December 2, 2022

7 Manfaat Dari Meminum Air Putih

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Biasanya Anda disarankan untuk minum 8 gelas atau sekitar 8ons air per hari . Ada sedikit ilmu di balik aturan khusus ini, tetapi menjaga hidrasi itu tetaplah penting.

Tingkat hidrasi setiap orang berbeda-beda, tetapi jumlah standar yang harus dicapai adalah 64 ons sehari.

Anda mungkin pernah melihat seseorang membawa sekitar satu setengah liter air di gym, sekolah, atau tempat kerja sebelumnya. Dan tentu, Anda memahami pentingnya tetap terhidrasi, tetapi apakah minum 3,5 liter air sehari benar-benar diperlukan?

Tubuh Anda sangat efisien dan akan memberi tahu Anda saat Anda merasa haus. Tiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda berdasarkan berat badan, tingkat aktivitas, seberapa banyak mereka berkeringat, seberapa panas suhu diluar, obat apa yang mereka konsumsi dan apa yang mereka makan.

Berikut adalah tujuh manfaat kesehatan dari minum banyak air adalah:

1. Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Hidrasi yang tidak memadai dapat menurunkan kebugaran fisik.

Anda membutuhkan air hingga ke tingkat sel agar sel-sel Anda dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Sel-sel Anda menjalankan peran penting . Mulai dari pertumbuhan rambut hingga penyembuhan luka hingga menyeimbangkan hormon Anda. Air juga penting agar organ tubuh Anda bekerja dengan baik.

Ini sangat penting ketika Anda berolahraga keras atau ketika suhu di luar sangat tinggi. Tetap terhidrasi dapat memiliki dampak yang signifikan jika Anda kehilangan setidaknya 2% dari kadar air tubuh Anda.

Air juga dapat membantu suhu tubuh internal Anda menyesuaikan dengan suhu eksternal di sekitar Anda. Saat Anda kepanasan, tubuh Anda tahu bahwa berkeringat untuk mendinginkan Anda.

Namun, tidak jarang atlet kehilangan hingga 6-10% air dari keringat . Hal ini dapat menyebabkan perubahan kontrol suhu, penurunan motivasi, dan peningkatan kelelahan. Ini juga dapat membuat pelatihan anda secara signifikan lebih sulit, baik secara fisik maupun mental.

Hidrasi optimal telah terbukti mencegah hal ini dan bahkan mengurangi stres oksidatif yang terjadi selama latihan intensitas tinggi. Ini tidak mengherankan karena otot tubuh Anda mengandung sekitar 8% air.


2. Sangat mempengaruhi tingkat energi dan fungsi otak

Dehidrasi membuat Anda lelah dan bahkan bisa membuat Anda mual. (Pernah bangun di pagi hari dengan perasaan tidak enak? Kemungkinan karena anda kekurangan air.) Air membantu darah dan oksigen mengalir lebih bebas ke organ Anda, membuat Anda merasa lebih cekatan dan berenergi.

Otak Anda sangat dipengaruhi oleh status hidrasi Anda. Studi menunjukkan bahwa bahkan dehidrasi ringan, seperti kehilangan 13% dari berat badan, dapat merusak banyak aspek fungsi otak.

Dalam sebuah penelitian terhadap wanita muda , para peneliti menemukan bahwa 1,4% dehidrasi setelah olahraga memengaruhi suasana hati dan konsentrasi.

Ini juga meningkatkan frekuensi sakit kepala. Banyak anggota tim peneliti yang bekerjasama melakukan penelitian serupa pada pria muda.

Mereka menemukan bahwa 1,6% dehidrasi mengganggu memori kerja dan meningkatkan kecemasan . Banyak penelitian lain dari anak-anak hingga orang tua telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat mempengaruhi suasana hati, memori, dan fungsi otak.


3. Dapat membantu mencegah dan mengobati sakit kepala

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Studi menunjukkan bahwa sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air putih dapat membantu meredakan sakit kepala pada individu yang sering menderita sakit kepala.

Sebuah penelitian terhadap 102 pria menemukan bahwa minum 1,5 liter air per hari secara signifikan meningkatkan kualitas hidup pada penderita penyakit spesifik seperti migrain.

4. Dapat meredakan sembelit

Sembelit adalah masalah umum yang ditandai dengan buang air besar yang tidak teratur dan kesulitan buang air besar.

Cairan di usus Anda membantu membersihkan tubuh Anda dari limbah padat yang terdapat didalam usus. Bukankah itu jauh lebih nyaman ketika semuanya teratur?

Peningkatan asupan air sering direkomendasikan sebagai bagian dari protokol pengobatan, dan ada beberapa bukti yang mendukung hal ini.

Konsumsi air yang rendah merupakan faktor risiko sembelit pada orang tua dan anak muda.

Peningkatan asupan air membantu mengurangi sembelit. Air mineral adalah minuman yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita sembelit.

Studi menunjukkan bahwa air mineral yang kaya magnesium dan natrium meningkatkan frekuensi dan konsistensi buang air besar pada orang dengan sembelit.


5. Dapat meredakan sembelit

Batu saluran kandung kemih adalah gumpalan kristal mineral yang menyakitkan yang terbentuk di sistem saluran kemih.

Ada bukti bahwa air minum dapat membantu mencegah kekambuhan pada orang yang sebelumnya memiliki batu ginjal. Meningkatkan asupan cairan Anda dapat meningkatkan jumlah urin yang melewati ginjal Anda.

Dalam hal ini mencairkan konsentrasi mineral dan mengurangi kemungkinan mengkristal untuk membentuk aglomerat.

Air juga dapat membantu mencegah pembentukan batu dalam ginjal, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.


6. Membantu mencegah hangover

Hangover adalah gejala tidak menyenangkan yang muncul setelah minum alkohol dalam jumlah besar.

Alkohol adalah diuretik dan karena itu kita akan kehilangan lebih banyak air daripada yang dikonsumsi.

Dehidrasi bukanlah penyebab utama dari hangover, tetapi dapat menyebabkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala, dan mulut kering.

Cara yang baik untuk mengurangi hangover adalah dengan meminum segelas air di antara minuman beralkohol dan minum setidaknya satu gelas air sebelum tidur.


7. Membantu anda menurunkan berat badan.

Sering kali kita bingung akan rasa haus dengan rasa lapar atau mengidam makanan. Jika Anda merasa lapar, minumlah segelas air dan tunggu beberapa menit. Anda mungkin menemukan bahwa keinginan itu telah berlalu karena Anda sebenarnya hanya haus. Air juga dapat mengatur rasa lapar dan haus Anda sepanjang hari. Itu akan membantu Anda memilih makanan yang lebih cerdas dan lebih sehat.

Ini karena air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme Anda.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan sedikit meningkatkan metabolisme.

Ini dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari.

Minum air setengah jam sebelum makan adalah yang paling efektif. Dikarenakan hal itu dapat membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga Anda makan lebih sedikit kalori.


Tips untuk minum lebih banyak air sepanjang hari

Jika Anda berkomitmen untuk minum lebih banyak air, tetapi belum siap untuk menerima meminum air sebanyak 3,5liter sehari dan mempertimbangkan untuk menambah asupan air dalam tubuh Anda.

Berikut cara minum lebih banyak air sepanjang hari:

  • Pilih botol air yang Anda sukai dan selalu bawa barang tersebut kemana pun anda pergi.

Letakkan botol air atau segelas air disekitar anda. Memiliki pengingat visual yang konstan untuk minum sepanjang hari juga dapat membantu Anda. Jika Anda bertujuan untuk mendapatkan 64 ons dan botol Anda menampung 32 ons, tetapkan tujuan untuk menyelesaikan satu botol pada siang hari setiap hari. Beberapa botol bahkan memiliki indikator waktu untuk memotivasi Anda mendapatkan begitu banyak ons pada waktu tertentu – atau apapun yang cocok dengan karakter anda!

  • Minumlah segelas air setelah setiap Anda pergi istirahat ke kamar mandi sewaktu anda bekerja.

Setiap kali Anda pergi untuk menggunakan kamar mandi (atau pergi untuk mengambil camilan atau peregangan dalam hal ini), minumlah segelas air. Tidak hanya sering beristirahat baik untuk kesehatan mental dan postur Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakan waktu istirahat ini sebagai cara untuk menyehatkan tubuh Anda dengan meminum lebih banyak air.

  • Tambahkan buah atau perisa air.

Idealnya, minuman terbaik adalah air putih biasa. Tetapi jika itu tidak berhasil untuk Anda, coba tambahkan buah segar atau penambah rasa air (biasanya ditemukan dalam bentuk tablet, cair atau bubuk). Pastikan itu hanya berjumlah sekitar lima kalori atau kurang per porsi dan baca labelnya untuk memeriksa ada zat kafein. Air berkarbonasi biasa juga diperhitungkan dalam asupan harian Anda jika itu yang Anda inginkan.

  • Minumlah segelas air sebelum setiap makan.

Aturan ini sering direkomendasikan bagi mereka yang memperhatikan berat badan mereka, terutama dalam membantu meringankan rasa lapar atau menghindari makan berlebihan. Hal ini umum untuk menghilangkan rasa haus dengan rasa lapar, jadi luangkan waktu sejenak untuk minum sebelum makan, ini dapat membantu menentukan dengan lebih baik apakah Anda benar-benar lapar atau hanya haus. Bonus – bahkan jika Anda merasa lapar dan sudah waktunya makan, Anda hanya perlu meminum segelas air lagi!

  • Gunakan aplikasi atau gunakan bantuan dari teknologi yang ada.

Jika Anda memiliki speaker pintar, mintalah untuk mengingatkan Anda untuk meminum air sepanjang hari. Atau unduh aplikasi yang dapat berdering atau berkedip untuk mengingatkan Anda untuk minum. Anda juga dapat mengatur alarm setiap 30 menit untuk mengingatkan Anda meminum segelas air.


Kesimpulannya adalah sebagai berikut:

Tingkat hidrasi setiap orang berbeda-beda, tetapi jumlah standar yang harus dicapai adalah 64 ons sehari.

Tingkat aktivitas Anda, lokasi Anda, metabolisme Anda, dan berat badan Anda semuanya harus dipertimbangkan. Beberapa orang secara alami membutuhkan lebih banyak air dari itu, sementara yang lain hanya butuh sedikit lebih sedikit.

Bahkan dehidrasi ringan dapat memiliki konsekuensi mental dan fisik.

Anda bahkan mungkin memperhatikan bahwa tubuh Anda akan mulai mendambakan lebih banyak air semakin banyak Anda minum. Fokus saja pada minum air putih terus menerus sepanjang hari daripada menghabiskan semuanya di malam hari. Kandung kemih Anda akan berterima kasih terhadap anda dengan kebiasaan ini.

Pastikan Anda minum cukup air setiap hari. Jumlah minimum air yang Anda minum setiap hari adalah 1,9 liter. Ini adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

One thought on “7 Manfaat Dari Meminum Air Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *