December 3, 2022

4 Gunung di Pulau Jawa: Yang Cocok Bagi Pemula

Hai sobat perjalanan dan pendakian!
Siapa yang akhir-akhir ini ngerasa bosan karena sudah lama terhalang pandemi tapi nggak kuat ingin liburan?


Tapi abis itu bingung mau nentuin liburan atau wisata kemana. Malah galau karena ingin wisata mendaki gunung tapi ragu karena takut capek kalo naik gunung? Tenang saja sobat kalian bisa cari lebih tahu disini untuk segala persiapan, tiketing, juga jalur yang cocok bagi kalian yang baru pertama kali melakukan pendakian.

Padahal kalian harus tahu loh kalau mendaki gunung itu merupakan salah satu wisata yang menantang tapi konon katanya bikin kecanduan. Menurut salah satu pendaki Fiersa Besari naik gunung itu melelahkan tapi gimana kesan pertama kita naik gunung itu, kalau teman-teman nya asyik terus abis itu seru pasti itu bakal membuat kalian ingin terus kembali naik gunung lagi temen- temen.

So, jangan mikir kalau mendaki gunung itu wisata yang nggak seru ya guys, karena meskipun melelahkan tapi kita akan dapet pengalaman yang nggak mungkin bisa terulang dan memorable banget lah pokoknya.

Tapi sebelum kalian memutuskan untuk mendaki gunung sebagai tujuan liburan kalian, alangkah baiknya kalian cari tahu dulu untuk persiapan fisik, mental, dan segala persiapan untuk selama pendakian nanti.


Affordable Price: Pilih aja mendaki gunung!


Tepat sekali, selain mendapatkan pengalaman baru, wisata mendaki gunung itu salah satu wisata yang bisa dibilang murah loh. Budget yang disiapkan nggak perlu sebanyak yang kita bawa ketika liburan ke luar negeri kok. Kamu cuma cukup ngeluarin uang untuk pembelian logistik selama di gunung nanti. Misalnya, beli bahan-bahan makanan buat selama kalian akan mendaki di gunung dan ngecamp nanti. Selain bawa barang secukupnya, itu juga salah satu alasan untuk nggak bikin tas lebih berat lagi. Semakin banyak barang bawaan semakin berat juga untuk kalian mendaki. So, ya lebih wise aja untuk menggunakan budget selama di gunung.

Nah gimana apa kalian sudah mulai tertarik untuk mendaki gunung? Pasti penasaran banget kan. Langsung aja ini berikut ada 4 rekomendasi gunung di Jawa yang ramah untuk pemula menurut banyak nya pendaki. Selain ramah untuk pemula kalian akan di suguhkan dengan banyak nya pemandangan yang sangat indah.

1. Gunung Papandayan


Gunung Papandayan merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan memilikki ketinggian 2.665 mdpl. Mengapa sih di rekomendasikan untuk pemula? Ya karena Gunung Papandayan ini memilikki jalur yang cukup landai atau bisa dibilang tidak begitu sulit.

Lebih enak nya lagi sekarang Gunung Papandayan lebih ramai diminati pengunjung atau pendaki yang mana itu bukan jadi alasan lagi untuk kamu takut mendaki gunung guys! Sebenarnya ke Gunung Papandayan ini juga bisa dilakukan dengan solo hiking tapi saya lebih menyarankan untuk bareng keluarga atau teman-teman karena akan lebih seru lagi. Namun jangan khawatir jika kamu ingin melakukan solo ihiking karena di Gunung ini pasti akan menemukan teman baru atau biasa disebut teman pendakian.

Nah lanjut untuk jalur nya itu sendiri, seperti yang disebutkan di awal kalau jalur Gunung Papandayan ini masih landai atau tidak begitu sulit karena jalan nya yang tidak begitu curam. Kalau kamu sudah yakin untuk mendaki di Gunung Papandayan kamu akan bertemu beberapa pos pendakian.

Pemandangan indah: di kawasan Hutan Mati

Gunung Papandayan
Kalau kalian sudah menemukan pos camp pondok salada itu berarti kalian sudah hampir dekat dengan hutan mati. Meskipun namanya hutan mati tapi disinilah kalian bisa merasakan dan menikmati indahnya pemandangan yang ada di kawasan hutan mati Gunung Papandayan ini. Sayang jika melewatkannya kalau kalian mendaki ke Gunung Papandayan nggak ke kawasan hutan mati ini. Lalu kalian bisa mengabadikan momen dengan mengambil foto!


Affordable Price: Tapi bisa melihat indahnya pemandangan!


Meskipun terasa lelahnya ketika mendaki gunung tapi semua nya terbayar ketika melihat indah nya pemandangan yang tidak bisa ditemukan di kota besar. Wisata Gunung Papandayan ini juga memberikan harga  yang cukup murah untuk orang-orang yang ingin pergi perjalanan atau pendakian dengan harga affordable.



2. Gunung Ijen
Kalau tadi kita membahas Gunung Papandayan yang berada di Jawa Barat. Rekomendasi gunung yang kedua untuk pemula yaitu Gunung Ijen. Saya kira Gunung Ijen cukup populer untuk para pendaki atau traveler.
Gunung Ijen merupakan gunung yang termasuk salah satu stratovulkanik yang terakhir kali meletus pada tahun 1999. Gunung Ijen terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dengan ketinggian 2.386 mdpl. Mengapa Gunung Ijen jadi salah satu rekomendasi untuk pendaki pemula atau menjadi gunung yang ramah pemula? Salah satu alasannya karena Gunung Ijen memilikki jalur yang cukup mudah di lewati dan ini akan cocok untuk orang yang baru pertama kali ingin mendaki gunung. Namun, jika kalian pergi mendaki Gunung Ijen ini harus lebih berhati-hati dari Gunung biasanya karena kawah nya yang dikatakan masih aktif sehingga bisa mengeluarkan gas beracun sewaktu-waktu. Untuk pos pertama yang akan kalian lewati yaitu pos paltuding.

Pemandangan Kawah Ijen: Blue Fire
Ketika mendaki gunung, itu sudah pasti memilikki perjalanan yang panjang dan melelahkan tetapi ketika disitu ada pemandangan yang sangat indah pundak dan kaki kita terasa sangat kembali berdiri tegak. Fenomena yang ada di kawasan kawah Ijen di Gunung Ijen yaitu blue fire.
Blue fire merupakan fenomena terjadinya api yang berwarna terang atau biru yang disebabkan keluarnya gas belerang dari kawasan kawah. Blue fire itu sangat dinantikan oleh para pendaki dan biasanya dapat dinikmati dan dilihat saat dini hari atau saat masih gelap.
Makanya tak heran jika Gunung Ijen merupakan gunung yang ramai akan pengunjung. Nah makanya Gunung Ijen jadi salah satu rekomendasi untuk pendaki pemula karena salah satunya untuk dapat first impression yang baik ketika mendaki sehingga nggak kapok buat naik gunung lagi hehehe.


Pemandangan Kawah Ijen: Sunrise dan Sunset nya!


Selain adanya fenomena blue fire Gunung Ijen juga terkenal akan keindahan sunrise di pagi hari yang menyejukkan mata kita loh, disana juga kita bisa mengabadikan foto yang ada dengan segala keindahan yang hanya ada disana.
Tidak hanya sunrise tapi sunset di waktu petang juga mengobati rasa lelah para pendaki ketika mendaki Gunung Ijen.
Disana pendaki bisa rehat sejenak dan mengabadikan foto yang mungkin tidak pernah bisa terulang. Mungkin untuk para pendaki pemula juga sunrise dan sunset terbaik adalah hal terpenting saat melakukan pendakian.

So, gimana guys, sejauh ini Gunung Ijen selain cocok untuk pemula tapi banyak sekali spot pemandangan indah nya kan? Nah untuk memudahkan para pendaki atau sobat perjalanan yang ingin mendaki Gunung Ijen atau hanya ingin sekedar melihat blue fire di Kawah Ijen bisa banget melalui travel booking.



3. Gunung Bromo
Kali ini masih di daerah Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan gunung yang terletak di antara perbatasan Lumajang, Malang, dan Probolinggo di Jawa Timur. Gunung Bromo memilikki ketinggian 2.329 mdpl. Jika kalian tidak ingin pergi ke Bromo lewat jalur mendaki atau melalui pendakian sekarang sudah bias menggunakan jeep atau biasa disebut Bromo Trip. Biasanya kalian akan dijemput oleh tour guide di area masing-masing, misalnya di Malang. Tetapi menuju puncaknya kalian tidak bisa menggunakan jeep lagi, melainkan harus mendaki atau naik kuda.

Sunrise di Bromo— Spot Favorite Para Pendaki!


Sunrise adalah salah satu tujuan para pendaki pemula ingin mendaki puncak gunung. Bromo juga salah satu gunung yang indah akan sunrise nya. Salah satu spot yang bisa kalian nikmati sunrise nya yaitu di Bukit Cinta. Namun, saya menyarankan untuk melakukan trip Bromo atau mendaki Bromo tidak pada saat musim hujan. Selain jalurnya lebih licin biasanya ketika melihat sunrise akan terhalang oleh kabut, tapi kembali lagi semua pemandangan indah ini adalah bonus, yang terpenting adalah selamat kembali ke rumah lagi.

Bukit telettubies— Seperti di Film Telettubies!


Di Gunung Bromo juga ada spot yang namanya Bukit Telettubies, disitu indah sekali pemandangannya. Saya jamin tidak akan membuat para pendaki pemula kecewa ketika naik gunung. Di karenakan Gunung Bromo juga sudah dibuka untuk trip jadi bukan sekedar untuk mendaki. Jadi disana sudah banyak fasilitas yang memudahkan para sobat perjalanan lebih bisa menikmatinya dengan mudah.

Nikmatnya angin—di Pasar Berbisik


Disini juga kalian bisa menikmati spot yang membuat tenang yaitu angin yang ada di pasir berbisik. Konon katanya dinamakan pasir berbisik karena angin yang ada disana seperti orang yang sedang berbisik kepada orang-orang sekitarnya.

Wisata Bromo Trip ini bisa sangat cocok sekali untuk keluarga dan teman-teman yang ingin menikmati indahnya Gunung Bromo, tapi Gunung Bromo juga merupakan gunung yang cocok untuk para pendaki pemula yang ingin memulai pendakian. 



4. Gunung Merbabu 


Gunung Merbabu terletak di Jawa Tengah tepatnya di sebelah barat Kabupaten Magelang dan di sebelah timur Kabupaten Boyolali dengan ketinggian 3.145 mdpl. Kalau kalian masih bingung untuk menentukan pendakian kegunung mana, apalagi jika first timer mendaki, Gunung Merbabu bisa jadi salah satu tujuan untuk para pendaki pemula. Gunung Merbabu ini sangat diminati pendaki baru atau pendaki lama karena banyaknya pemandangan yang indah sekali dan sayang sekali jika hanya dilewati. Meskipun terbilang gunung yang cukup tinggi tetapi ada jalur yang ramah pendaki atau cocok untuk pendaki pemula yaitu jalur via Selo. Jalur via Selo ini bisa dibilang jalur yang sangat landai dibandingkan dengan jalur-jalur yang lain ketika kita mendaki Gunung Merbabu. Tetapi sebelum muncak disarankan untuk lebih siap fisik seperti latihan berolahraga sampai sebelum waktunyamendaki. Gunung Merbabu merupakan gunung yang sangat indah sekali pemandangannya, meskipunjalur via Selo bisa dibilang ramah untuk pendaki pemula, tetapi tempat-tempat yang ada pada jalur ini tidak kalahnya untuk melihat pemandangan yang sangat indah. Salah satu contohnya kalian semua bisa melewati padang sabana yang bisa disinggahi sebagai tempat istirahat sekaligus tempat berfoto yang diminati banyak wisatawan. Selain itu, para pendaki atau wisatawan biasanya seringkali berburu sunrise dan sunset ketika mereka hendak mendaki gunung dan Gunung Merbabu salah satu gunung yang indah akan hal keduanya. Untuk harga tiket 



Nah tadi merupakan 4 gunung yang cocok bagi pemula teman-teman. Saya harap artikel ini dapat membantu kalian untuk yang masih bingung menentukan pilihan ketika ingin mendaki Gunung. Jangan lupa untuk selalu sopan dan santun ketika berbicara juga ya kalau lagi di Gunung. Sebenernya nggak cuma pas lagi di Gunung saja, tapi kita harus berbicara sopan dimanapun tempatnya. Stay safe, salam rimba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *