December 2, 2022

8 Resep Takjil Mudah yang Dapat Memanjakan Lidahmu: No 8 Butuh Tiga Bahan Doang!

Udah memasuki bulan Ramadhan aja nih, kira-kira kalian udah nyiapin apa aja untuk bulan penuh berkah ini? Hmm ngomongin tentang puasa, pasti kalian udah gak asing lagi dengan istilah ‘ngabuburit’  yang biasanya pada waktu-waktu mendekati adzan magrib berkumandang, kalian mungkin sudah mulai mempersiapkan takjil apa yang akan kalian santap nanti dan pergi ke sekitar rumah untuk membelinya. Well, daripada mencari-cari keluar rumah, belum terkena macetnya dan belum tentu dapet, mending cobain 8 resep takjil mudah ala aku, yuk! Dijamin deh resep di bawah ini gampang banget kalian bikin di rumah xixixi

1. Sop Buah

Siapa sih yang nggak tau makanan legendaris yang satu ini? Yap, sop buah. Kayanya makanan ini wajib ada di setiap keluarga saat buka puasa tiba. Rasanya yang manis dan segar membuat waktu berbuka puasamu menjadi lebih lengkap. Yuk, simak cara bikinnya!

Bahan (3 porsi):

  1. Buah-buahan (optional)

2. 300 ml air matang

Alat:

  1. Pisau
  2. 3 gelas ukuran sedang
  3. 1 mangkuk kecil
  4. Sendok

Cara Membuat:

A. Cara Merendam Biji Selasih

  1. Masukan 1 sendok teh biji selasih ke dalam mangkuk kecil.
  2. Kemudian, tuangkan satu gelas air hangat lalu diamkan sekitar 15-20 menit atau sampai terlihat lapisan putih yang menyelimuti biji selasih.
  3. Apabila biji selasih sudah mengembang dan terlihat lapisan putih, tiriskan biji selasih dengan cara menyaringnya.

B. Cara Membuat Sop Buah

  1. Kupas mangga, apel, dan pir agar bersih dari kulitnya.
  2. Potong semua buah kecil-kecil berbentuk dadu.
  3. Selanjutnya, masukan buah ke dalam gelas dan tuangkan dua sendok makan susu kental manis, air, biji selasih, dan 3 sendok makan sirup.
  4. Setelah itu, aduk sampai rata lalu masukan es batu sesuai selera.
  5. Sop buah siap dihidangkan!

[Baca juga: Selain Es Oyen, ini 5 Es Campur di Bandung yang Seger Pisan!]

2. Pisang Ijo

Ada yang kenal sama makanan satu ini? Makanan ini sering banget dijumpai di pinggir jalan menjelang buka puasa dengan ciri khas berwarna hijau dan berasal dari Makassar.

Iya, betul! Namanya es pisang ijo!  Makanan yang satu ini biasanya sangat laku di bulan puasa hingga terkadang kita tidak kebagian. Tapi gapapa, jangan sedih kalau pisang ijo langgananmu sudah habis terjual karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah hanya dengan waktu 30 menit. Begini cara membuatnya!

Bahan (2 porsi):

A. Bahan Pisang Ijo

  1. 2 Buah pisang raja yang sudah dikukus
  2. 20 gr tepung terigu
  3. 20 gr tepung beras
  4. 2 sendok makan gula pasir
  5. 50 ml santan kara
  6. 60 ml air matang
  7. 1 tetes pasta pandan
  8. Garam secukupnya

B. Bahan Saus

  1. 30 ml santan kara
  2. 20 gr tepung beras
  3. 2 sendok makan gula pasir 
  4. ¼ sendok teh garam
  5. Daun pandan secukupnya (opsional)

C. Bahan Pelengkap

  1. Susu kental manis
  2. Sirup DHT pisang ambon  
  3. Es batu

Alat:

  1. Panci
  2. Sendok teh
  3. Wadah berukuran sedang
  4. Centong
  5. Pisau
  6. Whisk

Cara Membuat:

A. Pisang Ijo

  1. Masukan bahan-bahan kecuali pisang ke dalam wadah, aduk hingga rata menggunakan whisk.
  2. Saring adonan supaya tidak mengendap.
  3. Panaskan panci pengukus, lalu masukan adonan ke dalam loyang.
  4. Masukan loyang adonan ke dalam panci kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit dengan api sedang.
  5. Setelah adonan matang, matikan panci dan biarkan hingga dingin.
  6. Keluarkan adonan dan uleni hingga kalis.
  7. Bagi adonan menjadi 2 bagian lalu pipihkan.
  8. Taruh pisang di atas adonan yang sudah pipih lalu gulung pisang menggunakan adonan sehingga semua sisinya tertutupi.
  9. Panasi kembali panci dan kukus pisang ijo selama 10-15 menit, angkat dan tiriskan.

B. Saus

  1. Tuangkan semua bahan saus ke dalam panci.
  2. Selanjutnya masak dengan api sedang hingga bahan mengental dengan terus diaduk sampai meletup-letup.
  3. Matikan kompor dan tiriskan.

Cara Menghidangkan:

  1. Taruh pisang ijo ke dalam mangkuk, hidangkan bersama sausnya.
  2. Kemudian, tuangkan sirup DHT, susu kental manis, dan es batu sesuai selera.
  3. Es pisang ijo siap dinikmati selagi dingin!

3. Mango Milk Cheese

Kalian pecinta mangga? dan bosen makan mangga nya gitu-gitu aja? Nih aku kasih resep takjil lainnya yang mudah dan pastinya bisa banget kamu coba di rumah!

Bahan:

A. Membuat Mango Milk Cheese

  1. 200 gr mangga
  2. 35 gr keju cheddar 
  3. 100 ml susu full cream
  4. 90 ml susu kental manis
  5. Segelas air hangat
  6. 1 sdt biji selasih (opsional)

B. Memasak Agar-Agar Nutrijell

  1. 700 ml air
  2. 200 gr gula pasir
  3. 1 sachet nutrijell  varian bebas

Alat:

  1. Pisau
  2. Gelas
  3. Panci
  4. Centong
  5. Kompor
  6. Blender
  7. Mangkuk kecil
  8. Saringan
  9. Wadah berbentuk persegi panjang

Cara Membuat:

A. Merendam Biji Selasih

  1. Masukan 1 sendok teh biji selasih ke dalam mangkuk kecil.
  2. Tuangkan segelas air hangat kemudian diamkan sekitar 15-20 menit atau sampai terlihat lapisan putih yang menyelimuti biji selasih.
  3. Apabila biji selasih sudah mengembang dan terlihat lapisan putih, tiriskan biji selasih dengan cara menyaringnya.

B. Membuat Kuah Keju

  1. Tuangkan 40 ml susu full cream ke dalam blender, lalu masukan keju cheddar.
  2. Nyalakan blender dan biarkan susu dan keju tercampur rata.
  3. Tuangkan 60 ml susu full cream dan susu kental manis ke dalam blender, lalu diaduk kembali hingga rata.

C. Memasak Agar-agar Nutrijell

  1. Tuangkan air ke dalam panci, lalu masukan bubuk nutrijell dan gula.
  2. Nyalakan kompor dengan api sedang dan aduk terus sampai air campuran nutrijell mendidih.
  3. Setelah mendidih, matikan kompor dan pindahkan nutrijell ke wadah yang berukuran persegi panjang.
  4. Diamkan nutrijell hingga dingin.
  5. Setelah nutrijell dingin dan padat, potong nutrijell seperti kubus berukuran kecil.

D. Membuat Mango Milk Cheese

  1. Kupas dan potong dadu mangga berukuran kecil atau sedang.
  2. Masukan potongan mangga dan nutrijell ke dalam gelas.
  3. Tuangkan kuah keju dan masukan biji selasih ke dalam gelas.
  4. Aduk hingga tercampur rata.

Catatan: kalian bisa masukin ke dalam kulkas dulu yaa supaya lebih nikmat!

4. Silky Pudding with Yogurt

Kamu lagi pengen yang manis, lembut, dan dibalut dengan asamnya yogurt? Resep takjil ini pasti cocok dan mudah banget deh buat kamu bikin selagi nunggu adzan maghrib!

Bahan:

  1. 1 buah silky pudding.  Disini aku pakai silky pudding rasa  bubble gum dari forisa. Tapi kalau kamu punya silky pudding merek dan varian lainnya di rumahmu, kamu bisa pake itu, kok!
  2. 700 ml air
  3. 1 buah yogurt. Disini aku pakai yogurt cimory squezze varian blueberry. Kamu juga bisa pakai yogurt dari merek lain dan varian lain sesuai seleramu!  Tapi pastikan ya tekstur dari yogurt sebaiknya yang kental.
  4. Keju cheddar (opsional)

Alat:

  1. Kompor
  2. Panci berukuran sedang
  3. Sendok
  4. Centong
  5. Gelas berukuran sedang

Cara Membuat:

  1. Buka kemasan silky pudding kemudian tuangkan ke dalam panci.
  2. Tambahkan 700 ml air ke dalam panci yang berisikan bubuk silky pudding.
  3. Nyalakan kompor dengan api sedang dan terus aduk-aduk bahan sampai mendidih.
  4. Ketika telah mendidih, matikan kompor lalu tuangkan pudding ke dalam gelas yang sudah disiapkan sampai sedikit memenuhi gelas.
  5. Setelah silky pudding mulai mendingin dan mengenyal, tuangkan yogurt di atasnya sebagai toping dan keju.
  6. Silky pudding with yogurt pun sudah siap dihidangkan!

5. Bajigur

Dari tadi perasaan takjil nya yang dingin-dingin terus, yang anget anget dong, ada nggak? eitss, tenang tenang! Aku juga punya resep takjil mudah lainnya nih yang bisa bikin badanmu hangat. Simple aja, yuk kita coba!

Bahan:

  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 2-3 sdm gula merah yang sudah diiris. Disini aku pakai 4 sendok makan bubuk cinnamon sugar dari Mr. Spicy
  • 75 ml santan
  • 1 helai daun pandan
  • 150ml susu full cream
  • 2 cm jahe yang sudah digeprek

Alat:

  1. Sendok
  2. Gelas
  3. Wajan
  4. Centong

Cara Membuat:

  1. Masukan jahe yang sudah digeprek, gula merah, kayu manis (cinnamon sugar) daun pandan, santan dan susu ke dalam panci.
  2. Masak hingga mendidih.
  3. Bajigur sudah siap dinikmati selagi hangat!

6. Cocopandan Yakult Milk

Biasanya saat mendekati lebaran, kulkas kita akan dipenuhi dengan banyak sirup, salah satunya yaitu sirup cocopandan. Nah, daripada kamu bosan meminum sirup yang gitu-gitu aja *baca: air, sirup, dan es batu, mending kamu coba alternatif lain yang pastinya dapat memanjakan lidahmu!

Bahan (1 porsi):


  1. 3 sendok makan sirup cocopandan 
  2. 100 ml susu full cream
  3. 1 buah yakult
  4. 1 sdt biji selasih
  5. 2 sendok makan nata de coco 
  6. Es batu secukupnya

Alat:

  1. Gelas
  2. Sendok

Cara Membuat:

A. Merendam Biji Selasih

  1. masukan 1 sendok teh biji selasih ke dalam mangkuk kecil.
  2. Tuangkan segelas air hangat kemudian diamkan sekitar 15-20 menit atau sampai terlihat lapisan putih yang menyelimuti biji selasih.
  3. Apabila biji selasih sudah mengembang dan terlihat lapisan putih, tiriskan biji selasih dengan cara menyaringnya.

B. Membuat Cocopandan Yakult Milk

  1. Tuangkan 3 sendok makan sirup cocopandan ke dalam gelas.
  2. Masukan 2 sendok makan nata de coco.
  3. Tuangkan susu full cream dan yakult.
  4. Masukan biji selasih dan es batu secukupnya, aduk hingga rata.
  5. Cocopandan yakult milk siap dinikmati!

7. Pudding Puyo

Kalian pernah dengar makanan ‘pudding puyo’ belum nih? Pudding puyo ini adalah salah satu dessert yang disukai remaja milenial, lho!  Rasanya yang manis dan lembut membuat makanan ini cocok juga untuk dijadikan makanan berbuka puasa. Kamu pasti bakal suka dengan pudding yang satu ini karena selain rasanya yang enak, pudding puyo juga sangat mudah dibuat. Ayo intip cara membuatnya!

Bahan (4 porsi):

  1. 1 Sachet agar rasa nutrijel varian sesuai selera
  2. 900 ml susu UHT/fresh milk
  3. 1 kaleng susu kental manis

Topping:

  1. Sirup varian bebas
  2. Buah sesuai selera

Alat:

  1. Panci
  2. Centong
  3. Gelas

Cara Membuat:

  1. Masukan 1 sachet agar rasa nutrijell, susu UHT, dan susu kental manis ke dalam panci. Kemudian masak menggunakan api sedang hingga mendidih.
  2. Matikan kompor lalu tuangkan ke dalam gelas.
  3. Tunggu hingga pudding mengenyal.
  4. Tuangkan sedikit sirup kemudian taruh potongan buah di atasnya sebagai topping.
  5. Pudding puyo siap untuk disantap!

8. Orange Yakult

Hayo siapa yang seneng sama minuman susu fermentasi  yang satu ini? Yup, si kecil yakult ini juga bisa kamu jadikan resep takjil ketika berbuka puasa loh dan yang paling penting: mudah banget dibuatnya!

Bahan (1 porsi):

  1. 1 botol yakult
  2. 4 sendok makan sirup jeruk
  3. Air secukupnya
  4. Nata de coco
  5. Es batu

Alat:

  1. Gelas berukuran sedang
  2. Sendok

Cara Membuat:

  1. Masukan yakult ke dalam gelas.
  2. Tuangkan 3 sendok makan sirup jeruk.
  3. Masukan 2 sendok makan nata decoco.
  4. Masukan es batu sampai gelas berisi sedikit penuh.
  5. Lalu tambahkan air dan aduk menggunakan sendok hingga semuanya tercampur rata.

Catatankamu bisa menambakan lagi sirup jeruk bila dirasa kurang manis.

Nah itu dia 8 resep takjil ala aku. Gimana, gampang, kan? Kira-kira resep mana yang ingin kalian coba untuk berbuka puasa nanti? xixixi…  Selamat menjalankan ibadah puasa ya buat kamu semua yang menunaikan.

Penulis: Violita Zarkasih S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *