bisa memesan secara online di berbagai e-commerce yang pastinya menawarkan promo supaya kamu bisa lebih hemat lagi. Untuk informasi mengenai cabang lain, menu, dan promo dapat kamu lihat di laman Instagram mereka @an.nyeongkoreanfood.

2. Reddog

Jika kamu sering melihat orang Korea menyantap corn dog yang dipadukan dengan tteokbokki, mungkin ini saatnya kamu mencobanya sendiri. 

Serupa dengan namanya, menu andalan Reddog adalah corn dog. Tidak hanya corn dog dengan rasa yang gurih, corn dog dengan rasa manis pun tersedia di sini. 

Menu andalan Reddog lainnya adalah tteokbokki dengan pilihan level pedas. Bagi kamu yang suka menantang diri untuk mencoba makanan pedas, kamu bisa memesan tteokbokki original dengan level bomb. Namun, jika kamu lebih menyukai rasa yang cenderung gurih, kamu bisa mencoba tteokbokki rosé atau tteokbokki carbonara. Kamu juga bisa meminta tambahan topping, seperti keju mozarella dan odeng

Cukup dengan Rp50.000, kamu bisa mendapat seporsi tteokbokki lengkap dengan satu corn dog kesukaanmu. Untuk memesan kedua menu ini, kamu bisa menemukan Reddog di beberapa mal di Jakarta, seperti Gandaria City, Senayan City, Kota Kasablanka, dan masih banyak outlet lainnya. Selain itu, Reddog juga tersedia di berbagai platform ojek online.

Daftar outlet selengkapnya dapat kamu lihat melalui website www.reddog.co.id

3. Pochajjang

photos at Pochajjang
Pochajjang terkenal dengan tenda oranye. (Foto: traveloka)

Di drama Korea, seringkali mereka menyantap daging barbeque sambil minum alkohol untuk merayakan sesuatu. Jangan khawatir, kamu juga bisa ngerasain itu, loh, kalau kamu datang ke Pochajjang.

Mulai dari Rp99.000 per orang, kamu bisa makan daging dengan beragam pilihan saus sepuasnya. Di sini dijamin 100 persen halal! 

Sebagai orang Indonesia, tentunya belum kenyang jika belum menyantap nasi. Tenang saja, Pochajjang juga menyediakan menu nasi berupa rice box atau nasi goreng kimchi. Tak hanya itu, kamu juga bisa merasakan side dish lainnya, seperti ramyeon dan japchae

Restoran yang memiliki ciri khas berupa tenda berwarna oranye ini sudah memiliki beberapa cabang di kota Jakarta, seperti di Bendungan Hilir, Rawamangun, Sunter, dan cabang lainnya yang bisa kamu lihat di sini.

Kamu juga bisa pesan frozen beef-nya via ojek online kalau mau barbeque party di rumah. Praktis banget, kan?

4. Dookki

All You Can Eat tteokbokki di Dookki Mal Central Park
Kunjungi Dookki di Mal Central Park, Jakarta (Foto: centralparkjakarta)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cukup banyak restoran yang menjual menu tteokbokki. Namun, tempat ini berbeda karena restoran ini adalah restoran All You Can Eat tteokbokki pertama di Indonesia.

Berlokasi di Mal Central Park, Jakarta Barat, dan Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, kamu bisa membayar mulai dari Rp99.000 per orang untuk mencicipi tteokbokki dengan beragam pilihan tteok dan saus.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba berbagai side dish lain, seperti ramyeon instan dan gorengan khas Korea sepuasnya selama 60 menit.

Hanya saja, jika kamu mendatangi restoran Korea ini di akhir pekan, harganya akan sedikit berbeda, yaitu Rp119.000. Meskipun begitu, kamu bisa menikmati makanan di restoran ini dengan durasi waktu yang lebih lama. Worth the price, lah, ya.

5. Legend of Noodle

Restoran Legend of Noodle di Senopati.
Nikmati hidangan mie di Legend of Noodle. (Foto: eatandtreats)

Restoran yang sempat viral karena mendapat review dari warga TikTok ini sangat cocok untuk kamu pecinta ramyeon dan hidangan mie lainnya. Seperti namanya, restoran ini menjual berbagai menu mie khas Korea. Paling menariknya, mereka juga menjual mie dingin Korea yang jarang ditemukan di restoran lain.

Harga satu mangkuk mie yang dijual di restoran ini bisa dibilang relatif mahal, yakni mulai dari Rp65.000. Namun, porsi yang mereka sajikan cukup besar, sehingga bisa disantap untuk 2 sampai 4 orang. Jadi, pastikan kamu mengajak teman atau keluarga jika ingin mengunjungi restoran ini, ya.

Restoran mie yang autentik ini bisa kamu temui di Mal Central Park Lantai 3, tetapi kamu hanya bisa mendapat tujuh menu mie saja di outlet ini. Untuk mendapat menu yang lebih lengkap, kamu bisa pergi ke restoran di Jalan Senopati, Jakarta Selatan.

6. Subway

Subway Korea di drama Goblin
Coba sandwich khas Korea di Subway. (Foto: TvN Korea)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama ini atau kamu mungkin pernah melihat adegan para aktor dan aktris yang menyantap makanan dari restoran ini. Subway beberapa kali menjadi sponsor di drama Korea terkenal, seperti Goblin, Descendants of the Sun, dan masih banyak lagi.

Meskipun sempat dirumorkan batal membuka gerai di Indonesia beberapa tahun lalu, Subway akhirnya berhasil mewujudkan keinginan para pecinta hidangan Korea yang penasaran akan rasa sandwich yang seringkali terlihat di drama Korea ini pada tahun 2021.

Restoran ini sangat ramai diserbu pembeli saat dibuka pertama kali, tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi karena Subway sudah memiliki 17 cabang di beberapa kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. Kamu bisa mendatangi salah satu cabang yang ada di Jakarta dengan mendatangi mal berikut: Cilandak Town Square lantai 1, Pondok Indah Mal 3 lantai LG, dan fX Sudirman lantai 1.

Perlu kamu ketahui bahwa cara memesan menu di Subway cukup unik, yaitu kamu harus memilih ukuran dan jenis roti terlebih dahulu, lalu pilih menu yang kamu inginkan, pilih juga jenis sayuran yang kamu suka, dan terakhir, kamu juga bisa memilih saus favoritmu. Tenang saja, jika kamu kebingungan saat memilih, kamu bisa menanyakan rekomendasi yang paling banyak disukai orang lain.

Selain sandwich, kamu juga bisa request untuk wrap atau salad. Tentu saja, ada biaya tambahan untuk itu. Kamu bisa menambah Rp3.000 untuk wrap dan Rp17.000 untuk salad. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihatnya di website www.subway.co.id.

7. Goobne

Photos at Goobne Jakarta - Korean Restaurant in Pantai Indah Kapuk
Kunjungi restoran Shin Hari, Goobne di Jakarta. (Foto: zomato)

Siapa yang tidak tahu restoran yang viral baru-baru ini? Restoran yang kerap disebut sebagai restoran milik Shin Hari di Business Proposal kini telah dibuka di Indonesia, lebih tepatnya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan di ASHTA District 8, Jakarta Selatan.

Restoran ini menjual olahan ayam yang dimasak dengan oven, sehingga lebih sehat karena tidak menggunakan minyak. Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis bumbu yang kamu suka untuk dipadukan dengan seporsi ayam panggang yang kamu pesan.

Kamu bisa memesan menu best seller Goobne, yaitu Goobne Deep Cheese dan Goobne Fruity Soy Garlic yang memiliki rasa unik dan tak bisa kamu temui di restoran ayam lainnya. 

Satu porsi ayam panggang ini dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp149.000. Tidak hanya menu ayam, mereka juga menjual menu utama lainnya, seperti jjampong dan tteokbokki.

Jika kamu datang ke restoran ini, harus bersabar untuk menunggu karena restoran ini masih memiliki waiting list yang panjang dan proses memasak mereka yang membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi jangan datang dengan perut kosong karena kamu bisa mati kelaparan.

8. Mu Gung Hwa

Snack culture di supermarket Mu Gung Hwa
Datangi restoran sekaligus supermarket di Mu Gung Hwa. (Foto: mugunghwa)

Mu Gung Hwa adalah salah satu supermarket yang menjual berbagai produk impor Korea, mulai dari makanan dan minuman ringan, hingga makanan instan Korea.

Biasanya, orang-orang yang berkunjung ke supermarket ini adalah orang-orang yang ingin memasak hidangan Korea di rumah karena supermarket ini juga menjual berbagai bumbu khas Korea yang sulit ditemukan di supermarket lainnya.

Kamu sangat disarankan untuk memiliki budget yang lebih besar jika ingin berbelanja di supermarket ini mengingat harga produk impor yang lebih mahal dibanding produk lokal.

Selain bahan makanan, kamu juga bisa langsung membeli makanan siap saji dengan mengunjungi Mu Gung Hwa Snack Culture di lantai 2 supermarket ini. Menu yang ditawarkan tidak begitu banyak dan seperti namanya, sebagian besar menu yang dijual merupakan makanan ringan. Menu yang paling sering dipesan antara lain odeng, tteokbokki, dan kimbab. Untuk sekali makan, rata-rata pengunjung menghabiskan Rp50.000 hingga Rp100.000. 

Meskipun terdapat beberapa cabang, restoran supermarket ini dapat kamu temui di Mu Gung Hwa cabang Senopati dan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.


Itulah rekomendasi restoran yang menyajikan hidangan Korea di Jakarta. Meskipun menu yang ditawarkan oleh setiap restoran hampir sama, tetapi kamu bisa memilih restoran yang sesuai dengan isi dompetmu. Rasa makanannya mungkin tidak semirip di negara aslinya. Namun setidaknya, rekomendasi di atas cukup untuk menutup rasa penasaranmu terhadap makanan khas Korea. 

Selain itu, kamu juga jadi menambah referensi restoran agar tidak bosan makan di tempat yang itu-itu lagi. Jadi, restoran mana yang paling membuatmu tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *