December 1, 2022

4 Cara Ampuh Ini Bantu Kamu Gak Males Olahraga!

Alya Syahla – 1533 words – 7 minutes reading time

Kemaren malam, dia sudah nulis di jurnal mau jogging pagi keliling komplek. Setelah itu, dia tidur nyenyak. Paginya, telinganya mendengar alarm. Tapi, dia malah narik selimut lagi karena angin paginya terlalu dingin buat dia bangun. Akhirnya, rencana olahraga pagi batal. Untuk kesekian kalinya.

Ceritanya kaya kenal, ya?

Sesekali, atau bahkan sering kali kita pernah merasa begitu malas untuk berolahraga. Padahal hal tersebut sudah kita rencanakan dari beberapa hari yang lalu. Tenang saja, kamu tidak sendirian, kok!

Berolahraga memang begitu penting, tapi membangun niat untuk berolahraga itu justru yang lebih penting. Niat adalah dasar kemauan kita untuk melakukan aktivitas fisik tersebut.

Tapi, nyatanya yang sering mengunjungi kita itu malas alih-alih niat. Banyak sekali hal yang bisa menghambat kita berolahraga, apalagi sebagai seorang remaja atau dewasa. Mulai dari cuaca yang tidak mendukung, teman yang batal datang, sampai lupa ada deadline untuk malam ini. Begitu, ‘kan?

Nah, jika kamu merasakan hal yang sama, sekarang saatnya kita kembalikan semangat berolahragamu.

Namun ada satu hal yang penting sebelum membahas 4 cara agar kamu tidak malas berolahraga, kita kenali dulu yuk manfaat olahraga itu sendiri! Dengan menanamkan hasil positif berolahraga dalam benak kita, olahraga tentu akan lebih bermakna. So, let’s dive in!

Apa sih yang didapat tubuhmu dari berolahraga?

Menjadi lebih aktif memiliki banyak kelebihannya, baik secara fisik maupun mental. Kamu pasti sudah tahu bahwa olahraga bisa menurunkan berat badan dan menguatkan tulang dan otot. Tapi, tahukah kamu bahwa olahraga juga bisa menyehatkan kulitmu, otakmu, dan mentalmu?

Kulitmu jadi semakin bersinar

Ternyata, olahraga memengaruhi kesehatan kulitmu! Menurut penelitian, melakukan olahraga ringan dapat memberikan perlindungan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah dan memicu adaptasi sel kulit. Keduanya inilah yang dapat membantu menunda munculnya penuaan kulit.

Meningkatkan fungsi otakmu

Selama kamu latihan, detak jantungmu pasti meningkat. Hal ini menyebabkan oksigen dan aliran darah naik ke otakmu. Dengan begitu, otakmu akan berfungsi lebih baik. Hal ini juga bisa mendorong produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.

Malahan, untuk seorang dewasa yang lebih tua, kamu bisa meningkatkan daya mengingatmu. Kegiatan fisik terbukti dapat meningkatkan dan melindungi fungsi mental. Hal ini dikarenakan Hippocampus, atau bagian otak yang penting untuk memori dan pembelajaran, mengalami pertumbuhan yang baik.

Selain itu, olahraga juga sudah terbukti dapat mengurangi perubahan di otak yang dapat berpengaruh terhadap kondisi seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Mentalmu berubah lebih positif

Yep. Banyak studi yang membuktikan bahwa olahraga bisa memulihkan mentalmu. Kegiatan jasmani terbukti meningkatkan mood dan menurunkan perasaan depresi, anxiety, dan stress. Dengan berolahraga, otakmu akan menghasilkan endorpin lebih banyak. Endorpin sendiri dikenal sebagai hormon yang membantu memproduksi perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

Uniknya lagi, hal ini terjadi tanpa memperhatikan berapa lama dan banyaknya kamu mengeluarkan keringat, lho!

Nah, setelah kamu paham manfaat berolahraga, sekarang baru saatnya kita lakukan 4 hal dibawah ini agar kamu tidak malas-malasan lagi berolahraga!

1. Jadilah fleksibel

Bukan, bukan menyuruhmu untuk bisa mahir dalam olahraga atletis.

Maksud dari fleksibel disini adalah jangan terlalu terpaku pada peraturan atau goals yang sudah kamu atur sebelumnya. Kamu mungkin sering berpikir seperti ini: “Hari Sabtu nanti harus jogging 2 keliling lapangan, terus push-up dan sit-up masing-masing 3 sets.”

Apakah itu salah? Tentu saja tidak!

Hanya saja, karena kita terlalu terpaku pada rencana tersebut, kita sendirilah yang akan kewalahan. Beberapa kasus memang benar terjadi, lho. Sebagian dari kita belum terbiasa berolahraga tetapi mematok rencana yang cukup membuat kaki nyeri untuk 3 hari kedepan.

Maka dari itu, akan lebih baik apabila kita bisa membuat peraturan itu lebih fleksibel.

Jika nyatanya kamu benar-benar tidak bisa berolahraga di Sabtu pagi, kamu mungkin bisa meluangkan waktumu di sore harinya. Kamu juga tidak perlu langsung melakukan rencana awal apabila kamu sedang tidak mood. Tidak ada salahnya, kok, merubah peraturan yang kamu buat selama manfaat berolahraga masih bisa kamu dapatkan.

Ini demi kebaikanmu juga, iya ‘kan?

Selain itu, kamu juga bisa merubah rutinitas kegiatanmu dengan sedikit olahraga. Misalnya, alih-alih menggunakan eskalator atau lift, kamu bisa memanfaatkan tangga. Atau kamu bisa mengganti kendaraan yang biasa kamu pakai dengan sepeda. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi tubuhmu, tapi lingkunganmu juga, kan?

Seorang professor Kinesiologi terkemuka dan penulis barbagai studi tentang kebugaran dari Michigan State University, Prof. Feltz mengatakan bahwa meskipun kamu memilih untuk berolahraga yang mudah dan sebentar, contohnya seperti berjalan-jalan saja, kamu cenderung akan berpikir kalau kamu akan meluangkan lebih banyak waktu untuk hal ini.

2. Buat jadi menyenangkan

Selain menjadi lebih fleksibel, kamu juga bisa membuat olahraga menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Banyak dari kita yang mengeluh ketika sedang berlari. Hal ini membuat kita tidak bersemangat dan ingin cepat selesai. Padahal, kamu bisa membangkitkan semangat dengan menjadikan olahraga menjadi sesuatu yang sangat menarik, bahkan bisa membuatmu lupa bahwa kamu sedang membakar lemak. Misalnya, kamu bisa dengarkan lagu favoritmu selagi lari pagi.

Sebegai contoh lain, kamu bisa menjadikan latihan jasmani sebagai permainan kecilmu. Saat kamu sedang berlari mengelilingi lapangan, kamu mungkin bertemu dengan seseorang. Nah, dari situ kamu bisa lho pura-pura berlomba dengannya agar aktivitasmu menjadi lebih seru. Atau kamu juga bisa melakukannya langsung dengan teman-temanmu. Atau bahkan kamu bisa berlomba dengan waktu. Itu pasti akan lebih menyenangkan, bukan?

Tak hanya itu, terkadang kita juga lelah melakukan rutinitas berolahraga seperti yang selalu kita lakukan. Maka dari itu, cobalah sesuatu yang baru dan berbeda. Jika kamu bosan dengan permainan bola basket, kamu bisa coba melakukan permainan bulutangkis. Kamu juga tidak perlu jadi mahir terlebih dahulu! Malah, mungkin saja kamu bisa lebih jago di bidang tersebut. Siapa tahu kamu punya hidden talent yang belum kamu sadari!

Olahraga tidak harus sesuatu yang membosankan. Malah, kamu akan cenderung memilih olahraga yang membawa kenyamanan bagi dirimu dan pikiranmu.

Maka dari itu, jadikan aktivitas ini menyenangkan dengan caramu sendiri!

3. Lakukan bersama teman

Beberapa dari kita lebih senang berolahraga secara mandiri dengan alasan yang berbeda-beda. Namun, sebagian lainnya memang membutuhkan orang lain yang membantunya untuk mendorong dan memotivasinya. Ketika kamu berolahraga sendirian, rasanya seperti ada beban yang sangat berat di punggungmu. Apalagi jika aktivitasnya sangat membuatmu bosan. Pasti track lari akan terasa sangat jauh dan waktu akan terasa berjalan sangat lambat.

Padahal, kamu tidak sendiri!

Tidak ada salahnya untuk mengajak teman-teman, keluarga, bahkan tetanggamu untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama. Dari sana, kita bisa saling memotivasi. Seperti yang dikatakan Prof. Feltz, meskipun kita sudah tahu ada jadwal berolahraga, kita masih butuh seseorang yang membantu kita bangun dari sofa.

Kamu dan teman-temanmu bisa membuat jadwal rutinitas olahraga yang menyenangkan. Contohnya, setiap hari Minggu, kamu bisa bersepeda bersama orang-orang favoritmu sambil mencicipi kuliner. Kamu mungkin tidak begitu merasakan keringat dari olahraganya, tetapi itu masih termasuk ke aktivitas jasmani, lho.

Untuk yang ingin berolahraga secara benar dan teratur, ada solusi lain untukmu. Kamu bisa daftar ke kelas-kelas kebugaran jasmani yang disediakan oleh komunitas di sekitarmu. Disana, kamu pasti tidak akan sendirian mengalami kesulitan. Apalagi ditambah adanya seorang profesional, kamu pasti lebih bersemangat untuk membuat badanmu lebih fit. Selain itu, memiliki teman berolahraga juga bisa membuat aktivitas terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Maka dari itu, sekarang saatnya untuk menghubungi mereka!

4. Beri dirimu hadiah

Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah? Apalagi setelah lelah berolahraga?

Nah, agar kamu tidak malas lagi untuk melakukan aktivitas jasmani ini, kamu boleh kok memberi diri sendiri suatu penghargaan. Hal kecil pun bisa dijadikan hadiah untuk dirimu sendiri karena telah berusaha.

Penghargaan yang kamu terima juga bisa dijadikan sebagai rasa terimakasihmu kepada diri sendiri karena mau berolahraga. Bahkan, kamu akan merasa lebih mencintai diri sendiri juga lho!

Hal ini cukup berpengaruh pada pikiran kita. Semakin banyak hadiah yang kita terima, semakin semangat kita berolahraga. Ketika kita mendapatkan suatu penghargaan atau reward, otak kita menghasilkan positive mood. Hal ini menyadarkan kita bahwa usaha yang kita lakukan berbuah manis. Dengan memiliki kebiasaan seperti itu, otak kita jadi terbiasa untuk menghubungkan antara kesenangan dengan menyelesaikan tugas.

Kamu bisa memulainya dengan menyenangkan dirimu sendiri saat berolahraga. Contohnya, olahraga minggu ini bisa kamu lakukan sambil mendaki bersama teman-temanmu. Membayangkannya saja sudah cukup menyenangkan, bukan? Selain bisa membakar lemak, udara yang kamu hirup dan pemandangan yang kamu lihat jelas-jelas akan menyegarkan tubuhmu kembali. Belum lagi kamu akan tertawa terbahak-bahak saat melihat temanmu yang sudah tak lagi sanggup berlari.

Jadi, sudah terbayang ingin pergi kemana?

Tapi tunggu! Kamu juga masih punya pilihan lain. Untuk kamu yang senang makan, kamu bisa pergi ke supermarket untuk membeli yogurt favoritmu. Asalkan tidak membeli makanan yang sangat mempengaruhi efek berolaharaga, kamu bisa mencobanya!

Jika kamu senang berbelanja, membeli pakaian olahraga adalah hal yang tepat! Memakai pakaian olahraga bisa memotivasimu agar semnagat berolahraga karena kamu merasa percaya diri untuk melakukan kegiatan tersebut sambil memakai kostum yang tepat. Selain itu, memilih pakaian yang tepat pasti memudahkanmu bergerak.

Nah, dengan adanya mindset seperti ini, kamu akan mengingat bahwa setiap kali kamu berolahraga, kamu akan lebih dekat dengan hadiah dan goals yang kamu rencanakan.

Jadi, hadiah apa yang kamu ingin beri untuk dirimu sendiri?

Sebagai penutup…

Olahraga menjadi salah satu hal terakhir yang ingin kita lakukan. Jujur saja, tidak mudah untuk mendapatkan motivasi untuk berolahraga. Apalagi jika kamu tidak menikmatinya.

Maka dari itu, kamu harus mendapatkan dorongan kuat untuk bisa enjoy. Nah, dengan melakukan 4 cara diatas, kamu pasti tidak akan bermalas-malasan lagi untuk berolahraga.

Fighting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *