December 3, 2022

3 Tempat Kekinian yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sebagai manusia memerlukan rehat sejenak dari padatnya pekerjaan pada saat weekdays. Aktivitas rehat atau healing biasa dilakukan oleh kebanyakan orang pada akhir pekan. Oleh karena itu, disini saya akan merekomendasikan tempat-tempat yang cocok untuk healing di Jakarta yang dapat kamu kunjungi pada saat akhir pekan tiba.

1. Pantai Indah Kapuk

Pantai indah kapuk atau yang dikenal sebagai PIK adalah destinasi wisata yang telah banyak dikenal terutama oleh warga Jakarta. Disini, kamu bisa melihat indahnya pantai sambil menikmati berbagai macam kuliner seperti Lawless Burger, Happy Oyster, Pizza Dealer, dan lainnya. Hawa pantai yang khas membuat PIK sangat cocok untuk dijadikan tempat hangout bersama rekan kerja atau keluarga. Tapi, jika kamu berencana pergi di siang hari, jangan lupa untuk mengingatkan rekan hangoutmu buat bawa sunscreen, karena matahari yang terik serta hawa pantai yang cukup panas dapat membuat kulit menggelap.

Pemandangan PIK (Shot by @derisaann)

Untuk masalah harga, makanan di PIK dapat dibilang cukup pricey. Jadi jika kamu adalah orang yang doyan banget jajan, siapin dulu uang lebih sebelum kamu pergi. Tidak hanya makanan, PIK juga menyediakan spot-spot foto ciamik untuk keperluan sosialita kamu di sosial media.

Lawless Burger Bar PIK

Lawless adalah salah satu burger bar yang terkenal di Indonesia, terutama dikalangan anak muda. Salah satu alasan terkenalnya restoran burger ini adalah karena sang ownernya adalah influencer terkenal tanah air, Gofar Hilman. Gofar adalah figur yang sangat kontroversial. Namun, dibalik kisah-kisah kontroversialnya, dia sukses membawa Lawless menjadi salah satu franchise tersukses di Indonesia. Itu dibuktikan oleh ekspansi yang dilakukan oleh Lawless di bidang fashion

Lawless Burger Bar PIK (Shot by @derisaann)

Pengalaman Pribadi

Jika saya boleh bilang, pengalaman saya makan di Lawless Burger Bar ini sedikit kurang menyenangkan dikarenakan beberapa hal. Nah, disini saya akan menjelaskan kenapa dan apa alasannya.

Saya berkunjung ke Lawless Burger cabang PIK pada hari minggu siang, sekitar pukul 11. Dikarenakan saya orang Bandung, saya sedikit kesulitan untuk beradaptasi dengan panasnya Jakarta pada kala itu. Apesnya, ketika saya dan teman-teman saya mendatangi restoran burger tersebut, semua indoor area dipenuhi oleh komunitas motor. Kata salah satu teman saya sih kalo hari minggu memang bakalan penuh karena pada Sunmori (Sunday Morning Ride). Terpaksa saya dan teman-teman saya berfoto-foto terlebih dahulu sebelum makan di Lawless Burger Bar dan berharap ketika kembali sudah kosong. Namun, sangat disayangkan, ketika kita kembali, indoor areanya masih penuh oleh orang-orang yang sama. Jadi terpaksa, saya dan teman-teman saya duduk di outside table dibawah terik matahari pantai. Untungnya, selang 15 menit, orang-orang tadi telah meninggalkan Lawless dan kami pun bisa duduk didalam.

Saya dan semua teman saya memesan menu The Lemmy seharga kurang lebih 60 ribu. Bisa dibilang mahal jika dibandingkan dengan burger fast food. Soal rasa, burger yang saya pesan kurang memenuhi ekspetasi saya. Harga 60 ribu jadi terasa sangat mahal. Namun jika dipikir kembali, nilai jual Lawless PIK bukan hanya dari makanannya saja, namun juga sensasi makan ditemani view pantai yang menakjubkan. Saran saja, buat kalian yang berencana makan di Lawless Burger Bar, jangan memesan Lemmy. Hal itu dikarenakan keyakinan saya bahwa kalian pun akan berpikiran hal yang sama seperti saya.

Lokasi

Jika kamu belum familiar dengan tempat ini dan tidak mengetahui akses jalannya, kamu bisa menggunakan aplikasi google maps untuk dijadikan petunjuk jalan jika kamu memakai kendaraan pribadi. Namun jika kamu belum mempunyai kendaraan pribadi, saya lebih menyarankan kamu buat pesen ojek online karena sewaktu saya kesana, saya tidak melihat satupun kendaraan umum seperti angkot ataupun bus.

Perihal akses jalan, saya tidak menemukan kendala sama sekali karena jalan menuju PIK maupun jalanan PIK itu sendiri sudah sangat mulus dan memadai.

2. Makna Coffee

Kalau kita ngobrolin hangout dan tempat keknian, rasanya belum lengkap jika kita tidak membahas kafe atau coffeshop. Makna Coffee adalah salah satu kafe yang cukup dikenal di daerah Jakarta Selatan. Kafe ini dikenal karena Makna Coffee adalah tempat rekaman salah satu podcast lokal populer, yaitu makna talks. Berlokasi di Jalan Bangka Raya No. 20, Jakarta Selatam, Makna Coffee tidak hanya menjual beraneka ragam kopi. kafe ini juga memiliki tempat yang sangat nyaman untuk nongkrong-nongkrong santai bersama teman atau kerabat. Tidak hanya itu, Makna coffee juga memiliki beberapa spot foto estetik yang cukup instagrammable.

Makna Coffee

Menu dan Harga

Menu yang ditawarin Makna Coffee cukup beragam, namun harga dari menu-menu itu sendiri cukup merogoh kocek jika dibandingkan dengan coffeshop yang ada di Bandung. Di Bandung, espresso hanya dihargai 15-18 ribu rupiah saja, namun di Makna Coffee, kita harus membayar 28 ribu rupiah.

Pengalaman Pribadi

Ketika saya kesana, saya memesan premium shake latte. Sebenarnya saya cukup menyesal memesan itu, karena saya bisa menemukan latte serupa dengan harga yang lebih murah di Bandung. Namun penyesalan saya tadi terobati karena pembelian latte tadi sudah termasuk botol kaca Makna Coffee, lumayan buat kenang-kenangan. Masih ngomongin soal menu, ada satu minuman di Makna Coffe yang menarik perhatian saya , yaitu Bold Brew Tonic yang ketika itu dipesan oleh teman saya. Bold brew tonic adalah campuran dari cold brew dan soda. Awalnya saya skeptis dengan kombinasi tersebut, namun ketika saya mencobanya, sangat mengejutkan, rasanya sangat unik dan menyegarkan. Meski harganya yang cukup mahal untuk segelas minuman, namun menurut saya bold brew tonic adalah menu terbaik dibandingkan semua menu yang saya dan teman saya pesan.

3. M-bloc Space

Tidak seperti mall pada umumnya, M-Bloc adalah ruang kreatif dan tempat live music untuk komunitas-komunitas lokal. Terletak di dalam kompleks Peruri di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tempat ini cocok sekali untuk dijadikan tempat hangout bersama teman-teman. Jika dilihat dari depan, memang tempat yang satu ini terlihat seperti mall pada umumnya, namun jika kalian masuk kedalam m bloc, kalian akan dibuat tercengang oleh uniknya struktur tempat tersebut. Seperti yang ditulis di website m bloc space, tempat ini akan menjadi sarana bagi industri kreatif dan budaya lokal; tempat bagi musisi lokal, seniman, pembuat dan pekerja lepas kreatif untuk terhubung, dan berkolaborasi. Perlu diingat, ketika saya mengunjungi m bloc space, saya dan teman-teman saya diwajibkan memakai masker dan mematuhi protokol kesahatan. Hal itu dikarenakan pandemi covid-19 masih dalam kondisi yang cukup buruk. Jadi jika kalian kesini saat masih pandemi, dimohon untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Penampakan M bloc space bagian dalam (shot by @derisaann)

Ketika saya ke Jakarta, menurut saya ini adalah tempat terkeren yang saya kunjungi. Kenapa? Karena ini adalah tempat yang tidak hanya kekinian tapi juga bisa dibilang all in one. Di m-bloc, kalian bisa menemui berbagai macam tenant, yaitu:

Demajors Record Store

Dimulai dari yang paling saya suka, yaitu Demajor record store. Sebagai pencinta musik, saya menghabiskan waktu cukup lama disini. Di record store ini, kalian bisa menemukan banyak sekali pilihan musik dalam bentuk kaset jadul dan piringan hitam. Berbagai genre musik dapat ditemukan di record store ini. Pop, Rock, Soul, hingga Classical semuanya ada di Demajor record store ini. Namun genre favorit saya, hip-hop, cukup jarang ditemui disini. Terlepas dari itu, ini adalah record store terlengkap yang pernah saya kunjungi selama hidup saya. Jadi untuk pencinta musik, tunggu apalagi? yuk mampir ke record store andalan m bloc space satu ini.

Fabriekbloc Thrift Store

Tidak hanya untuk pencinta musik, m bloc space pun cocok dikunjungi oleh kamu-kamu yang suka fashion. Meski berada di tengah kota jakarta, thrift store m-bloc atau yang biasa disebut fabriekbloc menyediakan berbagai macam pakaian-pakaian preloved berkualitas. Mulai dari kemeja flannel, hoodie, hingga celana. Ketika saya berkunjung kesini, saya mendapatkan kupon beli 2 gratis 1. Namun, karena keterbatasan waktu, saya tidak membeli apapun pada kala itu. Jadi, buat kalian yang berencana thrifting di Fabriekbloc, luangkan waktu kalian ya, karena banyak sekali barang-barang yang bagus.

Food and Beverages

Tidak afdol jika kita membahas suatu tempat wisata tanpa membagas makanannya. Di m bloc space, kita dapat menemui banyak sekali tenant-tenant F&B seperti ayam chickro yang menjual roasted chicken, Makan Cantik yang menawarkan fine dining dengan kearifan lokal, Tokyo Skipjack yang menyuguhkan menu internasional dengan sentuhan lokal, serta masih banyak lagi tenant-tenant F&B yang bisa kamu cek di website m bloc space

Mass Rapid Transit (MRT)

Tenant-tenant yang unik dan segala ada bukanlah satu-satunya daya tarik dari m bloc space, tapi MRT yang berada disekitaram m bloc space juga bisa dijadikan referensi hangout yang asyik. Namun, untuk menaiki MRT, kamu harus membuat kartu member terlebih dahulu. Kartu member tersebut terbagi menjadi dua tipe yaitu single trip dan multi trip. Sayangnya, single tripnya habis ketika saya dan teman saya hendak membelinya. Jadi kami tidak jadi naik MRT nya karena jika kita membeli kartu yang multi trip, harganya bisa dibilang cukup mahal.

Museum Peruri

Tempat terakhir yang berkesan di m bloc space adalah Museum Peruri. Disini saya diperlihatkan mesin pencetak uang dari zaman ke zaman. Tempat ini cocok sekali untuk dijadikan tempat berfoto aestetik. Namun hati-hati ya, boleh berfoto bukan berarti boleh sembarangan memegang benda-benda yang dipajang di museum ini. Tidak hanya mesinnya, di museum inipun kalian bisa melihat uang-uang zaman dahulu yang dipajang rapi. Untuk pencinta sejarah, saya sangat merekomendasikan untuk berkunjung kesini jika kalian berkunjung ke m bloc space.

Mesin pencetak uang pada zaman dahulu (Shot by @derisaann)

Kesimpulan

Dari ketiga tempat yang saya kunjungi di Jakarta, m bloc space adalah tempat favorit saya. Alasannya karena m bloc adalah tempat yang sangat unik dan beda. Namun bukan berarti saya tidak menyukai kedua tempat lainnya. Setiap tempat mempunyai momen dan memorinya masing-masing.

Jika dirasa referensi-referensi tentang travelling saya kurang atau kalian perlu referensi lain, kalian bisa cek artikel-artikel lainnya disini.

Penulis: Adil Billa Bagy (1905573)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *