December 3, 2022

5 BARANG YANG KAMU BUTUHKAN AGAR KAMAR TETAP RAPI

Tinggal di rumah saja membuat kita banyak melakukan aktivitas sendiri. Dan kamar merupakan salah satu tempat yang paling sering dipilih untuk mengerjakan sesuatu atau menghabiskan waktu. Karena tinggal di kamar sendiri tentunya membuat kita nyaman.

Hampir setengah dari hari kita, kita habiskan di dalam kamar. Entah itu saat melaksanakan kelas daring, membaca buku, atau pun tidur siang. Orang bilang kamar itu cerminan pemiliknya. Nah, bagaimana keadaan kamarmu sekarang, rapi atau berantakan?

Selagi kita masih dalam keadaan yang mengharuskan tinggal di rumah, merapikan kamar bisa jadi salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan di waktu luang. Selain mengisi waktu luang, merapikan kamar juga dapat membuat kamarmu lebih nyaman digunakan untuk beraktivitas. Kamu mungkin masih bingung bagaimana cara membuat kamarmu tetap rapi. Kamu juga dapat menggunakan barang-barang untuk mengorganisasikan kamarmu. Lalu, barang apa saja yang harus dimiliki untuk mengorganisasikan kamarmu? Jika kamu masih bingung, yuk, simak 5 hal apa saja yang kamu butuhkan agar kamar tetap rapi!


Rak Barang

Di dalam kamarmu pasti terdapat banyak barang pribadi, kan? Seperti buku, barang-barang elektronik, make up, laptop, atau bahkan album K-Pop favoritmu. Jika kamu menyimpannya pada satu tempat seperti meja belajar, kaca rias atau hanya menggeletakannya begitu saja di kamar, bukan kah itu akan terlihat penuh dan sesak?

Nah, salah satu cara agar barang-barang di kamarmu dapat tersusun rapi dan terorganisasi, kamu dapat menggunakan rak barang untuk menyimpan barang-barangmu. Rak barang memiliki beberapa bagian yang dapat kamu gunakan. Rak barang juga memiliki bentuk yang ramping dan bisa kamu simpan di sudut ruangan.

Ada berbagai jenis rak barang yang dapat kamu tempatkan di kamar. Tapi jika kamu ingin kamarmu tetap terlihat rapi dan modern, kamu bisa menggunakan rak dengan bahan besi atau rak dengan bahan stainless dan plastik. Kedua jenis rak barang ini merupakan jenis rak yang paling populer digunakan oleh banyak orang. Selain terlihat modis, dua rak barang ini juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah di rakit.

Untuk perakitan rak barang, biasanya terdapat buku panduan untuk memandu kita dalam merakit rak tersebut. Tetapi jika tidak ada buku panduan, kamu bisa mencari panduannya di internet atau video di Youtube .

Jika nanti kamu sudah memiliki rak barang, maka langkah selanjutnya adalah mengorganisasi barang-barang yang ada di kamarmu. Agar kamarmu tapak lebih rapi dan enak dipandang, alangkah baiknya kamu mengatur barangmu ketika ditempatkan di rak barang. Ini beberapa petunjuk singkat yang dapat kamu terapkan ketika mengatur barangmu di rak:

  • Susun barang-barangmu sesuai jenis dan kegunaan,
  • Tempatkan barang-barang yang lebih besar di rak paling bawah,
  • Simpan barang-barang yang kecil di bagian depan rak,
  • Simpan barang-barang yang dirasa penting di tempat yang paling mudah dijangkau.

Kantong cucian

 

Kalian pasti pernah merasakan bagaimana rasanya melihat pakaian kotor atau pakaian yang belum di setrika di sudut ruangan. Pasti rasanya tidak enak dipandang dan menjengkelkan bukan? Pakaian yang belum sempat dicuci atau dietrika kian hari kian menumpuk. Membuat sudut kamar yang menjadi lahan bagi gunungan baju kusut.

Salah satu cara untuk merapikan tumpukan pakaian itu selain mencuci dan menyetrika pakaian tersebut, adalah dengan menyimpannya ke dalam kantong pakaian. Selain untuk menyimpan pakaian agar tidak berantakan, kantong pakaian juga dapat menjadi penghias kamarmu agar telihat lebih cantik dan rapi.

Bentuk dari kantong pakaian juga bermacam-macam. Ada yang berbentuk keranjang dengan kaki dan pegangan, dan ada yang berbentuk seperti kantong besar dengan tali untuk menutupnya yang dapat dibuka dengan mudah. Selain bentuknya yang cantik dan beragam, kantong cucian juga memiliki bentuk yang pas untuk disimpan di sudut kamar karena tidak memakan banyak tempat.

Selain digunakan sebagai tempat pakaian, kantong cucian juga dapat digunakan untuk menyimpan barang lainnya. Karena ukurannya yang cukup besar, kantong cucian dapat memuat barang yang banyak dan juga besar. Kamu bisa menyimpan kasur lipat atau selimut yang tidak digunakan ke dalam kantong cucian. Kemudian menyimpannya di gudang maupun di atas lemari agar tidak memakan tempat. Dengan menyimpan barang yang tidak digunakan ke dalam kantong cucian, maka barang tersebut akan terhindar dari debu dan terlihat rapi.

Selain dari segi penampilan dan kegunaan, kantong cucian juga memiliki harga yang terjangkau. Dari kisaran harga belasan ribu sampai puluhan ribu. Tergantung bentuk, ukuran, dan jenis bahan yang digunakan.


Laci Mini

Kamu pasti memiliki banyak pernak-pernik atau barang kecil lainnya di kamarmu bukan. Pernak-pernik atau barang kecil seperti ikat rambut, obat-obatan, atau alat tulis kecil seringkali menghilang begitu saja. Karena bentuknnya yang kecil dan mudah terselip di mana saja tanpa diketahui, kadang kala membuat kita kebingungan untuk merapikannya.

Maka dari itu yang kamu perlukan adalah tempat untuk menyimpannya agar tidak mudah menghilang. Tempat yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan pernak-pernik dan barang-barang kecil adalah laci mini. Laci mini memiliki bentuk yang hampir sama seperti laci biasa di mana kamu suka menyimpan barang-barang, hanya saja ini jauh lebih kecil.

Laci mini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari laci biasa. Maka dari itu laci mini sangat mudah ditempatkan di mana saja. Kamu bisa menyimpannya di tempat kosong di kamarmu. Kamu bisa menyimpan laci mini di atas meja riasmu sebagai tempat make up atau pernak-pernikmu. Atau kamu juga bisa menyimpannya di rak barang sebagai tempat obat-obatan dan pengisi daya.

Sebenarnya laci mini memiliki banyak bentuk yang berbeda. Tidak semua laci mini berbentuk seperti laci biasa. Ada laci mini yang memiliki bentuk dengan wadah berbeda satu sama lainnya. Laci ini biasa digunakan untuk menyimpan pernak-pernik wanita. Ada juga laci khusus make up. Laci ini memiliki beberapa lubang yang dapat digunakan untuk menyimpan alat make up yang berukuran panjang seperti brush dan eyeliner.

Karena memiliki banyak wadah, kamu dapat menyimpan berbagai jenis barang di dalamnya. Dalam satu laci, terdapat beberapa buah wadah sebagai tempat menyimpan barang. Ketika menyimpan barang, ada baiknya kamu menyimpan barang yang sejenis atau memiliki kegunaan yang sama pada satu wadah. Selain membuatnya lebih rapi, ini juga akan memudahkanmu untuk mengingat dan mencari barang yang kamu cari.


Gantungan

Saat kamu keluar rumah sebentar untuk pergi ke minimarket, apa kamu suka mengganti baju dengan yang lebih rapi? Atau mungkin saat menggunakan jilbab untuk pergi ke warung. Apa yang kamu lakukan setelah menggunakannya hanya untuk sebentar? Akan sangat disayangkan jika kamu langsung mencucinya bukan? Tapi kamu juga tidak mungkin memasukannya ke dalam lemari lagi.

Untuk menyelesaikan masalah itu, kita dapat menggunakan gantungan sebagai solusinya. Kalau kamu selesai menggunakan pakaian yang digunakan sebentar, kamu dapat menggantungnya untuk dipakai kembali nanti. Gantungan juga sangat cocok ditempatkan di kamar agar kita mudah menggunakannya.

Gantungan tidak hanya dapat digunakan untuk pakaian saja. Gantungan juga dapat digunakan untuk menggantungkan barang lain. Kamu bisa menggantungkan tas dan juga topi. Kalu kamu selesai menggunakan pakaian, tas, atau topi, kamu bisa langsung menggantungnya. Dan saat kamu ingin memakainya kembali, kamu bisa langsung mengambilnya.

Ada berbagai jenis gantungan yang cocok untuk disimpan di kamarmu. Gantungan tempel merupakan gantungan yang paling banyak digunakan. Kamu bisa menempelkan gantungan pada tembok atau pintu kamarmu. Ada juga gantungan yang berbentuk tiang  yang gantungannya berbaris ke bawah.  Gantungan tempel lebih baik di pasang pada balik pintu kamarmu untuk menghemat tempat. Sedangkan untuk gantungan yang berbentuk tiang lebih baik ditempatkan pada sudut ruangan agar terlihat rapi. Selain tidak memakan tempat, gantungan juga dapat menampung banyak pakaian untuk digantung.

Untuk gantungan yang berbentuk seperti tiang, kamu harus merakitnya sendiri. Tetapi tenang, cara merakitnya cukup mudah, kok. Kamu dapat membaca buku panduan atau mencarinya di internet dan Youtube. Sedangkan untuk gantungan tempel, kamu tidak perlu merangkainya. Kamu hanya perlu memaku lubang pada gantungan saja.

Dengan gantungan, kamu dapat menghemat penggunaan pakaian, membuat kamar lebih rapi, dan menghemat tempat secara bersamaan.


Kotak Penyimpanan

Di mana biasanya kamu menyimpan barang yang tidak atau jarang digunakan? Di bawah kasur? Di atas lemari? Atau dibiarkan begitu saja tergeletak di sudut kamar? Semakin bertambah usia, semakin banyak pula barang yang sudah tidak kita gunakan menumpuk.

Kamu mungkin bingung harus melakuakan apa dengan barang yang sudah tidak kamu perlukan. Buku-buku lama semasa sekolah, baju dan sepatu yang sudah kekecilan, atau album foto yang hanya kamu buka sesekali saja. Kamu mungkin terlalu sayang untuk membuangnya atau belum ada waktu untuk memberikannya pada yang membutuhkan.

Dari pada membiarkan barang yang sudah tidak terpakai atau jarang disentuh tergeletak begitu saja, lebih baik kamu membereskannya agar kamarmu terlihat rapi. Salah satu cara untuk merapikannya yaitu dengan menggunakan kotak penyimpanan.

Kamu bisa menyimpan barang-barang yang sudah tidak atau jarang digunakan ke dalam kotak penyimpanan.  Kotak penyimpanan tidak hanya kotak yang terbuat dari kardus atau kertas biasa. Ada juga kotak penyimpanan dengan bahan dan model lain yang lebih modern. Kamu dapat menyimpan barang yang berharga namun jarang digunakan kedalam kotak barang yang terbuat dari bahan kain atau plastik. Kotak dengan bahan kain atau plastik lebih awet digunakan dan lebih tahan dari pengaruh luar.

Sedangkan untuk barang yang kamu niatkan untuk buang atau diberikan pada orang lain, lebih baik menggunakan kotak barang berbahan kardus atau kertas. Kotak kardus atau kertas juga dapat digunakan kembali atau didaur ulang.

Untuk penyimpanan barang, ada baiknya kamu menyortirnya terlebih dahulu. Kamu dapat menyortir barang sesuai jenis dan kegunaannya. Atau kamu juga bisa menyortirnya menjadi barang yang sudah tidak terpakai atau barang yang jarang dipakai. Penyortiran dilakukan agar barangmu tidak tercampur atau tertukar.

Kamu dapat menyimpan kotak barang di tempat-tempat yang tersisa di kamarmu. Seperti di bawah kasur, di atas lemari, atau di sudut ruangan. Meskipun kamu menaruhnya di tempat yang terlihat, tetapi kamarmu akan tetap terlihat rapi.

Itulah 5 barang yang kamu butuhkan agar kamarmu tetap rapi. Kelima barang tersebut merupakan barang yang harus kamu miliki untuk membuat kamarmu lebi rapi. Jika kamu memiliki waktu luang, ada baiknya kamu mulai merapikan kamarmu sendiri. Karena kamar adalah cerminan pemiliknya.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *