December 2, 2022

10 Makanan Yang Bisa Membunuhmu Tanpa Disadari

Makanan merupakan hal yang tidak dapat tergantikan dari kehidupan kita sehari – hari. Kita makan setidaknya dua kali sehari untuk orang normal yang sehat. Jika diolah dengan baik dan benar makanan bisa menjadi sumber utama kesehatan kita.

Namun, kebanyakan dari kita hanya mempedulikan cita rasa yang enak untuk di makan tanpa mempedulikan kandungan yang ada di dalamnya. Di balik itu semua, ada beberapa makanan yang ternyata memiliki kandungan atau zat yang bisa membuat kita berpindah alam tanpa disengaja.

Bahkan beberapa dari makanan yang akan disebutkan disini bisa ditemukan di dapur kalian sekarang juga! Tanpa banyak basa – basi lagi, berikut adalah 10 makanan yang tanpa disadari bisa membunuhmu :

  1. Kayu manis
Alergi Kayu Manis yang Perlu Anda Ketahui - Info Sehat Klikdokter.com
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3619845/alergi-kayu-manis-yang-perlu-anda-ketahui

Kayu manis merupakan salah satu bahan dapur yang sangat umum di temui. Hampir setiap rumah memiliki bahan ini. Jika hanya digunakan sedikit atau sebagai bumbu pada makanan, kayu manis akan membuat makanan tersebut terasa lebih enak.

Tetapi jika di konsumsi terlalu banyak, kayu manis bisa menyebabkan kematian. Bukan karena zat yang terkandung di dalamnya, tetapi cara penggunaannya yang bisa membuat keadaan bisa menjadi fatal.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa orang di Cinnamon challenge yang pernah viral dalam beberapa tahun lalu. Cinnamon challenge adalah sebuah tantangan daring dimana pesertanya akan mencoba untuk menelan satu sendok penuh bubuk kayu manis secara mentah – mentah.

Ketika satu sendok penuh bubuk kayu manis dimasukkan ke dalam mulut, kelembapan air di dalam mulut akan menguap seketika, sehingga sangat tidak mungkin untuk di telan dengan mudah.

Hal ini bisa menyebabkan tersedak dan kerusakan pada paru – paru karena menghirup bubuk kayu manis terlalu banyak. Apa kalian salah satu dari peserta Cinnamon challenge juga?

2. Pala

14 Manfaat Buah Pala beserta Efek Samping dan Cara Mengkonsumsinya -  Lifestyle Katadata.co.id
https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/617bd762c74e4/14-manfaat-buah-pala-beserta-efek-samping-dan-cara-mengkonsumsinya

Satu lagi bahan dapur yang sering kita temui di dalam setiap rumah adalah pala. Berbeda dengan kayu manis, pala dianggap berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya, bukan karena tantangan aneh yang berasal dari internet.

Jika di konsumsi dalam dosis yang rendah, pala tidak akan berbahaya sama sekali. Tetapi, jika di konsumsi dalam keadaan mentah dan dosis yang tinggi, maka bisa pala bisa memberikan efek zat psikoaktif.

Dilansir dari mataramkota.bnn.go.id, Jika terpapar dalam jangka panjang, zat psikoaktif dari pala bisa menyebabkan gelisah, kebingungan, gangguan tidur (insomnia), gangguan mood, perilaku kekerasan, curiga berlebihan atau paranoid, halusinasi, penurunan berat badan, kerusakan gigi (meth mouth), gatal – gatal, dan yang lebih parah, bisa menyebabkan kematian.

Cinnamon challenge saja sudah berbahaya, jangan bikin Nutmeg challenge ya guys, bisa – bisa cuma karena niat iseng malah hilang nyawa.

3. Sosis

Resep Sosis Ayam Rumahan Yang Mudah dan Enak
https://www.resepkuerenyah.com/resep-sosis-ayam/

Sosis memang salah satu makanan siap saji yang cukup populer dan mudah untuk di masak, bisa di goreng, di panggang, ataupun di rebus. Tetapi, di belahan dunia luar terdapat bahaya yang terkandung dalam makanan ini.

Sebuah studi di Prancis yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa 1 dari 4 sosis yang masih dibungkus terdapat virus Hepatitis E di dalamnya. Pada tahun 2017, hal serupa juga terjadi di Britania Raya, dimana ditemukan virus Hepatitis E di dalam sosis yang masih berada di dalam kemasan.

Walaupun virus Hepatitis E sangat jarang memakan korban, virus ini sangat berbahaya bagi wanita hamil dan para pengidap penyakit kekebalan tubuh.

4. Telur

Telur hampir selalu menjadi bahan yang ada di dalam setiap masakan, baik sebagai bahan campuran atau dimakan secara langsung. Dimakan secara langsung disini berarti sudah dimasak terlebih dahulu, entah di rebus atau di goreng. Karena jika dimakan secara mentah – mentah, telur akan berbahaya bagi tubuh.

Di dalam telur mentah bisa terdapat bakteri Salmonella. Efek dari keracunan bakteri Salmonella diantaranya bisa menyebabkan keram perut, diare, dan muntah – muntah setelah 12 hingga 72 jam pascainfeksi.

Jika dilakukan dalam jangka panjang, mengkonsumsi telur mentah bisa menyebabkan diare parah dan muntah – muntah, yang jika tidak ditangani dengan cepat bisa mengakibatkan dehidrasi dan berujung dengan kematian.

Selama ini telur mentah dipercaya bisa meningkatkan stamina pria serta membantu untuk membentuk tubuh yang ideal. Namun tidak ada salahnya untuk menyisihkan waktu beberapa menit untuk memasak telur hingga matang agar lebih aman untuk di konsumsi.

5. Sannakji

Sannakji - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://id.wikipedia.org/wiki/Sannakji

Siapa yang tidak suka dengan seafood? Selain rasanya yang enak, makanan ini juga mengandung beberapa manfaat untuk tubuh kita, seperti protein, vitamin, asam lemak omega 3, mineral, dan lain – lain.

Seafood sendiri bisa kita jumpai hampir di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di negeri ginseng, Korea. Korea memiliki seafood yang cukup ekstrim dan aneh, yaitu Sannakji.

Sannakji mungkin terdengar asing di telinga kita. Sannakji adalah kudapan seafood yang cukup terkenal di Korea, dimana di dalam kudapan tersebut, seekor gurita berukuran kecil langsung dimakan dalam keadaan hidup – hidup dengan hanya di beri sedikit bumbu agar terasa lebih enak saat di makan.

Mengkonsumsi sannakji sangat berbahaya karena jika tidak dikunyah dengan baik, gurita tersebut akan masuk ke dalam tenggorokan dalam keadaan hidup. Tentakelnya bisa dengan mudah menempel di saluran kerongkongan dan membuat penyantap sannakji tersedak hingga meninggal.

Hingga saat ini, terdapat banyak kasus orang meninggal saat menyantap sannakji. Anehnya, masih banyak orang yang berani menyantap makanan legal satu ini. Apakah kalian berani mencoba menyantap sannakji?

6. Jamur

8 Jenis Jamur Beracun yang Paling Berbahaya di Dunia. Hati-Hati!
https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-jamur-beracun-berbahaya/

Jamur merupakan salah satu bahan makanan dengan memiliki banyak jenis dan variasi. Mulai dari yang bisa dimakan, seperti Shitake Mushroom, yang bisa membuat teler, seperti Magic Mushroom, hingga yang bisa menyebabkan kematian, seperti Destroying Angel Mushroom.

Jamur beracun yang dimakan biasanya membutuhkan waktu agar efeknya bisa bekerja. Kebanyakan dari jamur beracun bisa menyebabkan gagal ginjal, gagal hati, dan gagal pernapasan, tergantung dari jenis jamur yang dimakan.

Jamur beracun memiliki beberapa ciri khas yang membedakan mereka dari jamur yang tidak beracun. Diantaranya adalah memiliki warna yang mencolok, memiliki bau yang menyengat, memiliki cawan, tumbuh di tempat yang kotor, dan dapat berubah warna.

Jika kalian menemukan jamur dengan 5 ciri – ciri yang disebutkan diatas, sebaiknya menjauh dari tempat tersebut, jangan melakukan kontak fisik, apalagi dimakan.

7. Elderberry

Elderberry Buah Unik Sejuta Manfaat
https://mediaindonesia.com/humaniora/332159/elderberry-buah-unik-sejuta-manfaat

Buah kecil ini seringkali digunakan sebagai obat herbal alami untuk meringankan gejala pilek dan flu, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, hingga mencegah penyakit kronis.

Namun dibalik semua khasiat tersebut, mengkonsumsi Elderberry harus dilakukan dengan sangat berhati – hati. Biji, daun, akar, dan batang Elderberry sangat berbahaya bagi tubuh karena mengandung sianida yang dapat menginduksi glikosida.

Jika Elderberry di konsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan mual, muntah, lemas, pusing, mati rasa pada tubuh, hingga hilang kesadaran.

Untuk menghindari hal – hal tersebut, Elderberry harus dimasak terlebih dahulu dan hanya boleh dimakan bagian buahnya saja.

8. Ikan buntal

Tak Hanya Beracun, Inilah Fakta Ikan Buntal yang Perlu Diketahui - Alodokter
https://www.alodokter.com/tak-hanya-beracun-inilah-fakta-ikan-buntal-yang-perlu-diketahui

Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan yang satu ini? Jenis ikan yang pernah dipopulerkan sebagai Mrs. Puff dalam serial animasi Spongebob Squarepants ini terlihat aman untuk dikonsumsi seperti ikan pada umumnya.

Namun siapa sangka, ternyata ikan bertampang lucu ini bisa membunuh siapapun yang berani memakannya.

Ikan buntal atau biasa disebut dengan pufferfish atau blowfish terkenal dengan racunnya yang mematikan. Organ – organ dari ikan ini sangat berbahaya karena  mengandung senyawa neurotoxin yang sangat beracun yang disebut tetrodotoxin.

Jika tidak sengaja masuk ke dalam tubuh, racun tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan saat masih sadar, dan jika ditangani dengan tepat akan berakhir dengan kematian.

 Hanya koki yang sudah menjalani pelatihan bertahun – tahun dan memiliki sertifikat memasak ikan buntal-lah yang diizinkan untuk menyiapkan dan menyajikan jenis ikan ini di restoran.

9. Kacang almond

3 Alasan Almond Ampuh untuk Turunkan Berat Badan - Info Sehat Klikdokter.com
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3618402/3-alasan-almond-ampuh-untuk-turunkan-berat-badan

Rasanya yang enak dan renyah selalu membuat kita tidak bisa berhenti memakannya sampai habis. Kacang almond memang disukai oleh banyak kalangan, baik muda ataupun tua.

Namun di balik rasanya yang enak, makanan ini bisa mengandung bakteri salmonella yang berbahaya. Sebelum di konsumsi, kacang almond harus di olah dengan cara dipanaskan dan dipasteurisasi melalui mesin khusus untuk mencegah adanya bakteri salmonella.

Bahaya dari mengkonsumsi kacang almond bukan hanya datang dari bakteri salmonella saja, tetapi juga racun sianida. Beberapa jenis almond dengan rasa pahit memiliki kadar kandungan racun sianida lebih banyak dari almond dengan rasa manis yang hampir tidak ada sama sekali.

Dalam beberapa budaya di beberapa belahan dunia, kacang almond dengan rasa pahit sering digunakan untuk kesehatan, walaupun jika di konsumsi dengan dosis yang besar akan sangat berbahaya.

Untungnya, sekarang sudah jarang ditemukan kacang almond dengan rasa pahit di toko – toko swalayan karena kebanyakan hanya menjual kacang almond dengan rasa manis.

Jadi, selama rasa dari kacang almond yang kalian beli memiliki rasa yang manis, kalian tidak perlu khawatir dan bisa melanjutkan makan kudapan tersebut sambil bersantai menonton tv.

10. Kentang

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Jantung dan Kendalikan Kadar Gula Darah -  Gaya Tempo.co
https://gaya.tempo.co/read/1464149/manfaat-kentang-bagi-kesehatan-jantung-dan-kendalikan-kadar-gula-darah

Kentang merupakan salah satu makanan pokok pengganti karbohidrat yang mudah ditemui dimana – mana. Berbagai olahan kentang mulai dari perkedel hingga keripik pasti disukai oleh banyak orang.

Kentang aman untuk dimakan ketika diolah dan dikonsumsi dengan baik dan benar. Tetapi jika warna kentang sedikit berubah menjadi kehijauan, segera buanglah kentang tersebut.

Hal ini disebabkan karena kentang menghasilkan glikoalkaloid yang disebut solanin. Jika termakan sedikit saja, senyawa solanin bisa menyebabkan diare, muntah – muntah, sakit kepala, dan bahkan kematian.

Alangkah baiknya untuk memperhatikan kondisi kentang sebelum diolah. Jangan menyepelekan warna kentang yang sudah berubah menghijau karena akan berakibat fatal.

Makanan yang disebutkan di atas hanyalah 10 dari ratusan bahkan ribuan makanan yang tanpa disadari bisa membunuh saat disajikan. Hanya karena disebutkan dalam daftar ini tidak berarti bahwa makanan ini berbahaya atau tidak dapat dimakan.

Tapi, kalian ga perlu sepenuhnya khawatir, karena makanan yang disebutkan diatas 100% aman untuk dimakan jika diolah dan dikonsumsi dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *