December 1, 2022

10 Resep Camilan ini Cocok banget buat Kamu Kaum Mageran!

Penulis: Athirah Jihan K

Ada waktunya kamu lagi lapar banget tapi gamau makan makanan berat. Mau pesan makan online tapi bingung, belum lagi ongkos kirimnya yang mahal xixi. Eitss… tenang gais, jangan galau jangan risau karena kamu datang ke artikel blog yang paling tepat! Berikut ini beberapa pilihan makanan camilan enak beserta resepnya yang bisa kamu ikuti untuk memanjakan mulut dan perut kamu. Cekidot!

1. Gimmari Indomie

I tried to make one myself! Enak loh..

Siapa sih yang gak suka Indomie? (Bukan sponsor, hihi) Nah, inspirasi camilan yang pertama ini datang dari salah satu pengguna akun media sosial TikTok yang bernama @apricayesyy. Makanan ini cocok banget buat kalian yang pengen makan mi goreng tapi bosan dengan sajian yang sederhana. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, level up your Indomie by trying out this recipe!

Bahan:

  1. 1 bungkus Indomie
  2. 1 bungkus nori
  3. Bubuk cabai (optional, rekomendasi untuk kamu yang suka pedas ;))
  4. Tepung serbaguna
  5. Wijen (optional)
  6. Air
  7. Saos sambal/mentai
  8. Minyak

Alat:

  1. Panci
  2. Saringan
  3. Garpu

Cara membuat:

  1. Pertama, rebus Indomie terlebih dahulu di air panas selama 3 menit sampai kenyal, lalu tiriskan menggunakan saringan.
  2. Campurkan bumbu Indomie dengan bubuk cabai, dan masukan Indomie ke dalam campuran bubuk tersebut. Lalu, aduk hingga merata.
  3. Setelah itu, masukan mi ke dalam nori secukupnya (atau sesuai selera kamu).
  4. Gulung nori, dan rekatkan dengan sedikit air.
  5. Buat adonan tepung dengan mencampurkan tepung terigu serbaguna dengan air secukupnya, dan beri sedikit wijen (optional).
  6. Lalu, balur gimmarinya dengan adonan tepung yang sudah dibuat.
  7. Goreng gimmari sampai berwarna kuning keemasan.
  8. Terakhir, angkat gimmarinya, dan jangan lupa tiriskan minyaknya ya!

Gimmari Indomie siap disantap dengan saus pilihan kesukaanmu!

2. Dorayaki Oreo

Dorayaki Oreo
Foto: Pinterest

Kalian penggemar kartun Doraemon pasti familiar dengan kue dorayaki, kan? Nah, camilan kali ini cocok banget buat kamu pecinta biskuit Oreo. Kali ini, content creator bernama @virgierolettaa di Instagram membagikan inspirasi untuk resep camilan manis dorayaki yang sedikit berbeda dari biasanya. Cari tahu gimana cara buatnya, yuk!

Bahan:

  1. 1 bungkus Oreo
  2. 80 ml susu full cream
  3. 1 butir telur
  4. 1 sdt baking powder
  5. 2 sdm butter cream

Alat:

  1. Blender/food chopper
  2. Teflon
  3. Mangkok
  4. Sendok sayur
  5. Sendok

Cara membuat:

  1. Pisahkan biskuit Oreo dengan krimnya. Lalu, masukkan bagian biskuitnya saja kedalam food chopper.
  2. Tuangkan 80 ml susu full cream.
  3. Masukkan 1 butir telur, lalu nyalakan food chopper sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Setelah itu, masukkan 1 sdt baking powder, dan aduk hingga merata.
  5. Setelah adonan jadi, masukkan adonan ke dalam teflon yang sudah dipanaskan menggunakan sendok sayur.
  6. Kalau sudah muncul air bubbles dan pinggirannya sudah mengering, waktunya untuk membalik dorayaki tersebut.
  7. Panggang sebentar, lalu angkat.

Cara membuat isian (filling):

  1. Pertama, masukkan krim Oreo yang sudah dipisahkan tadi ke dalam mangkok.
  2. Lalu, campurkan dengan 2 sdm butter cream, dan aduk hingga merata.
  3. Terakhir, oleskan isian ke adonan dorayaki yang sudah matang, lalu tutup rapat dengan dorayaki satu lagi.

Dorayaki Oreo siap dimakan! Akan tambah nikmat jika ditemani dengan segelas susu. Selamat menikmati!

3. Keju Aroma

Perpaduan manis dan asin keju aroma nya sangat pas di lidah, loh!

Selanjutnya, camilan yang ketiga ini sempat nge-trend di kalangan netizen, loh! Bahkan ada salah satu influencer yang menjual camilan ini di dalam bisnisnya. Walaupun harganya cukup terjangkau, namun tidak ada salahnya kalau kamu mencoba untuk membuatnya sendiri dan juga dapat lebih menghemat biaya ;).

Ditambah lagi makanan ringan ini cocok buat kamu penggemar keju dan camilan yang manis-manis. Dengan hanya 3 bahan utama, camilan ini dapat memuaskan mulut dan perutmu, Cobain yuk!

Bahan:

  1. Kulit lumpia
  2. Keju cheddar
  3. Gula
  4. Sedikit air
  5. Minyak

Alat:

  1. Pisau
  2. Teflon/penggorengan
  3. Capit penggorengan

Cara membuat:

  1. Potong keju craft menjadi persegi panjang.
  2. Bentangkan kulit lumpia dan letakan potongan keju craftnya.
  3. Tambahkan sedikit gula.
  4. Gulung lumpianya dan rekatkan dengan air.
  5. Lalu, goreng di minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan.

Tadaa! Hidangan 3 bahan nya siap kamu santap. Sangat mudah dan praktis bukan?

4. Roti Goreng Tepung Panir

Sensasi kriuk dan cokelat lumer di dalam lidah merupakan perpaduan yang sangat lezat!

Resep camilan selanjutnya cocok banget buat kamu para early birds. Bangun pagi-pagi enaknya bikin sarapan yang gak ribet-ribet banget kan? Tapi, kamu bosan sarapan dengan roti isi selai kacang saja? Kalau begitu, cobain resep berikut ini, dijamin bakal bikin pagi mu berseri-seri!

Bahan:

  1. Roti tawar
  2. Coklat meses
  3. Telur
  4. Tepung panir
  5. Minyak

Alat:

  1. Cangkir atau tutup botol untuk cetakan
  2. Penggorengan
  3. Saringan

Cara membuat:

  1. Siapkan 2 atau lebih roti tawar.
  2. Masukkan coklat meses kedalam roti, lalu tutup dengan roti satunya lagi.
  3. Kalau kamu ingin roti nya berbentuk bulat, bisa ditekan dengan mulut gelas atau tutup botol sehingga rotinya menjadi berbentuk lingkaran.
  4. Lalu, masukan roti ke dalam kocokan telur.
  5. Setelah itu, balurkan ke dalam tepung panir.
  6. Goreng dengan minyak yang panas sampai rotinya berubah warna menjadi kecoklatan (golden brown).

Jadi deh! Camilan ini juga pas untuk dijadikan sarapan ketika kamu terlambat sekolah atau pergi ngantor karena proses pembuatannya yang tidak memakan waktu terlalu lama.

5.1 Bolu Cangkir Oreo

Yum! Bolunya lembut, dan rasa biskuit Oreo nya pun sangat terasa.

Camilan selanjutnya masih dalam tema Oreo lagi nih, gais! (Bukan sponsor lagi, hehe). Biasanya untuk membuat kue bolu itu sangat identik dengan menggunakan oven, bukan? Eits… tapi tidak untuk resep kali ini. Kamu tidak perlu menggunakan oven melainkan hanya microwave atau rice cooker, dan sebuah cangkir loh! Praktis kan? Apalagi untuk kamu anak kos yang lagi kangen kue bolu bikinan Ibu, sekarang kamu bisa bikin bolu versi buatan kamu sendiri. Yuk buat!

Bahan:

  1. 4 biskuit Oreo
  2. 1/4 cup susu full cream
  3. 1 sdm gula
  4. 1 sdm terigu
  5. 1/2 sdt baking powder
  6. 1 sdt cocoa powder
  7. Coklat batang

Alat:

  1. Cangkir
  2. Microwave atau rice cooker
  3. Sendok

Cara membuat:

  1. Siapkan cangkir favoritmu.
  2. Masukkan 4 biskuit oreo.
  3. Hancurkan Oreo dan tuangkan susu. Lalu, aduk sampai oreonya hancur dan tercampur rata.
  4. Masukan tepung, cocoa powder (optional), baking powder.
  5. Kalau kamu mau sensasi coklat yang lumer, masukkan coklat kedalam adonan dan biarkan seperti itu.
  6. Terakhir, masukan cangkir ke dalam microwave selama 3 menit.

Kalau 3 menit sudah terlewatkan, bolu cangkir oreo siap dihidangkan! Yum!

5.2 Bolu Cangkir Oreo (Ver. 2)

Kalau kamu merasa resep sebelumnya masih terlalu rumit, kamu bisa hanya menggunakan 2 bahan loh, yaitu biskuit Oreo dan susu full cream. Cara membuatnya masih sama seperti yang dipaparkan sebelumnya, hanya saja kamu tidak memerlukan bahan-bahan yang lain selain dua bahan utama nya. Dengan begitu, rasa biskuit Oreo nya akan masih sangat terasa. Selamat mencoba!

6. Milk Bath Toast

Milk Bath Toast
Foto: Pinterest

Camilan satu ini merupakan camilan ala-ala orang luar negeri nih, gais! Dan lagi-lagi tidak memerlukan oven untuk membuat makanan ini. Seorang content creator bernama @agustinafedalia di Instagram membagikan inspirasi camilan praktis yang keenam ini. Dengan 3 bahan yang mudah dicari di dapur rumah kamu, kamu sudah bisa menikmati makanan praktis dan enak satu ini. Begini cara buatnya:

Bahan:

  1. Roti tawar
  2. Susu cair full cream
  3. Mentega/butter
  4. Madu

Alat:

  1. Penggorengan
  2. Spatula silikon

Cara membuat:

  1. Letakkan roti tawar di dalam penggorengan, lalu tuangkan 200 ml susu cair full cream.
  2. Biarkan dan rendam roti tawar tersebut selama kurang lebih 20 menit.
  3. Setelah itu, panggang roti tawar di atas Teflon dengan butter/mentega sampai berwarna kecoklatan.

Milk bath toast kamu sudah jadi dan siap dihidangkan dengan baluran sirup madu atau ditambah dengan buah segar sesuai selera kamu :).

7. Smoked Beef Lumpia

Perpaduan lelehan keju mozarella dan daging smoked beef yang sangat cocok sekali!

Karena daritadi sudah bahas resep camilan yang manis-manis, sekarang kita bahas resep camilan yang gurih-gurih lagi. Camilan yang kedelapan ini juga sangat praktis karena hanya membutuhkan tiga bahan utama, yaitu kulit lumpia, smoked beef, dan keju. Yuk, simak gimana cara buatnya!

Bahan:

  1. Kulit lumpia
  2. Smoked beef
  3. Keju quick melt/mozarella
  4. Air
  5. Minyak

Alat:

  1. Penggorengan
  2. Capit penggorengan
  3. Saringan

Cara membuat:

  1. Bentangkan kulit lumpia, lalu letakkan 1 lembar smoked beef diatasnya.
  2. Potong keju quick melt/mozzarella berbentuk persegi panjang lalu taruh di atas smoked beef.
  3. Gulung kulit lumpianya, dan rekatkan dengan air.
  4. Setelah itu goreng di dalam minyak panas sampai berubah warna menjadi kecoklatan.
  5. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan!

Camilan gurih satu ini siap untuk kamu santap bersama keluarga ;).

8. Tofu Katsu

Tofu Katsu
Foto: Pinterest

Camilan yang satu ini bisa dibilang camilan sehat, loh! @zahrah.ateerah di Instagram membagikan inspirasi resep camilan yang satu ini. Pasti bosen kan makan katsu tapi katsu ayam terus-menerus? Nah, kali ini coba kamu ganti bahan utamanya dengan tofu/tahu. Yuk, dicoba!

Bahan:

  1. 1 buah tahu gede
  2. 6 sdm tepung bumbu (tepung bumbu ayam)
  3. 1 sdt garam
  4. Bawang putih bubuk (optional)
  5. 1 butir telur
  6. Tepung roti
  7. Minyak

Alat:

  1. Penggorengan
  2. Spatula
  3. Saringan

Cara membuat:

  1. Hancurkan tahu sampai halus.
  2. Masukkan tepung bumbu ayam, 1 sdt garam, dan sejumput bawang putih bubuk untuk penambah rasa, dan aduk sampai merata.
  3. Bentuk tahunya menjadi pipih (ukurannya sesuai selera kamu saja ya J)
  4. Lumuri dengan tepung terigu, lalu telur, dan tepung roti secara bertahap dan perlahan.
  5. Lalu, goreng di minyak panas dan api kecil sampai berubah warna menjadi kecoklatan.

Katsu tahu kamu sudah jadi dan bisa disantap dengan cocolan saus sesukamu!

9. Mie Gulung Sosis

Walaupun tampilannya tidak meyakinkan, namun rasanya sudah jangan diragukan hihi…

Untuk resep camilan satu ini, kita kembali menggunakan Indomie sebagai salah satu bahan utamanya, nih gais… tapi kali ini ditemani dengan sosis! Kalau kamu suka sosis dan Indomie, berarti kombinasi camilan ini sangat pas untuk mengisi perut kosong kamu. Buruan buat, deh!

Bahan:

  1. Sosis (boleh sosis ayam atau sosis sapi, terserah kamu ;))
  2. 1 bungkus Indomie.
  3. 1 butir telur
  4. Minyak

Alat:

  1. Panci dan penggorengan
  2. Pisau
  3. Pencapit penggorengan
  4. Saringan

Cara membuat:

  1. Rebus Indomie terlebih dahulu sampai setengah matang, lalu tiriskan.
  2. Setelah itu, campur indomie dengan bumbunya sampai merata.
  3. Lalu, potong sosis menjadi setengah bagian.
  4. Gulung sosis dengan Indomie.
  5. Setelah itu, balur sosis yang telah digulung indomie dengan telur.
  6. Goreng sosis di dalam minyak panas sampai berubah warna menjadi kecoklatan.

Mie gulung sosis siap kamu santap hangat-hangat dengan cocolan saus sambal!

10. Makaroni Kering/Lidi-lidian

Makaroni kering
Foto: Google

Waktunya nostalgia! Siapa sih yang gak kenal makanan sd satu ini? Resep camilan ini bisa kamu buat kalau kamu lagi kangen sama camilan yang sering kamu beli saat Sekolah Dasar, cuma butuh 2 bahan loh, yuk tengok!

Bahan:

  1. Makaroni/spaghetti
  2. Tepung terigu
  3. Minyak
  4. Bumbu perasa (balado, jagung manis, keju, dll.)

Alat:      

  1. Penggorengan dan panci
  2. Saringan
  3. Spatula

Cara membuat:

  1. Pertama, rebus makaroni atau spaghetti kering ke dalam air mendidih sampai setengah matang, lalu tiriskan.
  2. Campurkan dengan sedikit tepung dan pastikan semua macaroni/spaghetti terbalur. Hal ini untuk menambah sensasi garing agar lebih terasa.
  3. Lalu, goreng di minyak panas sampai berwarna kecoklatan.
  4. Setelah itu, angkat dan tiriskan minyak.
  5. Tabur dengan bumbu perasa agar rasanya semakin mantap. Selesai!

Jadi deh, sekarang kamu bisa nyemil sambil nonton film kesukaan kamu bareng orang-orang tersayang.

Gimana nih, gais? Sudah tau mau nyemil apa hari ini? Semoga 10 inspirasi resep camilan praktis di atas dapat membantu kamu memuaskan perut keroncongmu, ya! Tapi, kalau kamu lagi tidak mager alias malas gerak, dan ingin nyemil sambil menikmati dunia luar, coba kunjungi kafe-kafe di daerah Jakarta ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *