December 1, 2022

10 Barang yang Wajib Kamu Bawa Saat Berlibur di Masa Pandemi

Walaupun kasus Covid-19 terus meningkat, banyak orang yang tetap pergi berlibur di masa pandemi. Ini dikarenakan mereka sudah merasa bosan di rumah. Apakah kamu salah satu dari mereka? Atau kamu termasuk orang yang masih tahan tinggal di rumah sepanjang hari?

Tentu saja, pergi berlibur dalam masa pandemi akan terasa berbeda dengan sebelumnya. Banyak peraturan baru yang harus kita turuti jika ingin bepergian ke luar, apalagi jika ingin pergi berlibur ke luar negeri.

Aturan-aturan baru ini dibuat oleh pemerintah untuk mencegah adanya kenaikan kasus Covid-19 dan juga untuk membuat kita merasa aman dan nyaman saat pergi berlibur ke tempat-tempat yang sudah kita impikan sejak beberapa tahun yang lalu. Sebagai warna negara yang baik, sudah seharusnya kita menuruti aturan tersebut. Kamu tidak mau, kan, rencana liburan yang sudah kamu siapkan sesempurna mungkin rusak begitu saja karena kamu positif terkena Covid-19? Tentu saja tidak.

Jika kamu telah mempunyai rencana untuk berlibur dekat-dekat ini, mungkin kalian sudah tahu barang-barang apa saja yang wajib kamu bawa saat kamu berlibur. Tapi, mungkin kamu lupa menyiapkan beberapa barang yang penting untuk dibawa. Lagipula, kita adalah manusia yang kadang sering melupakan beberapa hal. Iya, kan?

Agar liburanmu tetap menyenangkan dan juga aman, simak 10 barang yang wajib kamu bawa saat berlibur di masa pandemi!

Masker yang nyaman

Gambar penulis memakai masker KF94 berwarna hitam.

Masker adalah salah satu barang yang wajib kamu bawa saat berlibur di masa pandemi. Ke manapun tempatnya, kita harus selalu memakai masker. Namun, kita harus bisa memilih masker yang cocok dan nyaman untuk dipakai sepanjang hari.

Masker mempunyai banyak jenis, contohnya masker duckbill, masker KN-95, masker KF-94, dan lain-lain. Pilih jenis masker yang sekiranya cocok dan sesuai dengan bentuk wajahmu. Pastikan masker yang kamu pilih tidak terlalu besar atau kecil. Jika terlalu besar, masker tidak akan bisa menjagamu dari virus dengan baik. Dan jika terlalu kecil, kamu tidak akan nyaman memakainya karena terlalu sesak.

Jangan lupa juga untuk membawa masker cadangan! Satu saja tidak akan cukup, apalagi jika kamu berencana libur untuk waktu yang cukup lama. Kamu bisa membeli masker kualitas tinggi dengan harga yang murah di sini.

Hand sanitizer

Gambar hand sanitizer.
Sumber: https://static.hdmall.id/1000×600/webp/system/image_attachments/images/000/028/982/original/med-id-Dettol_Hand_Sanitizer.jpg

Saat berlibur, kita pasti mengunjungi banyak tempat. Tanpa kita sadari, kita juga menyentuh berbagai benda di tempat tersebut. Kita tidak tahu pasti apakah benda itu bersih atau tidak. Setelah itu, mungkin saja kita lapar dan memutuskan untuk membeli sesuatu untuk dimakan.

Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah bepergian atau sebelum makan. Namun, bagaimana kalo tidak ada tempat untuk cuci tangan di sekitarmu? Jawaban yang paling benar adalah memakai hand sanitizer.

Jika kamu tidak membawa hand sanitizer, bayangkan betapa banyaknya kuman dan mungkin juga virus Covid-19 yang hinggap di telapak tanganmu. Membayangkannya saja sudah membuatmu bergidik ngeri, bukan?

Jadi, jangan lupa untuk membawa hand sanitizer saat berlibur, ya! Kamu bisa menemukan berbagai hand sanitizer, dari yang mungil sampai yang besar. Namun, saya sarankan untuk membawa hand sanitizer travel size supaya mudah untuk dibawa kemana pun. Kamu bisa membeli hand sanitizer mungil di sini.

Tisu disinfektan

Gambar tisu disinfektan.
Sumber: https://img.my-best.id/press_component/item_part_images/ae99d0d0a21acc426e6ae69936c33b5b.jpg?ixlib=rails-4.2.0&q=70&lossless=0&w=280&h=280&fit=clip

Walaupun kita sudah membawa hand sanitizer, tidak ada salahnya jika kita juga membawa tisu disinfektan untuk berjaga-jaga. Lebih baik kita membawa dua-duanya daripada tidak membawanya sama sekali, benar kan?

Selain untuk mengelap telapak tangan, tisu disinfektan juga digunakan untuk kegunaan yang lain. Contohnya, tisu disinfektan bisa digunakan untuk mengelap permukaan benda yang kamu sentuh saat perjalanan. Kamu bisa mengelap sandaran kursi yang akan kamu duduki, meja untuk makan, atau bisa juga untuk mengelap permukaan layar ponsel.

Tisu disinfektan bisa kamu temukan di banyak tempat. Kamu bisa membeli tisu disinfektan di situs jual beli online di sini.

Termometer

Gambar termometer.
Sumber: https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1589745105/attached_image/berbagai-jenis-termometer-dan-cara-mengukur-suhu-dengan-tepat.jpg

Membawa termometer sendiri memang terdengar tidak biasa, namun ada baiknya jika kita berjaga-jaga dengan membawa termometer kecil.

Dengan membawa termometer kecil, kita bisa memantau suhu tubuh kita sendiri saat pergi berlibur. Bisa saja kita merasa tidak enak badan di tengah-tengah perjalanan. Dalam situasi darurat seperti ini, termometer yang kita bawa berguna untuk mengecek suhu tubuh.

Karena termometer berukuran kecil biasanya merupakan jenis termometer yang menempel kepada kulit, kamu bisa mensterilkan termometer terlebih dahulu. Caranya dengan mengelapnya dengan tisu disinfektan yang kamu bawa sebelum digunakan oleh teman atau keluargamu yang ikut berlibur.

Kamu bisa menemukan dan membeli termometer kecil untuk dibawa berlibur di sini.

Kartu atau sertifikat vaksin

Logo Pedulu Lindungi.
Sumber: https://wonogirikab.go.id/wp-content/uploads/2020/09/Peduli.png

Hampir semua tempat sekarang mewajibkan kita untuk memperlihatkan kartu atau sertifikat vaksin Covid-19. Kartu atau sertifikat vaksin bisa diperoleh setelah melakukan vaksin dosis pertama atau vaksin dosis kedua.

Namun, untuk membawa kartu atau sertifikat vaksin kadang terasa merepotkan. Ukuran kartu atau sertifikat vaksin bisa dibilang besar, dan itu membuatnya susah untuk dibawa bepergian.

Oleh karena itu, kita bisa memperlihatkan sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi Peduli Lindungi yang bisa diunduh di ponsel kita melalui PlayStore atau AppStore.

Alat makan dan minum

Gambar tempat makan dan minum.
Sumber: https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//108/MTA-7586667/lock_-_lock_lock_n_lock_gift_set_lunch_box_tempat_dan_alat_makan_minum_full01_qt5smtbd.jpg

Alat makan juga merupakan barang yang wajib dibawa saat berlibur di masa pandemi. Seperti yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan, akan lebih baik jika kita membawa alat makan sendiri, seperti wadah makan dan minum, sendok, garpu, sedotan, dan sumpit. Alat makan dan minum yang dibawa dari rumah tentunya lebih aman dan terjamin kebersihannya.

Tapi, kita juga harus berhati-hati dalam memilih alat makan dan minum untuk dibawa bepergian. Pilihlah alat makan dan minum yang terbuat dari bahan yang aman, kedap udara, dan juga tidak mudah bocor. Akan lebih baik jika membeli wadah makanan yang bersekat. Tujuannya yaitu agar kita bisa membawa berbagai macam makanan tanpa takut makanan-makanan tersebut tercampur.

Kamu juga bisa berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik jika menggunakan alat makan dan minum dari rumah, lho.
Indonesia merupakah salah satu negara yang menghasilkan sampal plastik tertinggi. Walaupun terlihat sederhana, membawa alat makan dan minum sendiri juga membantu dalam mengurangi sampah plastik. Seperti peribahasa yang kita tahu, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui!

Kamu bisa membeli alat makan dan minum yang berkualitas di sini. Banyak juga pilihan warnanya, jadi pilih sesuai seleramu!

Peralatan ibadah

Gambar peralatan ibadah.
Sumber: https://cdnaz.cekaja.com/media/2020/06/Perlengkapan-Ibadah-Siapkan-Peralatan-New-Normal-dengan-Kartu-Kredit-Terpercaya.jpg

Jika kamu seorang Muslim dan terbiasa meminjam peralatan ibadah kepada teman atau memakai peralatan ibadah yang disediakan di mushola, sudah saatnya kamu meninggalkan kebiasaan ini.

Peralatan ibadah yang disediakan di mushola atau masjid biasanya telah dipakai oleh banyak orang sebelumnya. Di masa pandemi, situasi ini bisa membahayakan kesehatanmu dan meningkatkan resiko terkena virus Covid-19.

Membawa peralatan ibadah sendiri, seperti mukena atau sarung dan sejadah, bisa mengurangi resiko tersebut. Peralatan ibadahnya pun pasti terjamin kebersihannya karena dibawa dari rumah masing-masing.

Peralatan ibadah, seperti mukena, sarung, atau sejadah bisa kamu temukan dan beli di situs jual beli online. Kamu bisa memilih motif yang kamu suka dan cocok dengan seleramu.

Obat dan vitamin

Gambar vitamin.
Sumber: https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1601284002/attached_image/cara-memilih-suplemen-vitamin-c-yang-tepat-untuk-menjaga-daya-tahan-tubuh.jpg

Jika kamu memutuskan untuk berlibur saat pandemi, kamu harus bisa menjaga tubuh dan kesehatanmu supaya terus sehat dan bugar. Daripada membeli obat setelah terserang penyakit di tengah-tengah liburanmu, lebih baik kita membawa obat-obatan sendiri dari rumah. Dengan seperti ini, kita tidak usah repot memotong pendek liburan kita dengan pergi mencari obat di apotek sekitar.

Selain membawa obat-obatan, jangan lupa untuk membawa vitamin dari rumah juga. Pastikan untuk mengonsumsi vitamin sebelum berangkat berlibur, saat berlibur, dan sesudah berlibur.

Vitamin merupakan salah satu barang yang penting untuk dikonsumsi jika kamu berlibur saat pandemi. Dengan mengonsumsi vitamin, kita bisa menjaga tubuh kita agar tetap segar dan melanjutkan kegiatan liburan kita dengan suasana hati yang senang.
Terdapat banyak jenis vitamin yang bisa kamu beli di apotek terdekat atau di situs jual beli online. Pilihlah vitamin yang pas dengan kebutuhan tubuhmu. Untuk anak-anak, ada juga vitamin jelly yang bisa kamu beli di sini.

Alat test Covid-19

Gambar alat test Covid-19.
Sumber: https://statik.tempo.co/data/2020/11/19/id_981752/981752_720.jpg

Alat ini juga sangat dibutuhkan saat bepergian di masa pandemi. Jika kamu merasakan gejala-gejala Covid-19, alangkah baiknya untuk melakukan test mandiri.

Banyak rumah sakit atau puskesmas yang menyediakan tes Covid-19. Namun, belum tentu tempat penginapanmu dekat dengan sebuah rumah sakit atau puskesmas. Dengan membawa alat tes dari rumah, kamu bisa langsung melakukan tes sendiri tanpa harus pergi ke rumah sakit atau puskesmas. Kamu juga akan lebih cepat tahu tentang kesehatanmu.
Kamu bisa beli alat tes Covid-19 berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau di sini.

Sarung tangan karet

Sarung tangan karet,
Sumber: https://quizizz.com/media/resource/gs/quizizz-media/quizzes/2fc071a6-c836-4a2c-9d47-b9956a1db093?w=90&h=90

Sebenarnya, kamu bisa memilih untuk membawa sarung tangan karet atau tidak. Namun, membawa sarung tangan karet bisa memberikan proteksi tambahan saat liburan di masa pandemi.

Kalau kamu salah satu tipe orang yang sedikit skeptis tentang Covid-19, barang ini wajib kamu bawa saat berlibur di masa pandemi.

Berlibur di masa pandemi artinya kita harus berhati-hati dalam menyentuh sesuatu. Bisa saja terdapat kuman atau bahkan virus Covid-19 yang menempel. Kamu cukup memakai sarung tangan karet saat ingin menyentuh sesuatu di publik, dan tanganmu akan tetap bersih dari kotoran.

Sarung tangan karet bisa kamu temukan dan beli dengan harga terjangkau di sini.


Tentu saja, barang-barang di atas tidak bisa menjamin kamu untuk bebas Covid-19 saat berlibur di masa pandemi. Kalau kamu tetap tidak berhati-hati saat berlibur, barang-barang yang kamu bawa akan menjadi sia-sia.

Jika ingin berlibur di tengah-tengah pandemi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memantau perkembangan kasus positif Covid-19. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk cek tujuan liburanmu. Apakah akan banyak orang yang datang ke sana? Jika iya, sebaiknya kamu melakukan jadwal ulang untuk menghindari kerumunan. Kamu bisa mencari berbagai destinasi liburan dan tips-tips lainnya di sini.

Setelah dua hal itu bisa dibilang aman, siapkan 10 barang yang sudah disebut tadi dengan sempurna. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya! Semua barang tersebut sangat penting untuk dibawa. Masing-masing barang mempunyai kegunaannya sendiri yang bisa membantu dan memudahkan kegiatanmu saat berlibur. Yang terpenting, 10 barang tersebut wajib kamu bawa agar liburanmu tetap menyenangkan dan juga aman walaupun di masa pandemi. Selamat berlibur!


Author: Shafa Arlene Salsabila

Word count: 1561

Reading time: 6 minutes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *