December 1, 2022

Sering Dilewatkan, Inilah 7 Manfaat Penting Melakukan Pendinginan setelah Berolahraga

Apakah kamu pernah merasa bagian tubuh tertentu kamu kaku dan sakit setelah berolahraga? Merasa lesu tetapi bukan karena kamu kelelahan setelah berolahraga? Lalu, kamu memutuskan untuk tidak berolahraga lagi. Keputusan kamu itu adalah salah. Kamu harus lihat kembali tahap-tahap berolahraga yang sudah kamu lakukan. Pasti kamu melewatkan satu tahapnya. Benarkan? Ketahuilah, ada banyak manfaat penting melakukan pendinginan setelah berolahraga. Namun, sering kamu lewatkan.

Itulah alasan mengapa bagian tubuhmu kaku dan sakit setelah olahraga. Yup, tahap yang kamu melewatkan pasti adalah pendinginan. Apakah kamu melakukan pendinginan setelah berolahraga? Satu tahap ini banyak dilewatkan oleh banyak orang, lho. Padahal pendinginan sama pentingnya seperti pemanasan. Melakukan pendinginansetelah berolahraga juga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kamu.

Mengapa harus melakukan pendinginan?

Dampak buruk yang biasanya terjadinya jika kamu melewatkan tahap pendinginan. Dampak tersebut seperti kepala menjadi pusing dan mata berkunang-kunang. Setelah berolahraga, banyak orang yang langsung mencari minuman yang segar. Lalu, segera membersihkan keringatnya. Alhasil, manfaat pendinginan setelah berolahraga tidak kamu dapatkan dengan cepat. Bahkan tidak kamu terima sama sekali. Sayang sekali…

Aku pernah tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga. Hasilnya, aku merasa pusing, pandangan menjadi gelap, mual, bahkan aku hampir saja pingsan. Selain pusing juga, keesokan harinya setelah bangun tidur di pagi hari, tangan dan kaki menjadi kaku dan sakit untuk digerakan. Itulah pengalamanku karena aku tidak melakukan pendinginan. Jangan ditiru ya…

Jacqueline Crockford, DHSc, Health and Fitness Expert, mengatakan bahwa melewatkan tahap pendinginan akan menyebabkan hal-hal yang membahayakan bagi tubuh. Kesehatan tubuh bagian dalam lebih tepatnya. Saat berolahraga, jantung dan darah kita akan berpacu lebih cepat dari biasanya. Jika kamu tidak melakukan pendinginan setelahnya, potensi kamu terkena serangan jantung cukup besar dan darah juga akan mengalami penggumpalan. Akhirnya itu bisa berakibat sangat fatal untuk kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian juga.

Mengetahui itu semua, pendinginan bukanlah hal yang sepele yang bisa kamu lewatkan dengan mudah. Tujuan dari melakukan pendinginan adalah untuk menetralkan dan menormalkan kondisi tubuh kita setelah berolahraga. Karena setelah berolahraga, tubuh kita harus kembali ke kondisi tubuh normal. Selain itu, ada banyak juga manfaat dari melakukan pendinginan yang akan kamu dapatkan. Maka dari itu, pendinginan sangat peting untuk dilakukan.


Adanya aturan melakukan pendinginan setelah olahraga bukanlah tanpa sebab. Tentu saja ada manfaat yang akan dihasilkan jika kita melakukan pendinginan setelah berolahraga. Perhatikanlah manfat-manfaat penting dari melakukan pendinginan.


Membantu menormalkan kondisi tubuh setelah olahraga

Ketika berolahraga, kondisi tubuh kamu akan meningkat lebih cepat dari biasanya. Suhu tubuh yang meningkat, detak jantung yang berdetak lebih cepat, dan gerakan tubuh kamu juga pasti akan meningkat dari biasanya.

Setelah kondisi yang seperti itu, tubuh kamu sangat membutuhkan pendinginan untuk mengembalikan kondisi tubuh kamu kembali seperti semula. Manfaat melakukan pendinginan setelah berolahraga adalah tubuh kamu yang sangat lelah akan kembali seperti sebelum berolahraga, bahkan menjadi lebih fresh

Saat melakukan pendinginan suhu tubuh, detak jantung, dan intensitas tubuh kamu bergerak akan semakin menurun ke keadaan yang normal. Jika kamu tidak melakukan pendinginan, tubuh kamu akan lama untuk kembali normal. Selain itu, disertai juga dengan pusing dikepala, mata yang tidak fokus, bahkan kamu bisa pingsan.

Mencegah mengalami cedera

Otot-otot kamu saat berolahraga akan mengalami pengencangan. Bagian tubuh seperti kaki dan tangan akan banyak bergerak. Maka dari itu, otot-ototnya juga akan mengeluarkan tenaga lebih banyak. Setelah kondisi yang seperti itu, kamu membutuhkan pendinginan untuk menormalkan semuanya. Lakukan peregangan secara perlahan dan bertahap, agar otot-otot kamu kembali ke kondisi semula. Itu adalah salah satu manfaat lain dari pendinginan setelah berolahraga.

Dampak jika kamu melewatkan tahap pendinginan adalah bagian tubuh seperti kaki dan tangan akan terasa sakit dan kaku. Seperti yang aku alami. Hal tersebut disebabkan karena kondisi otot kamu tidak menurun dengan tepat. Yang lebih parah lagi, kamu akan mengalami cedera yang serius pada otot. Proses penyembuhan jika kamu mengalami cedera pada otot akan menyakitkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Memperbaiki sendi-sendi

Maksud dari manfaat daru pendinginan setelah berolahraga ini adalah ketika kamu berolahraga, sendi-sendi kamu menegang sebagai bentuk respon saat kamu berolahraga. Yup benar, saat berolahraga, otot-otot dan sendi-dendi kamu yang akan banyak bekerja. Sendi-sendi yang ada didalam tubuh kamu dibantu oleh otot-otot untuk memberikanmu tenaga untuk melakukan olahraga. Saat kamu sedang tidak berolahraga, tubuh kamu tidak terlalu membutuhkan otot bersama sendi.

Maka dari itu, pendinginan dibutuhkan untuk melepaskan otot-otot tersebut dari sendi. Selain itu, melonggarkan kerja sendi kamu setelah berolahraga. Jika kamu melakukan pendinginan dengan benar setelah berolahraga, maka kamu akan terhindar dari masalah nyeri sendi dan otot.

Mencegah mengalami kram

Kram merupakan salah satu akibat yang sering dialami oleh banyak orang ketika mereka tidak melakukan pendinginan. Kram merupakan kondisi dimana otot-otot kita mengencang secara tiba-tiba. Itu adalah seperti respon dari otot-otot kamu karena sikap kamu yang melewatkan pendinginan.

Melihat kembali pada tujuan pendinginan, jika pendinginan dilakukan untuk menormalkan kembali otot-otot kita yang sudah kita gunakan saat berolahraga. Untuk menormalkannya harus dilakukan secara benar dan bertahap. Itu adalah salah satu manfaat lain dari pendinginan setelah berolahraga.

Bayangkan saja, kamu yang meminta otot-otot kamu untuk membantu kamu berolahraga dan mereka akan dengan cepat merespon itu. Namun, ketika kamu sudah selesai berolahraga, kamu tidak berterima kasih pada mereka dengan cara mengembalikan kondisi mereka seperti sebelumya. Sebagai gambaran, kram adalah bentuk marahnya mereka karena kamu bertindak seenaknya pada mereka.

Mengurangi Stress

Gerakan pendinginan biasanya dilakukan dengan pelan dan rileks. Pada proses itu tubuh kamu akan terasa lebih ringan dan tenang. Hal ini sama dampaknya seperti kamu  melakukan yoga dan meditasi. Ketika melakukan pendinginan, pikiran dan hati kita akan lebih tenang seiring dengan nafas yang sudah kamu atur sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana tersebut.

Hal tersebut jika kamu lakukan, dapat meringankan beban kamu dan mengurangi rasa stress yang sedang kamu alami. Melakukan pendinginan selain baik untuk kesehatan fisik, baik juga untuk kesehatan mental. Setelah melakukan pendinginan, kita akan lebih segar, ringan, dan seperti hidup kembali.

Mengurangi rasa lelah

Berolahraga tentu saja melelahkan. Apalagi jika kamu melakukan olahraga inti yang cukup berat, seperti sepak bola, berlari dengan jarak yang cukup jauh, dan olahraga berat lainnya. Sebenarnya, apapun jenis olahraganya mau itu berat atau ringan, kamu harus tetap melakukan pendinginan. Namun, menurutku jika kamu melakukan olahraga inti yang cukup berat, tolong lakukan pedinginan sesudahnya.

Faktanya, orang-orang yang setelah melakukan olahraga intinya cukup berat, mereka lebih memilih untuk cepat-cepat mencari minuman yang segar dan pergi untuk membersihkan keringatnya. Itu sangat tidak baik.

Gerakan pendinginan sangatlah mudah dan dilakukan dengan santai. Selama kamu melakukan pendinginan, aturlah nafas kamu hingga mencipkatan suasana yang tenang dan damai. Seiring berjalannya waktu dan banyak gerakan pendinginan yang kamu lakukan, maka rasa lelah setelah melakukan olahraga akan berkurang dan hilang dari tubuh kamu. Ini juga salah satu manfaat lain dari pendinginan setelah berolahraga yang akan kamu rasakan.

Meningkatkan suasana hati

Ini adalah salah satu perasaan yang banyak orang tidak sadari. Pendinginan selain dapat mengurangi stress dan rasa lelah, juga bisa meningkatkan suasana hati kamu menjadi lebih baik. Kamu akan berfikir dan merasakan bahwa kegiatan olahraga kamu ini, dari pemasanan hingga pendinginan membuat kamu lebih bahagia dan terasa dampak positifnya. Ini merupakan manfaat dari melakukan pendingan setelah olahraga yang banyak orang tidak ketahui.

Jika kamu melakukan pemanasan, olahraga inti, dan pendinginan dengan benar, pasti setelah rangkaian itu kamu akan berfikir kamu tidak sia-sia melakukan olahraga. Ketika suasana hati kamu menjadi lebih baik, dampak lain yang akan kamu rasakan adalah kamu menjadi lebih bersemangat melakukan aktifitas kamu yang lainnya. Percayalah. Setelah kamu berolahraga, coba rasakan dampak baik yang kamu terima.


Jika diperhatikan, manfaat-manfaat melakukan pendinginan setelah berolahraga adalah manfaat yang sangat penting dan berpengaruh untuk kesehatan tubuh bagian dalam, luar dan mental kamu. Tapi, banyak orang lebih memilih untuk mengabaikan manfaat-manfaat tersebut. Melakukan pendinginan bukan hal yang sulit untuk dilakukan sebenarnya. Yang kita butuhkan hanya tambahan waktu saja dan kesadaran. Kesadaran akan pentingnya pendinginanan. Sangat jarang orang yang memiliki kesadaran itu.

Tidak melakukan pendinginan setelah olahraga, seperti kamu setelah makan tidak minum. Kamu akan merasa kering di tenggorokan dan mulut, dan juga makanan akan lama sampai ke pencernaan. Makanan akan terhambat selama perjalanan menuju pencernaan kamu. Minum juga sebagai tanda bahwa aktifitas makan kamu sudah selesai. Begitu juga dengan pendinginan, pendinginan menandakan aktifitas olahraga kamu sudah selesai.

Cara mudah melakukan pendinginan

Sebenarnya, tidak ada yang sulit dalam gerakan pendinginan. Bahkan melakukan pendinginan bisa dilakukan sambil duduk. Contohnya, kamu bisa meregangkan otot-otot kamu dengan cara menggerakkan kaki dengan pelan sambil mengatur pola nafas. Lakukan hal yang sama pada tangan, kepala, dan juga bagian tubuh lain yang sekiranya banyak kamu gerakan selama kamu berolahraga. 

Selain itu, ada cara alternatif lain jika mau tidak mau melakukan gerakan pendinginan. Contohnya, kamu bisa juga melakukan yoga dengan gerakan yang ringan atau melakukan meditasi. Intinya adalah jangan sampai tubuh kamu langsung diam setelah berolahraga. Lakukan gerakan-gerakan yang membuat tubuhmu rileks dan stabil. Jadi, tidak ada alasan lagi kamu melewatkan pendinginan. Lihatlah, tidak ada alasan lagi kamu melewatkan tahap pendinginan pada aktifitas olahraga kamu.


Jadi, mengapa harus melakukan pendinginan?

Pendinginan adalah hal yang penting yang harus dilakukan setelah berolahraga. Apapun jenis olahraga yang sudah kamu lakukan, kamu harus tetap melakukan pendinginan. Jangan berpikir karena pendinginan adalah hal yang mudah dan kondisi tubuh kamu akan normal kembali dengan sendirinya, kamu melewatkan tahap ini begitu saja. Itu sangat tidak baik.

Ada banyak manfaat dari pendinginan seperti yang sudah dijelasakan diatas yang akan berdamapak baik pada tubuh kamu. Jika memiliki banyak manfaat baik, tentu saja banyak juga dampak buruk bagi kesehatan kamu jika kamu melewatkan pendinginan pada proses aktifitas olahraga kamu.

Lakukanlah pendinginan setelah olahraga dengan benar. Proses olahraga kamu akan sempurna dan semua dampak baik dari kamu berolahraga akan sangat amat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu secara fisik dan mental kamu. Ayo lakukan tahap-tahap ini dengan benar. Pemanasan – olahraga inti – pendinginan. Jangan ada yang dilewatkan lagi, yaa.


References

Atmoko, E. Y. (2021, Juni 16). Tujuan Penting Melakukan Pendinginan Setelah Berolahraga. Retrieved April 20, 2022, from kompas.com: https://www.kompas.com/sports/read/2021/06/16/15450068/tujuan-penting-melakukan-pendinginan-setelah-berolahraga

Fiona, D. (2021, Oktober 7). 9 Manfaat Pendingian Setelah olahraga dan contoh gerakannya. Retrieved April 20, 2022, from Orami.co.id: https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-pendinginan-setelah-olahraga/

Nurul. (2021, Oktober 15). Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga. Retrieved April 20, 2022, from Daya.id: https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/aktivitas-sehat/penjelasan-5-manfaat-pendinginan-setelah-berolahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *