December 3, 2022

5 Tempat Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Main Ke Tangerang

Merasa penat dengan keseharian di kota besar, tapi gak punya waktu banyak untuk mengunjungi wisata alam yang jauh dari kota? Tempat wisata di Tangerang berikut ini bisa jadi solusi untuk kamu yang bosan dengan suasana kota besar.

Oleh: Muhammad Ilham Putra Pribadi


Banyak dari kita yang hanya tahu soal kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Namun, daerah disekitarnya cukup jarang diketahui orang, bahkan tidak diketahui sama sekali. Padahal, banyak dari wilayah tersebut menjadi tempat yang memiliki keunikannya sendiri maupun memiliki hal penting seperti tempat bersejarah. Salah satu daerah tersebut adalah Tangerang.

Tangerang adalah daerah yang tepat berada di barat Jakarta. Daerah ini dikenal dengan wilayah industrinya yang berada di utara. Oleh sebab itu, daerah ini sering disebut sebagai kota industri karena banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri di sepanjang jalan penghubung Tangerang-Jakarta, Jalan Daan Mogot.

Selain sebagai daerah industri, Tangerang juga dikenal sebagai wilayah suburban yang cocok menjadi pilihan tempat tinggal. Lokasinya yang berdekatan dengan Ibukota Jakarta, serta akses jalan yang memudahkan pergi kemana-mana menjadikan wilayah Tangerang ini tempat yang strategis dan cocok sebagai tempat tinggal. Hal ini terbukti dari banyaknya wilayah perumahan modern yang berlokasi di Selatan Tangerang.

Terlepas dari kedua hal tersebut, Tangerang kini merupakan tempat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi dari Jakarta. Pesona Tangerang yang kini menunjukkan citra kota modern dan bersih memberikan kesan menarik untuk dijelajahi. Perkembangan industri dan usaha di masa ini turut mendukung perkembangan wilayah Tangerang ini. Banyaknya usaha-usaha seperti kafe dan tempat makan baru yang menawarkan berbagai tema yang menarik sebagai tempat wisata.

Banyaknya pilihan tempat di Tangerang ini tentu menyulitkan kamu untuk menentukan mana yang harus kamu datangi. Oleh karena itu, dibawah ini adalah tempat-tempat yang gak boleh kamu lewatin kalo datang ke Tangerang.

Kawasan Kuliner Pasar Lama

Suasana kuliner malam Pasar Lama yang menjadi tempat wisata populer di Tangerang

Kawasan kuliner Pasar Lama merupakan tempat wisata kuliner paling populer untuk dikunjungi di Tangerang. Tempat ini juga lebih dikenal dengan sebutan wisata kuliner malam atau biasa disingkat Paslam. Sebutan Paslam ini diambil dari singkatan nama pasar yang sudah lama berdiri di dekat area kuliner ini. Paslam menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk menikmati berbagai jajanan pasar dan street food yang murah dan enak.

Akses jalan ke daerah Paslam ini juga terbilang strategis. Hanya berjarak beberapa puluh meter dari stasiun Tangerang yang menghubungkan Tangerang dengan Jakarta, membuat Paslam menjadi destinasi wisata yang pas ketika berkunjung menggunakan KRL.

Paslam menyediakan berbagai macam pilihan jajanan, mulai dari jajanan pasar tradisional hingga street food yang populer. Selain banyaknya macam jajanan yang tersedia disini, harga yang murah dan rasa yang enak adalah alasan utama orang-orang mengunjungi tempat ini. Ditambah dengan nuansa lampu yang gemerlap membuat Paslam juga menjadi spot foto yang instagramable, cocok sekali untuk memperindah feeds sosial media kamu.

Wisata kuliner malam Pasar Lama mulai beroprasi pukul 14.00 WIB dan tutup pukul 23.00 WIB. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitar jam 17.00 hingga jam 19.00. Hal ini dikarenakan beberapa kedai jajanan cenderung baru buka saat sore menjelang maghrib.

Kalau kamu yang tertarik untuk mengunjungi Paslam, sangat disarankan untuk membawa kipas tangan karena akan gerah sekali. Selain itu, jangan lupa selalu jaga barang bawaanmu dan berhati-hati di keramaian.

Taman Gajah Tunggal

Patung Gajah yang terbuat dari ban bekas menjadi tempat favorit wisata penduduk

Meski Kota Tangerang merupakan Kawasan industri, tapi Tangerang juga memiliki puluhan area hijau yang segar dan menarik. Salah satu dari area hijau itu adalah Taman Gajah Tunggal yang memiliki nuansa taman yang unik.

Taman Gajah Tunggal ini terletak di pusat kota Tangerang, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan memberikan suasana taman yang menyejukkan, cocok sekali untuk cuaca Tangerang yang terkenal terik. Lokasinya yang berada di bantaran sungai Cisadane juga cocok untuk berfoto-foto dengan ditemani berbagai tanaman dan pemandangan Jembatan Merah yang berdiri kokoh.

Taman Gajah Tunggal memiliki tema yang unik, yaitu ornamen taman yang terbuat dari ban bekas seperti patung gajah di pintu masuk, dan berbagai wahana taman. Hal ini dikarenakan Taman Gajah Tunggal adalah buah kontribusi dari PT. Gajah Tunggal Tbk., perusahaan internasional yang berfokus pada produksi ban, yang ada di Kota Tangerang.

Fasilitas yang ada di Taman ini cukup lengkap, mulai dari mushola, area olahraga, ampiteater, wahana bermain anak, food court, hingga area parkir. Taman ini sangat cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu nersama keluarga dan teman atau sekedar bersantai menikmati hari.

Taman ini beroprasi 24 jam. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya masuk, hanya perlu membayar jasa parkir jika membawa kendaraan Pribadi. Akses ke tempat ini juga sangat mudah karena banyak angkutan umum yang melewati taman ini. Ditambah lagi, Taman ini cukup dekat dengan stasiun Tangerang. Untuk kamu yang ingin menyejukkan badan, kamu juga bisa pergi ke TangCity Mall yang terletak di seberang Taman ini.

Masjid Raya Al-A’zhom

Jalan-jalan di Tangerang kurang lengkap kalau gak berkunjung ke salah satu ikon kota Tangerang, yaitu Masjid Raya Al-A’zhom. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Tangerang dan menjadi ikon dari kota Tangerang itu sendiri. Tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit dari peziarah baik dari dalam maupun luar kota.

Keunikan dari Masjid ini tentu dapat dilihat dari penampilannya yang berwarna pirus dan berkubah lima. Masjid ini diklaim sebagai masjid yang memiliki kubah terbesar di dunia dengan konstruksi kubah yang berdiameter 63 meter. Selain itu Masjid ini didesain menyerupai benteng seperti julukan kota Tangerang yaitu kota benteng.

Masjid yang berletak di Jalan Satria – Sudirman ini mulai beroprasi pukul 4.30 sampai pukul 19.30 setiap hari. Letaknya yang berada di pusat pemerintahan membuat akses menuju tempat ini mudah dicapai. Banyak angkutan umum yang lalu Lalang di sekitar jalan dekat masjid ini.

Area bangunan masjid ini cukup luas dapat menampung hingga 15.000 jama’ah serta area parkir seluas 14.000 m2. Selain itu, terdapat food court yang menyediakan berbagai macam kuliner serta Taman untuk bersantai, melengkapi fasilitas dari tempat ini.

BEZ Walk Gading Serpong

Setelah berpergian keliling Kota Tangerang menikmati ciri khas kota Tangerang, tidak ada salahnya untuk menikmati destinasi wisata modern di Tangerang. Untuk kamu yang suka tempat estetik untuk berfoto-foto dan bergaya atau sekedar hangout dengan teman atau keluarga, Bez Walk adalah tempat yang cocok untuk kamu.

Bez Walk adalah area komersial dan kuliner yang mengambil tema the longest pedestrian walk lifestyle destination. Tempat ini merupakan inovasi dari Paramount Land Gading Serpong dalam membuat area belanja dan kuliner yang digemari oleh anak muda. Desain bangunan yang modern memberikan kesan estetik disertai tata letak tempat yang membuat tempat ini semakin instagramable.

Tempat ini berlokasi di Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, menyediakan area bisnis modern yang terlihat modern. Berdekatan dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membuat Bez Walk menjadi destinasi tempat hangout untuk kamu.

Bez Walk mulai beroprasi pada jam 9.00 di hari kerja dan jam 7.00 saat weekend, dan tutup di jam 21.00. Untuk menikmati Bez Walk ini hanya cukup dengan membayar jasa parkir bila kamu membawa kendaraan Pribadi. Fasilitas yang dapat kamu nikmati disini cukup lengkap dengan area parkir yang luas, berbagai macam restoran, tempat belanja, dan hotel yang berada dekat tempat ini.

Indonesian Convention Exhibition

Destinasi terakhir di list ini yang wajib kamu datangi adalah Indonesian Convention Exhibition BSD City. Tempat dibangun oleh PT. Indonesia International Expo yang merupakan perusahaan gabungan dari Kompas Gramedia dengan Sinarmas Land dalam membangun gedung konvensi dan pameran. Tempat ini terletak di Jalan BSD Grand Boulevard Raya, Kabupaten Tangerang.

Indonesian Convention Exhibition, atau yang disingkat ICE, merupakan salah satu gedung konvensi dan pameran terbesar di Asia Tenggara. Di resmikan pada 4 Agustus, 2016, ICE memiliki luas total mencapai 220.000 m2 dengan 10 ruang pameran, 4 ruang aula, dan 29 ruang pertemuan.

Alasan tempat ini masuk ke dalam list karena banyak acara seperti pameran, bazar, dan konser yang diselenggarakan di tempat ini. Sudah banyak acara besar yang diselenggarakan di tempat ini sehingga mampu menjadikan ICE sebagai destinasi wisata di Tangerang.

Fasilitas yang disediakan di ICE ini terbilang lengkap. Area lapangan parkir dan basement yang luas, toilet di banyak bagian gedung, berbagai ruangan khusus yang disebutkan di atas, dan hotel melengkapi fasilitas di tempat ini. ICE mulai beroprasi pada jam 8.30 sampai jam 17.30, dan tutup saat weekend.

Untuk akses menuju ICE masih terbilang cukup sulit tanpa kendaraan Pribadi. Hal ini karena tidak ada transportasi umum yang beroprasi di sekitar tempat ini. Selain itu, kamu bisa cek di website ICE untuk melihat acara apa yang akan diselenggarakan disana yang mungkin kamu tertarik untuk kunjungi.


Itu lah beberapa destinasi yang harus kamu datangi jika berkunjung ke Tangerang. Perlu dipahami bahwa Tangerang merupakan wilayah suburban yang dikelilingi oleh wilayah industri. Ada banyak sekali destinasi wisata lainnya di Tangerang yang menarik untuk di kunjungi, namun tempat wisata di atas merupakan sekian dari banyaknya wisata yang memang populer di kalangan anak muda seperti kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *