December 3, 2022

5 Moisturizer Lokal Yang Mengandung Ceramide

5 Moisturizer Lokal yang Mengandung Ceramide_Photo by Shafira Nur Azizah

Kamu punya kulit yang sensitif? Sangat kering hingga memicu beragam masalah kulit untuk datang? If so, moisturizer yang mengandung ceramide can be the key!

If you ask any dermatologist about ceramideyou definitely will hear a lot of praises tentang kandungan skincare yang satu ini. Ceramide menjadi salah satu kandungan skincare yang paling populer akhir-akhir ini, and itu pun bukannya tanpa alasan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu memasukkan ceramide ke dalam rangkaian perawatan wajahmu. Terutama sebagai moisturizer.

However, ada satu fakta penting yang harus diperhatikan. Dermatolog itu tidak akan melewatkan fakta bahwa ceramide itu sudah ada secara alami di kulit kita.

Dari situ mungkin kamu mulai bingung.

Kalau tubuh kita sudah menghasilkan ceramide secara alami, kenapa kita masih perlu menambahkannya ke dalam skincare kita?

Mau tahu alasannya? Kami punya jawabannya di bawah ini. Dari penjelasan langsung dari ahli, kami akan menjabarkan hal-hal yang perlu kamu tahu tentang ceramide. Mulai dari apa itu ceramide, manfaat dan cara penggunaannya, sampai rekomendasi moisturizer lokal yang memiliki kandungan ceramide di dalamnya. Simak di bawah ini untuk membuat kulit kamu menjadi sehat dan bercahaya.

Apa itu Ceramide?

According to Melissa K. Levin, dermatolog tersertifikasi yang merupakan pendiri dari Entière Dermatology, ceramide berasal dari keluarga lemak dan lipid yang kompleks. Cara terbaik untuk memahami ceramide bekerja adalah dengan analogi batu bata dan semen. Mulailah dengan membayangkan stratum corneum kita (lapisan terluar epidermis) terbuat dari dua bahan tersebut.

Essentially, sel-sel kulit adalah batu bata, lalu lipid dan lemak yang terletak diantaranya kita sebut sebagai campuran semen,”

Melissa Kanchanapoomi Levin

Mirip seperti tumpukkan batu bata yang tidak bisa melindungi secara optimal tanpa campuran semen, and so is sel-sel kulit tanpa ceramide.

“Sangat penting bagi struktur terluar epidermis agar tetap utuh. It is because lapisan tersebut berfungsi sebagai pelindung bagi kulit kamu agar seluruh hidrasi bisa tetap di dalam, ”

Melissa Kanchanapoomi Levin

Ceramide sudah dihasilkan secara alami oleh kulit kita. Dengan kemajuan teknologi di masa ini, ceramide pun bisa dibuat secara sintetis di dalam lab. Hal ini dapat memudahkan produk perawatan kulit untuk memasukkan cermide ke dalam komposisinya.

According to Levin, kita akan kehilangan ceramide di kulit kita secara bertahap di usia 30 tahun dan 40 tahun-an. Even so, ceramide di kulit kita bisa bermasalah jika terpapar situasi-situasi tertentu. For instance, ketika kulit terpapar cuaca dingin ekstrem, mandi dengan air terlalu panas, atau sering terpapar AC. Faktor-faktor lingkungan lain pun bisa menjadi penyebab hilangnya ceramide, jika sampai membuat kulit kekeringan. Considering that, tidak ada salahnya untuk kita mulai menggunakan ceramide sejak dini.

Generally, ceramide muncul dalam bentuk moisturizer. Hal itu dikarenakan sifatnya yang bisa mengunci kelembapan dari kandungan produk skincare di tahap-tahap sebelumnya. Ceramide bisa muncul di label produk dengan nama-nama berbeda (contohnya, Ceramide AP, Ceramide EOP, atau Ceramide NP). Cukup bisa dimengerti jika hal itu menimbulkan kebingungan saat akan berbelanja produknya.

According to Debra Jaliman, seorang dermatolog tersertifikasi and also ahli kostemika, terdapat sembilan jenis ceramide berbeda yang ditemuka di kulit. Perbedaan tersebut didasarkan pada seberapa panjang rantai karbon yang dimilikinya. Although struktur dari ceramide bisa berbeda-beda, fungsi maupun manfaatnya pun kurang lebih sama.

Manfaat Ceramide Untuk Kulit

Ceramide berperan penting untuk mempertahankan fungsi skin barrier. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan ceramide untuk perawatan kulitmu.

  • Memulihkan skin barrier: Kulit yang kehilangan ceramide akan mengakibatkan kerusakan pada lapisan pelindung kulit. Hal itu bisa diakibatkan oleh penuaan, penggunaan produk eksfoliasi dan sabun ber zat keras yang mengelupas kulit, atau hal-hal lainnya. Ketika itu terjadi, bakteri dapat masuk ke kulit melalui celah-celah kecil dan akhirnya menyebabkan iritasi. Mengisi kembali ceramide yang hilang tersebut akan membuat lapisan pelindung tetap sehat dan berfungsi semestinya.
  • Mengunci kelembapan: Lapisan skin barrier yang sehat dapat mengunci kelembapan  tetap di dalam dan mencegah kulit untuk kehilangan hidrasinya. Hal itu bisa menghalau kulit kita untuk ‘merasa’ kekeringan.
  • Melindungi kulit: Ceramide bekerja untuk melindungi kulit dari agresor lingkungan dan polusi yang bisa merusak kulit lalu menimbulkan banyak masalah.
  • Membuat kulit lebih toleran dengan bahan aktif: Ceramide dapat melindungi kulit dari zat kimia yang terdapat di dalam produk skincare. Bahan tersebut memiliki kecenderungan untuk menyebabkan iritasi. Dengan adanya ceramide, kecenderungan tersebut bisa lebih ditolerir oleh kulit.
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit: Penuaan kulit tidak melulu diakibatkan oleh kulit kehilangan kolagen and elastin (protein di dalam dermis). Skin barrier also very important untuk melindungi kulit secara keseluruhan.
  • Membantu kulit yang sedang mengalami peradangan: Ketika lapisan pelindung kulit tidak bekerja sebagaimana seharusnya, kulit bisa menjadi dehidrasi. Hal ini dapat berujung kepada suatu kondisi dinamakan transient epidermal water loss (TEWL). Kondisi tersebut terjadi ketika epidermis kulit kehilangan hidrasinya sementara. Hal itu bisa menyebabkan kulit kering, meradang, dan berisiko terjangkit penyakit radang kulit seperti eksim, psoriasis, dan juga jerawat.
  • Melembutkan kulit: Memulihkan kandungan lipid yang hilang dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengatasi kekeringan, tekstur, dan garis-garis halus di kulit. Hal itu bisa memperbaiki kondisi dan tekstur kulit secara keseluruhan sehingga membuatnya terasa lebih halus dan sehat.

Cara Menggunakan Ceramide

As a moisturizer, ceramide bisa bekerja lebih baik ketika kamu mengaplikasikannya langsung sehabis mandi untuk mengunci kelembapan ekstra. Produk dengan kandungan itu pun bisa digunakan malam hari sebelum tidur, untuk hasil yang lebih optimal lagi. Dua dermatolog di atas merekomendasikan untuk memakai produk ber-ceramide dua kali sehari. Dalam urutan skincare secara umum, moisturizer ceramide digunakan di tahap akhir. After using face wash, toner, and also serum, mositurizer ceramide dipakai sebagai tahap akhir di malam hari. For day time use, ceramide bisa dipakai tepat sebelum penggunaan tabir surya atau SPF.

Moisturizer Lokal yang Mengandung Ceramide

Ceramide pertama kali populer di dunia skincare barat. Baru-baru ini lah produk-produk perawat yang memiliki kandungan itu masuk ke Indonesia. However, timbul kekhawatiran mengenai kecocokan produk skincare tersebut dengan kondisi kulit masyarakat Indonesia. Iklim negara ini tentunya berbeda jauh jika dibandingkan dengan negara-negara barat sana.

Namun, ada kabar baik bagi kamu penggemar produk skincare yang mengandung ceramide. Berikut kami rangkum 5 moisturizer lokal yang mengandung ceramide yang pastinya sudah diformulasikan khusus untuk kondisi dan iklim di Indonesia.

1. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dear Me Beauty

Firstly, ada produk keluaran Dear Me Beauty. Selain mengandung ceramide, krim wajah dengan formula berbasis air ini juga diperkaya dengan lima kandungan utama lainnya. Mereka adalah Niacinamide, Hyaluronic Acid, Adenosine, Centella Asiatica, also Ekstrak Semangka. Produk ini membantu memperkuat skin barrier, melindungi dari efek sinar biru, mempertahankan juga mengunci kelembapan, even pengurangi tanda-tanda penuaan. Teksturnya yang seperti air dan menyerap cepat juga dapat menghidrasi kulit dengan baik. Produk ini telah teruji klinis dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Dapatkan Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream secara online

2. The Aubree Ceramide Soft Cream

the Aubree

Secondly, ada the Aubree. Krim bertekstur lembut ini mengandung ceramide, niacinamide, gliserin, shea butter, and also hyaluronic acid. With ingredients like that, moisturizer ini berfungsi untuk menjaga skin barrier, menghaluskan kulit, serta membantu mencerahkan wajah. Selain itu, krim ini pun bisa melindungi kulit dari paparan polusi and also meringankan tanda-tanda kulit sensitif. Produk ini bisa digunakan di siang hari dan malam hari sebagai tahap penutup skincare.

Dapatkan The Aubree Ceramide Soft Cream secara online

3. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Somethinc

Thirdly, ada brand skincare dan kosmetik berjudul Somethinc. Pelembap bertekstur gel ini diperkaya dengan kandungan ceramide, peptide, hydrolized marine collagen yang termasuk ke dalam tipe kolagen nomor satu. Produk ini sudah tersertifikasi oleh dermatolog sebagai produk yang non-komedogenik dan dapat mengunci kelembapan selama 24 jam. Moisturizer ini dapat digunakan mulai dari usia 13 tahun.

Dapatkan Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel secara online

4. HALE Comfort Zone Moisturizer

HALE

Fourthly, ada brand skincare minimalis yang dikenal dengan nama HALE. Selain mengandung ceramide, moisturizer ini also contains gliserin, panthenol (pro-vitamin B5), dan bahan-bahan lainnya. In addition to that, teksturnya yang ringan memudahkan produk ini untuk menyerap cepat ke dalam kulit serta menenangkan kulit yang sedang iritasi. Produk ini efektif untuk menghidrasi, melembapkan, mempertahankan skin barrier agar tetap sehat, serta menghaluskan kulit tanpa menyebabkan kulit terasa lengket.

Dapatkan HALE Comfort Zone Moisturizer secara online

5. True to Skin Azulene Oat Barrier Moisturizer Cream

True to Skin

Last but not least, kami punya rekomendasi dari True to Skin. Moisturizer ini memiliki tekstur krim yang lembut yang berfungsi untuk menenangkan, melembapkan, dan memperkuat skin barrier. Moreover, produk ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti azulene yang secara natural berwarna biru, ekstrak oat, serta ceramide. Bahan-bahan itu terbukti efektif untuk meredakan iritasi, radang, dan kemerahan pada kulit.

Dapatkan True to Skin Azulene Oat Barrier Moisturizer Cream secara online

Nah, itulah 5 moisturizer lokal yang memiliki kandungan ceramide di dalamnya. Walaupun lokal punya, produk ini telah terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan kulit, lho. Ribuan orang sudah membuktikan manfaat produk-produk itu dan beberapa diantaranya bahkan telah menjadi pembeli setia dari moisturizer itu.

If you still have any doubt, kamu dapat mengetesnya di area rahang atau belakang telinga. Oleskan sedikit di area itu, lalu biarkan selama satu jam. Jika tidak muncul reaksi penolakan dan alergi, kamu bisa melanjutkan pemakaian produk ke seluruh muka and also leher.

If you want, kamu bisa mengombinasikan lebih dari satu produk dari list di atas. Penggunaannya bisa dilakukan bergantian di setiap sesi skincare kamu. Dengan begitu, kamu bisa tahu moisturizer mana yang paling cocok dengan  kulit kamu. Dengan penggunaan yang rutin, kamu bisa membuat tampilan kulitmu lebih sehat, halus, serta awet muda.

So, ada yang mau kamu coba? Share di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *